Tahukah Anda mengenai kegunaan Bank Capacitor Panel? Perangkat ini dapat diterapkan dalam kantor, apartemen dan bangunan lain yang mana cukup penting, terutama berkaitan dengan dunia industri. Sebab, mampu menghindarkan dari denda PLN.

Ketika membahas listrik rumah biasa, tidak wajib menerapkan perangkat listrik tersebut. Sementara jika berhubungan dengan pabrik, begitu penting untuk menggunakannya. Karena denda PLN akan menambah pengeluaran perusahaan.

Sementara dari segi komponennya bisa bermacam-macam. Dapat menyesuaikan dengan keperluan konsumen. Untuk memasangnya Anda dapat mengandalkan jasa instalasi khusus, jadi tidak perlu melakukannya secara mandiri.

Memahami Apa Itu Bank Capacitor Panel

Bank Capacitor Panel ialah sebuah panel yang tersusun dari sejumlah unit capacitor dan terpasang secara seri maupun paralel. Seperti disinggung sebelumnya, perangkat ini bisa diterapkan dalam beragam bangunan, seperti pabrik, apartemen, kantor dan lain sebagainya.

Perangkat listrik ini umum diterapkan dalam pabrik modern. Sebab, pabrik modern menerapkan electro motor sebagai penggerak mesin untuk melakukan proses produksi. Electro motor memerlukan energi besar dan berpengaruh terhadap tagihan PLN.

Kegunaan Bank Capacitor Panel paling utama ialah memperkecil daya reaktif. Jadi, PLN menyediakan dua jenis daya, yakni daya aktif dan daya reaktif. Keduanya mempunyai fungsi masing-masing dan dibatasi oleh aturan PLN.

Daya aktif ialah daya yang tampak. Sementara daya reaktif ialah daya tidak tampak. Di sebuah segitiga daya, terdapat sudut phasa atau cos phi. Bank Capacitor Panel akan membantu menurunkan sudut  phasa atau cos phi.

Sehingga daya tidak berada di bawah aturan PLN. PLN menetapkan angka cos phi sebesar 0.85. Apabila tidak mencapai aturan tersebut, maka akan mendapat denda KVAr (KVArh). Kegunaan Bank Capacitor Panel membuat angkanya bisa mencapai 0.95-0.99

Dengan capaian angka tersebut, maka dapat mencegah denda KVAr (KVArh) yang diberikan oleh PLN. Sementara komponen panel yang dipakai dapat bervariasi, tergantung pada permintaan konsumen.

Komponen yang dapat dipakai dalam kegunaan Bank Capacitor Panel berkaitan dengan pemutus arus ialah Load Breaker Switch (LBS) dan Circuit Breaker (CB). Kemudian ada komponen seperti MCB, Fuse dan Modul Power Factor.

Bagaimana konsumen bisa mengetahui perlu memasang perangkat listrik ini atau tidak? Tandanya ialah apabila mendapat tagihan KVArh dari PLN. Maka dapat disimpulkan bahwa konsumen membutuhkan penerapan perangkat listrik tersebut.

Ragam Kegunaan Bank Capacitor Pane

Pada dasarnya Bank Capacitor Panel berguna dalam memperbaiki faktor jaringan, menurunkan kerugian jaringan dan menurunkan drop voltage. Namun selain itu, masih banyak kegunaan dari perangkat listrik terkait.

1. Usia Pemakaian Peralatan Lebih Lama

Salah satu kegunaan Bank Capacitor Panel ialah membantu meningkatkan usia pemakaian peralatan. Hal ini disebabkan oleh daya listrik yang dipakai oleh peralatan menjadi stabil.

Ketika tidak menerapkan perangkat listrik ini, arus listrik sangat mungkin mengalami kenaikan dan penurunan atau tidak stabil. Hal tersebut yang menyebabkan peralatan menjadi lebih cepat rusak.

Menjaga usia peralatan dalam dunia industri sangat penting. Seperti yang Anda tahu, menekan biaya produksi akan meningkatkan laba perusahaan. Apabila peralatan cepat rusak maka perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan atau pembelian.

2. Mengoptimalkan Pemakaian Daya

Kegunaan Bank Capacitor Panel berikutnya ialah mengoptimalkan pemakaian daya. Perangkat listrik ini akan membantu menjadikan aliran listrik lancar tanpa ada daya yang terbuang sia-sia.

Misalnya saja perusahaan mempunyai peralatan dengan daya 50 watt. Maka, daya yang akan dipakai juga 50 watt. Sehingga hemat daya dan mampu memaksimalkan kinerja peralatan itu sendiri.

3. Mencegah Kabel Instalasi Mengalami Kelebihan Beban

Kegunaan Bank Capacitor Panel lainnya ialah mencegah terjadinya kelebihan beban daya pada kabel instalasi. Kabel yang mengalami kelebihan daya sangat mungkin menjadi panas. Beban daya dapat mempengaruhi kinerja dari peralatan dan masa pakainya.

4. Listrik Tidak Mudah Turun

Ketika sebuah industri memakai banyak peralatan dengan beban maksimal, sangat mungkin menyebabkan instalasi listrik menjadi turun. Jika aliran listrik tiba-tiba mati, maka bisa mempengaruhi proses produksi industri bahkan mempengaruhi peralatan.

Keuntungan Menerapkan Bank Capacitor Panel

Industri perlu waspada dengan faktor daya terutama jika mengandalkan energi listrik dari PLN. Sementara industri yang memiliki pembangkit listrik mandiri bisa bernapas lebih lega. Oleh sebab itu, penggunaan Bank Capacitor Panel akan memberikan sejumlah keuntungan.

1. Menurunkan Tagihan Listrik PLN

Keuntungan pertama dari kegunaan Bank Capacitor Panel ialah menurunkan tagihan listrik. Perangkat listrik ini bisa menghindarkan dari denda energi reaktif. Sehingga menurunkan biaya yang wajib dikeluarkan atas kVA.

Keuntungan lainnya ialah mampu menurunkan kerugian daya yang disebabkan oleh transformator dan konduksi instalasi. Perusahaan yang mampu menekan pengeluaran dalam hal penggunaan energi listrik bisa memaksimalkan perolehan laba.

2. Meningkatkan Power

Kegunaan Bank Capacitor Panel yang mampu memperkecil daya reaktif bisa meningkatkan power real dari sebuah pembangkit atau generator. Power memang bisa dipengaruhi oleh faktor daya atau cos phi.

3. Menurunkan Drop Voltage di Kabel Instalasi

Kemampuan perangkat listrik ini dalam menurunkan drop voltage di kabel instalasi akan berguna untuk mencegah kerja peralatan industri. Sebab, tingkat drop voltage tinggi akan menimbulkan kerusakan tertentu pada peralatan.

Drop voltage sendiri bisa menyebabkan beban bekerja keras. Sehingga kabel menjadi lebih panas melebihi batas dan berpotensi terbakar. Pada akhirnya mampu menyebabkan motor menjadi panas dan kompresor mengalami kerusakan.

Komponen di Bank Capacitor Panel

Bank Capacitor Panel memuat beberapa komponen yang akan membantu kinerja perangkat listrik tersebut. Beragam komponen akan mendukung fungsi satu sama lain sehingga bisa memberikan manfaat maksimal kepada konsumen.

1. Load Break Switch

Kegunaan Bank Capacitor Panel komponen ini ialah untuk kontrol dan instalasi. Komponen ini umum digunakan ketika proses pemeliharaan panel. Komponen ini mampu melakukan pemutusan dan penyambungan bahkan ketika keadaan berbeban.

2. Capacitor Breaker

Kapasitor Breaker dipakai dalam mengamankan instalasi breaker dari Breaker ke Kapasitor Bank. Bukan hanya Breaker, Fuse juga dapat diterapkan dalam perangkat listrik ini. Meskipun Fuse mampu menghadirkan respon lebih tinggi namun dianggap kurang efisien.

3. Magnetic Contactor

Magnetic Contactor merupakan peralatan kontrol. Beban kapasitor memiliki arus puncak tinggi yang mana jauh lebih tinggi daripada beban motor. Magnetic Contactor perlu dipilih dengan range ampere tinggi supaya umur penggunaannya lebih lama.

4. Capacitor Bank

Komponen ini berguna dalam menyeimbangkan sifat induktif. Kapasitor bank mempunyai kapasitas dengan ukuran 5 KVar hingga 60 Kvar. Sementara tegangan kerjanya mulai dari 230 Volt hingga 525 Volt.

5. Reactive Power Regulator

Reactive Power Regulator berguna dalam mengatur kerja kontaktor. Sehingga daya reaktif yang akan disetor ke jaringan atau sistem mampu bekerja tepat. Mampu bekerja berdasarkan kapasitas yang diperlukan.

Tagihan listrik dari PLN dapat dipengaruhi oleh beragam hal. Misalnya saja besaran cos phi dalam daya reaktif. Salah satu kegunaan Bank Capacitor Panel bisa membantu mengatasi besaran cos phi sehingga mencegah tagihan listrik membengkak.

Tidak semua orang memahami pentingnya pemasangan Bank Capacitor Panel. Jika Anda telah mengetahui manfaat besar dari perangkat listrik ini maka perlu memesan jasa instalasinya secara tepat.

Sekarang ini sudah tersedia beragam jasa instalasi perangkat listrik di tanah. Salah satu jasanya ialah Mikmar Gracindo. Perusahaan ini sudah berpengalaman menangani banyak konsumen. Anda dapat menghubungi di nomor telepon +62(21)54337345. Atau anda bisa juga kunjungi website kami https://mikmargracindo.com

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.