Rangkaian kelistrikan sederhana terdiri atas berbagai komponen panel listrik di dalamnya. Kebutuhan akan listrik menjadi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam kebutuhan rumah tangga, maupun untuk berbagai bangunan komersial sekalipun.

Bicara soal berbagai bagian dari kelistrikan sebenarnya Anda akan menemukan banyak sekali perangkat. Namun, semuanya tidak bisa dijelaskan secara terperinci, kecuali Anda sendiri datang langsung ke toko kelistrikan untuk menggali informasi lebih mendalam.

9 Komponen Panel Listrik Sederhana

Supplier Komponen Panel Listrik Murah

Sebagai informasi lebih mendetail mengenai apa saja komponen panel listrik sederhana. Kami akan memberikan penggambaran terkait beberapa bagian kelistrikan berikut beserta dengan fungsinya secara singkat:

1. Emergency Stop

Emergency stop kerap dikenal juga sebagai tombol emergency yang berperan penting untuk memutuskan seluruh aliran listrik pada panel. Emergency stop akan sangat berperan penting dalam kondisi darurat karena cukup satu langkah, listrik bisa dimatikan segera.

2. HMI

HMI atau human machine interface merupakan komponen lainnya yang memiliki peran penting. Sesuai dengan namanya, perangkat ini berperan penting dalam membuat interaksi antara manusia dengan mesin. HMI bisa menerjemahkan sinyal yang diberikan dari manusia.

3. Power Supply

Power supply termasuk salah satu komponen panel listrik dengan fungsi mengubah tegangan AC menjadi DC, demikian juga sebaliknya. Biasanya pemanfaatan power supply ini terhadap PLC dan HMI yang membutuhkan tegangan DC.

4. Kabel

Ini bukan elemen asing yang mesti membutuhkan pengetahuan khusus. Kabel merupakan sarana untuk menyambungkan listrik dari satu benda ke benda lainnya. Panjang kabel beragam, semua diinstal pada perangkat sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

5. Busbar

Busbar adalah alat kelistrikan dari tembaga yang berperan penting dalam menghantarkan arus listrik. Peranan busbar untuk menghantarkan arus serta menggantikan kabel menggunakan penampang lebih besar.

6. Isolator Busbar

Isolator busbar merupakan salah satu bagian dari rangkaian busbar dengan peran penting sebagai penyangga busbar. Fungsi utamanya untuk mengatur jarak antar busbar yang menjadi salah satu dari sekian banyak komponen panel listrik secara tepat.

7. Din Rail

Din rail adalah salah satu elemen yang terbuat dari komponen logam. Fungsi utamanya untuk pemasangan MCB, kontaktor, relay, power supply, serta berbagai perangkat kontrol industri lainnya.

8. Kabel Duct

Kabel duct merupakan salah satu bagian kelistrikan yang terbuat dari bahan dasar PVC. Tujuan utamanya untuk jalur kabel sehingga berbagai kabel di dalam perangkat dapat tertata secara rapi.

9. Terminal Block

Terakhir ada terminal block, salah satu bagian yang berguna untuk mengatur keluar dan masuknya kabel. Berbagai komponen, seperti relay, timer, socket, dan sebagainya bisa Anda temukan pada pembahasan lainnya.

Sembilan komponen panel listrik di atas dapat ditemukan dari tempat terpercaya dan lengkap. Anda bisa sekaligus mendapatkan jasa pemasangan oleh profesional ketika menemukan tempat terbaik dengan penawaran harga bersahabat.

Instalasi Kelistrikan 1 Phase di Rumah

Untuk memberikan gambaran tepat, kami akan menyertakan ilustrasi rangkaian listrik 1 phase di beberapa lokasi. Untuk rangkaian panel listrik satu phase ini biasanya berisi MCB yang digunakan untuk mengontrol kelistrikan.

Bisa dibilang rangkaian kelistrikan ini adalah rangkaian kelistrikan rumah tangga. Beberapa kabel yang dibutuhkan ini akan menjawab apa itu panel kelistrikan?

  • Kabel L untuk jalur line, kabel ini mengandung setrum
  • Kabel N sebagai jalur netral
  • Kabel G atau disebut juga sebagai kabel ground

Umumnya, panelnya terdiri atas satu buah MCB yang menjadi elemen utama kemudian didukung oleh beberapa MCB lainnya sebagai pendukung. Setiap komponen panel listrik berupa beberapa MCB pendukung untuk melakukan kontrol listrik di beberapa area.

Dalam rangkaian satu phase kelistrikan biasanya kapasitas MCB utama sampai 100 ampere, minimal di angka 2 ampere. Sebagai ilustrasi riil, berikut adalah beberapa perangkat yang dibutuhkan untuk menyambungkan listrik dari panel listrik PLN ke rumah:

  • Taman depan membutuhkan lampu
  • Garasi dan carport membutuhkan lampu dan stop kontak
  • Ruang tamu membutuhkan stop kontak dan lampu
  • Ruang keluarga juga membutuhkan stop kontak serta lampu
  • Kamar depan lantai satu membutuhkan lampu dan stop kontak
  • Untuk area kamar mandi juga membutuhkan lampu dan stop kontak

Berbagai komponen panel listrik di atas secara sederhana harus terpasang rapi di setiap area rumah. Meskipun sederhana, namun harus tetap melibatkan ahli karena kegiatan di rumah dilakukan setiap hari dan menyangkut keselamatan seluruh penghuni.

Komponen yang Dibutuhkan untuk Listrik 1 Phase

Komponen yang Ada di Panel LVMDP

Masuk ke contoh rangkaian kelistrikan satu phase. Kami memiliki beberapa daftar perangkat yang harus terpasang. Komponen apa saja yang ada di panel listrik? Diantaranya sebagai berikut ini:

1. MCB

Dibutuhkan MCB untuk melakukan kontrol terhadap stopkontak serta lampunya. Satu MCB bisa membuat dua jalur, yakni untuk stop kontak dan lampu secara terpisah. Dengan pengaturan seperti itu ketika ada gangguan pada lampu, stop kontak tidak terganggu.

2. Busbar Jalur Netral

Busbar jalur netral adalah salah satu komponen panel listrik dengan peranannya sebagai pencegah arus listrik merambat ke body panel. Pemasangan elemen ini perlu dilengkapi dengan isolator pada bagian ujungnya.

3. Busbar Jalur Ground

Selain busbar jalur netral, ada juga busbar jalur ground yang berkebalikan dari jalur netral, tidak membutuhkan isolator dalam pemasangan. Idealnya jalur ground ini tidak mengandung arus listrik karena tujuannya untuk mengamankan kabel.

4. Lampu Indikator Panel

Lampu indikator panel dipasang pada pintu panel dan akan menyala ketika aliran listrik masuk ke dalam panelnya. Ketika aliran listrik masuk ke panelnya maka menandakan panel tersebut telah siap untuk digunakan.

5. Sekring Box

Terakhir, komponen panel listrik yang dibutuhkan untuk rangkaian sederhana rumah tangga adalah sekring box. Perangkat ini berguna sebagai kontrol, ketika arus listrik naik maka sekringnya akan otomatis putus dan lampu ke arah indikator bisa mati.

Rangkaian kelistrikan satu phase di atas merupakan ilustrasi sederhana yang bisa diterapkan ketika membuat jalur kelistrikan di rumah. Detailnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya tergantung pada keputusan profesional yang mengerjakannya.

Distributor dan Jasa Penyedia Instalasi Terbaik

Mikmar Gracindo Logo

Bicara soal perangkat kelistrikan dan pemasangannya, Anda membutuhkan tempat terbaik untuk mendapatkan alat berkualitas. Anda juga dianjurkan sekali dalam melibatkan ahli supaya tidak terjadi kerusakan atau risiko kecelakaan kemudian waktu.

Beruntungnya, Mikmar Gracindo adalah distributor alat kelistrikan terbaik di sekitar Anda. Berbagai komponen panel listrik tersedia di sini. Menariknya lagi, Anda bisa langsung melakukan konsultasi melalui link WhatsApp di bawah ini.

Informasi dan konsultasi bisa dilakukan secara langsung dari link di atas. Tidak perlu bingung lagi menyusun kalimat di kotak obrolan. Anda bisa langsung mengirimkannya sesuai format tersedia. Tunggu apa lagi? Semua yang Anda butuhkan ada di sini.

Mikmar Gracindo juga menyediakan layanan pemasangan langsung ke lokasi. Pemasangan dijamin aman dan terpercaya karena langsung dilakukan ahli berpengalaman. Dapatkan berbagai komponen panel listrik berkualitas dan terbaik berikut jasa pemasangan terpercaya.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga :Distributor Kapasitor Listrik Terpercaya Jabodetabek