Supplier yang jual transformator murah banyak dicari, tapi tentunya tetap mengutamakan kualitas. Bagi sebagian pencari trafo pemula, merasa kesulitan mencari produk berkualitas tapi berharga terjangkau.

Apalagi seiring berjalannya waktu semakin banyak supplier jual produk abal-abal dengan klaim original. Bagi yang sudah berpengalaman mencari komponen ini, tentu tidak sulit untuk membedakan antara trafo abal-abal dengan original.

Berbeda situasinya bagi pencari awam, bila tidak cermat dalam memilih bisa tertipu. Ada supplier menjual trafo berharga murah disertai jaminan kualitas, sebagaimana akan dibahas pada uraian berikut. Tapi sebelum itu, pahami hal-hal penting mengenai trafo terlebih dahulu.

 

Membahas Secara Singkat Tentang Apa Itu Transformator

Sebelum mencari supplier yang jual transformator murah, pahami dengan baik komponen ini terlebih dahulu. Tujuannya supaya Anda semakin paham komponen seperti apa yang akan dibeli mengingat variannya banyak.

Transformator merupakan salah satu komponen dalam bidang elektronika atau kelistrikan yang berfungsi memindahkan energi listrik di antara dua rangkaian maupun lebih lewat proses induksi elektromagnetik. Trafo hanya bisa dioperasikan pada tegangan berarus AC atau bolak-balik.

Komponen ini bisa mengubah taraf tegangan AC menuju taraf lainnya. Maksud dari pengubahan taraf dalam hal ini yaitu menaikkan atau menurunkan tegangan. Dalam pendistribusian tenaga listrik, trafo berperan sangat penting.

Hingga ratusan kilo Volt, transformator menaikkan listrik dari PLN untuk nantinya didistribusikan. Kemudian ada trafo lainnya memiliki peran dalam menurunkan tegangan listrik dengan jumlah menyesuaikan kebutuhan setiap rumah atau kantor.

Secara umum, kebutuhan tegangan untuk lingkup rumah tangga atau perkantoran yaitu AC 220 Volt. Akan berbeda tentu saja spesifikasi trafo pada penerapan PLN dengan perangkat listrik sehari-hari. Tapi, keduanya tetap bisa diperoleh dari supplier yang jual transformator murah.

 

Beberapa Fungsi Transformator Penting Diketahui

perusahaan transformator Jakarta

Setiap jenis trafo memiliki fungsi atau kegunaan berbeda-beda. Fungsi inilah yang nantinya menentukan spesifikasi dari transformator. Beberapa fungsi dimaksud antara lain:

 

1. Distribusi serta Transmisi Listrik

Jarak antara pembangkit dengan beban listrik relatif terlalu jauh, akibatnya terjadi drop tegangan. Kondisi ini menyebabkan diperlukannya komponen untuk menaikkan tegangan sebelum distribusi serta transmisi listrik jarak jauh.

Jadi, peranan trafo dalam hal ini sangat penting. Tujuannya supaya drop tegangan tidak terlalu besar. Selain itu juga menghemat budget karena kabel yang dipakai lebih kecil, sehingga harganya lebih murah.

 

2. Pengatur Frekuensi

Fungsi berikutnya sebagai pengatur besaran frekuensi yang dihasilkan. Biasanya dalam kondisi ini implementasi komponen pada radio. Tidak semua supplier jual transformator murah yang fungsinya sebagai pengatur frekuensi.

Jadi, Anda bisa menanyakan kepada penjual terkait menyediakannya atau tidak. Dibandingkan trafo pada transmisi listrik atau rangkaian kontrol, bentuk dan dimensi untuk fungsi satu ini jauh lebih kecil.

 

3. Rangkaian Kontrol

Fungsi terakhir yaitu diterapkan pada rangkaian kontrol berbagai jenis peralatan elektronik. Beberapa contohnya seperti charger, radio, komputer dan lain-lain. Biasanya komponen lebih sering dipakai sebagai penurun tegangan.

 

Jenis Transformator Berdasarkan Level Tegangan

Sebelum mencari seller yang jual transformator murah, apakah Anda sudah memahami jenis apa yang dibutuhkan? Mengenai jenis ini dibagi ke dalam kategori, di mana masing-masing memiliki fungsinya tersendiri. Berdasarkan level tegangan, jenis trafo dibagi menjadi 3, meliputi:

 

1. Step Up

Trafo step up memiliki fungsi sebagai penaik tegangan. Pada sistem pembangkit listrik, pemanfaatan komponen ini untuk menaikkan tegangan yang keluar dari generator. Tujuannya supaya saat ditransmisikan, tidak banyak kehilangan daya.

Jenis trafo ini juga bisa dipakai pada perangkat inverter sebagai penaik tegangan menjadi berjumlah lebih besar. Ciri-ciri transformator step up meliputi, tegangan primer selalu lebih kecil dibandingkan sekunder.

Sedangkan untuk kuat arus bagian primer selalu lebih besar dibandingkan sekunder. Dari segi jumlah lilitan, kumparan primer selalu lebih kecil daripada sekunder.

 

2. Step Down

Jenis berikutnya adalah step down yang memiliki fungsi sebagai penurun tegangan. Tidak semua seller yang jual transformator murah penyedia step up menyediakan varian step down, sehingga perlu menanyakannya saat membeli.

Komponen ini pada jaringan distribusi listrik berfungsi mengubah tegangan grid tinggi menjadi rendah yang bisa dimanfaatkan pada peralatan rumah tangga. Salah satu contohnya pada adaptor AC – DC.

Mengenai ciri-cirinya, kebalikan dari trafo step down, di mana tegangan primer lebih besar dibandingkan sekunder. Sedangkan kuat arusnya bagian primer lebih kecil dibandingkan sekunder. Untuk jumlah lilitan, kumparan primer lebih besar dibandingkan sekunder.

 

3. Auto Transformer

Jenis terakhir yaitu auto transformer yang mungkin masih jarang terdengar bagi sebagian orang. Varian ini berbeda dengan kedua jenis sebelumnya, di mana kumparannya hanya berjumlah satu saja.

Jadi, satu kumparan akan menjadi fungsi primer sekaligus sekunder dalam sebuah rangkaian. Jenis ini tidak mempunyai ujung lilitan tetap. Bila masih bingung dengan prinsip kerjanya, tidak ada salahnya bila bertanya kepada seller yang jual transformator murah.

 

Jenis Transformator Dibedakan Berdasarkan Bahan Inti

Berikutnya akan dibahas mengenai jenis trafo dibedakan berdasarkan bahan intinya. Pemakaian inti transformator dengan bahan berbeda mengakibatkan hasil medan magnetnya oleh proses induksi juga berbeda. Inilah jenis trafo berdasarkan bahan inti:

 

1. Inti Besi atau Iron Core

Pada iron core, gulungan primer dan sekundernya dililitkan pada bagian inti lempengan besi tipis yang sudah di laminasi. Plat besi yang dipakai sebagai inti memiliki ukuran serta bentuk beragam, seperti L, E, U, I dan lainnya.

Plat besinya tipis tapi disusun secara berlapis-lapis, sehingga membuat bobot komponen cukup berat. Ketika beli pada seller yang jual transformator murah dengan varian iron core, pastikan kebutuhan ukuran dan bentuknya terlebih dahulu.

Bila dibandingkan varian dengan inti udara, trafo jenis ini mempunyai tingkat efisiensi lebih tinggi. Alasannya karena bahan besi memiliki kandungan bersifat konduktif serta magnetik, sehingga memudahkan jalannya fluks magnet.

 

2. Inti Udara atau Air Core

Trafo jenis inti udara atau air core, bagian gulungan primer dan sekundernya dililitkan pada inti berbahan non magnetik yang secara umum berbentuk tabung berongga. Untuk bahan non magnetiknya sendiri bisa berupa karton atau kertas.

Proses induksi medan magnet primer dan sekundernya hanya lewat medium udara saja. Bobot varian komponen ini ringan, tapi memiliki hasil induksi listrik lebih lemah bila dibandingkan jenis inti besi dan ferrite.

Para pemburu seller yang jual transformator murah varian satu ini biasanya untuk perangkat elektronik portabel, misalnya radio frekuensi. Pembuatan wireless charger juga bisa memakai opsi jenis trafo ini.

 

3. Toroid

Isi dari transformator toroid yaitu besi atau ferrite. Bentuknya mirip toroid atau donat yang membuatnya sering disebut dengan trafo donat. Komponen jenis ini biasanya dipakai pada rangkaian power supply serta amplifier.

Kemampuan induksi toroid sangat tinggi. Selain itu, potensi terjadinya kebocoran induktansi bisa dikatakan kecil. Dari segi pemasangan, komponen ini termasuk lebih mudah karena hanya memakai satu baut saja, berbeda dengan varian biasa minimal dua.

 

4. Inti Ferrite

Jenis terakhir berdasarkan bahan inti ada ferrite. Daya tembus magnet bahan ferrite termasuk kategori tinggi. Penggunaannya lebih sering pada perangkat elektronik dibandingkan elektrik.

Bentuk dan ukuran komponen jenis ini bervariasi, sehingga saat membeli pada seller yang jual transformator murah sesuaikan dengan kebutuhan. Tapi, secara umum untuk bagian intinya memiliki bentuk seperti huruf E.

Mengenai pemakaian, biasanya berhubungan dengan penanganan listrik frekuensi tinggi. Misalnya seperti rectifier transformator, SMPS atau Switch Mode Power Supply dan lain-lain.

 

Jenis Transformator Dilihat dari Segi Penggunaan

Jual Transformator Area Jakarta

Jangan sampai keliru, spesifikasi trafo untuk penggunaan satu dengan lainnya bisa saja berbeda. Terakhir adalah jenis transformator dilihat dari segi penggunaan terbagi ke dalam 4 kategori, meliputi:

 

1. Transmisi Energi Listrik

Komponen ini dalam dunia transmisi energi listrik sudah menjadi satu kesatuan. Ada tiga jenis yang bekerja dalam sistem transmisi energi listrik, mencakup trafo distribusi, daya serta pengukuran sebagaimana akan dibahas pada ulasan berikut.

 

  • Distribusi

Pengoperasian komponen pada tahapan akhir sistem distribusi energi listrik. Dibandingkan seller yang jual transformator murah varian lain, untuk fungsi distribusi tentu tetap termasuk lebih mahal.

Fungsinya sebagai pengubah tegangan tinggi menjadi rendah untuk dialirkan ke rumah penduduk. Transformator distribusi ada yang berjenis satu phase dan tiga phase. Bagian intinya terbuat dari bahan plat baja.

 

  • Daya

Transformator daya ukurannya sangat besar, sehingga sering dimanfaatkan untuk mengirimkan energi listrik menuju gardu listrik. Jadi, peranan komponen sebagai penghubung generator dengan jaringan distribusi listrik utama.

Sebagian komponen ini ada yang mengandung minyak. Fungsi minyak tersebut sebagai pendingin. Prinsip kerja trafo daya yaitu mengubah tegangan rendah menjadi tegangan tinggi sebagai upaya meminimalisir kehilangan pada sistem distribusi daya.

 

  • Pengukuran

Transformator pengukuran atau instrumen memiliki fungsi mengukur peralatan pada sistem daya listrik. Bila Anda membeli varian ini pada seller yang jual transformator murah, cermati spesifikasinya terlebih dahulu apakah memenuhi kebutuhan.

Prinsip kerjanya, listrik yang lewat kumparan primer diinduksikan menuju sekunder, lalu diubah menuju tegangan dan arus lebih kecil supaya bisa dihitung. Tampilan hasil harus dihitung memakai rumus khusus menyesuaikan jumlah lilitan kumparan.

 

2. Step Up dan Step Down

Dari segi penggunaan ada trafo step up dan step down, sebelumnya juga sudah dibahas dengan lebih lengkap. Pemilihan kedua jenis komponen ini menyesuaikan dengan kebutuhan tegangan, apakah lebih rendah atau tinggi.

 

3. Matching

Seller yang jual transformator murah matching biasanya dicari oleh orang-orang berkecimpung di dunia audio. Sebab, varian ini khusus dipakai pada perangkat audio yang memerlukan pengaturan impedansi.

Produk satu ini bisa menyeimbangkan impedansi rangkaian amplifier dengan komponen lainnya. Situasi inilah penyebab kualitas audio amplifier semakin jernih dan bagus.

 

4. Isolasi

Jenis terakhir ada transformator isolasi dengan peran utamanya sebagai pengaman. Varian ini sering dipakai sebagai pemisah peralatan atau beban listrik dari sumbernya. Secara umum, seluruh jenis varian isolasi mempunyai perbandingan jumlah lilitan sama.

Yaitu 1 dibanding 1 antara kumparan primer serta sekunder. Komponen ini bisa mencegah terjadinya kejutan listrik, sebagai contoh saat tidak sengaja menyentuh penghantar listrik dengan kondisi terbuka yang bisa membuat Anda kesetrum.

 

Perbedaan Antara Transformator Tegangan dengan Trafo Arus

Jangan sampai keliru, sebelum membeli pada seller yang jual transformator murah, pahami dengan baik jenisnya untuk tegangan atau arus. Sebab, keduanya memiliki perbedaan bukan hanya dari struktur tapi juga fungsi. Berikut beberapa perbedaannya:

 

1. Struktur

Dari segi struktur, sesuai dengan namanya, varian tegangan biasanya dipakai untuk penurun tegangan. Sedangkan varian arus dipakai untuk mengukur arus dengan cara dihubungkan seri dengan beban.

 

2. Prinsip Kerja

Perbedaan kedua dari segi prinsip kerja, di mana varian tegangan bisa dibuka sejumlah dua kali. Sedangkan untuk varian arus tidak bisa dibuka sejumlah dua kali. Transformator arus hanya bisa dihubungkan pendek sejumlah dua kali.

Sedangkan transformator tegangan sekunder tidak bisa dilakukan hubung singkat. Jadi, jangan sampai saat beli pada seller yang jual transformator murah Anda membeli produk keliru. Jauh lebih baik bila konsultasi terlebih dahulu dengan seller.

 

3. Fungsi Tertentu

Secara umum, varian tegangan dipakai untuk mengukur proteksi kabel suplai serta perangkat instrumentasi. Sedangkan varian arus dipakai untuk memastikan sistem tenaga beroperasi dengan aman, pemantauan dan pengukuran peralatan listrik.

 

Bagaimanakah Cara Memilih Produk Transformator Berkualitas?

Walaupun ada banyak seller penyedia transformator, tidak semuanya berkualitas. Bila kurang cermat dalam memilih bukan tidak mungkin Anda mendapatkan produk yang ternyata minus saat dipakai.

Akibatnya, menghambat pengoperasian perangkat yang membutuhkan komponen tersebut. Tidak masalah bila membeli pada seller yang jual transformator murah, tapi harus tetap memperhatikan kualitasnya.

Supaya tidak salah dalam memilih, sangat penting mengetahui ciri-ciri transformator berkualitas, awet dan tahan lama. Mengenai cara pemilihan, sesuaikan dengan kebutuhan. Secara umum komponen ini mempunyai dua bentuk yaitu kotak dan lingkaran donat atau toroid.

Anda bisa menggunakan varian kotak bila menginginkan harga cenderung lebih murah, penataan mudah serta praktis. Untuk varian berbentuk toroid sebenarnya masih jarang diaplikasikan dikarenakan harganya jauh lebih mahal.

Bentuknya yang bulat membuatnya tidak memiliki sudut, sehingga penataannya cukup sulit. Selain bentuk, perhatikan jumlah tegangan yang dihasilkan oleh trafo tersebut, sesuaikan dengan kebutuhan. Bila masih bingung, tanyakan pada seller yang jual transformator murah tersebut.

Biasanya mereka akan memberikan solusi terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan perangkat Anda. Output voltase dipilih bisa sama dengan sebelumnya atau lebih besar. Jadi, pada saat terjadi kekurangan daya, tidak perlu lagi mengganti komponen baru.

Selain itu juga tidak menyebabkan perbedaan tegangan voltase. Pertimbangkan juga merk, karena akan berdampak signifikan terhadap performa komponen saat dipasang. Merk terkenal biasanya lebih terpercaya memberikan kualitas terbaik.

Bukan hanya itu, biasanya juga memberikan garansi. Jadi, ketika ternyata produk mengalami kerusakan padahal belum digunakan, bisa dikembalikan. Tapi tidak semua supplier yang jual transformator murah memberikan jaminan garansi, sehingga Anda harus memastikannya.

 

Inilah Dia Supplier yang Jual Transformator Murah

Logo footer

Ada banyak penjual trafo, tapi tidak semuanya berani mematok tarif murah. Salah satu penjual yang memberikan tarif murah tapi tetap mengutamakan kualitas yaitu Mikmar Gracindo.

Perusahaan ini sudah ada sejak tahun 2011, sehingga tidak perlu lagi khawatir mengenai pengalaman. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memasukkan Mikmar Gracindo ke dalam daftar opsi.

Pertama, perusahaan ini jual transformator murah alias harganya kompetitif. Alasan berikutnya, mempunyai beragam produk ready stok berkualitas tinggi, bukan hanya trafo, ada juga bank kapasitor panel, MCC, SDP, LVMDP dan masih banyak lagi lainnya.

Perusahaan ini memproses pesanan dan pengiriman produk dengan cepat. Selain itu, didukung oleh pelayanan berdedikasi disertai dengan tim supportif. Jadi, sangat rekomended untuk dijadikan pilihan bagi Anda yang masih bingung mencari seller.

Bila masih ragu, Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada bagian customer service Mikmar Gracindo mengenai apa saja hal-hal yang ingin ditanyakan. Konsultasi ini tidak akan dikenai biaya khusus alias gratis.

 

Informasi selengkapnya mengenai Mikmar Gracindo bisa Anda dapatkan melalui laman resminya. Atau bisa juga menghubungi seller yang jual transformator murah dengan klik tombol WA  berikut.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

 

Baca juga : Jual Transformator Harga Bersaing Jakarta