Tiga bagian komponen komponen listrik merupakan elemen yang dibutuhkan untuk membuat kebutuhan listrik rumah maupun gedung menyala. Tanpa ada salah satunya maka sumber pencahayaan, pemanasan, serta pendinginan tidak akan ada.

Zaman sekarang hampir segala sesuatunya menggunakan kelistrikan, oleh karena itu penting bagi Anda mengetahui setiap komponen yang ada. Keberadaan komponen akan memiliki fungsinya tersendiri dan semua butuh digabungkan untuk dapat menjalankan fungsi secara satu-kesatuan.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Panel Listrik Beserta Komponennya

3 Komponen Komponen Listrik dan Fungsinya

Supplier Komponen Panel Listrik Murah

Pada umumnya, komponen listrik terbagi menjadi tiga, yakni resistor, kapasitor, dan dioda. Penjelasan lengkap tentang ketiga komponen tersebut akan kami bahas dalam penjabaran berikut ini:

1. Resistor

Resistor merupakan komponen komponen listrik dengan fungsinya untuk menghambat aliran arus listrik. Termasuk salah satu bagian yang banyak ditemukan pada berbagai rangkaian elektronik maupun jaringan kelistrikan.

Satuan nilai yang dimiliki adalah Ohm atau dilambangkan dengan O. Biasanya resistor mewakili dirinya dengan kode angka pada badan resistor itu sendiri. Fungsi dari salah satu bagian kelistrikan ini beragam, diantaranya:

  • Membatasi arus listrik
  • Sirkuit pencocokan dan pemuatan
  • Membangkitkan panas
  • Penguatan kontrol
  • Konstanta waktu tetap
  • Memberikan tegangan tertentu ke transistor

Untuk memahami resistor secara akurat, kami akan memberikan beberapa ilustrasi kelistrikan. Ilustrasi di bawah ini diharapkan mampu menambah pemahaman tepat Anda mengenai komponen komponen listrik, seperti:

Ilustrasi Satu – Tanpa Resistor

  • Ada power supply kemudian coba hubungkan salah satu sisinya
  • Hubungkan LED pada salah satu sisinya
  • Kekuatan penuh kelistrikan akan menghantam bohlam secara langsung
  • Akhirnya hanya menciptakan beban pada LED dan membakarnya atau kelistrikan tidak hidup

Ilustrasi Dua – Dengan Resistor

  • Terdapat power supply dan salah satu sisinya bisa dihubungkan
  • Anda melakukan penghubungan ke resistor
  • Resistor selanjutnya dihubungkan ke bohlam LED
  • Listrik mengalir melalui resistor ke bohlam LED tadi
  • Jumlah listrik yang diperlukan bisa diatur sehingga beban kelistrikan bisa ditentukan yang akhirnya mencegah penyebab kematian pada sistem kelistrikan tersebut

Resistor terbagi menjadi beberapa jenis, dimana setiap jenis disimbolkan secara berbeda. Adapun beberapa jenis dari salah satu komponen komponen listrik tersebut meliputi:

  • Resistor dengan nilai tetap
  • Resistor yang nilainya dapat diatur, dalam hal ini ada variable resistor atau juga potensiometer
  • Resistor yang nilainya dapat berubah sesuai intensitas cahaya atau LDR (light dependent resistor)
  • Resistor dengan nilai yang dapat berubah tergantung pada perubahan suhu, dalam hal ini disebut sebagai positive temperature coefficient serta negative temperature coefficient

Ketika mengetik empat jenis resistor di atas di internet, secara langsung Anda akan melihat simbol-simbolnya. Sebenarnya jika didetailkan akan ada 10 komponen listrik lebih, namun secara garis besar adalah tiga komponen ini.

2. Kapasitor

Kedua, salah satu dari komponen komponen listrik kedua adalah kapasitor atau kerap dikenal juga sebagai kondensator. Fungsinya untuk menyimpan muatan listrik sementara dimana satuan kapasitasnya disebut sebagai Farad.

Satuan Farad berasal dari nama penemunya sendiri, yakni Michael Faraday dari Inggris. Umumnya muatan satuan Farad terlalu besar, maka dari itu dikecilkan dalam berbagai versi. Sampai akhirnya diciptakanlah nanoFarad, pikoFarad, dan ada juga microFarad.

Kapasitor memiliki fungsi untuk mempertahankan muatan sekalipun telah terputus dari sumber kelistrikan. Kapasitor dapat digunakan secara bersamaan dengan resistor dalam rangkaian waktu yang fungsinya sebagai filter guna memblokir sinyal DC.

Teknisnya, kapasitor melakukan dua fungsi secara bersamaan. Dimana kedua fungsi tersebut mencakup beberapa hal berikut:

  • Memungkinkan arus bolak-balik atau yang dikenal sebagai AC mengalir melalui kapasitor sebagai salah satu dari sekian komponen komponen listrik pada sebuah perangkat
  • Menahan aliran arus DC atau arus searah agar dapat melalui kapasitor

Melalui hal ini, resistor dapat menstabilkan semua sirkuit dengan baik. Untuk jenis-jenis kapasitor sendiri terbagi menjadi beberapa, diantaranya:

  • Kapasitor dengan nilai tetap dan tidak berpolaritas
  • Kapasitor dengan nilai tetap, akan tetapi memiliki polaritas negatif maupun positif
  • Kapasitor dengan nilai yang dapat diatur

Sama halnya seperti pada resistor, kapasitor juga setiap jenisnya memiliki simbol berbeda. Anda akan dengan mudah menemukannya apabila melakukan pencarian di internet. Sampai sini, pertanyaan apa itu komponen listrik? Sudah terjawab jelas.

3. Dioda

Terakhir, salah satu bagian dari komponen komponen listrik adalah dioda. Bedanya dengan dua komponen sebelumnya adalah dioda merupakan bagian elektronika yang aktif. Bahan pembuatannya dari semikonduktor dengan fungsi yang cukup unik.

Dioda memiliki peran penting untuk mengalirkan listrik pada satu arah, namun dari arah sebaliknya menahan aliran listrik. Dioda terdiri atas 2 elektroda atau yang disebut sebagai terminal. Untuk muatan negatif disebut katoda dan muatan positif disebut anoda.

Keduanya memiliki prinsip kerja yang mengacu pada teknologi pertemuan p-n semikonduktor. Dengan kata lain, dapat mengalirkan arus dari sisi tipe-p atau disebut anoda ke tipe n atau katoda. Tetapi, arus dari arah sebaliknya tidak akan mengalir sama sekali.

Salah satu komponen komponen listrik ini tentunya hadir dengan berbagai fungsi penting. Sama halnya seperti dua komponen sebelumnya, dioda juga hadir dengan beberapa peranan seperti:

  • Dioda penyearah untuk menyearahkan arus bolak-balik atau AC ke arus searah atau DC
  • Dioda Zener sebagai pengamanan rangkaian setelah tegangannya ditentukan
  • Dioda LED sebagai lampu indikator atau disebut juga lampu pencahayaan yang dapat memancarkan cahaya monokromatik
  • Dioda Photo sebagai sensor cahaya
  • Dioda Schottky untuk pengendali

Dioda juga tidak jauh berbeda dengan kedua bagian kelistrikan yang sudah kami sebutkan. Yakni, memiliki beberapa simbol berbeda untuk setiap jenisnya. Keberadaan salah satu komponen rangkaian listrik satu ini sangat berperan penting untuk keseluruhan.

Peran Penting Distributor Kelistrikan Terpercaya

Mikmar Gracindo Logo

Tiga peran penting berbagai komponen komponen listrik di atas didukung oleh perangkat tepat dan profesional dalam bidangnya. Sebelum membicarakan profesional pemasangan, terlebih dahulu kunci utamanya adalah perangkat yang didapatkan terpercaya.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kelistrikan termasuk riskan dan tidak bisa ditentukan sembarangan. Ada banyak hal penting menyangkut kelistrikan, apalagi jika instalasinya pada bangunan serta tempat komersial.

Untungnya, Anda dapat menemukan berbagai rekomendasi produk terbaik dari sini. Konsultasi dan informasi lengkap bisa diakses cukup melalui WA.

Berbagai komponen komponen listrik bisa ditemukan secara lengkap, terpercaya, dan mudah cukup melalui satu tempat. Kami memastikan semua produk ready stock dengan kualitas terbaik. Anda dapat melakukan pemesanan secara online atau langsung ke toko.

Tersedia layanan khusus dan dukungan dari semua pihak untuk mempermudah proses pembelanjaan online. Untuk harga, tidak perlu dikhawatirkan karena cukup bersaing dengan barang yang cukup lengkap untuk instalasi rumah tangga maupun perusahaan.

Tunggu apa lagi? Mikmar Gracindo juga menyediakan layanan pemasangan oleh profesional terpercaya. Tentang kelistrikan tidak bisa dikerjakan oleh sembarang orang karena menyangkut keselamatan jangka panjang.

Kami peduli akan hal tersebut, oleh sebab itu menghadirkan produk berkualitas terbaik saja. Kami juga menyertai pelayanan dengan menghadirkan para profesional di bidang pemasangan berbagai komponen komponen listrik untuk setiap kepentingan Anda.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Mengenal Apa Fungsi Kapasitor Listrik Berdasarkan Jenisnya