Menemukan jasa pemasangan trafo step up yang berkualitas tentunya sangat penting untuk dilakukan. Bagi Anda yang belum tahu, terdapat dua jenis trafo itu adalah trafo step-up dan juga trafo step down.

Trafo step up ini merupakan salah satu jenis trafo yang yang banyak sekali digunakan. Fungsi dari trafo step up yaitu adalah untuk menaikkan tegangan, Sedangkan untuk trafo step down yaitu untuk menurunkan tegangan.

Bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan mengenai kelistrikan tentunya sangat tidak mungkin melakukan pemasangan trafo step up sendiri. Untuk itu menggunakan jasa pemasangan trafo step up bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Di era modern seperti saat ini, sepertinya Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan perusahaan yang menyediakan jasa untuk memasang trafo step up. Akan tetapi Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih jasa pemasangan trafo.

Sangat penting bagi Anda untuk mengingat perusahaan yang memiliki layanan lengkap dan juga memberikan fasilitas maintenance. Karena nantinya, agar trafo bisa berjalan normal dan bertahan lama maka harus dilakukan maintenance secara rutin.

 

Pengertian Apa Itu Trafo?

Ada baiknya Anda mengerti apa itu trafo sebelum menggunakan jasa pemasangan trafo step up. Transformator atau trafo merupakan alat listrik yang berguna untuk mengubah taraf tegangan AC ke taraf tegangan yang lain.

Misalnya saja Anda ingin menurunkan tegangan AC dari 220 VAC menjadi 12V AC, atau bisa juga Ketika Anda ingin meningkatkan tegangan 100 VAC menjadi 120 VAC .

Proses menurunkan tegangan bisa dilakukan dengan menggunakan trafo step down, sedangkan proses meningkatkan tegangan bisa menggunakan trafo step up.

Cara kerja dari transformator ini menggunakan prinsip induksi elektromagnet. Ini hanya bisa bekerja pada tegangan AC atau arus bolak balik.

Fungsi utama dari trafo yaitu adalah melakukan pendistribusian tenaga listrik. TV bisa meningkatkan listrik yang berasal dari PLN ratusan KV untuk didistribusikan.

Tentunya hampir tidak mungkin bagi Anda untuk memasang trafo sendiri apalagi jika tidak mengerti berbagai macam hal tentang kelistrikan. Untuk itu, jasa pemasangan trafo step up bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

 

Prinsip Kerja Transformator Atau Trafo

Trafo atau transformator terdiri atas 2 lilitan yang sudah terisolasi.  Sebagian besar transformator terisolasi, Kemudian akan dililitkan pada sebuah besi atau sering disebut sebagai inti besi.

Nantinya akan menimbulkan medan magnet, ketika kumparan primer dialiri dengan arus bolak-balik atau arus AC. Besarnya arus listrik yang dialirkan akan mempengaruhi kekuatan dari medan magnet yang ditimbulkan.

Jadi semakin besar arus yang dialirkan nantinya medan magnet yang ditimbulkan juga akan semakin besar. Dengan adanya fluktuasi medan magnet yang terjadi pada kumparan primer akan menginduksi menjadi gaya gerak listrik atau GGS.

Sementara itu, kumparan sekunder nantinya akan melimpahkan daya dari kumparan primer ke kumparan sekunder. Itu artinya nantinya akan terjadi sebuah pengubahan pada taraf tegangan baik tegangan rendah menjadi tinggi atau sebaliknya.

Jika Anda ingin mengetahui pemahaman yang lebih lanjut, mungkin bisa berkonsultasi langsung dengan jasa pemasangan trafo step up. Saat ini, ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan.

 

Bagian-Bagian Dari Transformator

Transformator adalah sebuah alat yang terdiri dari berbagai macam bagian. Setiap bagian tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Berikut berbagai macam bagian yang menjadi penyusun transformator.

Inti Besi

Salah satu bagian utama dari transformator yaitu adalah inti besi. Fungsinya yaitu mempermudah jalan fluksi, hal ini bisa timbul karena adanya aliran listrik pada kumparan.

Ini merupakan bagian yang terbuat dari lempengan besi tipis dan telah terisolasi. Fungsinya yaitu adalah untuk mengurangi panas pada inti besi. Anda harus menggunakan jasa pemasangan trafo step up yang berkualitas sehingga mendapatkan inti besi dengan bahan yang berkualitas.

Kumparan Trafo

Bagian transformator yang kedua yaitu adalah ah kumparan trafo. Ini merupakan bagian yang terdiri dan kawat yang telah terisolasi dan membentuk kumparan.

Ada dua jenis kumparan yaitu adalah kumparan primer dan juga kumparan sekunder. Nantinya kedua kumparan tersebut akan Menjadi alat transformasi tegangan dan juga harus.

Minyak Trafo

Bagian dari transformator yang tidak kalah penting yaitu adalah minyak trafo. Ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai isolasi dan juga berfungsi sebagai pendingin dari transformator itu sendiri.

Bushing

Bagian transformator yang selanjutnya yaitu bushing. Ini merupakan bagian yang berfungsi untuk menghubungkan antara kumparan trafo dengan jaringan luar. Selain itu, juga berfungsi untuk menyekat antara dua konduktor dengan tangki trafo.

Tangki Konservator

Ini merupakan bagian yang berfungsi untuk menampung minyak cadangan dan juga uap. Perlu Anda ketahui pemanasan trafo karena arus beban bisa menyebabkan timbulnya uap.

Oleh karena itu, pada transformator dipasang silica gel. Hal tersebut berguna untuk menyerap kelembaban udara yang mungkin terjadi.

 

Jasa Pemasangan Trafo Step Up Terbaik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Anda tidak boleh sembarangan ketika memilih jasa pemasangan trafo. Sangat penting bagi Anda untuk menemukan jasa pemasangan trafo yang memberikan semua pelayanan yang Anda butuhkan dari mulai instalasi sampai dengan tahap komisioning.

Salah satu jasa pemasangan trafo step up yang sudah sangat berpengalaman dan memberikan layanan lengkap yaitu adalah PT. Mikmar Gracindo. Berikut berbagai macam keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Harga yang terjangkau

Harga menjadi salah satu hal yang harus sangat diperhatikan ketika Anda ingin memasang trafo untuk keperluan anda. Tentunya Anda tidak ingin memberi layanan yang terlalu mahal daripada yang seharusnya bisa Anda dapatkan.

Kami merupakan jasa pemasangan trafo step up yang sangat berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan juga memberikan harga yang sangat terjangkau untuk para konsumen.

Untuk itu, kami adalah pilihan tepat untuk Anda ketika ingin mendapatkan harga yang murah untuk layanan jasa pemasangan trafo.

Proses dilakukan dengan cepat

Kami merupakan jasa pemasangan trafo step up yang selalu berorientasi untuk memberikan kepuasan kepada para pelanggan. Oleh karena itu, ketika Anda memesan layanan kami akan diproses secepat mungkin.

Itu artinya Anda tidak akan menunggu lama sampai nantinya bisa melihat pekerjaan Kami selesai. Kami melakukan seluruh tugas kami secara profesional dan juga sesuai dengan prosedur yang diberlakukan.

Layanan konsultasi

Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu, Kami akan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan anda. Anda bisa melakukan konsultasi secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Layanan yang sangat lengkap

Kami merupakan jasa pemasangan trafo step up yang menyediakan layanan dari mulai instalasi, pengujian, sampai tahap commissioning.

Bagi Anda yang belum mengetahui tahap commissioning adalah tahap implementasi secara real untuk memastikan seluruh pekerjaan dilakukan sesuai dengan prosedur.

Selain menyediakan trafo, kami juga menyediakan berbagai macam layanan lainnya seperti misalnya panel tegangan rendah dan juga panel tegangan menengah. Jika Anda membutuhkan jasa pemasangan trafo step up yang berkualitas bisa menghubungi kami melalui nomor telepon +62(21) 543 373 45.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.