Sebagai respon atas perkembangan industri kelistrikan dan juga kebutuhan masyarakat, PT Mikmar Gracindo kini memperluas bisnis dengan menyediakan lini produk baru, termasuk Low Voltage Panel, Transformator, dan layanan terkait seperti Instalasi, serta Pengujian dan Commisioning. Jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya serta kebutuhan listrik lainnya. Kami telah berdiri sejak tahun 2011 dengan memulai bisnis dalam menyediakan Panel Tegangan Menengah.

 

Mengenai Jual Lighting Panel Termurah Jakarta Dan Sekitarnya

Sama halnya seperti scada, system integrator serta relay lighting panel bisa pula dikaitkan dengan sistem otomasi. Hal ini disebabkan panel ini dapat mengontrol secara otomatis pada sistem kelistrikan di rumah Anda. Tidak hanya itu, panel lisrik yang satu ini pun dapat diaplikasikan pada mesin genset.

Mesin yang biasa dipakai ketika listrik padam dan ketika Anda membutuhkan penerangan. Apa pengertian tentang lighting panel dan apa saja jenisnya  lighting panel yang dijual? Kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang lighting panel.

 

Pengertian Panel Kontrol Listrik

Sebelum membahas secara lengkap mengenai jual lighting panel, mari terlebih dahulu kenali apa itu lighting panel. Lighting Panel atau Panel listrik adalah sebuah alat atau perangkat yang kegunaannya merupakan membagi, menyalurkan lalu mendistribusikan energi listrik dari sumbernya.

Sedangkan panel kontrol listrik adalah tempat terpasangnya alat-alat listrik seperti contohnya seperti MCB, Thermal, Relay, Pilot Lamp, PLC, Kontaktor, dan lain sebagainya. Agar dapat digunakan, panel-panel ini perlu dirangkai sedemikian rupaya supaya bisa mengalirkan arus listrik.

 

Fungsi Panel Kontrol Listrik

Panel kontrol listrik mempunyai beragam fungsi dan kegunaan yakni sebagai berikut :

  • Memposisikan komponen listrik sebagai pendukung dari mesin-mesin listrik supaya dapat beroperasi sebagaimana mestinya sesuai dengan prinsip kerja kelistrikan.
  • Mengamankan komponen listrik agar terlindungi dari segala hal yang dapat mempengaruhinya.
  • Menata rangkaian atau komponen listrik supaya tampak aman dan rapi.

 

Jenis-Jenis Panel Kontrol Listrik

Terdapat beragam jenis jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut pemakaiannya lighting panel terbagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

A. Main Distribution Panel

Main Distribution Panel atau MDP adalah lighting panel yang berguna untuk membagi dan menerima suplai listrik dari LVMDP kemudian mensuplai ke panel listrik berikutnya. LVMDP merupakan induk kendali listrik yang biasanya terdapat di jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya, bangunan perkantoran, pergudangan, apartement, hotel, pabrik, serta rumah pribadi.

B. Sub Distribution Panel

Sub Distribution Panel atau SDP adalah salah satu jenis panel listrik yang memfungsikan Moulded Case Circuit Breaker (MCCB) untuk mengaliri listrik yang berasal dari panel LVMDP. Moulded Case Circuit Breaker sendiri adalah salah satu komponen sistem elektrikal yang gunanya untuk mengamankan dan memutuskan arus ketika terjadi arus pendek (korsleting) atau kelebihan beban yang dapat mengakibatkan kerusakan terhadap motor listrik serta kebakaran karena percikan bunga api.

C. Panel Synchronizing

Panel Synchronizing pun mempunyai sebutan lain yakni panel synchron genset. Fungsi panel ini merupakan untuk menggabungkan dua atau lebih sumber listrik guna mendapatkan kapasitas listrik yang lebih besar. Panel synchronizing dapat dioperasikan secara manual atau otomatis. Terdiri dari dua atau lebih genset dengan kapasitas yang tidak sama dan menerima beban secara bersamaan.

D. Panel LVSDP dan LVMDP

LVSDP atau Low Voltage Sub Distribution Panel merupakan panel yang berguna untuk mendistribusikan daya ke beragam alat elektronik lainnya. Sedangkan LVSDP atau Low Voltage Main Distribution Panel gunanya merupakan memeriksa daya dari transformator kemudian mendistribusikannya ke panel LVSDP.

E. Panel Level Control

Panel ini merupakan sebutan lain yakni Water Level Control (WLC) yang pengoperasiannya menggunakan energi listrik sebagai motor listrik untuk memompa air. Hal ini disebabkan panel satu ini banyak dipakai pada industri pompa air, industri rumah tangga, industri jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya.

F. Panel KWH

KWH atau Kilo Watt Hour merupakan suatu alat untuk mengukur total penggunaan energi listrik di tempat tertentu, contohnya rumah kita sendiri misalnya. Sedangkan panel KWH yakni beberapa KWH yang dikumpulkan di satu tempat.

Jelas alat seperti ini tidak mungkin terdapat di rumah pribadi, melainkan ada di tempat-tempat yang memerlukan daya listrik besar seperti industri atau perusahaan, Anda dapat membelinya di jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya. KWH ini menghitung serta mengukur dayanya masing-masing.

G. Panel Capacitor Bank

Panel kontrol listrik satu ini disambungkan secara paralel atau seri antara satu power bank dengan power bank yang lain guna mengejar kVAR. Anda bisa mendapatkannya di jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya, apabila memakai panel ini, terdapat banyak benefit yang dapat Anda peroleh.

H. Panel Genset AMF ATS

Panel satu ini juga bisa Anda temui di jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya. Sesuai dengan namanya, panel kelistrikan satu ini terdapat pada sebuah genset. Singkatan dari AMF yakni Automatic Main Failure sedangkan ATS adalah Automatic Transfer Switch.

Fungsi AMF adalah untuk menghidupkan genset secara otomatis apabila terjadi pemadaman listrik dari PLN. Sedangkan fungsi ATS merupakan menutup aliran listrik dari PLN dan membuka suplai listrik secara otomatis.

I. Panel Change Over Switch

Panel Change Over Switch atau Panel COS mempunyai fungsi untuk menyambung dan memutus aliran listrik langsung dari sumbernya. Panel listrik ini dapat dioperasikan secara manual maupun otomatis. Anda bisa mendapatkanya di jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya dengan mudah.

 

Berdasarkan jenis bahan yang digunakan, lighting panel terbagi sebagai berikut:

A. Panel Box Besi

Panel box besi ini sama dengan namanya yakni berbahan dasar besi plat atau baja tuang yang dibentuk dengan cara dipress.

B. Panel Box Plastic

Panel ini terbuat dari bahan plastik khususnya jenis HDPE. Hal ini disebabkan plastik jenis ini mempunyai sifat yang kuat, keras, serta tahan terhadap suhu tinggi. Tentunya Anda akan mudah mendapatkan panel jenis ini di jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya.

Berdasarkan tipenya, panel listrik terbagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut :

  1. Wall Mounting
  2. Free Standing
  3. Switch Gear

 

Komponen Panel Listrik

Dalam jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya, pasti ada beragam komponen penting yang masing-masing mempunyai kegunaan. Berbagai komponen utama yang ada di lighting panel yakni :

  1. MCCB
  2. Bus BAR
  3. Magnetic Contractor
  4. MCB
  5. Pilot Lamp
  6. Ampere Meter
  7. Volt Meter

Selain komponen-komponen di atas masih banyak lagi komponen jenis lainnya. Diantaranya yakni frequency meter, selector switch voltmeter, emergency stop, dan lain-lain.

Itulah tadi pembahasan lengkap seputar jual lighting panel termurah Jakarta dan sekitarnya, pengertian, jenis-jenis, serta komponen pada lighting panel. Apabila Anda memerlukan lighting panel dan otomasi lainnya, Anda dapat menggunakan jasa kami. Silahkan hubungi customer service kami di no WA +62(21) 543 373 45 atau kunjungi website kami disini.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.