Dalam memilih jasa instalasi kontrol panel mesin tentunya Anda tidak boleh sembarangan. Karena sesuatu yang berkaitan dengan kelistrikan harus ditangani oleh orang yang tepat agar nantinya tidak menimbulkan masalah.

Kontrol panel biasanya dibutuhkan untuk mengatur kelistrikan dalam skala besar seperti misalnya untuk keperluan pabrik. Kontrol panel ini memungkinkan untuk mengontrol seluruh komponen kelistrikan secara otomatis.

Panel listrik adalah sebuah alat atau perangkat yang memiliki fungsi untuk membagi dan juga mendistribusikan listrik dari sumbernya. Sementara itu, kontrol panel merupakan tempat terpasangnya berbagai macam alat-alat listrik.

Bagi Anda yang tidak mengetahui segala sesuatu tentang kelistrikan tentunya sangat tidak disarankan merakit kontrol panel mesin sendiri. Oleh karena itu menggunakan jasa instalasi kontrol panel mesin merupakan pilihan yang tepat.

Kelistrikan adalah sesuatu hal yang harus sangat diperhatikan, karena jika tidak di Instalasi dengan tepat ini bisa menyebabkan masalah yang besar. Pentingnya keamanan dan keselamatan adalah sesuatu hal yang utama.

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan membutuhkan tenaga listrik yang besar seperti di dalam pabrik ataupun perumahan, sangat disarankan untuk menggunakan kontrol panel mesin.

Ini akan sangat berguna untuk membantu Anda mengetahui apakah alat-alat kelistrikan yang dipasang bekerja sesuai dengan semestinya. Ini juga dapat menghindari berbagai macam masalah yang bisa menyebabkan bangunan menjadi terbakar dan lain sebagainya.

 

Berbagai Macam Fungsi Kontrol Panel Mesin

Bisa dikatakan dengan menggunakan kontrol panel mesin akan memberikan banyak sekali manfaat untuk anda. Anda tidak harus memiliki pengetahuan tentang kelistrikan, karena jasa instalasi kontrol panel mesin siap membantu Anda kapan saja.

Berikut berbagai macam fungsi kontrol panel mesin untuk membuat sistem kelistrikan bisa bekerja dengan normal dan juga aman.

Penempatan komponen listrik sesuai dengan prinsip kerjanya masing-masing

Fungsi yang pertama yaitu adalah menempatkan komponen-komponen listrik sesuai dengan prinsip kerjanya masing-masing.  Ini sangat penting untuk dilakukan, agar nantinya setiap komponen listrik bisa bekerja dengan maksimal sesuai dengan fungsinya.

Melindungi komponen-komponen listrik

Manfaat yang keduanya itu adalah melindungi komponen-komponen listrik. Melindungi komponen-komponen listrik dari berbagai macam gangguan seperti misalnya debu, hewan, dan air ini sangat berguna untuk menghindari berbagai macam kerusakan.

Panel box biasanya terbuat dari besi atau plastik. Pastikan untuk memilih jasa instalasi kontrol panel mesin yang berkualitas sehingga bisa mendapatkan bahan terbaik untuk melindungi komponen-komponen listrik anda.

Membuat rangkaian listrik yang aman

Salah satu hal yang menyebabkan berbagai macam masalah dalam kelistrikan yaitu adalah kesalahan dalam merangkai. Dengan menggunakan kontrol panel ini semuanya menjadi lebih tertata rapi dan juga lebih aman.

 

Jenis-Jenis Kontrol Panel Mesin Berdasarkan Penggunaannya

Jasa instalasi kontrol panel mesin biasanya menyediakan berbagai macam pilihan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berdasarkan penggunaannya, kontrol panel mesin bisa dibagi menjadi beberapa macam.

Berikut berbagai macam jenis kontrol panel bensin yang mungkin cocok untuk Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Medium Voltage Main Distribution Panel (MVMDP)

Ini merupakan panel yang berfungsi sebagai pemutus aliran listrik. Selain itu, juga berfungsi sebagai pemisah dan juga untuk menyalurkan listrik dengan tegangan mencapai 20000 volt dari gardu PLN.

Kemudian tegangan yang sebesar itu nantinya akan disalurkan ke step down transformer. Fungsi dari step down transformer ini adalah untuk menurunkan tegangan menengah menjadi tegangan rendah.

Low Voltage Main Distribution Panel (LVMDP)

Ini merupakan panel yang berfungsi untuk memutus dan juga pengaman bagi feeder. Jadi panel ini nantinya akan menerima daya listrik dari trafo kemudian akan mendistribusikan ke panel panel distribusi dengan tegangan rendah.

Di dalam panel ini terdapat berbagai macam alat pengaman dan juga berbagai macam alat pengukur. Anda tidak perlu repot-repot untuk membelinya sendiri, karena akan disediakan langsung oleh jasa instalasi kontrol panel mesin yang Anda gunakan.

Low Voltage Sub Distribution Panel (LVSDP)

Fungsi dari panel ini yaitu adalah mendistribusikan tenaga listrik dari Low Voltage Sub Distribution Panel ke berbagai macam peralatan elektrikal.

 

Perawatan Yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kontrol Panel Mesin

Demi menjaga keamanan kontrol panel mesin, perawatan harus dilakukan secara rutin. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih jasa instalasi kontrol panel mesin yang menyediakan juga layanan perawatan atau maintenance.

Karena, bagi Anda yang tidak memiliki pengetahuan dalam kelistrikan tentunya akan sangat berbahaya jika melakukan perawatan sendiri.  Berbagai macam perawatan perlu dilakukan agar kontrol panel awet dan juga bisa bekerja dengan normal.

Perawatan yang cukup penting untuk dilakukan yaitu adalah perawatan untuk membersihkan debu yang menempel. Perlu Anda ketahui debu yang terlalu banyak menempel pada komponen kelistrikan bisa menimbulkan korsleting.

Selain itu, sangat penting juga untuk menghindarkan dari suhu lembab pada kontrol panel. Karena, suhu lembab dari air bisa menyebabkan timbulnya karat pada komponen-komponen kelistrikan.

Pada bagian kontaktor juga perlu dilakukan perawatan paling tidak enam bulan sekali. Ini tentunya harus dilakukan oleh jasa instalasi kontrol panel mesin, karena sangat berbahaya jika dilakukan sendiri.

Pada bagian kontaktor sangat mungkin terjadi pengikisan karena saat digunakan mungkin saja terjadi loncatan arus listrik ataupun gesekan. Untuk itu perlu dibersihkan dan juga diletakkan kembali dengan menggunakan Amplas.

Kontak baud juga perlu dilakukan pengecekan paling tidak enam bulan sekali. Ini perlu dilakukan karena biasanya ketika dialiri listrik bisa menyebabkan pemuaian. Untuk itu, harus dikencangkan kembali agar tidak ada komponen yang lepas.

 

Jasa Instalasi Kontrol Panel Mesin Yang Berkualitas

Saat ini mungkin saja Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan perusahaan yang menyediakan instalasi kontrol panel mesin. Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan ketika memilih perusahaan untuk melakukan instalasi kelistrikan.

Ada berbagai macam aspek yang harus dipertimbangkan agar nantinya Anda bisa mendapatkan harga yang kompetitif dan juga mendapatkan pelayanan terbaik.

Salah satu penyedia jasa instalasi kontrol panel mesin yang sangat berkualitas yaitu adalah PT. Mikmar Gracindo. Saat ini, ada berbagai macam layanan yang diberikan seperti misalnya yaitu instalasi kontrol panel menengah, instalasi kontrol panel rendah, dan trafo.

Prosesnya dapat dilakukan dengan cepat dan juga ditangani oleh tenaga-tenaga yang berkualitas. Dengan pengalaman yang sudah dimiliki, sepertinya kualitas layanan dari PT. Mikmar Gracindo ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Penyedia jasa instalasi kontrol panel mesin ini telah berdiri sejak tahun 2011. Dengan komitmennya yang sangat kuat untuk selalu memberikan yang terbaik untuk konsumennya, tidak menyarankan bisa bertahan hingga saat ini .

Untuk harga diri lainnya yang diberikan bisa dikatakan sangat bersaing. Pelayanan tidak hanya terbatas pada proses instalasi, akan tetapi juga pada proses pengujian dan juga komisioning.

Kelistrikan adalah sesuatu hal yang sangat riskan jika tidak ditangani oleh orang-orang yang tepat.  Kami Memberikan layanan yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan. Jika Anda membutuhkan jasa instalasi kontrol panel mesin bisa menghubungi kami melalui nomor +62(21) 543 373 45.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.