Sekarang ini hampir semua perabotan dan alat rumah tangga berupa barang elektronik, sehingga memerlukan listrik dalam penggunaannya. Jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya menjadi sangat dibutuhkan sebab kebanyakan alat bergantung pada listrik, jadi persoalan listrik di dalam hunian harus lebih diperhatikan dengan cermat. Salah-salah dapat menyebabkan konsleting listrik yang berujung celaka.

Sebagai respon atas perkembangan industri kelistrikan dan juga kebutuhan masyarakat, PT Mikmar Gracindo kini memperluas bisnis dengan menyediakan lini produk baru, termasuk Low Voltage Panel, Transformator, serta layanan terkait seperti jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya, serta Testing dan Commisioning.

Mengenai Jasa Instalasi Listrik Terbaik Di Jakarta Dan Sekitarnya

Jasa instalasi listrik ini merupakan sebagai sebuah perangkat yang dipergunakan untuk mengalirkan energi listrik dari sumber listrik ke beragam alat elektronik yang membutuhkan listrik. Lalu, ada juga beragam jenis sumber listrik. Misalnya seperti aki, genset, baterai, solar cell, dan lain-lain. Akan tetapi, sumber listrik yang biasa digunakan pada keperluan rumah tangga berasal dari pembangkit listrik yang dikelola oleh PLN.

Walaupun PLN merupakan perusahaan penyedia sumber listrik untuk disalurkan ke rumah-rumah, namun PLN hanya menyediakan meteran dan aliran listriknya saja. Pemilik rumah harus tetap mempersiapkan dan memasang instalasi listrik sendiri. Alat-alat yang harus dipersiapkan sebelum menginstal listrik yakni alat pengukur, pengaman jaringan, panel hubung bagi atau juga dikenal PHB, saklar, pentanahan, dan lain-lain.

Persyaratan Dalam Melakukan Instalasi Listrik

Dalam melakukan jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya wajib memenuhi tiga persyaratan yang diberikan oleh pemerintah. Berikut merupakan persyaratan dalam instalasi listrik:

1. Syarat Ekonomis

Instalasi perangkat listrik pada hunian wajib memenuhi syarat ekonomis, yang berarti instalasi listrik dibuat sederhana sehingga biaya instalasi dan pemeliharaan yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

2. Syarat Keamanan

Jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya yang dilakukan jangan sampai membahayakan keselamatan penghuni rumah, perangkat listrik, bangunan, dan benda lain yang mungkin beresiko terkena bahaya listrik. Pada syarat keamanan, ada dua macam yang perlu Anda ketahui:

  • Syarat Keamanan Perencanaan Kerja

Perangkat listrik yang diinstal perlu dibuat seaman mungkin hingga tidak menyebabkan kecelakaan sekecil apapun. Tidak mengakibatkan kematian pada manusia. Juga wajib untuk menggunakan alat-alat yang sesuai peraturan serta terjamin kelayakannya. Tidak menimbulkan kerusakan pada benda sekitar, apabila terjadi gangguan seperti tegangan tinggi, arus pendek, beban lebih, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sikring dan pemutus daya listrik harus terpasang di rangkaian instalasi listrik.

  • Syarat Keamanan Kelangsungan Kerja

Syarat ini mempunyai maksud pengaliran arus listrik pada konsumen wajib terpenuhi dan terjamin dengan baik. Jika terjadi gangguan pada perangkat listrik, jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya yang terpasang harus bisa memutus aliran listrik yang konslet. Lalu, perangkat yang mengalami gangguan juga harus segera diperbaiki sesuai dengan keandalan beban.

3. Syarat Keandalan

Perangkat listrik yang terinstal wajib berfungsi baik dan juga optimal, sehingga tidak menimbulkan bahaya dan mencelakai pengguna listrik.

Manfaat Instalasi Listrik

Jasa instalasi listrik terbaik  tentu memberikan banyak benefit untuk menunjang kegiatan harian Anda. Inilah beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dengan melakukan instalasi listrik:

1. Mempermudah Aktivitas di Rumah

Bayangkan betapa sulitnya apabila tempat tinggal Anda tidak menyediakan listrik? Pastinya akan sulit dalam melakukan banyak hal, bukan?

Zaman yang sudah modern ini membuat hampir seluruh peralatan rumah tangga bergantung pada tenaga listrik dalam penggunaannya. Dengan jasa instalasi listrik di rumah, pastinya seluruh kegiatan Anda menjadi lebih produktif dan mudah.

2. Tempat Tinggal Menjadi Nyaman untuk Ditinggali

Tempat tinggal adalah pusat semua aktivitas dengan keluarga. Aliran listrik di rumah dapat membuat hunian Anda jadi lebih nyaman ditinggali. Sebab aktivitas belajar, menikmati hiburan, memasak, bekerja, dan sebagainya dapat dilakukan di rumah apabila telah terpasang perangkat listrik.

3. Memberikan Keamanan

Tingkat kriminalitas yang tinggi membuat banyak tempat memerlukan pemasangan CCTV yang membutuhkan tenaga listrik untuk penggunaannya. Oleh sebab itu, jasa instalasi listrik pada hunian menjadi sangat penting.

Komponen Instalasi Listrik

Anda perlu mempersiapkan berbagai macam komponen sebelum melakukan jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya. Berikut ini adalah daftar beberapa komponen instalasi listrik yang diperlukan:

1.  Saklar

Fungsi komponen jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya yang satu ini adalah untuk memutuskan dan menghubungkan arus listrik.

2.  Stop kontak

Stop kontak adalah salah satu komponen yang mempunyai fungsi sebagai alat pemutus sewaktu terjadi kontak di antara arus negatif, positif, dan grounding dalam instalasi listrik.

3.  Pipa

Pipa listrik adalah komponen yang sering dipakai dalam instalasi listrik. Fungsinya adalah sebagai pelindung kawat penghantar atau dikenal juga sebagai pipa listrik atau pipa pelindung kabel.

4.  Isolasi

Umumnya isolasi listrik mempunyai fungsi untuk menjaga terjadinya konsleting antar sambungan kabel listrik.

5.  MCB

MCB atau singkatan dari Miniatur Circuit Breaker ini merupakan komponen kelistrikan yang bertugas untuk memutus aliran listrik ketika terjadi arus berlebih ataupun konsleting.

6.  Kabel listrik

Kabel listrik adalah sebuah media yang dipakai untuk menyalurkan energi listrik. Sebuah kabel listrik yang terdiri dari isolator juga konduktor.

7.  ELCB

ELCB atau Earth-Leakage Circuit Breaker ini adalah alat pengaman listrik dari resiko kebocoran arus listrik. ELCB biasa bisa dijumpai di dalam panel listrik, seperti MCB.

8.  T-dus

T-dus merupakan kotak atau wadah penyambung yang menyimpan sambungan instalasi listrik di dalamnya.

9.  Embodus

Embodus adalah tempat untuk sambungan kabel pada dinding dan sekaligus digunakan sebagai tempat menempel sakelar, stop kontak listrik, stop kontak AC, dan lain sebagainya.

10.  Kotak MCB dan ELCB

Sama seperti namanya box MCB dan ELCB ini mempunyai fungsi sebagai tempat atau kotak untuk menempatkan MCB atau ELCB supaya instalasi listrik bisa bekerja lebih aman dan rapi.

11.  Bargainser

Bargainser adalah salah satu komponen pada instalasi listrik yang memiliki fungsi sebagai pembatas daya listrik yang masuk pada tempat tinggal.

12.  Pengaman listrik

Alat pengaman arus listrik yakni alat yang biasanya digunakan untuk memutus secara otomatis jikalau dalam suatu instalasi listrik mengalami gangguan.

13.  Fitting

Secara umum fitting merupakan alat yang berguna untuk menghubungkan lampu dengan jaringan listrik secara aman.

Itulah tadi pembahasan ringkas mengenai pengertian, persyaratan, manfaat, serta komponen yang dibutuhkan dalam proses pemasangan instalasi listrik. Apabila Anda membutuhkan jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya, kami merekomendasikan untuk menggunakan jasa kami.

Kami menyediakan perlengkapan kebutuhan listrik yang Anda perlukan dan juga melayani jasa baik pemasangan dan juga jasa instalasi listrik terbaik di Jakarta dan sekitarnya, selain itu poin unggul kami adalah harga yang kompetitif.

Jika berminat Anda bisa langsung saja hubungi tim marketing atau customer service kami di no WA +62(21) 543 373 45 untuk konsultasi, Anda juga bisa mengunjungi website kami mikmargracindo.com.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.