Komponen MCB listrik menjadi kebutuhan tinggi dalam dunia instalasi listrik. Kalau berbicara tentang electricity sebenarnya menjadi bentuk energi yang dapat dilihat. Untuk gejalanya bisa berupa magnet, panas hingga reaksi kimia.

Berbagai macam alat elektrik dapat ditemukan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pastinya dapat menghasilkan cahaya, gerak panas dan sejenisnya. Beragam aspek dapat menyebabkan keluarnya hasil dari energi atau dayanya.

Masalah yang Sering Terjadi Dalam Bidang Kelistrikan

jasa pemasangan listrik baru

Berkaitan dengan kelistrikan tentu terdapat banyak masalah sering terjadi. Misalnya saja korsleting di mana setiap orang pasti sudah pernah melihat atau mengalami. Biasanya dianggap sepele sehingga jangan sampai dibiarkan.

Hal ini juga sama apabila melihat bagian komponen seperti MCB listrik. Apalagi masalah arus pendek sebenarnya disebabkan karena penyambungan kabel kurang baik. Bahkan kutub sampai konduktor kurang tertutup secara maksimal.

Jika ingin melakukan pemasangan MCB tentu jangan sampai sembarangan Anda lakukan. Terlebih karena menjadi komponen instalasi yang terbilang penting. Sistem proteksi perlu dilakukan sehingga tidak menyebabkan korsleting.

Selain itu ada baiknya bagi Anda untuk mengenal terlebih dahulu fungsi dan manfaatnya. Termasuk apabila terdapat jenis maupun varian. Tidak ketinggalan harus memahami detail lainnya seperti pemilihan sampai pemasangan produk.

Pengertian MCB Listrik dan Cara Kerjanya

MCB sebenarnya menjadi kependekan dari istilah Miniatur Circuit Breaker. Tentunya menjadi komponen instalasi elektrik para suatu rumah tinggal. Jadi, fungsinya begitu penting disebabkan perannya yang dikatakan sangat krusial.

Pastinya terdapat berbagai pertanyaan tentang apa fungsi MCB listrik? Anda dapat mengenalinya sebagai suatu komponen dengan manfaat memproteksi dalam pemasangan listrik. Tidak lain saat terjadi beban berlebih pada komponennya.

Dapat dikatakan kalau masalah semacam ini juga disebut sebagai hubungan singkat arus. Short Circuit dikenal juga dengan nama korsleting. Tentu begitu berisiko menyebabkan kebakaran, kesetrum dan sejenisnya.

Untuk pemakaian MCB listrik sendiri tidak boleh ditentukan oleh orang biasa. Melainkan selalu terdapat dasar pemilihan rating arus tersendiri di dalamnya. Tujuannya agar mampu menyesuaikan penggunaannya pada rumah tinggal Anda.

Selain itu disesuaikan pada berapa besar langganan daya elektrik PLN yang dipakai. Hal ini disebabkan PLN menetapkan jumlah besaran biaya langganan Anda. Tidak lain tergantung pada rating arus MBC tersebut.

Produksi MCB listrik sendiri pada dalam negeri dan memiliki cara kerja sederhana. Terutama karena dilengkapi prinsip bimetal sebagai kebutuhan. Jadi, apabila arus listrik berlebih sampai dikenai langsung mengidentifikasi.

Jika muncul aliran berlebihan, kemudian mengalami panas atau melengkung. Lalu rangkaian mekanik kemudian bisa memutus sambungan electricity secara otomatis. Inilah alasan kenapa tingkat keamanannya tidak bisa diremehkan.

Fungsi dan Kegunaan Komponen Listrik MCB

Peran MCB listrik telah dikenal memiliki manfaat yang sangat tinggi. Apalagi dalam melakukan proteksi arus bisa dibilang begitu tinggi. Berkaitan dengan manfaat utamanya sebagai alat disconnect terutama dalam jaringan arus.

Alat ini sudah dibuat dan didesain langsung sebagai tools isolasi rangkaian listrik. Kemudian mampu menghindari gangguan arus dengan masalah besar. Overload atau beban berlebih hingga hubungan singkat mampu di atasi.

Sebenarnya alat ini memiliki fungai populer yakni sebagai alat pemutus. Manfaatnya begitu baik karena mampu dengan efektif mendeteksi suatu besaran arus. Apabila melebihi dari normal, kemudian di atasi dengan maksimal.

MCB listrik sendiri telah dibekali dengan Bimatelic di dalamnya. Tidak lain dapat ditemukan pada alat sejenis seperti Thermostat Load Relay. Kalau terkena panas, kemudian tidak mungkin menyebabkan arus mengalir terus.

Sebagai alat Bimetalic, perancangannya sesuai pada ukuran standarnya. Ada arus nominal MCB sendiri yang harus dipatuhi pada alat tersebut. Tentunya mampu membantu dalam waktu singkat untuk melindungi rangkaian bebannya.

Harus diketahui kalau alat ini dilengkapi Magnet Tripping sebagai suatu kelengkapan. Hal ini mampu menyebabkan kinerjanya lebih cepat walaupun ada beban berlebih. Belum lagi mampu dioperasikan manual hanya dengan tombol.

Mungkin Anda akan mencari informasi MCB meteran listrik yang mana? Tentu dekat dengan berbagai tombol yang dipakai untuk mengoperasikan MBC tersebut. Jadi, fungsi utamanya membatasi, mematikan sekaligus mengamankan listrik.

Jenis MCB dengan Voltase Rendah

Apabila Anda mencari MCB listrik, disediakan berbagai macam jenis atau tipe. Biasanya menjadi hal yang dipikirkan dan dipertimbangkan cukup lama. Bagi orang biasa, tentunya akan kesulitan menemukan tipe paling tepat.

Saat ini Anda dapat menemukan tipe B, punya arus trip 3-5 kali dibandingkan maksimal. Hal ini bahkan telah dituliskan dalam MCB. Kalau melihat dari pemakaiannya bagi perumahan dan industri kecil.

Selanjutnya terdapat juga tipe C, punya arus trip mulai dari 5-10 kali. Berkaitan pemakaian tipe ini biasanya pada penerangan gedung dan motor listrik kecil. Terkenal juga pada industri skala menengah.

MCB listrik juga dilengkapi tipe D dengan arus tripnya 10-25 kali. Anda dapat menemukan pemakaiannya pada peralatan elektrik dengan lonjakan arus tinggi. Contohnya mesin produksi, mesin las sampai mesin X-Ray.

Kemudian dapat menemukan tipe lainnya seperti K, arus tripnya 8-12 kali. Sebenarnya pemakaiannya dilakukan melindungi beban listrik seperti biasa. Meski begitu dalam waktu singkat yakni 400 milidetik hingga 2 detik.

Jika memakai MCB listrik, tidak ketinggalan terdapat tipe Z. Nominal arus trip disini yakni hanya sebesar 2-3 kalinya saja. Manfaat utamanya adalah memberikan perlindungan atau proteksi lonjakan arus sangat tinggi.

Periodenya bahkan bisa mencapai 10 detik atau lebih sehingga begitu baik. Proteksi perangkat disini yakni pada mesin semikonduktor maupun transformator. Wajar apabila setiap tipe perlu dipelajari manfaat dan fungsi.

 

Tips Pemilihan Produk MCB yang Berkualitas

Saat ini masih banyak pertanyaan tentang apakah boleh ganti MCB sendiri? Sebenarnya tidak boleh disebabkan lebih baik dilakukan oleh profesional dan ahlinya saja. Terutama supaya kinerja dan fungsinya dirasakan maksimal.

Apabila ingin memilih MBC, disarankan untuk melakukan pemilihan sebaik mungkin. Terdapat tips tersendiri seperti menentukan arus nominal terlebih dahulu. Setiap rumah punya kebutuhan tersendiri sehingga fungsinya tepat.

Tidak ketinggalan pemilihan MCB listrik harus memiliki kualitas terbaik. Anda dapat melihat langsung build quality untuk melihat kerapiannya. Selain itu harus melihat kemampuan tahan panas agar menghindari macet atau terganjal.

Selain itu perlu diketahui sekali merek telah tersedia untuk dibeli. Anda harus memastikan untuk menemukan produk terbaik dari merek besar. Tujuannya agar saat dipakai pada meteran PLN memberi kualitas tinggi.

Berkaitan dengan harga sendiri dapat dikatakan memiliki perbedaan sesuai merek. Hal ini juga disesuaikan lagi pada kebutuhan arus dan budget. Lalu bisa menemukan MCB listrik berkualitas dengan kinerja sesuai keinginan.

Kalau Anda tertarik menginstal MCB, harus menggunakan jasa dari Mikmar Gracindo. Kami punya pengalaman dan jaminan terbaik karena mengerjakan skala besar.

Profesionalitas kami membuktikan konsultasi bisa menemukan kebutuhan Anda lebih lengkap. Terutama karena layanan pada kontraktor panel listrik terbaik kami maksimal. Bagus bagi instalasi listrik untuk pabrik, gedung sampai perumahan.

Mikmar Gracindo sendiri telah menjadi supplier dan distributor dengan pengalaman bertahun-tahun. Tidak heran menjadi pilihan bagus untuk instalasi berbagai kebutuhan listrik. Termasuk MCB listrik yang dibutuhkan pada properti.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Tips Pemasangan Kabel Listrik untuk Menghindari Korsleting