Dalam pembangunan suatu gedung, keberadaan kontraktor elektrikal memiliki peranan penting. Kontraktor mekanik elektrikal (ME) ini bekerja dalam bidang mekanik dan elektrik agar seluruh fungsi dalam proyek konstruksi bangunan dapat berjalan semestinya.

Mulai dari pemasangan instalasi listrik, pemasangan instalasi elektrikal, telepon, tata suara, fire alarm, internet, dan masih banyak lagi. Dalam melakukan pekerjaannya, kontraktor ME tutur mempertimbangkan sisi interior dan eksterior suatu gedung.

Setiap gedung memiliki sistem mekanikal elektrikal yang berbeda satu sama lainnya tergantung fungsi dan penggunaannya masing-masing. Misalnya pada bangunan rumah sakit yang memerlukan sistem instalasi oksigen.

Bangunan mall dan plaza memerlukan sistem instalasi gas food court. Atau bandara yang harus memiliki sistem instalasi Flight Information Display System (FIDS). Sehingga pengerjaannya harus dilakukan teknisi yang ahli di bidangnya.

 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kontraktor Elektrikal

Panel maker

Tahukah Anda apa itu kontraktor elektrikal? Yaitu jasa yang berkaitan dengan konstruksi bangunan khususnya terkait pemasangan instalasi kelistrikan. Tugas dan tanggung jawabnya selalu berkaitan dengan tenaga elektrikal.

Beberapa tanggung jawabnya adalah mengamankan sistem jaringan yang menggunakan tenaga listrik, menjaga penggunaan daya listrik, pemasangan sistem perlindungan dari listrik, perlindungan dari peralatan kelistrikan, dan lain-lain.

Kontraktor ME sendiri harus berpengalaman dalam pembuatan Low Voltage Panel maupun Medium Voltage Panel. Oleh sebab itu pengerjaan konstruksi elektrikal harus dilakukan oleh kontraktor berpengalaman dan berstandar nasional.

Kontraktor elektrikal melakukan pemasangan instalasi listrik harus dengan penuh pertimbangan dan hati-hati. Beberapa hal kecil wajib diperhatikan seperti posisi stop kontak yang dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jika Anda sedang merencanakan pembangunan suatu gedung, peranan kontraktor ME ini tidak boleh dilewatkan. Pemasangan instalasi listrik maupun perangkat kelistrikan yang salah bisa menjadi risiko berbahaya di kemudian hari.

 

Baca juga :  Kontraktor Mekanikal Elektrikal Berpengalaman di Jakarta

 

Permasalahan yang Sering Terjadi pada Konstruksi Elektrik

Tidak dapat dipungkiri bahwa permasalahan mengenai kelistrikan kerap terjadi dalam suatu bangunan berskala kecil maupun besar. Jika Anda mengalami permasalahan kelistrikan seperti berikut ini, segera cari tahu apa penyebabnya.

1. Transien pada Panel Listrik

Salah satu permasalahan yang sering ditemui kontraktor elektrikal adalah transien/lonjakan. Sambaran cahaya yang cepat ini dikarenakan gangguan tegangan tinggi pada aliran listrik sehingga bisa merusak elektronik yang terhubung saat itu.

2. Penurunan Daya (Sags and Dips)

Akar permasalahan penurunan daya terletak pada perangkat yang sedang digunakan. Sags and dips ini mirip seperti transien, hanya saja perbedaannya yaitu terjadi pada jaringan listrik murah.

Sehingga ketika Anda menyalakan sakelar, akan menarik daya listrik lebih banyak daripada yang bisa ditangani perangkat tersebut. Penurunan daya juga bisa disebabkan oleh perangkat pengontrol daya yang sudah usang.

3. Tidak Terdapat GFCI

Permasalahan lainnya yang ditemui oleh kontraktor elektrikal adalah tidak adanya GFCI sebagai pemutus sirkuit gangguan arde. GFCI ini merupakan perangkat lain yang berfungsi untuk mencegah sengatan listrik.

GFCI mampu mendeteksi kontak manusia dengan listrik sehingga bisa segera dimatikan dayanya. Jika tidak ada GFCI maka kemungkinan besar dapat terkena sengatan listrik. Baik rumah maupun bangunan besar perlu memiliki GFCI.

4. Tidak terdapat RCCB atau RCD

Untuk mendeteksi sekaligus mencegah rangkaian tegangan rendah saat ada kebocoran aus, maka perlu RCCB dan RCD. Keduanya adalah perangkat terpisah yang secara otomatis akan mematikan sakelar.

Fungsi tersebut terjadi jika terdeteksi kebocoran arus ketika arus tidak mengalir secara normal. Jasa kontraktor elektrikal profesional tentunya memiliki produk RCCB ini untuk meminimalisir sengatan listrik pada bangunan Anda.

5. Kotak Persimpangan Terbuka

Fungsi kotak persimpangan atau kotak sambungan adalah untuk memisahkan kabel satu sama lain sehingga terlindung dari kerusakan. Penggunaan kotak persimpangan sangat penting di gedung besar. Jika dibiarkan terbuka dapat menimbulkan sengatan listrik.

6. Kabel Backstabbed (Outlet)

Permasalahan lain yang ditemukan oleh kontraktor elektrikal adalah outlet atau kabel backstabbed yang menimbulkan sengatan elektrik. Jenis kabel ini memiliki bagian berlubang dan jika diekspos kemudian bersentuhan langsung bisa terjadi sengatan.

7. Outlet Tidak Digrounding

Pada pembangunan gedung, instalasi listrik yang tidak digroundung dapat berpotensi terkena risiko berbahaya. Jika tidak ada jalur pertanahan, arus elektrik bahkan bisa mengalir lebih cepat melalui bahan kayu, logam, dan lainnya.

8. Penggunaan Kabel Aluminium

Setelah marak terjadinya kebakaran rumah, penggunaan kabel aluminium kini tidak baik digunakan kembali. Hal ini dikarenakan bahan logam lebih rentan terjadi oksidasi ketika menghantarkan listrik dan berisiko terjadinya kebakaran.

 

Mengapa Perlu Menggunakan Jasa Kontraktor Elektrikal Terpercaya?

Melihat berbagai permasalahan kelistrikan di atas, maka Anda memerlukan jasa kontraktor profesional dan berpengalaman. Rancangan bangunan sebagus apapun harus tetap memperhatikan pentingnya rangkaian elektrikal untuk memenuhi fungsinya secara maksimal.

Selain itu suatu bangunan yang memenuhi syarat fungsional harus mencapai kolaborasi 3 aspek yaitu struktur, arsitektur, dan elektrikal. Terlebih saat ini manusia sudah bergantung dengan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Jasa kontraktor ME sendiri mampu menyesuaikan pemasangan instalasi elektrikal sesuai fungsi dan tujuan bangunan yang berbeda. Sehingga kebutuhan elektrik antara bangunan yang satu bisa berbeda total dengan bangunan lainnya.

Lalu apa saja pekerjaan elektrikal? Cakupan pekerjaan kontraktor ME mulai dari panel transformer/trafo (Low Voltage Panel), panel listrik tegangan rendah, instalasi penerangan, kabel daya, grounding elektrikal, dan masih banyak lagi.

Penggunaan jasa kontraktor ME juga tidak boleh disepelekan. Tidak hanya sekadar pemasangan instalasinya saja, namun juga perlu memperhatikan titik lokasi sumber bahaya yang bisa membuat peralatan elektrik cepat aus.

Bahkan kontraktor elektrikal juga perlu memperhatikan perubahan cuaca khususnya di negara tropis. Pergantian dari panas ke dingin karena hujan yang terjadi berkali-kali juga dapat berdampak buruk pada arus elektrik.

Oleh sebab itu, biasakan untuk menggunakan jasa kontraktor ME terpercaya dalam suatu konstruksi bangunan. Teknisi profesional serta berpengalaman dijamin memasang rapi instalasi dengan tidak mengesampingkan desain interior dan eksterior bangunan.

 

Mikmar Gracindo Sebagai Jasa Kontraktor Elektrikal Nomor 1 di Indonesia

Mikmar Gracindo Logo

Jika Anda sedang mencari kontraktor elektrikal di Jakarta dengan kualitas nomor 1, percayakan pada Mikmar Gracindo. Kami adalah kontraktor panel listrik, supplier, distributor, penyedia Low dan Medium Voltage Panel, juga trafo.

Mikmar Gracindo melayani jasa instalasi listrik di pabrik atau perumahan yang memerlukan listrik skala besar. Produk yang disediakan berkualitas tinggi, harga bersaing, proses pesanan dan pengiriman dijamin cepat.

Telah berdiri sejak tahun 2011 membuat PT. Mikmar Gracindo dipercaya oleh berbagai sektor seperti perusahaan manufaktur, rumah sakit, proyek pemerintah, developer perumahan dan real estate, serta masih banyak lagi.

Dalam merencanakan konstruksi bangunan, Anda dapat menggunakan layanan instalasi listrik kami. Mulai dari penempatan dan pemasangan trafo, pemasangan kabel listrik utama, pemasangan tray line, penyambungan kabel, Sertifikasi Kelayakan Operasi, dan sebagainya.

Selain Jakarta, PT. Makmir Gracindo juga tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Timor Tenggara, Bali, hingga Papua. Konsultasi lebih lanjut hubungi melalui WhatsApp. PT. Mikmar Gracindo siap menjadi kontraktor elektrikal profesional kepercayaan Anda.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Jasa Kontraktor Mekanikal Elektrikal Harga Bersaing Tangerang