Panel MDP atau disebut sebagai main distribution panel adalah jenis panel kelistrikan paling kecil. Fungsi utama dari MDP adalah untuk menyalurkan serta memproteksi kelistrikan dari PLN. Nantinya MDP ada beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Ilustrasi sederhananya Anda dapat membayangkan MDP adalah gelas. Sementara di atas gelas masih ada teko dan galon air minum. Semuanya digunakan untuk menampung air, namun gelas adalah salah satu alat yang paling memungkinkan untuk digunakan langsung.

Anda perlu memahami jenis main distribution yang sesuai dengan kebutuhan. Kal ini diperlukan agar Anda tidak salah dalam memilih dan sesuai dengan kebutuhan. Agar tidak salah memilih, simak informasi berikut ini.

Mengenal Jenis-jenis Main Distribution Panel

komponen panel listrik

Perusahaan Listrik Negara atau PLN di Indonesia menyediakan beberapa panel kelistrikan berdasarkan kebutuhan masyarakat yang beragam. Dalam hal ini, main distribution panel dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

1. Panel MVMDP

MVMDP adalah singkatan dari medium voltage MDP yang merupakan perangkat pendistribusi kelistrikan langsung setelah gardu PLN. Jumlah tegangan kelistrikan yang disalurkan sebesar 20 kV.

Nantinya dari MVMDP, listrik akan disalurkan menuju trafo step down dari 20 kV ke angka 380. 220 V. Setelah dari MVMDP masih akan berlanjut didistribusikan ke jaringan berikutnya.

2. Panel LVMDP

LVMDP atau low voltage MDP adalah alat yang mendistribusikan listrik tepat setelah panel step down. Jumlah distribusi listrik dari salah satu main distribution panel adalah sebesar 380/ 220 V, nanti dari LVMDP akan dilanjutkan menuju MDP.

3. Panel MDP

Terakhir ada MDP yang menjadi distribusi listrik tepat setelah LVMDP dengan jumlah distribusi listrik sebesar 380/ 220 V. Nantinya fungsi panel MDP untuk menyalurkan kembali menuju tenant gedung serta perumahan atau hunian lainnya.

Instalasi dari tiang gardu PLN sampai ke rumah warga mesti dilakukan oleh profesional. Perangkat yang digunakan juga mesti peralatan terbaik untuk menghindari kemungkinan kerusakan akibat faktor internal maupun eksternal.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Panel Listrik Beserta Komponennya

Memahami Komponen Penting dalam MDP

manfaat panel MDP

MDP terbagi menjadi beberapa komponen penting. Berbagai komponen yang dimaksud meliputi beberapa alat berikut:

1. Panel Listrik

Komponen pertama dalam main distribution panel adalah panel listrik. Fungsi utama alat ini untuk mendistribusikan energi listrik langsung dari pusatnya ke pemakai. Ukuran dan harganya beragam dengan spesifikasi yang juga disesuaikan.

2. MCCB

MCCB atau moulded case circuit breaker adalah komponen kelistrikan yang berperan penting sebagai pengaman dari korsleting. Kegunaan MCCB untuk keamanan mencegah terjadinya tragedi lebih besar, seperti ancaman kebakaran.

3. MCB

Miniature circuit breaker merupakan komponen lainnya yang harus ada dalam MDP. Dalam bahasa Indonesia, MDB adalah pemutus sirkuit miniatur dengan fungsinya untuk membatasi arus listrik serta memberikan keamanan terhadap kecelakaan.

4. Power Meter

Selanjutnya ada power meter dengan fungsi untuk mengukur besaran listrik yang seharusnya bisa dilakukan beberapa alat, namun diintegrasi ke dalam satu alat saja. Power meter adalah salah satu komponen dari main distribution panel untuk rumah tangga maupun gedung.

5. Power Supply

Power supply merupakan salah satu perangkat yang paling dekat dengan pengguna. Tombol ini digunakan untuk menyalakan berbagai perangkat rumah tangga maupun bangunan komersial. Contohnya, power supply untuk menyalakan komputer, televisi, radio, dan sebagainya.

6. Push Button

Push button secara umum dikenal masyarakat luas dengan nama saklar tombol tekan. Saklar berguna untuk mengatur arus kelistrikan menyala atau mati. Perangkat ini mendukung cara kerja panel LVMDP seperti ON atau menyala dan OFF atau mati.

7. Pilot Lamp

Terakhir, dalam MDP terdapat komponen lain bernama pilot lamp. Benda ini menjadi indikator untuk menandakan apakah ada arus listrik dalam perangkat atau tidak. Jika ada maka lampunya akan menyala, jika mati maka artinya tidak terdapat aliran listrik.

Beberapa perangkat yang kami sebutkan tadi bisa didapatkan dari tempat terpercaya. Urusan kelistrikan bukan hal gampang sehingga diharapkan sekali Anda memikirkan berbagai aspek secara matang.

Referensi Daftar Harga MDP

Jasa instalasi panel MDP Jakarta

Anda bisa mendapatkan perangkat ini secara langsung maupun secara online melalui berbagai marketplace. Bisa juga menghubungi situs terpercaya untuk dikirimkan barang sekaligus dipasang oleh profesional langsung.

Untuk referensi harga tergantung pada spesifikasi detail perangkatnya masing-masing. Sebagai acuan, kami memiliki beberapa daftar harga di pasaran, diantaranya:

  1. Untuk kapasitas 250 A dihargai sekitar Rp8125.000
  2. Perangkat main distribution panel dengan ukuran 400 A ada yang harganya mencapai Rp45.000.000
  3. Ada perangkat dengan ukuran 35KW dengan harga sebesar Rp4.500.000

Tiga daftar harga di atas adalah referensi, sementara detailnya bisa ditanyakan langsung ke penjual. Bisa jadi spesifikasi sama di daerah berbeda ditawarkan dengan harga berbeda juga. Untuk menghindari hal tidak diinginkan, pilih tempat terbaik sejak awal.

Jika ada barang yang bisa langsung dibeli saat itu juga maka sebaiknya tidak perlu prapesan. Selain memenuhi kebutuhan dengan cepat juga menghindari kemungkinan penjual menaikkan harganya secara pihak karena berbagai alasan.

Produk Perangkat Kelistrikan dari Mikmar Gracindo

Bicara soal tempat penjualan main distribution panel terpercaya, kami merekomendasikan Anda membelinya di sini. Selain menyediakan MDP, kami juga menyediakan beberapa perangkat kelistrikan lainnya, seperti:

  1. Trafo yang memiliki peranan untuk menyalurkan kelistrikan dari pusat pe pengguna
  2. Medium Voltage sebagai perangkat berikutnya yang meminimalisir arus listrik ke konsumen
  3. Low Voltage atau isi panel LVMDP untuk meminimalkan lagi besaran arus dari medium voltage
  4. Genset yang biasanya sangat berguna untuk menggantikan sumber kelistrikan saat mati lampu

Masih banyak lagi produk lainnya yang kami jual dengan harga bersaing serta kualitas terbaik di kelasnya. Beruntungnya Anda bisa menghubungi kami secara online melalui nomor yang akan kami sertakan di sini nanti.

Layanan Pemasangan oleh Profesional

Mikmar Gracindo Logo

Selain menjual beberapa barang kelistrikan terpercaya dengan harga bersahabat, kami juga hadir dengan pelayanan instalasi terbaik. Profesional berpengalaman akan membantu pemasangan main distribution panel di rumah maupun bangunan komersial.

Mikmar Gracindo menyediakan layanan pemasangan serta kontrol setelah pemasangan apakah aliran listriknya terpasang dengan baik atau tidak. Jika lampu menyala dan listrik bisa digunakan dengan baik maka selanjutnya Anda tinggal menikmatinya saja.

Perbedaan pemasangan melibatkan ahli dengan pemasangan dilakukan secara langsung oleh tukang bangunan terletak pada kredibilitasnya. Jika menggunakan jasa kami maka ada jaminan yang mengerjakan adalah profesional dan saat ada kerusakan, bisa bertanya.

Sementara ketika menggunakan tukang, belum tentu mereka paham sepenuhnya serta mau bertanggung jawab ketika terjadi kekeliruan. Untuk biaya pemasangan main distribution panel menggunakan profesional sebenarnya lebih hemat dibandingkan tukang.

Jika memikirkan maintenance atau perawatan ke depannya, kemungkinan kerusakan kecil sekali terjadi karena dari awal sudah dipasang ahli. Berbeda jika menggunakan jasa tukang, bisa jadi biayanya lebih hemat di awal, namun biaya perbaikan dan perawatan lebih besar.

Perhitungan biaya seperti ini tidak efisien sehingga membuat Anda lebih banyak mengeluarkan uang. Lebih lengkap informasi seputar instalasi dan produk bisa dicek melalui link WhatsApp berikut.

Mikmar Gracindo menyediakan berbagai peralatan kelistrikan terpercaya dan berkualitas dengan harga bersahabat. Dapatkan produk main distribution panel terbaik hanya di sini!

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Nggak Perlu Khawatir Lagi Pasang Panel Listrik Perumahan