Tahukah Anda mengenai jasa instalasi genset untuk kantor? Genset merupakan perangkat listrik yang banyak dipakai dalam masyarakat. Penggunaannya sendiri tidak memakai bantuan aliran daya dari PLN.

Perangkat ini banyak dipakai dalam beragam keperluan seperti untuk kantor, bisnis, event dan lain sebagainya. Terkadang dijadikan solusi praktis apabila terjadi listrik padam dari PLN.

Seperti yang Anda tahu, tidak jarang terjadi pemadaman listrik dari PLN. Bisa karena ada perbaikan kabel yang rusak atau pemeliharaan jaringan. Bagi pemilik bisnis hal ini tentu akan menghambat proses usaha sehingga memerlukan pasokan daya lainnya.

Apa Itu Genset atau Generator Set

Genset dari jasa instalasi genset untuk kantor mampu menghasilkan daya tanpa perlu bergantung pada PLN. Tidak jarang perangkat listrik ini memang disiapkan sebagai cadangan jika suatu saat PLN menerapkan pemadaman listrik.

Genset sendiri ialah sebutan singkat dari Generator Set. Yakni sebuah mesin atau perangkat yang memuat pembangkit daya atau generator dan mesin penggerak. Keduanya mampu bekerja menghasilkan tenaga listrik dalam besaran tertentu.

Umumnya mesin pembangkit berbentuk motor yang melakukan pembakaran internal. Bisa pula mesin diesel yang beroperasi menggunakan bahan bakar solar atau bensin. Sementara generator bertugas mengubah energi gerak atau kinetik menjadi energi listrik.

Pada mulanya, perangkat ini ditemukan oleh Michael Faraday di tahun 1831. Ketika itu, perangkat masih berupa kawat besi dalam rupa huruf “U” yang disandingkan dengan gulungan kawat.

Nama alatnya ialah Generator Cakram Faraday. Menggunakan induksi elektromagnetik, perangkat beroperasi melalui cara memutar kumparan dalam medan magnet. Lantas, muncul energi induksi. Sekarang genset telah berkembang pesat bahkan tersedia beragam jenis.

Ada dua macam komponen dalam sebuah genset. Yakni sator dan rotor. Rotor berkaitan dengan poros yang berputar pada sator. Rotor sendiri dapat berputar ketika ada upaya dari luar misalnya saja turbin air atau turbin uap.

Ragam Manfaat Jasa Instalasi Genset untuk Kantor

PLN bisa melakukan pemadaman daya sampai beberapa jam dalam satu hari. Tentu hal ini akan mempengaruhi pekerjaan pegawai kantor terutama berhubungan dengan perangkat elektronik seperti komputer. Menyediakan genset akan memberikan banyak manfaat.

1. Cadangan Daya Ketika Kondisi Darurat

Manfaat pertama mengandalkan jasa instalasi genset untuk kantor ialah mampu menyediakan cadangan daya ketika kondisi darurat. Kondisi darurat ini dapat dipicu oleh beragam hal, seperti musibah pohon tumbang, banjir, kebakaran, tanah longsor dan lainnya.

Musibah semacam itu dapat menyebabkan aliran listrik dari PLN terputus. Dengan adanya genset, kantor bisa tetap beroperasi. Tidak perlu khawatir pekerjaan menjadi tertunda sebab terputusnya daya dari PLN.

2. Sokongan Energi Ketika Ada Event

Tidak jarang sebuah event diadakan di dalam kantor. Event khusus tersebut umumnya memerlukan daya lebih banyak. Agar mampu menyokong energi, bisa mengandalkan perangkat yang dipasang oleh jasa instalasi genset untuk kantor.

3. Dipakai pada Lokasi Konstruksi Kantor

Genset bukan hanya berguna untuk kantor yang sudah beroperasi. Namun juga kantor yang masih dalam tahap pembangunan. Proses pembangunan sangat memerlukan energi listrik terutama ketika berhubungan dengan keamanan pekerja.

Apabila tiba-tiba aliran listrik dari PLN terputus, dapat menimbulkan bahaya tertentu. Hal ini dapat diatasi dengan memakai perangkat dari jasa instalasi genset untuk kantor. Semua pekerjaan konstruksi dapat selesai tepat waktu dengan aman.

Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan mengandalkan genset juga akan membantu menghemat dana. Tahukah Anda bahwa pengeluaran bisa sangat membengkak jika durasi pembangunan mundur satu hari saja?

Apa Saja Komponen di Generator Set

Generator Set ialah perangkat yang mampu bekerja menghasilkan listrik. Untuk mendukung kinerjanya, maka membutuhkan beragam komponen. Sehingga pembangkit dan mesin penggerak mampu beroperasi menghasilkan daya memakai bahan bakar.

1. Mesin

Komponen pertama ialah mesin. Mesin berguna sebagai sumber energi input mekanis untuk generator. Mesin ini mempunyai bentuk lurus searah output daya optimum yang dapat dipasok generator.

Mesin dari jasa instalasi genset untuk kantor akan beroperasi dengan mengandalkan beragam jenis bahan bakar. Misalnya saja solar, propana dan bensin. Umumnya jika mesinnya kecil mengandalkan bahan bakar bensin.

Sementara mesin besar bahan bakarnya lebih bervariasi. Ada mesin yang mengandalkan bahan gas propana, propana cair, diesel sampai gas alam. Bahkan ada pula mesin yang memakai bahan bakar ganda.

2. Alternator

Komponen berikutnya dari jasa instalasi genset untuk kantor ialah alternator. Alternator ialah bagian dari generator yang menimbulkan listrik. Energi tersebut berasal dari masukan mekanis yang dipasok oleh mesin.

Adanya alternator menyebabkan seluruh komponen dapat beroperasi sesuai fungsinya masing-masing. Alternator mampu menghasilkan gerakan relatif antara listrik dan medan magnet. Gerakan tersebut berperan dalam menimbulkan arus listrik.

3. Baterai

Baterai merupakan salah satu komponen yang tidak kalah penting dari jasa instalasi genset untuk kantor. Perangkat listrik ini tidak dapat bekerja apabila baterai belum diisi. Pengisian baterai memanfaatkan arus tegangan stabil.

Apabila tegangan tidak stabil maka daya baterai tidak dapat terisi secara penuh. Jadi, pengisian baterai perlu diperhatikan supaya genset bisa bekerja secara optimal dan mampu memberikan pasokan daya.

Apa Saja Jenis-Jenis Generator Set

Generator Set mempunyai beragam jenis berdasarkan cara kerjanya. Konsumen dapat menyesuaikan jenis dari jasa instalasi genset untuk kantor berdasarkan keperluan. Bisa pula berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memulai pemasangan perangkat.

1. Bahan Bakar Mesin

Jenis pertama ialah berbahan bakar bensin. Jenis ini mempunyai kapasitas sampai 1000 watt. Sebab kapasitasnya kecil cukup umum diandalkan untuk keperluan rumah. Namun juga memungkinkan apabila digunakan untuk keperluan bisnis.

2. Bahan Bakar Diesel

Jenis dengan kapasitas lebih tinggi ialah berbahan bakar diesel. Jenis ini terbilang sangat diminati di pasaran. Jenis ini mampu menghasilkan energi sampai 5000 watt (5kw). Bahkan, sampai mampu menghasilkan 2000.000 watt.

3. Portable

Mirip dengan namanya, jenis ini mudah dipindahkan dan dibawa kemana saja. Hal ini didukung dengan ukurannya yang lebih kecil dan berat ringan. Umumnya dipakai untuk aktivitas di luar ruangan misalnya saja piknik atau membuka stand makanan.

4. Bahan Bakar Gas

Jenis ini memakai bahan bakar gas dengan beragam pilihan. Bisa berupa LPG (Liquid Petroleum Gas), CNG (Compressed Natural Gas), dan lain sebagainya. Jenis ini tergolong mahal namun sepadan dengan kualitasnya yang tingi.

5. Turbin

Jenis ini sangat umum ditawarkan oleh jasa instalasi genset untuk kantor. Terkadang juga dipasang pada rumah sakit, instansi pemerintahan, fasilitas umum dan lain sebagainya.

Sebab kapasitasnya besar banyak yang meyakini perangkat ini mampu menyalakan lampu di kota kecil. Jadi, sangat tepat apabila digunakan dalam sebuah bisnis. Terutama bisnis dengan ukuran cukup besar.

Sebuah kantor sudah tentu memerlukan dukungan energi listrik. Terutama jika gedungnya besar dengan banyak sekali peralatan elektronik. Salah satu cara untuk menyokong daya ialah memasang genset dari jasa instalasi khusus.

 

Listrik ialah hal yang sangat penting bagi masyarakat zaman modern. Hampir semua jenis aktivitas memerlukan peran dari energi tersebut. Maka tidak heran apabila manusia memerlukan jasa instalasi genset untuk kantor untuk menyokong daya.

Anda bisa mengandalkan Mikmar Gracindo yang menawarkan instalasi beragam perangkat listrik untuk kantor. Anda bisa menghubungi nomor telepon +62(21)54337345. Atau bisa juga kunjungi website kami https://mikmargracindo.com

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.