Toko jual panel listrik menyediakan kapasitor bank untuk keperluan perkantoran. Terutama di kota besar seperti Jakarta, komponen ini sangat penting. Kapasitor Bank merupakan komponen yang ada dalam panel listrik dari sejumlah kapasitor didalamnya.

Komponen ini memiliki spesifikasi yang sama dan disambungkan secara seri atau paralel untuk mendapatkan nilai kapasitas tertentu. Besaran parameter yang digunakan adalah KVAR (Kilovolt Ampere Reaktif).

Namun jangan bingung sebab pada kapasitor di jual panel listrik sendiri telah tercantum besaran kapasitansi yaitu Farad atau microfarad. Selain itu, kapasitor bank memiliki peran dalam menyimpan energi listrik.

Penyimpanan tersebut kemudian digunakan untuk memperbaiki kelambatan faktor daya dan meningkatkan jumlah keseluruhan energi yang tersimpan. Dimanfaatkan untuk memperbaiki masalah faktor daya/ power factor yang terdapat pada arus listrik AC.

Sedangkan arus DC terutama Power Supply digunakan untuk meningkatkan arus riak catu daya serta meningkatkan jumlah energi yang tersimpan. Komponen ini dipasang di industri atau pabrik-pabrik yang umumnya memiliki kebutuhan daya listrik besar.

Fungsi Kapasitor Bank yang Perlu Diketahui

Supplier Kapasitor Bank Murah Terbaik

Fungsi utama dari jual panel listrik kapasitor bank adalah sebagai penyeimbang muatan induktif. Pada muatan elektrik biasanya terdiri dari muatan reaktif (R), Induktif (L) dan Kapasitif (C).

Peralatan listrik yang sering digunakan biasanya memiliki karakteristik induktif, sehingga untuk menyeimbangkan karakteristik beban tersebut diberikan kapasitor bank. Komponen ini berperan sebagai beban kapasitif. Berikut fungsi spesifiknya.

  1. Memperbaiki Faktor Daya listrik, terutama pada instalasi arus AC atau bolak-balik dengan kebutuhan daya yang besar
  2. Memberikan supply daya reaktif untuk memaksimalkan penggunaan daya komplek (KVA).
  3. Meminimalisir resiko turun atau jatuh tegangan (Voltage Drop)
  4. Mencegah overload atau kelebihan beban pada transformator, karena kapasitor juga berperan sebagai penambah daya.
  5. Mencegah kenaikan temperatur atau arus pada kabel.
  6. Efisiensi, adalah menurunkan jumlah kVA total karena batas pemakaiannya sudah lebih mendekati kW yang terpakai.
  7. Mengurangi resiko kerugian pada instalasi listrik.
  8. Mencegah denda PLN atas keterlambatan pembayaran karena adanya daya reaktif.
  9. Memperpanjang usia pakai peralatan elektronik dan instalasi listrik.

Cara Kerja Kapasitor Bank

Harga Panel Kapasitor Bank Schneider

Dari salah satu fungsi jual panel listrik kapasitor bank diketahui bahwa komponen ini mampu menurunkan daya. Prinsip kerjanya cukup sederhana tanpa menghafal rumus tertentu.

Faktor daya atau power faktor merupakan nilai perbandingan antara daya aktif dengan semu. Daya Aktif, merupakan energi yang benar-benar digunakan untuk beban setiap peralatan elektronik agar dapat berjalan.

Daya aktif disimbolkan dengan P, satuannya Watt (kW). Ini merupakan energi yang dibutuhkan untuk memagnetisasi beban setiap peralatan listrik agar dapat berjalan. Daya reaktif ini disimbolkan dengan Q, satuannya (kVAR).

Daya Semu, adalah energi listrik yang merupakan total daya dari aktif dan reaktif. Sumber energi semu ini disimbolkan dengan S dan satuan (kVA). Lebih lengkapnya proses kerja dari komponen jual panel listrik dimulai dari rangkaian paralel.

Proses kerjanya dimulai dari komponen kapasitor yang dirangkai secara paralel pada rangkaian beban. Ketika mendapat tegangan, elektron akan mengalir menuju kapasitor. Bila kapasitor sudah penuh muatan elektronnya, tegangan akan berubah.

Perubahan tersebut menyebabkan elektron keluar. Kemudian mengalir menuju rangkaian yang membutuhkan. Kondisi ini membangkitkan energy reaktif. Saat perubahan tegangan kembali normal (tetap), kapasitor akan menyimpan kembali elektron.

Bila kapasitor mengeluarkan elektron (lc), artinya kapasitor juga mensupply daya reaktif terhadap beban. Beban bersifat induktif (+) sedangkan daya reaktif bersifat (-), maka daya reaktif yang berlaku menjadi kecil.

Fungsi Jual Panel Listrik Kapasitor Bank di Pabrik atau Industri

Jual Panel Kapasitor Bank Schneider Murah

Mengingat kebutuhan sumber daya untuk berbagai perangkat elektronik di industri besar, kapasitor bank sangat penting peranannya. Pertama adalah meminimalisir resiko tegangan drop. Ini akan sangat mengganggu produktifitas sebab berpengaruh pada kerja mesin industri.

Saat menyalakan daya yang diperlukan lebih besar. Maka jika terjadi drop kemudian dinyalakan kembali maka konsumsinya jadi lebih besar juga. Ini sangat diperhitungkan dalam dunia industri sebab masuk pada cost bulanan.

Mesin dan peralatan lain yang memerlukan energi listrik untuk bekerja jadi lebih tahan lama. Apalagi mesin dalam industri bermacam dan ukurannya besar. Jika sumber tenaga tidak stabil, bisa menyebabkan cepat rusak dan harus diganti.

Padahal untuk mengganti sebuah mesin memerlukan anggaran tidak kecil. Ini bisa menyebabkan pembengkakan anggaran. Dalam jangka panjang dapat merugikan secara finansial terhadap perusahaan.

Peran penting selanjutnya untuk mengurangi adanya kelebihan daya reaktif (kVAR0) yang juga akan memperbaiki faktor daya instalasi listrik. Hal ini secara langsung akan memperbaiki kualitas layanan PLN selaku jasa penyedia listrik.

Pada industri atau pabrik dengan beban motor listrik relatif besar, penggunaan kapasitor bank sangat berpengaruh. Bila ukuran cos µ lebih rendah 0,85 artinya daya reaktif industrinya dikenakan tambahan biaya daya reaktif sesuai dengan ukuran kVARh-meter.

Maintenance jadi lebih mudah. Jual panel listrik memberikan kemudahan pengelola pabrik dan teknisi dalam maintenance daya aliran kelistrikan. Sebuah pabrik dan industri pastinya memiliki kebutuhan besar yang bisa jadi tidak terkontrol pemanfaatannya.

Dengan komponen ini bisa dipantau mana saja bagian yang sudah tidak perlu dialiri listrik. Bisa dipadamkan sehingga mengurangi beban tagihan PLN. Kebutuhan yang melonjak juga bisa diantisipasi dengan adanya bank capacitor ini.

Fungsi Kapasitor Bank untuk Rumah

Pada dasarnya jual panel listrik tidak merekomendasikan penggunaan kapasitor bank untuk rumah tinggal. Sebab umumnya nilai faktor daya pada instalasi listrik rumah sudah cukup baik. Disamping itu, dalam perumahan warga biasanya hanya ada kWh-meter.

Sedangkan untuk mengukur daya reaktif diperlukan kVARh-meter. Mengapa demikian, sebab daya yang didistribusikan PLN ke rumah tinggal tidak terlalu besar. Hanya berkisar antara 450 kWh sampai 2.200 kWh.

Daya lebih tinggi didistribusikan untuk rumah mewah, rumah dinas dan ukuran yang lebih besar lainnya. Bisa jadi untuk tipe rumah tersebut jual panel listrik tetap menyediakan bank capacitor yang disesuaikan dengan konsumsinya.

Namun begitu, pemanfaatan bank capacitor mampu menghemat tagihan PLN. Penggunaannya lebih terkontrol sehingga tidak boros. Terutama untuk peralatan rumah tangga yang membutuhkan daya besar.

Fungsi selanjutnya adalah, memperpanjang usia pakai peralatan elektronik. Perabot elektronik di rumah jadi tidak mudah rusak sebab daya yang masuk ke dalamnya lebih stabil. Tidak terjadi lonjakan maupun drop tiba-tiba.

Fungsi ini bisa dirasakan jika Anda dirumah menggunakan perangkat TV atau komputer dalam intensitas tinggi. Karena input energinya stabil, maka kinerja lebih baik dan mampu bertahan lebih lama.

Fungsi selanjutnya jual panel listrik penggunaan bank kapasitor adalah memaksimalkan daya terpasang. Tidak akan ada yang terbuang, contoh pada lampu konsumsinya 5 watt, maka akan masuk input 5 watt juga.

Menghindari kabel instalasi overload atau kelebihan beban. Jika terdapat kelebihan beban maka kabel akan panas. Salah satu cara mengetahui apakah terjadi overload atau tidak adalah dengan memperhatikan suhu dinding apakah panas atau tidak.

Kapasitor Bank untuk Audio Mobil

Audio mobil adalah pemanfaatan kapasitor yang diaplikasikan pada arus lemah. Tentu saja kebutuhan sumber energy berbeda dengan perumahan bahkan pabrik. Sebab hanya ada 1 perangkat elektronik.

Jual panel listrik menawarkan bank capacitor untuk audio mobil sebab didalamnya terdapat amplifier. Kapasitas amplifier relatif besar sehingga diperlukan daya listrik yang besar juga dan stabil.

Sementara daya listrik yang disuplai oleh aki mobil dan alternator sangat terbatas. Belum lagi instalasi kabel yang berjauhan, ikut menghambat daya listrik. Misal posisi audio mobil ada di belakang sedangkan aki berada di bagian depan.

Jika supply ini tidak optimal sesuai kebutuhan inputnya maka kualitasnya berkurang. Pada radio akan diterima frekuensi rendah, suara bass jadi pecah, tentu ini akan kurang nyaman didengar.

Begitu juga apabila menggunakan TV mobil. Bukan hanya suara yang kurang maksimal, namun gambar tidak halus dan jernih. Padahal dalam menggunakannya cukup memakan daya kelistrikan mobil.

Dalam kondisi ini kapasitor bank pada mobil berperan untuk menyimpan pasokan energi listrik sementara. Sehingga daya untuk menghidupkan amplifier saat menggunakan kapasitas maksimal tidak mengalami gangguan.

Pemasangan Kapasitor Bank yang Terdiri atas 2 Cara

Pemasangan kapasitor bank yang diaplikasikan pada pabrik/ industri dipakai untuk memperbaiki/ memperkecil power factor. Dimana prosesnya terdiri atas 2 cara. Ini berdasarkan pada penempatannya, pertama adalah cara terpusat.

Pada metode pemasangan terpusat ini kapasitor ditempatkan pada sisi primer dan sekunder transformator, kemudian bus pusat kontrol. Kemudian cara kedua adalah terbatas. Dimana penempatannya pada Feeder kecil, rangkaian cabang dan langsung pada beban.

Untuk hal pemasangan ini jasa jual panel listrik sudah menyediakan teknisi handal. Jadi konsumen atau pembeli tidak perlu lagi menginstal sendiri. Terutama jika dibutuhkan di perumahan.

Anda bisa langsung menghubungi pihak penyedia jasa sekaligus penjual bank capacitor terdekat. Nantinya sudah ada teknisi, pihak ini akan mengantar dan merakit semua komponen sesuai kebutuhan di perumahan.

Begitu juga pemasangannya di gedung-gedung pabrik maupun perkantoran. Biasanya harga yang Anda bayar sudah include dengan jasa pemasangan dari jual panel listrik. Pembeli hanya terima jadi saja.

Termasuk apabila terjadi kerusakan hingga menyebabkan beberapa komponen tidak bekerja maksimal. Ini sudah jadi tanggung jawab teknisi tempat dimana Anda membeli perangkatnya.

Perawatan Kapasitor Bank Dilakukan Secara Teratur

Perawatan secara teratur kapasitor bank untuk industri sangat penting. Ini juga direkomendasikan oleh jual panel listrik dimanapun berada. Tujuannya agar perangkat elektronik yang digunakan untuk memperbaiki PF (Power Factor) dapat tahan lama.

Perlu diperhatikan saat melakukan perawatan. Pertama, adalah kondisi kebersihan sekitar serta suhu dan kelembaban. Di perusahaan atau pabrik, umumnya komponen ini diletakkan pada satu ruangan khusus.

Anda maupun teknisi yang bertugas wajib memastikan bahwa proses perawatan berjalan secara optimal. Bisa jadi karena adanya gangguan dari kelembaban, air, debu kotoran menyebabkan beberapa komponen tidak bekerja optimal.

Penting juga memastikan bahwa kapasitor tidak tersambung dengan sumber tegangan. Serta perlu diingat bahwa komponen ini masih mengandung muatan artinya masih ada arus atau tegangan listrik.

Maka komponen harus dihubung singkatkan supaya muatannya hilang. Ini demi keamanan teknisi bertugas sesuai dengan standar kerja jual panel listrik. Juga menjamin semua part bisa diperiksa dengan teliti.

Jenis-jenis pemeriksaan yang harus dilakukan diantaranya pemeriksaan nilai kapasitansi atau kebocoran, kemudian pemeriksaan kabel dan penyangga komponen. Dilanjutkan dengan memeriksa isolator lalu komponen panel kapasitor.

Main switch uga perlu diperiksa secara rutin. Komponen ini berperan sebagai peralatan kontrol dan isolasi bila ada pemeliharaan panel. Sementara untuk pengaman kabel maupun instalasi telah tersedia di sisi atasnya MDP.

Mains Switch atau dikenal dengan Load Break Switch adalah alat pemutus dan penyambung dimana sifatnya adalah On Load yakni mampu diputus dan disambung dalam keadaan berbeban. Alat ini berbeda dengan On-Off Switch Model Knife hanya dijalankan pada saat tidak berbeban.

Komponen Penting dalam Jual  Bank Capacitor

Jual Panel Listrik Tangerang

Ada berbagai komponen penting dalam bank capacitor yang perlu diperhatikan kinerjanya. Dalam pemeriksaan dan maintenance juga harus dimasukkan dalam daftar utama. Sebab sangat berpengaruh terhadap optimalisasi kinerja perangkat.

1. Magnetic Contactor.

Bagian ini berfungsi sebagai peralatan kontrol. Beban kerja kapasitor memiliki arus puncak dimana kondisinya sangat tinggi, lebih tinggi dari beban motor. Pemilihan magnetic contactor minimal harus sebesar 10% lebih tinggi dari arus nominal.

Yaitu pada AC 3 dengan bahan induktif atau kapasitif. Pemilihan magnetic dengan range ampere lebih tinggi akan lebih baik, sehingga dapat membuat penggunaan magnetic contactor lebih lama.

Kapasitor bank adalah peralatan dengan sifat kapasitif, berperan sebagai penyeimbang sifat induktif. Kapasitasnya dari ukuran 5 Kvar sampai 60 Kvar, dari tegangan kerja 230 V sampai 525 Volt.

2. Reactive Power Regulator

Reactive Power Regulator berperan sebagai pengatur kontaktor agar daya reaktif yang akan di supply ke jaringan atau system mampu bekerja sesuai kapasitasnya. Menggunakan acuan pembacaan besaran arus dan tegangan pada sisi utama Breaker.

Dengan begitu daya reaktif diperlukan mampu terbaca. Regulator tersebut akan mengatur kapan dan berapa daya reaktif yang dibutuhkan. Perangkat ini terbagi menjadi bermacam-macam steps, dari 6 steps, 12 steps hingga 18 steps.

3. Push Button On serta Push Button Off.

Keduanya berfungsi untuk mengoperasikan magnetic contactor secara manual. Selektor, auto–off–manual memiliki fungsi memilih sistem operasional auto dari modul atau manual dari push button.

4. Exhaust fan + Thermostat.

Perangkat ini berguna dalam mengatur ambient temperature dalam ruang panel. Hal ini disebabkan kapasitor, kontaktor dan kabel penghantar memiliki disipasi daya panas besar maka temperatur ruang panel meningkat.

5. Setup C/K PFR.

Perangkat ini memastikan agar Power Factor Regulator (PFR) yang telah terpasang pada panel kapasitor bank mampu bekerja maksimal.

 

Cara Mendapat Tempat Jual Panel Listrik Berkualitas dan Handal

logo final mikmar gracindo-small

Begitu besar peran komponen kapasitor bank baik pada perusahaan, rumah maupun untuk aksesoris mobil. Tentu harganya tidak murah, sebelum menyesal karena mendapatkan perangkat mahal tidak sebanding kualitas, Anda harus jeli memilih tempat untuk membelinya.

Pastikan penjual kredibel, salah satunya akun sosial media mudah diakses dan direspon cepat oleh admin. Memiliki website bisnis berisi semua profil usaha jual panel listrik, katalog, daftar harga dan ulasan pelanggan.

Toko yang dikelola memiliki nomor kontak HP yang mudah dihubungi saat Anda tidak mengakses internet. Selain itu juga harus dipastikan yang bersangkutan memiliki toko fisik. Artinya ada alamat real yang dapat dijangkau kapan saja.

Perhatikan apakah ada garansi pembelian dan pemasangan. Ini penting, sebab merupakan jaminan jasa jual panel listrik terhadap pelanggan. Termasuk layanan maintenance secara berkala ini juga harus dipastikan terutama bagi Anda yang awam masalah kelistrikan.

Menjawab pertanyaan diatas, mikmar gracindo solusinya. Cek langsung di website resmi Mikmar Gracindo untuk layanan konsultasi online serta pemesanan. Anda juga bisa menghubungi lewat WA untuk info jual panel listrik berkualitas.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Jual Panel Listrik Termurah di Tangerang