Memilih jasa instalasi panel listrik untuk kantor adalah salah satu persiapan yang harus Anda rencanakan pada saat membangun kantor perusahaan. Terutama jika kantor sudah siap digunakan untuk melaksanakan kegiatan bisnis.

Maka, pemasangan listrik tidak bisa ditunda lagi. Agar instalasi di kantor Anda lebih aman, ada baiknya menggunakan panel listrik (electric switchboard). Alat ini berfungsi untuk membagi, mendistribusikan suplai dari sumber.

Penggunaan electric switchboard juga akan membuat rangkaian elektrik lebih tertata rapi. Sehingga memudahkan teknisi Anda dalam mengontrol serta melakukan pemeliharaan. Pastikan memilih jasa kontraktor yang profesional agar instalasinya terjamin.

 

Fungsi Panel Listrik untuk Kantor

Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya-tanya mengapa memerlukan jasa instalasi panel listrik untuk kantor. Berikut ini akan kami jabarkan beberapa fungsi electric switchboard yang harus ada di kantor Anda.

Menempatkan Komponen Listrik

Fungsi pertama dari electric switchboard yaitu sebagai tempat atau wadah untuk menempatkan beragam komponen kelistrikan yang mendukung mesin-mesin elektrik sehingga dapat beroperasi sebagaimana prinsip kerjanya masing-masing.

Melindungi Komponen Listrik

Electric switchboard berbentuk kotak (box) yang memiliki pintu pada bagian depannya sehingga dapat dibuka dan ditutup. Menggunakan jasa instalasi panel listrik untuk kantor akan membuat komponen-komponen listrik terlindungi.

Anda bisa menggunakan jenis panel box yang terbuat dari material besi ataupun plastik jenis khusus. Material tersebut memiliki ketahanan tinggi terhadap suhu maupun getaran sehingga komponen kelistrikan aman dari pengaruh eksternal.

Membuat Rangkaian Tertata Rapi

Instalasi electric switchboard di lingkungan perusahaan atau kantor akan membuat penataan rangkaian lebih rapi. Sehingga tidak mengganggu tampilan dari area kantor Anda. Di samping itu, penataan yang rapi juga membuat rangkaian lebih aman.

Memudahkan Mengoperasikan Mesin

Jasa instalasi panel listrik untuk kantor akan memudahkan teknisi Anda dalam mengoperasikan mesin-mesin elektrik. Karena berbagai komponen ditempatkan pada box sehingga lebih mudah dikontrol.

Indikator Mesin

Keberadaan electric switchboard memungkinkan teknisi mengetahui apakah suatu mesin sedang beroperasi atau tidak. Perangkat ini dilengkapi indikator penunjuk yang memudahkan pengawasan.

 

Cara Maintenance Panel Listrik Kantor

Secara umum terdapat 4 macam cara maintenance electric switchboard yang ada di lingkungan gedung perkantoran, antara lain:

Predictive Maintenance

Predictive maintenance adalah pemeliharaan electric switchboard dengan cara memprediksi kondisi perangkat. Jadi, Anda dapat menentukan kapan waktu pemeliharaan dan memperkirakan apakah perangkat mengalami kerusakan atau tidak.

Preventive Maintenance

Preventive berarti mencegah, dengan demikian preventive maintenance artinya pemeliharaan yang dilakukan untuk mencegah kerusakan pada perangkat elektrik secara mendadak. Tujuan lainnya yaitu mempertahankan pola kerja perangkat seoptimal mungkin.

Perangkat yang dipasang oleh jasa instalasi panel listrik untuk perusahaan memiliki usia teknis. Dengan pemeliharaan preventif, Anda dapat merancang jadwal maintenance secara berkala.

Corrective Maintenance

Corrective maintenance pada umumnya merupakan pemeliharaan yang sudah terencana. Pada saat pemeliharaan corrective, biasanya terdapat spare part atau komponen rusak sehingga perlu diperbarui agar kinerja mesin tetap optimal.

Breakdown Maintenance

Breakdown maintenance adalah pemeliharaan yang sifatnya mendadak. Maintenance ini dilakukan ketika terjadi kerusakan atau gangguan dan kondisinya cukup darurat sehingga harus segera dilaksanakan.

Tujuan melaksanakan pemeliharaan electric switchboard yang dipasang oleh jasa instalasi panel listrik untuk kantor antara lain:

  1. Mengupayakan agar peralatan atau switchboard elektrik memiliki usia panjang sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama
  2. Meningkatkan reliabilitas (keandalan), availability (ketersediaan), serta efisiensi
  3. Meminimalisir risiko kerusakan ataupun kegagalan kinerja pada switchboard maupun perangkat elektrik lain
  4. Meminimalkan durasi power padam akibat adanya gangguan pada switchboard
  5. Meningkatkan keamanan rangkaian dan keselamatan

 

Langkah-Langkah Maintenance Panel Listrik

Pemasangan switchboard yang dilakukan oleh jasa instalasi panel listrik untuk kantor tentu harus dirawat sebaik mungkin agar memiliki kinerja optimal. Adapun tahapan dalam melakukan perawatan electric switchboard yaitu:

Bersihkan Debu

Langkah pertama, pastikan teknisi membersihkan debu-debu yang menempel pada box switchboard. Bersihkan hingga ke semua bagian tanpa terkecuali. Debu dan kotoran harus dibersihkan agar tidak merusak komponen-komponen dalam panel.

Kencangkan Kabel dan Komponen

Langkah kedua merawat switcboard yang dipasang oleh jasa instalasi panel listrik untuk kantor adalah mengencangkan kabel dan komponen seperti MCB, MCCB, ACB, dan komponen lainnya.

Komponen pada switchboard bisa kendur sendiri sehingga harus dikencangkan lagi. Komponen kendur bisa berisiko mengalami kerja berlebih dan bisa mengakibatkan mesin panas. Ini berisiko menimbulkan kerusakan atau aktivitas listrik berbahaya.

Tes Ampere dan Voltase

Tes ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah kedua alat ukur tersebut masih bekerja optimal. Apabila kinerjanya tidak normal seperti overload, maka komponen yang telah dipasang oleh jasa instalasi panel listrik untuk kantor harus diganti.

Periksa Aliran Listrik

Pengecekan aliran listrik diperlukan untuk mengetahui apakah aliran terdistribusi ke titik-titik yang membutuhkan suplai listrik sesuai kebutuhan. Teknisi perlu memeriksa MCB dan MCCB sebagai komponen penyambung dan pemutus aliran.

Periksa Suhu Switchboard

Saat melakukan perawatan switchboard yang dipasang jasa instalasi panel listrik terpercaya, teknisi juga harus mengecek suhu switchboard. Suhu yang perlu diidentifikasi diantaranya kabel berlebih, koneksi resistensi tinggi, dan lainnya.

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Instalasi Panel Listrik

Menggunakan jasa kontraktor listrik berpengalaman tentu membuat Anda perlu mengeluarkan biaya tersendiri. Di balik biayanya, ada sejumlah keuangan jika menggunakan jasa instalasi.

Pengerjaan Sesuai Standar

Jasa instalasi panel listrik untuk kantor profesional tentunya akan bekerja dengan standar operasional procedure tersendiri, mulai dari tahap perencanaan hingga pemasangan. Pengerjaan sesuai standar tentu hasilnya lebih baik.

Standar Keselamatan Tinggi

Pemasangan perangkat kelistrikan adalah suatu pekerjaan dengan risiko tinggi. Maka, penerapan standar keselamatan tinggi wajib dilakukan. Standar keselamatan kerja sebenarnya juga sudah diatur dalam PUIL (Persyaratan Umum Instalasi Listrik).

Menggunakan Produk Sesuai Kebutuhan

Tiang-tiap perkantoran memiliki kebutuhan yang berlainan satu sama lain. Untuk itu, diperlukan produk berbeda pula dan menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan. Biar bagaimanapun, kualitas produk juga tetap mempengaruhi hasil instalasi.

 

Jasa Instalasi Panel Listrik untuk Kantor, Ini Cara Memilihnya

Sebelum menentukan jasa instalasi electric switchboard yang akan digunakan, alangkah baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini:

Pilih Perusahaan Profesional dan Berpengalaman

Tips pertama, pastikan Anda memilih perusahaan berpengalaman dan telah dipercaya banyak klien untuk menangani instalasi kelistrikan pada bangunan mereka. Anda bisa mencari tahu melalui website resmi, testimoni pelanggan, hingga media sosial.

Produk yang Digunakan Berkualitas

Sebagus apapun pekerjaan yang dilakukan oleh jasa instalasi panel listrik, namun jika produknya kualitas rendah maka hasilnya akan kurang memuaskan. Maka, pilihlah yang menggunakan produk-produk berkualitas.

Pertimbangkan Harga

Pilihlah jasa yang menawarkan harga masuk akal di pasaran. Hindari penawaran harga tidak wajar, baik itu terlalu murah atau terlalu mahal. Tidak ada salahnya pula membandingkan harga untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Kami, Mikmar Gracindo adalah jasa instalasi panel profesional yang melayani berbagai jenis instalasi. Silakan kunjungi website kami https://mikmargracindo.com. Untuk menggunakan jasa instalasi panel listrik untuk kantor, hubungi kami via telepon (021) 543 373 45.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.