Sistem arus listrik memiliki besaran tegangan atau voltage yang berbeda – beda. Untuk memudahkan istilah dan bahasa, di Indonesia, low voltage atau lv merujuk pada tegangan di bawah 1000 Volt (1 kv). Panel lv bisa anda dapatkan dari jual lv panel berkualitas area Jakarta.

Secara umum, panel lv memiliki fungsi utama untuk distribusi atau membagi aliran listrik setelah trafo step down. Listrik akan didistribusikan menjadi tegangan yang lebih kecil, kemudian dari panel lv, akan dilanjutkan pada panel MDP dan terakhir pada panel listrik kecil.

 

Jual Lv Panel Berkualitas Area Jakarta

Lv panel memiliki berbagai komponen untuk mendukung kegunaannya dalam mendistribusikan listrik. Oleh karena itu, penting untuk mencermati kualitas dari panel lv yang anda gunakan. Panel lv dengan kualitas buruk justru bisa berbahaya karena tidak berfungsi secara optimal.

Anda bisa mendapatkan panel lv yang berkualitas dari berbagai supplier, seperti dari  lv panel berkualitas area Jakarta, yang tidak hanya menyediakan barang atau panel lv itu sendiri, namun juga menyediakan jasa instalasi panel lv yang dilakukan dengan mekanisme yang sesuai.

Pemasangan panel lv juga akan berpengaruh pada cara kerja dan kegunaannya. Pemasangan yang salah justru bisa berakibat fatal, terlebih jika berkaitan dengan aliran listrik, kesalahan pada 1 komponen, bisa menyebabkan permasalahan secara beruntun.

 

Apa Itu Lv Panel? Ini Penjelasannya!

Seperti gambaran umum di atas, bahwa panel lv adalah singkatan dari Low Voltage, atau sering juga disebut Panel Distribusi Tegangan Rendah (PDTR) yang memiliki tegangan dibawah 1 kv, yaitu antara 50 Voltage s/d 1 kv / 1000 Voltage.

Panel lv yang tersedia di lv panel berkualitas area Jakarta, memiliki berbagai komponen dengan fungsinya masing – masing, yang berbeda, namun dalam sistem atau prinsip kerjanya, saling memiliki keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Oleh karena itu, dalam instalasinya, setiap komponen pada lv panel harus terpasang dengan baik agar berfungsi secara optimal, dan tidak menimbulkan permasalahan jaringan listrik.

 

Apa Saja Komponen – Komponen Pada Panel Lv Dan Fungsinya?

Seperti perangkat atau peralatan lainnya, panel lv yang tersedia di lv panel berkualitas area Jakarta juga memiliki berbagai komponen dengan fungsinya masing – masing, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1.  Air Circuit Breaker (ACB)

ACB merupakan jenis circuit breaker yang menggunakan pemadam busur api berupa udara sebagai sarananya. ACB memang difungsikan untuk tegangan listrik rendah dan menengah, dengan menekan udara untuk proses switching.

Pada panel lv yang tersedia di jual lv panel berkualitas area Jakarta, ACB digunakan untuk tegangan 380/220 Volt. Cara kerjanya adalah, saat munculnya api saat proses switching, ACB akan menggunakan udara pada ruang atmosfer untuk peredamnya.

2. Protector dan Controller

Sesuai dengan namanya, kedua fungsi ini juga dimiliki oleh komponen yang ada di dalam lv panel, yang bisa anda dapatkan di jual lv panel berkualitas area Jakarta. Yaitu berfungsi untuk sistem keamanan dan pengontrol tegangan tinggi.

Komponen ini juga sering disebut sebagai stabilizer, karena memiliki fungsi untuk menjaga agar voltage listrik tetap stabil, terutama saat terjadi tegangan tinggi karena proses switching. Tegangan listrik yang tidak stabil bisa menyebabkan korsleting listrik.

3. Under Voltage Release (UVT) atau MN

Prinsip kerja komponen ini berhubungan dengan ACB atau Air Circuit Breaker, yaitu ketika terdapat tegangan pada UVT, maka ACB akan bekerja untuk menekan udara, saat terjadi gangguan saat proses switching.

Proses ini akan memunculkan tarikan toggle, dan ketika toggle nya terlepas, maka ACB akan terkunci dalam kondisi off. Karena memiliki keterkaitan, instalasi kedua komponen ini harus dilakukan dengan benar.

Anda juga harus menemukan lv panel dengan kualitas komponen yang berkualitas, seperti yang tersedia di jual lv panel berkualitas area Jakarta. Sehingga semua sistemnya akan berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan permasalahan pada arus listrik.

4. Closing Voltage Release (CVR) atau XF

Sistem kerja CVR adalah, ketika diisi tegangan, maka coil akan bereaksi menekan atau mendorong toggle pada bagian ACB pada posisi close / on (jika pemasangan paralel dengan tombol mekanik on). Setelah ACB mode on, maka CVR harus dilepas.

Tujuannya agar toggle kembali pada posisi semula dan tidak mengunci sistem off. Pada panel lv yang dijual oleh jual lv panel berkualitas area Jakarta, cara ini bisa dilakukan dengan meng-interlock salah satu kabel kontrol pada bagian Auxiliary Contact.

5. MX atau Shunt Trip

Memiliki cara kerja yang mirip dengan XF, hanya berbeda pada fungsi dan letak pemasangannya. Fungsi MX adalah, untuk membuka ACB pada posisi off/close.

Pada lv panel dari jual lv panel berkualitas area Jakarta, komponen MX akan terpasang secara paralel dengan tombol mekanik off pada bagian ACB.

6. Auxiliary Contact (Ac)

Komponen ini memiliki 3 fungsi, yaitu switch off /on (kondisi normal terbuka), NC (kondisi normal tertutup), dan C (basis yang dihubungkan dengan kondisi terbuka dan tertutup).

Pada lv panel yang berkualitas dari jual lv panel berkualitas area Jakarta, kita bisa mendapati komponen AC yang berkualitas dan berfungsi dengan sangat baik.

7. Kapasitor Bank

Fungsi dari komponen ini adalah untuk memperkecil sudut phasa/cos phi dan memperbaiki daya agar posisinya tidak di bawah standar cos phi dari sistem yang ada di PLN, yang berada di angka 0,85.

Jika daya kurang dari angka standar tersebut, maka bisa dikenakan denda kvar. Oleh karena itu, pilihlah lv panel dengan kualitas kapasitor bank yang bagus, seperti yang ada di jual lv panel berkualitas area Jakarta.

 

Permasalahan Pada Arus Lv!

Beberapa permasalahan umum yang sering terjadi pada arus listrik bisa menyebabkan permasalahan serius jika tidak ditangani dengan baik. Salah satunya dengan memilih perangkat penunjang yang berkualitas seperti yang ada di lv panel berkualitas area Jakarta.

1. Korsleting

Disebut juga dengan hubungan arus pendek, yaitu kondisi dimana terjadi hubungan pendek pada kawat listrik yang bermuatan positif dan negatif. Biasanya karena pemasangan yang berdekatan sehingga terjadi sentuhan antara keduanya.

2. Overload Sirkuit

Yaitu kondisi dimana sirkuit mengalami input arus yang lebih besar daripada kapasitas aslinya. Hal ini akan menyebabkan sirkuit mengalami kelebihan beban arus atau tegangan. Hal ini bisa menyebabkan permasalahan pada komponen – komponen lainnya.

3. Gangguan Tanah

Disebut juga gangguan grounding, yaitu kondisi dimana kawat panas mengalami kontak dengan kawat tanah. Hal ini bisa terjadi karena penutup atau pelindung kawat yang lepas, atau koneksi yang salah dari kawat.

Setelah memahami apa itu panel lv, komponen – komponen beserta fungsinya, dan permasalahan yang kerap terjadi pada sistem listrik, anda kini bisa mengerti pentingnya memilih perangkat listrik yang berkualitas, seperti yang tersedia di jual lv panel berkualitas area Jakarta.

Jika anda membutuhkan panel lv atau perangkat lainnya, serta membutuhkan jasa instalasi yang sudah menggunakan tenaga profesional dan sudah terjamin keamanannya, anda bisa menghubungi mikmargracindo.com di no WA +62(21) 543 373 45 untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan terpercaya.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.