Jasa pemasangan instalasi listrik kini banyak digunakan oleh rumah tangga maupun perusahaan-perusahaan industri. Hal ini karena berkaitan dengan penggunaan daya listrik berkapasitas besar sehingga harus dilakukan teknisi yang ahli di bidangnya.

Pemasangan instalasi listrik tidak bisa dilakukan oleh orang awam. Apabila terjadi kesalahan atau kurang tepat pada proses pemasangannya bisa menimbulkan risiko berbahaya di kemudian hari.

Instalasi listrik yang aman harus diterapkan termasuk pada rumah tangga sekalipun. Mungkin rumah Anda sedang mengalami permasalahan kelistrikan sehingga memerlukan bantuan instalatir listrik berpengalaman dan lebih memahami cara mengatasinya.

 

Permasalahan Instalasi Listrik di Rumah yang Jarang Disadari

supplier & jasa instalasi panel listrik terpercaya

Sebenarnya permasalahan kelistrikan kerap terjadi di rumah, namun beberapa orang belum menyadarinya. Jika tidak diperhatikan maka dampaknya akan sangat berbahaya seperti terjadi konsleting hingga kebakaran.

Jika instalasi listrik di rumah Anda sedang mengalami salah satu atau beberapa dari permasalahan berikut, segera cari tahu penyebabnya dan solusinya. Anda bisa menghubungi jasa pemasangan instalasi listrik terdekat.

1. Lampu Berkedip

Lampu sering berkedip disebabkan oleh longgarnya sambungan listrik. Jika kedipan hanya terjadi pada satu lampu saja, biasanya dikarenakan umur lampu akan habis atau terjadi kesalahan teknis sedikit sehingga perbaikannya cukup mudah.

Namun jika kedipan terjadi pada beberapa lampu di seluruh ruangan, maka letak permasalahannya ada pada sirkuitnya. Bisa juga terjadi pada kotak pemutusnya atau drop utilitas yang terletak di luar rumah.

2. Stop Kontak Panas

Jasa pemasangan instalasi listrik menyarankan agar stop kontak digunakan secukupnya. Namun terkadang pemakaian barang-barang elektronik yang cukup banyak bisa menghasilkan panas selama dioperasikan.

Di sisi lain, stop kontak juga tidak boleh sampai kepanasan. Jika sudah terjadi, maka segera cabut kabel yang menempel pada stop kontak tersebut. Diamkan selama beberapa saat hingga dingin kembali.

Seluruh pelat penutup sakelar juga harus dilakukan dengan sama kecuali sakelar peredup. Sakelar peredup sendiri akan menghangat ketika disentuh karena fungsinya menciptakan efek peredupan guna menghilangkan kelebihan energi listrik.

3. Stop Kontak Longgar

Jika Anda menggunakan jasa pemasangan instalasi listrik profesional, maka produk-produk seperti stop kontak akan dipasang dengan rapi dan rapat. Namun apabila stop kontak Anda terasa longgar, segera perbaiki.

Misalnya ketika bagian dalamnya sudah bergerak-gerak sehingga harus segera dibuka kemudian diperbaiki. Sebab saluran yang sudah longgar dapat mengoyak kabel sehingga menimbulkan percikan api, hubungan pendek, hingga kebakaran.

4. Bau Terbakar

Bau terbakar adalah bentuk peringatan langsung untuk menunjukkan bahwa kelistrikan sedang panas sehingga dapat melelehkan selubung plastik. Segera cek penyebabnya di bagian satu sirkuit atau kotak pemutusnya.

5. Kabel Kusut dan Berantakan

Jasa pemasangan instalasi listrik profesional akan menata kabel instalasi dengan rapi dan tidak kusut. Agar lebih rapi, berilah balok pelindung kabel listrik supaya lebih tertata sekaligus terhindar dari gigitan tikus.

 

Baca juga : Jasa Instalasi Listrik Perusahaan Terbaik Jakarta

 

Akibat Jika Instalasi Listrik di Rumah Disepelekan

Jasa Instalasi Listrik Perusahaan Terbaik Jakarta

Pemasangan instalasi listrik berantakan dan tidak diperhatikan dapat menimbulkan dampak berbahaya di kemudian hari. Apalagi jika Anda meletakkan stop kontak di dekat daerah-daerah berair seperti kamar mandi.

Jadi seperti apa itu pemasangan instalasi listrik? Yaitu pemasangan komponen peralatan listrik guna menangani perubahan energi listrik menjadi tenaga mekanis dan kimia. Instalasi listrik harus aman bagi manusia sekaligus lingkungan sekitarnya.

Oleh karenanya diperlukan pemasangan instalasi listrik yang dikerjakan secara teliti. Berbagai persiapan harus dilakukan mulai dari mengetahui luas rumah, jumlah ruangan, desain jalur instalasi, besaran daya listrik, dan sebagainya.

Namun tahukah Anda instalasi listrik tanggung jawab siapa? Instalasi listrik sepenuhnya menjadi kewenangan dan tanggung jawab pemilik bangunan itu sendiri. PLN sebagai penyedia tenaga listrik tidak ikut campur dalam hal ini.

Kewenangan PLN sendiri hanya sebatas KWH meter luar rumah saja, mulai dari kabel Sambungan Rumah dan Jaringan Tegangan Rendah. Sementara untuk instalasi listrik dalam rumah termasuk dalam daerah kewenangan pelanggannya saja.

Meskipun KWH meter dan MCB luar rumah adalah milik Anda, tetap saja tidak boleh diutak-atik sendiri. Tujuannya untuk menjaga keamanan, keutuhan, memastikan supaya pemakaian listrik tetap terukur, tercatat, terekam dengan benar.

Lalu apa akibatnya jika kita salah memasang instalasi listrik? Risiko berbahaya bisa ditimbulkan mulai dari konsleting listrik hingga kebakaran. Contoh permasalahan kelistrikan di atas jika tidak diperhatikan bisa menimbulkan kebakaran.

Anda tidak boleh menyepelekan permasalahan kelistrikan sesederhana apapun. Sebab besar kecilnya potensi konsleting tetap bisa berakhir pada risiko berbahaya untuk hunian tempat tinggal Anda dan keluarga.

 

Mengapa Instalasi Pemasangan Listrik Harus Diperhatikan?

Jasa Instalasi Panel Listrik untuk Kantor

Bangunan untuk tujuan apapun itu tetap memerlukan perencanaan pemasangan instalasi yang aman, termasuk hunian tempat tinggal. Anda perlu menggunakan jasa pemasangan instalasi listrik profesional karena beberapa alasan berikut.

1. Efisiensi Daya Listrik

Pemasangan instalasi listrik oleh teknisi di bidangnya mampu mengatur efisiensi saluran daya sehingga membantu meminimalisir terbuangnya daya listrik tidak terpakai. Perhitungan daya yang baik membantu penggunaan energi listrik agar lebih hemat.

2. Keamanan Rumah Lebih Maksimal

Proses instalasi yang dilakukan oleh jasa pemasangan instalasi listrik tidak mempunyai banyak risiko. Sebab mereka memastikan dengan baik agar tidak terjadi konslet hingga kebakaran rumah.

Teknisi ahli merancang instalasi dengan menggunakan komponen lengkap serta produk-produk berkualitas. Mulai dari kabelnya, sambungan kabel, saklar, stop kontak, dan peralatan lainnya.

3. Desain Interior Lebih Tertata

Penataan hasil instalasi listrik yang rapi membuat desain interior tampak nyaman dan enak dipandang. Anda dapat menggunakan penutup kabel yang dilengkapi oleh perekat double tape.

Pihak jasa pemasangan instalasi listrik juga melakukan sinkronisasi terkait rancangan instalasi listriknya dengan desain interior yang akan digunakan. Ini berfungsi untuk menghindari titik saklar sembarangan dan mengganggu pemandangan.

4. Perawatan dan Renovasi Rumah Lebih Mudah

Tidak hanya interior ataupun eksterior hunian yang harus dilakukan perawatan secara berkala. Jalur instalasi listrik yang baik juga perlu dilakukan perawatan dan pengecekan untuk meminimalisir hal berbahaya.

Selain itu juga berguna jika suatu hari nanti Anda ingin melakukan renovasi besar-besaran pada rumah sehingga berdampak pada pengaturan kembali instalasi listriknya.

 

Rekomendasi Jasa Pemasangan Instalasi Listrik di Jakarta

Mikmar Gracindo Logo

Salah satu penyedia layanan pemasangan instalasi listrik terpercaya adalah PT. Makmir Gracindo. Jika hunian kerap mengalami permasalahan kelistrikan seperti penjelasan di atas, teknisi instalatir listrik kami siap mengadakan konsultasi untuk mencari solusinya.

Mikmar Gracindo merupakan kontraktor panel listrik, supplier, distributor, perusahaan penyedia Low Voltage Panel, medium Voltage Panel, Trafo, dan jasa instalasi listrik di pabrik atau perumahan yang memerlukan listrik skala besar.

Kami juga memenuhi kebutuhan pelanggan terkait layanan instalasi, pengujian, dan komisioning. PT. Mikmar Gracindo telah dipercaya menjadi supplier, distributor, hingga jasa pemasangan instalasi listrik profesional bagi berbagai pihak.

Mulai dari sektor perusahaan manufaktor, developer perumahan dan real estate, proyek pemerintah, serta sektor-sektor penting lainnya. Selain Jakarta, kami juga ada di daerah Sumatera, Sulawesi, jawa, Kalimantan, Timor Tenggara, Bali, Papua.

Hubungi nomor customer service kami melalui Whatsapp. Kami ingin menjadi partner jasa pemasangan instalasi listrik berpengalaman untuk kebutuhan hunian Anda.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier & Jasa Instalasi Panel Listrik Terpercaya