Jual transformator step up dan step down jadi solusi saat Anda membutuhkan. Transformator atau yang sering disebut dengan trafo adalah perangkat khusus berhubungan dalam bidang listrik. Terdapat dua bagian kawat atau lebih pada komponen ini.

Gulungan kawat berguna untuk mentransfer energi listrik melalui media magnet yang berubah-ubah. Dikenal 2 macam trafo yaitu untuk menaikkan dan menurunkan tegangan yang punya karakter berbeda. Penting untuk mengetahui perbedaan fungsinya supaya tidak salah beli.

 

Apa Perbedaan Transformator Step Up dan Step Down?

perusahaan penyedia trafo step down

Sesuai namanya, Step-up artinya menaikkan. Dalam hal ini yang dinaikkan adalah energi listrik. Trafo jenis ini berfungsi untuk memberikan perubahan pada tegangan dengan taraf-taraf tertentu agar mempunyai daya yang lebih tinggi.

Cara kerjanya adalah menaikkan tegangan pada arus listrik. Secara spesifik ada sejumlah fungsi transformator jenis ini. Yaitu mendistribusikan energi-energi listrik yang umumnya muncul dari generator pembangkit.

Pendistribusian tersebut bertujuan supaya daya yang mengalir di dalamnya tidak banyak hilang atau lose power. Pada microwave, trafo memiliki fungsi sebagai media pengubah energi listrik menjadi gelombang mikro.

Jual transformator step up dan step down, Anda bisa menemukan jenis pertama ini yang fungsinya untuk proses back up listrik ketika alat PC kehilangan sumber utamanya. Dengan alat ini yang dihubungkan dengan PC, menjamin keamanan perangkat saat tegangan tidak stabil.

Sementara step-down, diartikan menurunkan. Dalam hal ini adalah menurunkan tegangan pada listrik sehingga mendapatkan taraf paling sesuai dengan kebutuhan karakter peralatan penghantarnya. Fungsinya hanya satu, namun penggunaannya banyak ditemukan.

Contoh pada power supply, dimana trafo listrik step up step down sangat berguna dalam menstabilkan tegangan yang mengalir nya. Selain itu perangkat elektronik seperti charger, televisi, booster antenna, dan lain sebagainya juga banyak yang memanfaatkannya.

Pada rangkaiannya, jenis kedua ini digunakan pada catu daya. Baik yang sudah menggunakan regulasi maupun belum. Semua perangkat elektronik tidak meragukan kemampuan transformator jenis ini karena dapat dipakai sebagai alternatif baterai.

Trafo jenis ini juga ditemukan pada sistem distribusi. Fokus pada kebutuhan penurunan tegangan dari skala tinggi sampai menjadi tengah dan rendah. Kemudian akan didistribusikan pada konsumen baik bidang perkantoran, perumahan, dan industri.

 

Memilih Tempat yang Jual Transformator Step Up dan Step Down Berkualitas

Logo footer

Penting untuk memilih perangkat listrik yang berkualitas sebab menyangkut keselamatan dalam penggunaannya. Sudah banyak kasus kecelakaan seperti kebakaran karena peralatan listrik tidak bekerja secara maksimal.

Pertama yang perlu dilakukan saat membeli dari toko jual transformator step up dan step down adalah memastikan kondisinya masih bagus. Baru, tampak bersih, tidak ada sisi yang tampak berkarat.

Anda juga perlu tahu ciri trafo berbagai jenis yang dibutuhkan supaya tidak terbalik saat membeli. Bisa diketahui dari label voltasenya. Baik jenis auto atau isolasi dapat diketahui melalui tulisan spesifikasi di label.

Jika trafo memiliki input 380v ke 220v, atau 220v ke 110, atau voltase input lebih tinggi dari output, maka jenis ini dapat disebut trafo penurun tegangan. Sedangkan jika trafo memiliki voltase kecil ke besar, maka dapat dipastikan trafo tersebut merupakan trafo penaik tegangan.

Selain memastikan kondisinya masih baru dan prima, kemudian jenis yang dibeli sesuai, Anda perlu memperhatikan penggunaannya juga. Kebanyakan orang menganggap kedua jenis komponen ini bekerja 2 arah atau bolak-balik, padahal tidak.

Dari perancangannya sudah berbeda. Dimana komponen listrik ini dibuat untuk dapat bekerja satu arah saja dengan pertimbangan dari segi efisiensi. Pada dasarnya rancangan yang dibuat adalah input lebih besar dibanding output.

Jika pada penggunaannya dibalik, yaitu output lebih besar dibanding input, maka kinerjanya akan terganggu. Dapat bekerja sesuai tujuan dan fungsi penggunaannya, namun hanya dalam waktu singkat karena akan cepat rusak.

 

Memilih Toko Jual Transformator Step Up dan Step Down

Selain cerdas memilih komponennya, Anda perlu jeli juga saat memilih toko. Ada berapa banyak toko konvensional yang menjual peralatan listrik di kota Anda? Apakah semua berkualitas, memiliki koleksi peralatan lengkap, layanan memuaskan? Ini perlu dipertimbangkan.

1. Reputasi jual transformator step up dan step down

Dalam memilih toko sebagai tempat membeli peralatan listrik, pertama harus mempertimbangkan reputasinya. Apakah toko dikenal menyediakan peralatan baru, berkualitas, standar SNI, ada garansi minimal garansi toko?

Bagaimana dengan ulasan orang sekitar mengenai toko tersebut? Jika lebih banyak ulasan positif, maka bisa diperhitungkan bahwa toko tersebut kredibel. Minimal Anda mendapatkan jaminan keaslian dan kualitas produk.

2. Deskripsi produk

Ini khusus untuk membeli secara online. Anda perlu pastikan bahwa setiap katalog bergambar harus ada deskripsi yang jelas dan relevan. Ini penting, sebab ada kalanya Anda tidak sempat menanyakan kepada admin jual transformator step up dan step down.

3. Lokasi toko

Jika membeli secara langsung, pilih toko paling dekat. Namun jangan abaikan juga reputasinya tadi. Dengan membeli di toko terdekat jadi lebih mudah saat akan melakukan klaim atau penukaran jika barang tidak sesuai dengan kebutuhan.

4. Variasi harga

Pertimbangkan juga memilih toko jual transformator step up dan step down yang menyediakan variasi harga. Dalam satu brand bisa jadi harganya seragam, untuk seri dan spesifikasi sama. Pastikan toko menyediakan lebih dari satu brand dan banyak spesifikasi.

 

Perbandingan Harga Step Up Step Down

Supplier Trafo untuk Perusahaan

Penting juga saat membeli, Anda membuat perbandingan harga. Pada dasarnya harga akan menyesuaikan dengan reputasi brand serta spesifikasinya. Namun ada kalanya juga penjual nakal, melakukan mark up harga demi mendapat keuntungan sepihak.

Terutama jika memesan atau membeli secara online. Alih-alih membeli supaya lebih praktis dan mudah, Anda justru harus membayar lebih mahal untuk kualitas yang tidak sebanding. Belum lagi adanya beban ongkir, yang pada akhirnya menghasilkan harga jauh lebih tinggi.

Toko online jual transformator step up dan step down bisa Anda bandingkan dulu harganya. Apakah sesuai dengan yang ada di pasaran offline. Bisa jadi ada sedikit perbedaan karena kebijakan toko, jika masih dalam taraf wajar, bisa diterima.

Bagaimana cara membandingkan harga ini? Anda bisa mengumpulkan berbagai referensi baik toko online maupun konvensional. Pilih mana satu diantaranya yang paling mudah dilakukan.

Jika belanja online, pilih minimal 3 toko jual transformator step up dan step down. Kemudian buat daftar harganya untuk masing-masing jenis trafo yang akan dibeli. Pilih satu paling mendekati harga pasaran.

Jika membeli di toko konvensional, Anda bisa konsultasikan langsung dengan penjual atau teknisi. Biasanya mereka akan memberikan pertimbangan dan alternatif, jika ternyata kemahalan atau sebaliknya.

Biasanya ada alasan terkait harga. Misalnya, jual murah karena ada promo diskon pembelian. Atau pembelian minimal beberapa buah item, sehingga mendapat potongan langsung dari toko bersangkutan.

Ingin belanja peralatan listrik aman, percayakan hanya pada Mikmar Gracindo. Semua keperluan Anda bisa langsung dikonsultasikan melalui WA untuk mendapatkan info lebih lanjut dari salah satu toko jual transformator step up dan step down berkualitas ini

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

 

Baca juga : Jual Transformator Termurah Tangerang