Trafo merupakan sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk menurunkan tegangan. Ada berbagai macam jenis trafo yang bisa Anda gunakan. Jual trafo distribusi Schneider Jakarta bisa menjadi pilihan terbaik untuk tempat membeli trafo.

Setiap trafo memiliki fungsi yang berbeda-beda, trafo juga disebut dengan perangkat statis. Fungsinya adalah mengirim energi dari satu listrik ke aliran listrik berikutnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis trafo beserta fungsinya.

Jual Trafo Distribusi Schneider Jakarta:  Jenis Beserta Fungsinya

Satu hal yang penting untuk Anda ketahui adalah trafo hanya bisa digunakan pada AC (alternatif current) contohnya adalah stopkontak. Trafo tidak bisa digunakan pada aliran listrik DC (direct current) atau aliran listrik yang searah. Adapun untuk jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

1. Trafo Isolasi

Jenis trafo pertama adalah trafo isolasi yang sering digunakan pada rangkaian inverter. Rangkaian inverter merupakan rangkaian yang dapat mengubah aliran listrik DC menjadi aliran listrik AC walaupun besar tegangannya sama.

Jumlah lilitan pada trafo isolasi sendiri baik primer maupun sekunder memiliki jumlah yang sama. Sedangkan untuk prinsip kerjanya adalah mengisolasi tegangan tanpa menambah atau mengurangi tegangannya.

Sesuai dengan namanya, trafo isolasi ini memiliki fungsi untuk mengisolasi tegangan output dan tegangan input.

2. Trafo Daya

Orang yang jual trafo distribusi Schneider Jakarta biasanya juga menjual trafo daya. Trafo daya paling sering digunakan pada pembangkat listrik atau gardu tranmisi. Trafo daya merupakan jenis trafo yang memiliki insulasi tinggi.

Trafo daya merupakan trafo yang memiliki ukuran besar dan biasanya diaplikasikan pada aliran listrik tinggi. Trafo daya bisa digunakan untuk mentransfer aliran listrik sebesar 33 kilovolt.

3. Trafo PLN

Trafo PLN merupakan jenis trafo berikutnya yang paling dibutuhkan oleh penyedia listrik terbesar di Indonesia. Trafo PLN memiliki banyak fungsi di antaranya adalah untuk menaikan dan menurunkan daya. Selain itu ada juga fungsi-fungsi lainnya dari trafo PLN.

4. Trafo Arus

Trafo Arus merupakan jenis trafo yang memiliki nilai arus besar dan fungsinya adalah untuk mengkonversi arus primer. Adapun untuk nilai arus dari trafo ini biasanya mulai dari puluhan sampai ribuan ampere lalu diubah menjadi arus sekunder dengan nilai rendah. Biasanya dikonversi menjadi 1 sampai 5 ampere.

5. Trafo Step Up

Jual trafo distribusi Schneider Jakarta biasanya menyediakan trafo step up. Trafo step up merupakan jenis trafo yang digunakan pada rangkaian pembangkit listrik pada barang-barang elektronik contohnya adalah trafo inverter, TV, inverter monitor dan LCD.

Adapun untuk fungsi dari trafo step up adalah untuk menambah tegangan listrik yang biasanya digunakan untuk menaikan tegangan arus listrik AC.

6. Trafo Step Down

Berbeda dengan trafo step up, trafo step down ini digunakan untuk menurunkan tegangan listrik. Anda akan dengan mudah menemukan jenis trafo ini karena banyak terdapat di toko peralatan elektronik dan tersedia berbagai jenis sesuai dengan ukuran tegangannya ada yang 1 ampere sampai 5 ampere.

Contoh pengaplikasian dari trafo step down ini adalah pada speaker aktif, televisi dan sebagainya. Biasanya peralatan rumah tangga banyak yang menggunakan trafo step down.

7. Trafo Non CT dan Trafo CT

Jenis terakhir adalah trafo CT dan Non CT yang memiliki fungsi berbeda. Trafo Non CT berfungsi untuk power supply non simetris dan hanya memiliki dua kutub yaitu positif dan negatif. Sedangkan untuk trafo CT berfungsi sebagai membuat rangkaian supply power.

Semua trafo tersebut bisa dibeli secara online lewat di Mikmar Gracindo. Jadi sekarang Anda sudah tidak usah bingung lagi di mana jual trafo distribusi Schneider Jakarta berbagai jenis. Setiap trafo memiliki kegunaan yang sama.

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi situs mikmargracindo.com atau menghubungi nomor telepon +62(21) 543 373 45.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.