Jenis jenis LVMDP pada sebuah panel cukup banyak dan memiliki peran masing-masing. Biasanya panelnya sendiri digunakan sebagai penyalur listrik pada instalasi lingkungan bangunan seperti hotel, gedung, pabrik, rumah, dan sebagainya.

Dalam pembuatan panel LVMDP sendiri, ada beberapa hal yang harus terpenuhi sebelum dapat digunakan. Beberapa di antaranya adalah memenuhi fungsi utama sebagai penyalur tenaga listrik, juga memiliki sistem keamanan instalasi listrik bagi konsumen.

Sayangnya, meskipun memiliki fungsi yang sangat penting namun banyak orang tidak memahami jenis jenis dan LVMDP apa itu? Singkatnya, Low Voltage Main Distribution Panel bekerja pada tegangan rendah penghasil arus listrik untuk didistribusikan pada konsumen.

Jika Anda tidak memahami jenis jenisnya, maka akan sulit mempergunakan dan melakukan perawatan secara maksimal. Permasalahan ini tentu akan membuat kegiatan dalam lingkungan bangunan terhambat dan memberikan kerugian.

Baca juga : Memahami Apa Saja Komponen Panel LVMDP Schneider

Mengenal Jenis jenis LVMDP pada Panel

komponen panel lvmdp

Jika ingin memahami jenis jenisnya, tentu akan timbul pertanyaan di dalam panel ada apa saja? Agar dapat digunakan sebagaimana mestinya, berikut adalah jenis dan spesifikasi Low Voltage Main Distribution Panel agar dapat menggunakannya secara tepat dan efisien.

1. Panel Distribusi Utama (MDP)

Panel Distribusi Utama atau MDP berfungsi sebagai penyalur tenaga yang berasal dari PLN sebagai utama listrik maupun genset sebagai sumber tenaga darurat. MDP juga dilengkapi dengan sistem switching sehingga dapat dioperasikan secara manual maupun otomatis.

Beberapa orang masih belum memahami perbedaan panel (MDP dan SDP). SDP atau Sub-Distribution Panel menggunakan MCCB atau Mouldes Case Circuit Breaker untuk menyalurkan daya dari Low Voltage Main Distribution Panel.

Fungsi Low Voltage Main Distribution Panel adalah sebagai panel penerima daya dari trafo dan mendistribusikannya pada LVSDP. Seperti penjelasan sebelumnya, MDP menggunakan MCCB untuk distribusi daya ke peralatan listrik.

2. Sakelar Transfer Otomatis

Jenis jenis LVMDP selanjutnya adalah sakelar transfer otomatis atau ATS yang berfungsi sebagai penyalur tenaga dari PLN maupun genset dengan sistem switching. Pengoperasian ATS dapat dioperasikan secara manual maupun otomatis.

ATS juga menjadi aplikasi PLN atau genset yang terdiri dari beberapa bagian. Bagian-bagian ATS sendiri terdiri dari pemutus sirkuit dan modul kontrol otomatis sehingga memungkinkan transfer daru PLN ke generator ketika pasokan listrik terputus.

3. Panel ATS – AMF

Jenis panel LVMDP juga terdapat ATS – AMF otomatis yang berfungsi sebagai pengendali, pemindahan, juga penyalur tenaga dari PLN maupun genset. ATS – AMF juga memilki sakelar sehingga dapat dioperasikan secara manual.

Panelnya nanti juga akan dapat mengontrol genset (start-running-stop) sehingga Anda dapat menyesuaikan penggunaan daya. Selain dapat dioperasikan secara manual, ATS – AMF juga dapat beroperasi secara otomatis.

4. Genset Kontrol Panel

Pada jenis jenis LVMDP satu ini sering juga disebut dengan AMF atau Genset Control Panels. Fungsi dari Genset Control Panels sendiri adalah untuk mengatur serta menyalurkan tenaga dari genset.

Genset Control Panels dapat mengontrol start-running-stop sehingga dayanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pengoperasian dari Genset Control Panels dapat dilakukan secara manual maupun otomatis.

5. Switchgear Tegangan Rendah

Switchgear Tegangan Rendah merupakan salah satu dari jenis jenis LVMDP yang digunakan untuk distribusi data secara aman di seluruh fasilitas. Perangkat ini menyediakan switch yang berdiri secara bebas dengan beberapa bagian.

Bagian dari switch pada Switchgear Tegangan Rendah berupa pemutus sirkuit, bar bus, serta terdapat juga kabel listrik. Bentuk pemisahan dalam panelnya dipisahkan oleh penutup atau pembungkus terisolasi.

6. Panel LVMDP Kapasitor Bank

Kapasitor Bank menjadi salah satu jenis jenis LVMDP yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi operasi sistem tenaga kelistrikan. Selain itu juga membantu stabilitas tegangan pada sistem transmisi maupun distribusi ketika terjadi gangguan maupun kondisi beban tinggi.

Panel kapasitor bank sendiri terdiri dari beberapa unit kapasitor yang dipasang secara seri maupun pararel. Panelnya biasa digunakan untuk industri atau pabrik, perkantoran, apartemen, juga gedung-gedung lainnya.

7. Kapasitor

Salah satu bagian dari jenis jenis LVMDP ini memiliki kapasitor untuk membatalkan efek lagging dari motor dan transformer. Bukan hanya itu saja, kapasitor juga dapat mengurangi kerugian sistem juga membantu ketersediaan dukungan tegangan.

Bukan hanya itu saja, kapasitor juga memiliki manfaat lainnya yaitu mengurangi total arus yang mengalir melalui kawat. Dengan begitu nantinya akan meninggalkan kapasitas pada konduktor untuk beban tambahan.

8. Panel Sinkronasi Genset

Ketika memahami jenis jenis LVMDP, Anda tentu tidak akan asing lagi dengan panel sinkronasi genset. Fungsinya sendiri adalah untuk membagi daya pada beberapa genset serta melakukan konfigurasi pada beberapa perangkat.

Misalnya saja, Anda dapat menggunakan genset A untuk beberapa jam, selanjutnya bergantian menggunakan genset B. Anda juga dapat menggunakan genset A untuk daya di bawah 500 kVA, lalu menyalakan genset B untuk di atas kVA sebagai tambahan daya.

Sistem pembagian daya pada salah satu jenis jenis LVMDP ini dapat dengan menggunakan sync panel. Sistem ini sendiri sudah banyak digunakan, apalagi jika kekuatan daya Anda cukup bervariasi.

Misalnya saja, Anda memiliki daya bervariasi mulai dari 300 hingga 800 kVA, maka penggunaan 1 unit genset 1000 kVA akan sangat irit dalam penggunaan bahan bakar. Anda juga dapat menggunakan 2 unit genset 500 kVA yang dikonfigurasi.

Ketika sudah dikonfigurasi menggunakan salah satu jenis-jenis LVMDP ini, maka ketika daya hanya di bawah 400 kVA, sync panel secara otomatis menggunakan 1 genset. Sementara itu ketika lebih dari 400 kVA, maka akan langsung menggunakan 2 genset sekaligus.

9. Panel Kontrol Motor

Panel kontrol motor merupakan salah satu dari jenis jenis LVMDP yang penting untuk mengoperasikan elektro motor 3 fasa. Fungsinya sendiri adalah sebagai pusat kendali motor sehingga dapat dioperasikan lebih mudah dan aman karena adanya pelindung yang baik.

Panel kontrol motor ini umumnya diletakkan pada panel utama dan digunakan untuk mengoperasikan beberapa motor listrik sekaligus. Panel ini sendiri biasanya disebut juga dengan MCC atau motor control center.

Perlu diketahui bahwa semua jenis LVMDP tersebut tidak hanya membutuhkan produk berkualitas sehingga dapat bekerja maksimal. Anda juga membutuhkan proses perakitan dan perawatan khusus agar lebih aman dari bahaya kelistrikan seperti arus pendek.

Panel LVMDP menjadi penyalur listrik pada instalasi lingkungan bangunan dalam berbagai sektor. Memiliki fungsi sangat penting sehingga sangat penting memahami jenis jenis LVMDP sebelum memilih dan melakukan pemesanan.

Mikmar Gracindo menjadi supplier panel LVMDP dan transformer (trafo) dengan produk berkualitas. Tidak perlu khawatir jika masih belum mengerti tentang jenis jenis panel, sebab PT. Mikmar Gracindo memberikan garansi serta informasi lengkap.

Bukan hanya menyediakan berbagai produk kelistrikan dengan produk berkualitas dan sesuai standar, PT. Mikmar Gracindo juga menyediakan berbagai layanan. Beberapa layanannya sendiri seperti instalasi, pengujian, juga komisioning.

Mikmar Gracindo menyediakan beragam jenis jenis LVMDP untuk kebutuhan pelanggan dalam multi-sektor seperti perusahaan manufaktur, real estate, rumah sakit, dan lainnya. Kami juga memiliki tim yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidangnya.

Untuk melakukan pemesanan, Anda dapat membuka website resmi kami. Selain itu, Anda juga dapat langsung menghubungi kami melalui via WA.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Perusahaan Penyedia Panel LVMDP Schneider