Sedang cari tempat jual cubicle panel untuk pabrik, biasanya jenis kubikel menggunakan jenis medium voltage Panel yang memiliki litrik bertegangan 20 kV. Kubikel ini adalah komponen memiliki erat hubungannya dengan segala hal tentang kelistrikan.

Untuk Anda yang sangat mengetahui bidang listrik pasti sudah tidak kesulitan lagi untuk menemukan tempat jual cubicle panel untuk pabrik. Panel cubicle adalah sebuah panel memiliki tegangan sebesar 1 kV sampai 35 kV sampai termasuk ke dalam golongan bertegangan rendah sampai menengah.

Kubikel ini digunakan sebagai istilah dengan alasan karena setiap komponen yang terdapat pada sebuah panel disimpan pada box dengan bentuk seperti lemari berbahan besi sudah dilengkapi pintu desainnya dibuat sesuai dengan standar operasinya hingga lebih rapi, aman, dan tidak membahayakan.

 

Fungsi Spesifik Komponen Cubicle Panel untuk Pabrik

Panel cubicle sendiri memiliki definisi unit peralatan listrik yang biasanya menjadi salah satu komponen pendukung pada gardu distribusi. Fungsinya adalah membagi, memutuskan, menghubungkan hingga melindungi atau memroteksi sistem instalasi listrik bertegangan medium.

Alat ini biasanya dipasang pada ruang gardu di bagian dalam untuk mendistribusikan listriknya. Fungsi utamanya adalah melindungi, membagi hingga mengendalikan tenaga listrik pada suatu pabrik.

Sedang mencari tempat jual cubicle panel untuk pabrik, Anda harus mengetahui terlebih dahulu secara sepsifik fungsi dari kubikel ini.

Mengendalikan sirkuit pada saklar utama

Fungsi pertama dimiliki oleh panel kubikel adalah mengendalikan sirkuit yang dilakukan langsung oleh saklar utama.

Melindungi sirkuit

Selanjutnya, setelah Anda menemukan tempat jual cubicle panel untuk pabrik dan membeli salah satu produknya. Anda akan merasakan manfaat kubikel yaitu melindungi sirkuit dilakuka fuse, saklar pemisah serta terakhir pemutus tenaga.

Membagi sirkuit

Selanjut, fungsi dari cubile panel untuk pabrik secara spesifik adalah membagi sirkuit  yang dilakukan oleh kelompoknya atau disebut juga busbar.

Mengukur besaran listrik

Terakhir, fungsi terakhir akan Anda rasakan setelah membeli dari tempat jual cubicle panel untuk pabrik adalah mengukur besaran listrik dari mulai tegangannya, arus, daya frekuensi, dan masih banyak lagi. untuk melakukannya, di dalam kubikel terdapat komponen alat ukur atau meteran.

 

Cara Melakukan Perawatan Pada Cubicle Panel untuk pabrik

Perawatan harus dilakukan secara rutin setelah didapatkan dari tempat jual cubicle panel untuk pabrik. Alasan pentingnya melakukan perawatan adalah dapat membuat kubikelnya selalu berfungsi secara maksimal dan lebih awet.

Perawatan dilakukan juga akan membuat kubikel serta komponen-komponen didalamnya dapat dipakai dalam jangka waktu panjang dan mencegah kerusakan lebih besar yang akan terjadi jika perawatan tidak dilakukan secara rutin.

Terdapat tiga langkah yang bisa dilakukan yaitu pemeriksaan rutin, korektif sampai darurat. Pada fase rutin akan dilakukan pemeriksaan secara rutin untuk bisa mendeteksi kerusakan kecil sampai berat yang cenderung tidak terlihat.

Dibagi menjadi beberapa bagian lagi yaitu harian, mingguan bulanan sampai tahunan. Pada pemeriksaan rutin harian dilakukan pengecekan level minyak PMT, cek lampu indikator, mengecek alat ukura serta terakhir mendeteksi kelainan aroma dan suara.

Pemeriksaan rutin mingguan, biasanya akan mengawasi kondisi switch gear, selanjutnya pada pemeriksaan bulanan dilakukan adalah bisa dilakukan pemeriksaan kebersihan dari PMS darimulai sambungan hingga isolator.

Selain itu memeriksa jua kekencangan baut, keoptimalan rel, mengecek set baterai dan lainnya. Terakhir, pemeriksaan secara tahunan dilakukan dengan maksud untuk mengecek komponen trafo, membersihkan sampai melakukan pengecekan keakuratan pengukuran.

Pada langkah korektif memiliki tujuan untuk meningkatkan sampai mengoptimalkan kemampuan dari setiap komponen yang terdapat pada kubikel. Terakhir langkah darurat adalah langkah dilakukan ketika kubikel berada di kondisi darurat saja.

 

Kubikel Incoming, Salah Satu Tipe Cubicle Panel khusus Pabrik

Kubikel memiliki beberapa jenis yang biasa dipakai oleh pabrik, disebut juga sebagai gradu induk. Jenis-jenis ini terbagi berdasarkan fungsi serta penempatakannya. Salah satu jenisnya adalah Kubikel incoming termasuk kepada MV Panel atau Medium Voltage Panel.

Jenis ini bisa ditemukan pada tempat jual cubicle panel untuk pabrik. Kubikel Incoming memiliki fungsi khusus yaitu menghubungkan sisi sekundernya dari transformasi daya pada busbar 20.000 Voltase atau setara dengan 20 kV.

Kubikel incoming terdapat beberapa komponen-komponen yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ini penjelasan dari komponen kubikel incoming di tempat jual cubicle panel untuk pabrik.

Busbar

Memiliki fungsi untuk mengumpulkan daya listriknya yang memiliki bertegangan 20 kV dan membagikannya pada tempat dituju. Terbuat dari tembaga atau juga alumunium, bentuk dari busbar biasanya akan disesuaikan dengan pabriknya masing-masing sesuai kebutuhannya.

PMS atau pemisah

Komponen ini disebut juga DS (disconnecting switch) yang fungsinya adalah sebagai saklar pemisah memutuskan hingga menyambungkan dari rangkaian dalam kondisinya tanpa beban. Proses dari PMS ini memiliki interlocking.

Earthing Switch

Earthing Switch merupakan saklar fungsinya menghilangkan tegangan dari akibat kapasitansi. Biasanya digunakan untuk memelihata sistem, di keadaan normal komponen ini akan berada di posisi terbuka.

Tetapi jika saluran transmisi terjadi gagguan seperti hubungan singkat listrik alias konslet otomatis saklat earthing switch akan tertutup tujuannya membebaskan tegangan pada saluran transmisi.

Heater

Terakhir, saat membeli kubikel jenis ini di tempat jual cubicle panel untuk pabrik pasti Anda akan menemukan komponen heater ini. berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kubikelnya.

Lembabnya udara bisa menimbulkan bercak kotoran hingga karatan akan membuat peralatan dan komponen pada kubikel akan berkurang kinerjanya, dioperasikan pada listrik yangg bertegangan 220 Volt.

 

Kubikel Outgoing, Jenis yang Disediakan Pada Tempat Jual Cubicle Panel untuk Pabrik

Sama seperti jenis lainnya kubikel outgoing ini masih termasuk kepada salah satu jenis MV Panel atau Medium Voltage Panel biasanya digunakan khusus pemakaian dipabrik yang disediakan pada tempat jual cubile panel untuk pabrik.

Kubikel outgoing juga memiliki komponen-komponen biasanya ada pada kubikelnya. Berikut ini dua bagian inti pada kubikel outgoing yang harus Anda ketahui.

CB

CB atau circuit breaker adalah peralatan listrik dengan fungsi menghubungkan serta memutuskan setiap arus listrik telah disesuaikan dengan rating. CB ini biasanya dioperasikan secara otomatis atau juga manual.

Salah satu tipenya yang bernama SF6 CB adalah ebuah rangkaian dengan gas SF6 digunakan sebagai saran untuk memadamkan busur api. Gas ini termasuk kepada sifat dielektrik yang sangat baik untuk memadamkan busur api.

Trafo Arus

Transformer current atau disebut juga Trafo arus merupakan komponen lainnya terdapat pada kubikel outgoing yang dijual pada tempat jual cubicle panel untuk pabrik gunanya sebagai alat ukur telah dihubungkan pada relay.

Sedang mencari tempat yang menjual Medium Voltage Panel biasanya diperuntukan untuk pabrk. Anda bisa langsung mengunjungi mikmargracindo.com atau menghubungi nomor telepon admin +62(21) 543 373 45.

Mikmar Gracindo akan melayani Anda dengan baik karena memiliki tim solid, profesional hingga selalu berorientiasi pada kepuasan pelanggan. Tempat jual cubicle panel untuk pabrik juga selalu memiliki barang selalu ready dengan produk high quality.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.