Tempat jual trafo berkualitas merupakan salah satu hal yang selalu dianggap penting oleh pakar kelistrikan demi keamanan setelah listrik  dialirkan. Tentunya fungsi benda tersebut merupakan hal dasar di dalam sistem kelistrikan.

Sebenarnya trafo sendiri berasal dari kata transformator, di mana alat tersebut merupakan perangkat elektronik untuk memindahkan energi listrik. Dari sana terdapat rangkaian untuk menaikkan maupun menurunkan tegangan.

Kalau dilihat dari fisiknya transformator tersebut berbentuk kumparan kawat yang dililitkan pada sebuah inti besi. Biasanya terdapat dua jenis kumparan yang terdapat pada transformator tersebut yaitu kumparan primer dan sekunder.

Untuk kumparan primer sendiri yaitu itu ditujukan pada lilitan di satu sisi inti besi tempat masuknya tegangan arus listrik. Sementara untuk kumparan sekunder merupakan lilitan sisi lainnya yang terdapat pada inti besi tempat pengeluaran arus listrik.

Lalu, apa fungsi trafo dan transformator? Yang kalau dilihat dari fungsinya transformator tersebut bertugas untuk mengubah besarnya listrik pada sebuah rangkaian. Biasanya untuk hal tersebut mengubah sebuah tegangan pada listrik.

Untuk fungsi lebih detailnya, transformator tersebut memiliki peran penting dalam menurunkan serta menaikkan tegangan listrik. Apabila trafo step up berfungsi menaikkan, maka trafo step down memiliki peran menurunkan tegangan pada listrik.

Sebelum Anda pergi ke tempat jual trafo, alangkah baiknya memahami terlebih dahulu mengenai benda tersebut. Hal tersebut sebagai acuan untuk melihat apakah terdapat gangguan pada elemen tertentu ketika listrik sedang mengalami masalah.

Baca juga : Jasa Pasang Trafo Listrik Perumahan Tenaga Profesional

Jenis Trafo yang Tersedia di Tempat Jual Trafo Mikmar Gracindo

 Supplier Trafo Step Up Jakarta

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, para pembaca perlu mengetahui jenis-jenis trafo apa saja yang terdapat pada sistem kelistrikan. Dengan begitu, bisa melihat adanya masalah ketika terjadi gangguan pada sistem kelistrikan tersebut.

1. Step Up

Salah satu jenis trafo step up dan paling sering ditemui tempat jual trafo adalah sejenis step up yang diaplikasikan untuk rangkaian pembangkit tegangan. Sedangkan jenis transformator tersebut biasanya digunakan untuk menghubungkan trafo generator menuju grid.

Selain itu, produk ini juga memiliki fungsi untuk menaikkan tegangan, misalnya untuk kebutuhan menaikkan tegangan AC. Tentunya peralatan tersebut kerap digunakan demi memenuhi berbagai keperluan.

Sedangkan nilai tegangan yang terdapat di jenis ini yaitu berdasarkan jumlah lilitan pada sisi primer dan sekunder. Jadi, jumlah primer sudah semestinya harus lebih sedikit kalau dibandingkan pada sisi sekunder.

2. Step Down

Selanjutnya step down, di mana elemen ini juga kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja jenis trafo yang kerap ditemukan tersebut yaitu 1A, 2A, 3A, 5A dan juga beberapa jenis lainnya.

Dalam penerapan jenis trafo tersebut jumlah putaran pada kumparan primer pasti lebih besar ketimbang jumlah putaran pada kumparan sekunder. Fungsinya juga berbanding terbalik dengan step up yaitu untuk menurunkan tegangan.

Peralatan yang kerap berhubungan dengan jenis trafo ini yaitu seperti power amplifier, speaker aktif, dan peralatan-peralatan lainnya. Pada dasarnya jumlah lilitan primer sudah semestinya harus lebih banyak dari sisi sekunder.

3. Isolasi

Berbeda dengan kedua jenis di atas, Isolasi ini kerap digunakan untuk mengisolasi tegangan, di mana hal tersebut tidak lagi berhubungan dengan menaikkan atau menurunkan tegangan pada sebuah aliran di dalam sistem kelistrikan.

Apa fungsi trafo isolasi? Mungkin banyak dari para pembaca penasaran terkait peralatan yang satu ini. Jenis trafo tersebut sebenarnya diaplikasikan di dalam rangkaian inverter, di mana pengubah tegangan DC menjadi tegangan AC.

4. CT dan Non CT

Di tempat jual trafo Mikmar Gracindo, Anda juga bisa menemukan CT dan non CT. Tentunya kedua peralatan tersebut juga memiliki peran penting dalam sistem kelistrikan, sehingga tidak bisa diabaikan begitu saja keberadaannya.

Apa fungsi CT pada trafo? Wajar kalau Anda bertanya tentang hal ini, di mana jenis trafo tersebut memiliki kegunaan dalam penciptaan rangkaian power supply simetris gelombang penuh. Biasanya dapat dilihat di beberapa jenis amplifier.

Sedangkan untuk jenis Non CT yang terdapat di tempat jual trafo memiliki fungsi berkebalikan dari CT. Secara umum fungsinya yaitu sebagai poweer supply no simetris yakni hanya ada kutub positif dan juga kutub negatif.

5. Daya

Jenis trafo yang juga bisa Anda temukan di tempat jual trafo Mikmar Gracindo salah satunya adalah adalah daya. Memang kebanyakan untuk jenis ini digunakan sebagai perangkat penting yang terdapat di stasiun pembangkit listrik.

Secara khususnya, jenis trafo ini akan berperan sebagai transfer energi pada listrik. Ketika terjadi proses transfer energi tersebut menuju gardu listrik, di sana transformator menjadi penghubungan listrik ke jaringan distribusi primer.

6. Distribusi

Distribusi juga bisa Anda temukan di toko jual trafo Mikmar Gracindo, di mana jenis trafo ini kerap dipasang di beberapa kawasan perumahan maupun industri. Tentunya, Anda sudah tidak asing terkait salah satu jenis trafo ini.

Apa fungsi trafo distribusi? Ya, secara mendasar alat tersebut berfungsi sebagai alat distribusi daya yang terdapat di pembangkit listrik untuk masuk ke lokasi terpencil. Biasanya berperan untuk menyalurkan energi rendah yaitu kurang dari 33 KV.

7. PLN

Untuk jenis produk ini bisa dikatakan sebagian besar telah meratas sampai ke seluruh Indonesia. Tentunya alat tersebut memiliki berbagai macam fungsi, yaitu seperti menaikkan daya, menurunkan daya, dan masih banyak lagi.

8. Arus

Trafo arus juga menjadi elemen penting dalam pengaliran listrik, di mana alat ini bisa Anda temukan juga di tempat jual trafo terbaik Mikmar Gracindo. Pastinya akan kegunaan khusus mengenai alat tersebut mengapa harus ada.

Trafo arus ini memiliki fungsi sebagai alat untuk mengonversi arus primer yang nilai arusnya terbilang besar. Bisa dikatakan secara umum bawah nilai arus tersebut berada dalam rentang ribuan ampere.

Dari sanalah alat tegangan tersebut dapat dikonversi, sehingga menjadi arus sekunder rendah yaitu hanya 1 A atau 5 A, namun disesuaikan dengan keperluan pengguaannya. Bisa dikatakan besarnya daya tersebut tergantung lokasi pengaliran listriknya.

9. Autotransformator

Autotransformator juga dapat Anda temukan di tempat jual trafo yaitu Mikmar Gracindo. Untuk jumlah lilitannya sendiri hanya berjumlah satu. Antara lilitan primer dan sekunder menjadi satu peran di jenis trafo ini.

Seperti yang Anda ketahui untuk mengatasi tentang permasalah listrik bukan perkara mudah dilakukan, sehingga butuh ahli. Namun, tidak ada salahnya untuk mengetahui alat penting apa saja dari transformator tersebut.

Bagi Anda yang juga ingin lebih praktis dalam memperbaiki aliran listrik ketika sedang mengerjakan proyek. Maka Mikmar Gracindo dapat memberikan bantuan besar. Selain menyediakan berbagai alat, namun bisa Anda temukan jasanya.

Terlebih untuk menghubungi perusahaan tersebut terbilang cukup mudah, begitu juga ketika ingin melakkan konsultasi. Apabila Anda membutuhkannya bisa menghubunginya melalui WA dibawah ini.

Semua kebutuhan Anda serta penanganan dari para profesional pasti terjamin, sehingga proses menyambung listrik bisa lebih baik. Tempat jual trafo ini memang sudah dipercaya sebelumnya oleh masyarakat Jakarta.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier Panel Trafo Trafindo Barang Ready Stock Jakarta