Saat ini banyak produsen maupun distributor yang menawarkan jual panel medium voltage dengan berbagai pilihan harga. Bahkan ada layanan custom sehingga pembeli dapat memilih panel atau papan control sesuai kebutuhan.

Di Indonesia kebutuhan akan papan control medium voltage atau disebut juga MVMDB (Medium Voltage Main Distrbutor Board) cukup tinggi. Terutama digunakan untuk kebutuhan pembangunan gedung, perkantoran, maupun berbagai bangunan berukuran besar lainnya.

Bahkan rumah hunian juga ada yang menggunakan MVMDB ini, biasanya untuk rumah hunian berukuran besar dengan kebutuhan listrik besar. Bisa dikatakan untuk menyediakan listrik pada rumah mewah.

Kebutuhan akan MVMDB memang cukup tinggi, tapi masih banyak yang belum mengetahui mengenai apa yang dimaksud papan control medium voltage ini. Apabila Anda termasuk yang belum mengetahuinya, maka bisa cek informasi berikut ini.

 

Mengenal Panel Medium Voltage

panel medium voltage

Sebelum membahas mengenai di mana tempat jual panel medium voltage, Anda perlu tahu dahulu apa yang dimaksud dengan MVMDB atau MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel) ini.

Singkatnya MVMDP merupakan panel distribusi tegangan listrik menengah, yaitu papan control yang membantu mengubah supply tegangan listrik dari PLN. Fungsinya mengubah arus bertegangan tinggi menjadi menengah, kemudian menyebarkannya ke panel-panel lain.

Arus tegangan listrik dari PLN semula dialirkan dari gardu dengan arus besar dikonversi menjadi arus lebih kecil melalui MVMDP ini. Kemudian di alirkan ke beberapa panel LVMDB (Low Voltage Main Distribution Board).

Dari LVMDB inilah kemudian arus listrik dialirkan menuju ke panel-panel lainnya dan baru bisa digunakan oleh konsumen akhir untuk berbagai kebutuhan, seperti menyalakan lampu, alat elektronik, mesin, dan lain sebagainya.

Biasanya tempat jual panel medium voltage merupakan produsen khusus maupun distributor yang membuat panel-panel listrik. Jadi, bukan hanya panel medium saja, tapi juga panel low, dan papan control lainnya.

Di Indonesia jumlah produsen yang memproduksi papan control ini sudah cukup banyak sehingga tidak perlu mengimpor produk lagi dari luar negeri. Bahkan sudah ada layanan custom sehingga pembeli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perangkat kelistrikannya.

 

Fungsi dan Spesifikasi dari Panel Medium Voltage

Bagi Anda yang tengah mencari tempat jual panel medium voltage saat ini sudah bisa membeli secara online di berbagai toko online. Namun, sebelum beli apakah sudah tahu apa fungsi dari MBMDP ini?

Sebenarnya, fungsi dari papan control medium voltage ini hanya satu, yaitu menerima supply power (tegangan) dari gardu PLN. Kemudian mendistribusikannya ke transformator tegangan menengah dengan pengaman sesuai standar yang tercakup ke dalam sistemnya.

Jika ingin membeli, Anda perlu tahu spesifikasi dari MVMDP yang standar, yaitu:

  1. Tegangan input 20 kV.
  2. Tegangan output 20 kV.
  3. Daya 450 KVA.
  4. Phase 3 phase.
  5. Frekuensi 50 hertz.

Jadi, saat datang ke tempat jual panel medium voltage Anda sudah tahu harus membeli yang seperti apa dan bagaimana spesifikasinya. Kemudian, pengetahuan lain yang penting adalah mengetahui bagaimana pengoperasiannya.

Untuk pengoperasian MVMDP adalah dengan langkah berikut ini:

  1. Pastikan pada in coming MVMDP berada di posisi non Arde atau tidak terbumikan sebelum memasukkan supply power dari gardu PLN.
  2. Pada posisi in coming sudah siap masukkan power dari gardu PLN.
  3. Periksa lampu indicator pada in coming sebagai tanda power sudah masuk ke bagian incoming.
  4. Pastikan out going handle pada posisi non Arde atau tidak terbumikan, lalu putar handle On pada incoming.
  5. Periksa lampu indikator out going yang menandakan power sudah masuk ke bagian out going.
  6. Kemudian pastikan terminasi kabel power dan kabel kontrol pada transformator tegangan menengah sudah tidak bermasalah. Lalu putar handle out going pada posisi on.

Bagaimana Membuat Panel Medium Voltage yang Baik?

jual panel medium voltage

Tempat jual panel medium voltage mungkin tidak akan menjelaskan secara spesifik bagaimana cara pembuatan MVMDP kepada konsumen, karena pengetahuan tersebut biasanya hanya untuk produsen atau pembuat saja.

Namun, sebagai konsumen Anda juga penting untuk memahami hal ini karena apabila papan control dibuat dengan baik, maka akan bekerja optimal dan bisa bertahan dalam jangka lama. Untuk membuat MVMDP yang baik harus diperhatikan:

  1. Kebutuhan konsumen karena sebuah papan control yang baik haruslah bisa memenuhi kebutuhan konsumen.
  2. Semua komponen di dalamnya lengkap, yaitu vacuum circuit breaker, protector, controller, dan safety device lainnya seperti condenser trip device serta capacitor tripping.
  3. Prinsip kerja gear handle dapat berjalan dengan baik.
  4. Sistem pengkabelan dan pengamanan panel dibuat dengan baik.
  5. Adanya pengamanan transformator tegangan menengah.
  6. Memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

 

Jadi, saat datang ke tempat jual panel medium voltage jangan asal beli, tapi perhatikan dengan baik control panelnya apakah sudah sesuai kebutuhan Anda dan sistem keamanannya baik atau tidak.

Jika perlu sebelum membeli lakukan simulasi kecil sebelumnya. Melakukan simulasi dapat membantu Anda memahami bagaimana fungsi trafo dan mengecek keamanan panel tersebut.

 

Apakah Panel Medium Voltage Dibutuhkan Semua Bangunan?

Sebenarnya, semua arus listrik yang dialirkan dari gardu PLN masih dalam voltage tinggi sehingga membutuhkan MVMDP untuk mengecilkannya ke voltage menengah. Kemudian dilanjutkan tugas LVMDP menyalurkannya ke arus lebih kecil.

Jadi, jika ditanyakan apakah semua bangunan membutuhkan MVMDP jawabannya iya. Namun, bagi konsumen rumah tangga, tidak memerlukan papan control khusus, karena pada tiang listrik sudah dialirkan tegangan yang lebih rendah sehingga aman.

Tempat jual panel medium voltage menyediakan papan control yang digunakan untuk kebutuhan lebih besar, seperti industri maupun gedung perkantoran. Meskipun demikian, banyak juga rumah hunian dengan ukuran megah dan besar menggunakan panel ini.

Panel medium voltage dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan kelistrikan, baik industri, gedung perkantoran, maupun hunian. Sumber listriknya bisa berasal dari PLN maupun sumber lainnya.

Jika menggunakan sumber listrik PLN, maka akan mengubah voltage dari aliran listrik yang berasal dari gardu. Namun, apabila menggunakan sumber listrik lainnya harus menerima arus dari sumber listrik tersebut kemudian mengubahnya.

Untuk jenis produk yang ada di tempat jual panel medium voltage dapat dipergunakan mengalirkan listrik dari kedua sumber tersebut. Hanya saja saat pemasangannya terdapat perbedaan cara teknisnya.

Cara Mengatasi Masalah MVMDP

supplier panel medium voltage

Menggunakan produk kelistrikan tidak selalu lancar, terkadang ada berbagai masalah datang dan mengharuskan Anda mengatasinya dengan cepat. Salah satunya adalah permasalahan tidak adanya power keluar dari MVMDP.

Apabila masalah ini terjadi jangan langsung komplain ke tempat jual panel medium voltage, melainkan coba atasi menggunakan langkah berikut ini:

1. Periksa Lampu Indikator

Ketika mengalami permasalahan tidak adanya power keluar dari MVMDP, langkah pertama harus dilakukan adalah memeriksa tegangan masuk pada out going. Bisa dilihat dari lampu indikatornya apakah menyala atau tidak.

Kemudian periksa juga lampu indikator pada bagian incoming apakah menyala atau tidak. Apabila tidak menyala, maka arus tidak masuk ke dalam transformator.

 

2. Periksa Volume Oil

Apabila kedua lampu indikator tidak menyala langkah berikutnya adalah mengecek apakah oil dalam transformator masih ada atau tidak. Apabila kering segera lakukan pengisian.

Setelah pengisian bisa lakukan kembali langkah pertama, apabila lampu indikator sudah menyala artinya permasalahan hanya di bagian kurangnya oil saja. Namun, apabila oil masih terisi, maka lanjut ke pemeriksaan berikutnya.

 

3. Buka Penutup dan Cek Pengkabelan

Anda memang bisa melakukan complain ke tempat jual panel medium voltage, tapi akan memakan waktu hingga petugas pemeriksa atau servis datang. Bahkan bisa jadi Anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Jadi, sebelum complain bisa cek lagi ke bagian pengkabelan yang berada di bawah penutup panel bagian atas out going. Pastikan terminasi kabel-kabel di dalamnya bekerja dengan baik.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan simulasi ulang pada sistem sehingga dapat diketahui bagian kabel bermasalah atau tidak.

 

4. Buka Kembali Penutup Panel Out Going

Apabila Anda menemukan langkah 1, 2, dan 3 tidak bermasalah, maka bisa lakukan langkah selanjutnya, yaitu putar posisi OFF pada in coming. Lalu putar ke posisi ter-Ande (tidak terbumikan).

Lanjutkan beralih pada out going dan buka penutup panelnya. Selanjutnya, bisa melakukan persiapan menggunakan panel dari awal dan ulangi, apabila masih belum bisa digunakan, lakukan langkah berikutnya.

 

5. Periksa Sekering

Trik berikutnya yang bisa Anda lakukan sebelum melaporkan masalah ke tempat jual panel medium voltage karena permasalahan pada papan control adalah mengecek sekering.

Bagian sekering atau fuse ini berjumlah 3 buah, pastikan tidak ada yang putus di antara semua sekering. Apabila ada yang putus bisa segera Anda ganti dengan yang baru.

Kemudian coba lakukan langkah pengoperasian kembali. Apabila belum ada reaksi, coba lakukan langkah 1 sampai 3 sekali lagi. Jika belum berhasil, coba cek sistem kontrol dan instalasi pengkabelan kearah transformator.

Apabila belum bisa mencapai hasil terbaik, Anda mungkin harus mencari teknisi berpengalaman untuk mengatasi permasalahan ini atau lakukan langkah ke 6.

 

6. Periksa Out Going Gardu PLN

Langkah ini mengharuskan Anda berkoordinasi dengan PLN untuk mengecek power out going di gardu PLN. Atau bisa minta bantuan teknisi dari perusahaan tempat membeli panel untuk melakukan koordinasi dengan pihak PLN.

Tempat jual panel medium voltage biasanya memberikan layanan purna jual sehingga apabila ada permasalahan yang tidak bisa diatasi oleh teknisi Anda, bisa menghubungi ke pihak produsen atau distributor untuk membantu mengatasinya.

Berapa Harga Panel Medium Voltage?

panel medium voltage Tangerang

Jika membicarakan masalah harga, tentu saja ada berbagai variasi. Karena setiap produsen memiliki harga masing-masing. Selain itu, apabila konsumen membeli dengan custom juga harus membayar harga berbeda (lebih mahal).

Harga sangat tergantung dari tempat jual panel medium voltage dan spesifikasi produknya. Selain itu, adapula yang membeli dengan paket lengkap atau hanya panelnya saja. Jadi, untuk masalah harga bisa langsung hubungi penjual sehingga bisa berkonsultasi.

Saat ini, sudah banyak produk MVMDP berkualitas di pasaran, harganya sangat bervariasi. Anda bisa mendapatkan produk dengan harga mulai dari IDR 1.000.000 hingga puluhan bahkan ratusan juta.

Karena harga jual panel medium voltage dari kontraktor biasanya sudah termasuk biaya pasang dan instalasi. Jadi, membutuhkan biaya lebih besar dan budgetnya harus tersedia.

Intinya, Anda memang harus mempersiapkan budget khusus apabila ingin membeli MVMDP. Biasanya pengadaan MVMDP juga bisa diserahkan kepada kontraktor ME. Jika Anda menggunakan cara ini tidak perlu repot membeli sendiri.

Kontraktor ME akan menyediakannya untuk Anda, tapi pastikan juga untuk melakukan pengecekan. Pastikan Anda meninjau barang yang dibeli dan memastikannya berfungsi dengan baik.

Apakah Panel Medium Voltage Bisa Custom?

Biasanya tempat Jual panel medium voltage sudah menyediakan produk siap pakai. Produk papan control dibuat sesuai standar yang sudah ada sehingga produk-produknya sudah ready dan siap dipakai langsung.

Namun, konsumen juga bisa memesan sesuai kebutuhan atau custom. Karena dalam kasus khusus ada bangunan yang memiliki kebutuhan kelistrikan berbeda.

Biasanya custom dilakukan apabila konsumen membutuhkan panel secara khusus. Dengan memesan secara khusus, Anda bisa memiliki MVMDP sesuai kebutuhan, terutama jika memang kebutuhan kelistrikan di gedung maupun bangunan berbeda dari yang standar.

Namun, tidak semua tempat jual panel medium voltage yang menyediakan produk custom sehingga Anda harus mencari produsen maupun distributor berpengalaman untuk kondisi seperti ini.

Beberapa hal penting untuk diperhatikan apabila Anda ingin memesan papan control sesuai kebutuhan adalah:

1. Pahami Kebutuhan Anda

Kebutuhan kelistrikan setiap bangunan memang bisa berbeda-beda, misalnya industri akan berbeda kebutuhannya dengan perkantoran. Jadi, Anda perlu memahami dahulu apa dan bagaimana sistem kelistrikan yang dibutuhkan.

Bagaimana instalasinya, peralatan listrik apa saja yang digunakan, dan berapa banyak daya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

 

2. Kenali Produk yang Akan Dibeli

Di tempat jual panel medium voltage tentu ada banyak produk tersedia dan Anda tidak akan membeli semuanya. Jadi, sebelum beli kenali dahulu produknya juga produsennya. Bisa cek testimoni dari pengguna produk sehingga memiliki penilaian.

Anda juga bisa menerima rekomendasi dari penjual karena penjual mengetahui produk mana sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Selain itu, juga bisa memberikan beberapa tips penggunaannya.

Khusus untuk custom sangat penting untuk berkoordinasi dengan kontraktor yang akan membangun instalasi listrik. Kontraktor dapat memberikan masukan mengenai penambahan komponen maupun susunannya pada panel kontrol.

 

3. Pastikan Sesuai Budget

Selanjutnya adalah memastikan membeli produk custom yang sesuai dengan budget Anda. Akan lebih baik jika mengatakan dengan transparan berapa budget yang digunakan untuk membuat papan control sesuai kebutuhan Anda.

 

4. Pilih Penyedia Jasa Terpercaya

Jika mau cari tempat jual panel medium voltage yang bisa custom pastikan memilih penyedia jasa terpercaya dan menawarkan layanan purna jual sehingga ada garansi produk untuk Anda.

Cari produsen atau distributor terdekat sehingga pengiriman lebih cepat dan aman. Jadi, risiko terjadi kesalahan atau kerusakan dapat diminimalkan, terutama karena produsen atau distributor pilihan Anda sudah berpengalaman serta terpercaya.

 

Di Mana Jual Panel Medium Voltage?

logo final mikmar gracindo-small

Sebenarnya, konsumen sudah bisa mendapatkan panel medium voltage dengan cara mudah. Karena saat ini media online alias internet menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan. Anda bisa mencari berbagai macam produk dengan mudah dan dalam waktu singkat.

Misalnya ingin cari tempat Jual panel medium voltage, maka tinggal search saja dan akan muncul banyak rekomendasinya.

Salah satunya adalah Mikmar Gracindo yang menyediakan berbagai produk panel kelistrikan terbaik serta berkualitas. Pengalaman membuktikan bahwa Mikmar Gracindo merupakan distributor terpercaya dan telah melayani banyak konsumen.

Saat ini layanan yang tersedia di Mikmar Gracindo adalah penyediaan produk panel-panel kelistrikan berkualitas, mulai dari panel low, medium, dan papan control lainnya. Jual panel medium voltage di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Tangerang, Jakarta, dan lainnya.

Dengan memilih produsen atau jasa terpercaya di bidang ini sudah pasti Anda akan mendapatkan para profesional di bidangnya. Pelayanan yang diberikan bukan hanya sekadar penjualan, tapi juga pemasangan serta layanan purna jual.

Jadi, ketika membeli Anda sudah tidak punya kekhawatiran lagi sebab layanan yang diberikan Mikmar Gracindo sudah lengkap dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Jika Anda membutuhkan papan control medium voltage, tidak perlu repot mencari tempat jual panel medium voltage lagi, sebab ada Mikmar Grancindo yang sudah berpengalaman menangani berbagai pekerjaan, silakan hubungi melalui whatsapp Mikmar Gracindo berikut.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier Panel Medium Voltage Harga Terjangkau Tangerang