Perusahaan kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan atau bangunan perkantoran menyediakan layanan instalasi panel listrik (electric switchboard) berbagai jenis. Salah satu kebutuhan utama saat mendirikan bangunan adalah suplai listrik.

Di era modern, penggunaan alat-alat elektronik sangat lazim digunakan bahkan penggunaannya kian meningkat dari tahun ke tahun. Beragam jenis bangunan baik itu fasilitas publik, perkantoran, pabrik, hingga perumahan membutuhkan suplai listrik.

Suplai listrik kemudian dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari penerangan, menyalakan komputer, AC, mesin industri, dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Maka dari itu, diperlukan kontraktor yang bisa menginstall sistem kelistrikan secara aman.

 

Mengenal Apa Itu Panel LVMDP

Pada dasarnya, panel atau switchboard listrik adalah seperangkat alat yang menjadi tempat untuk komponen-komponen listrik guna mendukung mesin elektrik agar bisa beroperasi. Pihak yang bisa menangani instalasinya adalah kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan.

Lantas, apa itu LVMDP? Ini merupakan sebutan singkat untuk Low Voltage Main Distribution Panel. Nama lain untuk LVMDP yaitu PUTR alias Panel Utama Tegangan Rendah. Ini merupakan pusat kendali energi listrik dalam bangunan.

Penggunaan LVMDP sangat luas. Kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan bukan hanya memasangnya di lingkungan kantor perusahaan. Akan tetapi juga di lingkungan hotel, apartment, perumahan, area pergudangan, pabrik, dan bangunan lainnya.

LVMDP disebut sebagai pusat kendali listrik karena sebelum suplai listrik disalurkan ke setiap pemakaian, suplai tersebut akan diolah serta dikontrol dulu dari induk power.

Adapun fungsi utama switchboard ini yaitu mendistribusikan tenaga listrik dari output trafo step down bertegangan rendah menuju ke Main Distribution Panel (MDP). Selanjutnya, dari MDP akan didistribusikan lagi ke SDP atau switchboard lebih kecil.

Sementara itu, pengaplikasian switchboard LVMDP antara lain sebagai berikut:

  1. Perangkat output pendek
  2. Loop break alarms
  3. Heater break alarms
  4. Indikasi pemanas arus
  5. Convention center
  6. Bandara
  7. Stadion
  8. Gedung perkantoran, dan lain sebagainya

 

Keuntungan Memasang Panel LVMDP

Menggunakan jasa kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan akan memberikan Anda beberapa keuntungan, antara lain:

  1. Switchboard LVMDP berfungsi sebagai pembagi daya, dampaknya adalah dapat menghemat proses distribusi listrik.
  2. Keamanan serta keselamatan lebih terjamin dari terjadinya risiko bahaya seperti short circuit, overcurrent, atau bahaya lainnya.
  3. Dapat mengkonversi daya serta penyaluran dari sumber primer dan sekunder ke berbagai macam perangkat eksternal.
  4. Pemasangan switchboard LVMDP memungkinkan distribusi pasokan listrik ke sejumlah circuit

Komponen yang Sering Digunakan pada Panel LVMDP

Di dalam perangkat switchboard LVMDP berisi beberapa komponen yang berfungsi sebagai pendukung mesin-mesin listrik agar dapat beroperasi sebagaimana prinsip kerjanya masing-masing.

Adapun komponen-komponen pada switchboard yang dipasang oleh kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan antara lain sebagai berikut:

Air Circuit Breaker

Komponen pertama yang umum digunakan pada LVMDP adalah Air Circuit Breaker atau biasa disingkat ACB. Ini merupakan komponen yang gunanya sebagai penutup sirkuit dengan memanfaatkan udara.

Selain untuk tegangan rendah, ACB bisa juga diaplikasikan pada tegangan menengah. Cara kerjanya yaitu udara pada tekanan ruang atmosfer dimanfaatkan untuk meredam busur api sebagai akibat dari proses witching atau gangguan.

Oil Circuit Breaker

Jika ACB memanfaatkan udara pada tekanan tertentu untuk memadamkan busur api, maka OCB (Oil Circuit Breaker) adalah jenis penutup sirkuit yang memanfaatkan minyak untuk tujuan sama.

Switchboard yang dipasang oleh kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan bisa menggunakan komponen ini. Cara kerjanya adalah ketika terjadi busur api, minyak akan terkonversi menjadi uap minyak.

Selanjutnya, gelembung uap minyak serta gas akan mengelilingi busur api. Gas yang dihasilkan tersebut bersifat konduktif sehingga efektif jika dipakai untuk memadamkan loncatan bunga api.

MCCB

MCCB alias Moulded Case Circuit Breaker merupakan komponen pada LVMDP dengan dua fungsi berbeda. Pertama, MCCB berfungsi sebagai pengaman. Sedangkan fungsi lainnya yaitu sebagai komponen penghubung.

MCCB pada switchboard yang dipasang oleh kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan dapat mengamankan dari gangguan arus hubungan singkat (short circuit) ataupun arus beban lebih (overload).

MCB

MCB atau Mini Circuit Breaker adalah komponen yang fungsinya sebagai pengaman arus lebih (overcurrent). Overcurrent sendiri bisa terjadi akibat adanya short circuit ataupun overload.

Prinsip kerja komponen MCB yaitu memutuskan hubungan yang terjadi akibat adanya beban lebih.

Grounding

Fungsi dari komponen grounding adalah sebagai pengaman listrik akibat kabel mengelupas dan kemudian mengalami kontak dengan perangkat elektronik lalu mengenai orang.

Komponen yang dipasang oleh kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan ini akan bekerja dengan cara membumikan aliran listrik yang tidak berfungsi.

Current Transformer

Fungsi dari komponen current transformer (CT) adalah untuk menurunkan arus atau voltase pada box switchboard. Komponen ini terbuat dari material logam atau baja yang bentuknya seperti gelang lingkaran atau persegi.

GFCI

GFCI atau Ground Foult Circuit Interruption merupakan komponen seperti circuit breaker dengan kecepatan reaksi melebihi MCB. GFCI berfungsi untuk memantau listrik secara lebih rinci.

Sehingga apabila terjadi gangguan dan mengenai manusia tidak berakibat fatal yang membahayakan keselamatannya.

 

Cara Maintenance Panel LVMDP

Setelah kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan melakukan instalasi switchboard, Anda tentu harus melakukan perawatan atau pemeliharaan secara berkala. Langkah-langkah maintenance yang perlu dilakukan rutin bulanan antara lain:

  1. Memeriksa indikator fuse and holder, light and holder
  2. Memeriksa baut-baut pada terminal kabel
  3. Memeriksa bagian dalam maupun luar switchboard, bersihkan dari debu, usahakan agar kondisinya tidak lembab
  4. Memeriksa sistem trip serta mensetting metering gauge
  5. Memeriksa kondisi push button, safety protection system, protection contactor dan amati apakah terdapat bagian yang hangus

Selain bulanan, switchboard yang dipasang oleh kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan juga memerlukan maintenance dalam periode tahunan atau semitahunan. Maintenance pada periode ini meliputi:

  1. Pastikan tidak ada aliran arus sebelum melakukan maintenance
  2. Memeriksa baut-baut yang ada pada komponen MCB, ACB, MCCB, bus bar, terminal, control switch, dan komponen-komponen lainnya
  3. Beri sedikit grease pada bagian-bagian bergerak
  4. Memeriksa sistem proteksi otomatis pada komponen ACB, MCCB, MCB
  5. Memeriksa sistem manual dan otomatis pada ACB, MCCB, MCB

 

Jasa Kontraktor Panel LVMDP untuk Perusahaan

Untuk mendapatkan pasokan listrik secara merata ke seluruh area gedung perkantoran, pastikan agar Anda memasang electric switchboard sesuai kebutuhan. Lantas, bagaimana cara mengetahui kebutuhan listrik untuk perusahaan?

Tidak perlu bingung, Anda bisa konsultasi langsung dengan kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan terpercaya. Kami adalah Mikmar Gracindo, perusahaan yang menangani instalasi electric switchboard untuk kebutuhan kantor, pabrik, dan lain-lain.

Layanan instalasi listrik yang bisa Anda gunakan antara lain positioning dan instalasi trafo ataupun bilik, instalasi kabel listrik utama, instalasi tray line, penyambungan kabel, energizing, hingga Sertifikat Kelayakan Operasi (SLO).

Untuk menggunakan jasa kami, silakan menghubungi melalui nomor telepon (021) 543 373 45. Bisa juga mengunjungi website Mikmar Gracindo, kontraktor panel LVMDP untuk perusahaan di website resmi kami https://mikmargracindo.com.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.