Komponen panel LVMDP atau Low Voltage Main Distribution Panel lebih dikenal dengan panel utama tegangan rendah. Panel ini merupakan pusat kendali tenaga listrik pada sebuah bangunan, seperti perkantoran, apartemen, hotel, pabrik, dan sebagainya.

Fungsi utama pusat kendali kelistrikan ini sendiri adalah pengolahan dan kontrol tenaga listrik sebelum kemudian didistribusikan pada pemakainya. Panel utama tegangan rendah ini juga memiliki beberapa jenis yang umum digunakan.

Sebelum pemakaiannya, sangat penting mengetahui apa itu panel LVMDP? Salah satunya adalah mengetahui dasar-dasar cara perawatannya terutama bagi para pengelola gedung. Apalagi perawatan khusus memberi banyak keuntungan, terutama segi keamanan.

Pengertian dan Fungsi LVMDP

Supplier Panel LVMDP Murah Jakarta

Mungkin sebagian orang masih asing dengan apa itu LVMDP? Namun, panel kelistrikan ini harus diketahui oleh para pemilik atau pengelola gedung, sebab penggunaannya sangat dibutuhkan untuk mengalirkan listrik.

Panel LVMDP sendiri bekerja dalam arus tegangan rendah, fungsinya menyalurkan tenaga utama untuk keseluruhan instalasi listrik pada bangunan. Fungsi lainnya adalah sebagai kontrol utama daya pada sebuah gedung.

Pusat kendali kelistrikan ini menjadi panel yang menerima data dari transformer 20 Kv – 380 Volt, kemudian mendistribusikannya ke sub-panel LVSDP. Selanjutnya LVSDP akan meneruskan daya ke ke mesin-mesin elektrik.

Komponen panel LVMDP juga berfungsi untuk pembagi utama atau pusat distribusi tenaga listrik sebelum dialirkan ke konsumen dalam bangunan. Oleh sebab itu, panelnya akan ditempatkan pada keluaran sumber tenaga kelistrikan.

Dalam pembuatan panelnya, maka ada beberapa hal yang harus dipenuhi agar dapat memenuhi fungsi utamanya dalam menyalurkan daya listrik. Selain itu, panelnya juga harus memiliki sistem keamanan sehingga lebih aman digunakan oleh konsumen.

Oleh sebab itu, sangat penting melakukan konsultasi lebih dahulu pada ahli listrik sebelum merakit komponen panel LVMDP. Selain dalam hal keamanan, juga bisa menyesuaikan spesifikasi serta ukuran sesuai kebutuhan Anda.

Komponen-komponen ini menghemat proses pendistribusian listrik, selain itu juga aman dari bahaya arus pendek. LVMDP juga bisa melakukan konversi power dan distribusi dari sumber primer dan sekunder sehingga aman dan stabil dalam mendukung perangkat eksternal.

Jenis-jenis LVMDP yang Perlu Diketahui

Distributor Panel LVMDP Perusahaan Berkualitas

Pada prakteknya, komponen panel LVMDP memiliki beberapa jenis yang umum digunakan sesuai kebutuhan. Dengan memahami spesifikasinya, maka Anda dapat menggunakannya secara tepat dan lebih efisien.

Pertama adalah MDP, merupakan penyalur tenaga PLN sebagai sumber utama dan genset sebagai sumber tenaga darurat dilengkapi sistem switching. Panelnya tidak punya kendali atas genset maupun trafo PLN, sedangkan pengoperasiannya dapat manual atau otomatis.

Sakelar Transfer Otomatis memiliki fungsi sebagai penyalur tenaga dari PLN maupun genset dengan sistem switching. Pengoperasian pada panelnya juga bisa dilakukan secara manual maupun otomatis.

Jenis komponen panel LVMDP selanjutnya adalah AMF, dikenal juga dengan Genset Control Panels. Fungsinya adalah mengatur dan menyalurkan tenaga dari gensel. Panelnya juga bisa mengontrol genset (start – running – stop) sehingga daya dapat disesuaikan kebutuhan.

Sakelar transfer otomatis atau ATS-AMF otomatis memiliki fungsi sebagai pengendali, pemindah, dan penyalur tenaga dari PLN atau genset dengan sistem sakelar. Panelnya dapat melakukan kontrol genset sehingga bisa disesuaikan kebutuhan.

Automatic Transfer Switch (ATS) atau saklar transfer otomatis terdiri dari pemutus sirkuit dan modul kontrol otomatis. Dengan komponen panel LVMDP tersebut akan memungkinkan transfer dari PLN ke generator ketika pasokan sumber utama terputus.

Switchgear tegangan rendah merupakan produk yang berfungsi untuk distribusi daya secara aman ke semua fasilitas. Perangkat ini sendiri menggunakan switch yang berdiri bebas dengan pemutus sirkuit, bar bus, serta kabel listrik.

Panel kontrol motor memiliki fungsi sebagai pusat kedali sehingga bisa diperasikan dengan mudah, aman, serta memiliki pelindung yang baik. Panelnya sendiri umumnya terletak pada satu panel utama dan dapat mengoperasikan beberapa motor listrik.

Memahami Komponen Panel LVMDP

Kontraktor Panel LVMDP untuk Perusahaan

Setelah penjelasan mengenai pengertian dan jenis-jenisnya, maka penting juga mengetahui komponen panel apa saja? Berikut adalah komponen-komponen yang cukup sering digunakan pada LVMDP.

1. Air Circuit Breaker(ACB)

Air circuit breaker merupakan penutup sirkuit menggunakan sarana pemadam busur api berupa udara. ACB sendiri digunakan pada tegangan rendah dan menengah, nantinya udara tekanan ruang atmosfer digunakan untuk peredam busur api akibat witching atau gangguan.

2. Oil Circuit Breaker (OCB)

Oil circuit breaker atau OCB adalah jenis penutup sirkuit yang menggunakan minyak untuk sarana pemadam busur api ketika terjadi gangguan. Ketika terjadi busur api, maka minyak di dekatnya akan menjadi uap. Busur api akan dikelilingi gelembung uap minyak dan gas.

Gas yang nantinya terbentuk tersebut mempunyai sigar konduktivitas termal yang baik dengan tegangan ionisasi tinggi. Oleh sebab itulah komponen panel LVMDP ini sangat bagus jika digunakan untuk bahan media pemadaman loncatan bunga api.

3. Mini Circuit Breaker (MCB)

Mini Circuit Breaker (MCB) berfungsi untuk pengamanan arus lebih yang terjadi karena adanya hubungan pendek. Prinsip dasar kerjanya adalah memutus hubungan karena beban lebih dengan relai arus lebih.

4. Moulded Case Circuit Breaker (MCCB)

Moulded Case Cirvuit Breaker (MCCB) pada komponen panel LVMDP merupakan alat pengamanan dalam proses pengoperasiannya. Terdapat dua kegunaan utama dai MCCB yaitu pengamanan dan alat penghubung.

MCCB sebagai pengaman memiliki kegunaan untuk mengamankan gangguan arus hubung singkat serta arus beban lebih. Pengaman ini juga mempunyai kemampuan pemutusan yang bisa diatur sesuai keinginan pada jenis-jenis tertentu.

5. Grounding

Komponen panel LVMDP ini memiliki fungsi sebagai pengaman listrik akibat kabel yang terkelupas dan mengenai body part alat elektronik. Dengan adanya komponen ini, aliran listrik yang tidak berfungsi dapat dibumikan.

6. Current Transformer(CT)

Current Transformer (CT) merupakan komponen panel kelistrikan terbuat dari baja atau metal dengan bentuk lingkaran atau gelang persegi yang berlubang di bagian tengah. Fungsinya sendiri adalah penurun arus dan ayau tegangan dalam box panel.

7. Ground Foult Circuit Interruption (GFCI)

Ground Foult Circuit Interruption (GFCI) merupakan circuit breaker yang memiliki reaksi lebih cepat dari MCB. Komponen ini akan memantau listrik lebih terperinci, dengan begitu dapat meminimalisir bahaya jika terdapat short atau kabel terkelupas dan mengenai orang.

Perawatan LVMDP yang Baik dan Benar

spesifikasi panel LVMDP

Sangat penting melakukan perawatan pada komponen panel LVMDP agar tetap bekerja secara maksimal. Ada beberapa perawatan yang perlu dilakukan dalam periode tertentu, termasuk bulanan, tahunan, juga ketika kondisi khusus.

Perawatan ini sendiri dilakukan untuk mengetahui komponen-komponen yang sudah rusak perlu diganti. Jika masih bisa berjalan maksimal, perawatan dilakukan dengan membersihkan dari debu-debu maupun kotoran.

Anda juga bisa melakukan perawatan komponen panel LVMDP tambahan tahunan. Beberapa pengecekan yang dilakukan seperti sambungan bus duct menggunakan red tester, cek baut penghubung dan panel pembagi, dan lainnya.

Selain melakukan perawatan, Anda juga harus memastikan bahwa panel LVMDP memiliki kualitas terbaik. Oleh sebab itu, pilih penyedia layanan terbaik dan terpercaya untuk produk kelistrikan sesuai kebutuhan.

Mikmar Gracindo akan membantu Anda mendapatkan panel listrik kualitas terbaik dengan tenaga ahli berpengalaman. Informasi lebih lanjut bisa melalui WA berikut.

Gedung-gedung dan bangunan yang membutuhkan daya listrik besar membutuhkan panel utama tegangan rendah untuk distribusi kelistrikan. Oleh sebab itu, pengelola gedung perlu memahami komponen panel LVMDP serta fungsi-fungsinya.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Distributor Panel LVMDP Perusahaan Berkualitas