Apakah kamu sudah tahu apa saja fungsi kapasitor bank? Bagi seseorang yang sudah berkecimpung lama di dunia kelistrikan tentunya sudah tidak asing dengan istilah satu ini. Sedangkan bagi orang awam, mungkin masih terdengar asing.

Atau pernah mendengar tapi belum terlalu tahu tentang alat satu ini. Secara umum, komponen kapasitor dalam dunia elektronika berfungsi menyimpan muatan dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan untuk alat ini sendiri, merupakan kumpulan beberapa kapasitor.

Kumpulan kapasitor tersebut disusun sedemikian rupa baik secara paralel maupun seri. Mengenai fungsi perangkat listrik ini secara lebih lengkap akan dibahas pada uraian berikut.

 

Membahas Sekilas Tentang Cara Kerja Kapasitor Bank

Supplier Kapasitor Bank Murah Terbaik

Sebelum membahas tentang fungsi kapasitor bank secara lebih lengkap, apakah kamu sudah tahu cara kerja alat ini? Bank kapasitor merupakan sekelompok kapasitor yang dihubungkan dengan rangkaian beban secara paralel.

Pada saat rangkaian diberikan tegangan, elektron akan mengalir menuju kapasitor. Tegangan akan berubah saat kapasitor sudah penuh elektron. Setelah itu elektron keluar kapasitor, lalu mengalir menuju rangkaian yang memerlukannya.

Situasi inilah kapasitor menghasilkan daya reaktif. Komponen akan menyimpan kembali bagian elektron bila tegangan kembali ke mode normal atau konstan. Pada saat komponen ini melepaskan elektron, tandanya memberikan daya reaktif pada beban.

Daya reaktif yang diterapkan kecil karena bebannya bersifat induktif (+), sedangkan daya reaktifnya bersifat kapasitif (-). Cara kerja ini bukan hanya berlaku untuk alat yang dipasang pada skala industri saja, tapi juga rumah dan lainnya.

 

Memahami 5 Fungsi Kapasitor Bank Secara Umum yang Wajib Kamu Tau

Tidak sedikit orang bertanya-tanya, sebenarnya apa fungsi dari kapasitor bank? Bukan hanya sebagai media penyimpan daya saja untuk sementara waktu, alat ini dalam instalasi listrik memiliki fungsi bermacam-macam, meliputi:

  1. Fungsi kapasitor bank pertama yaitu menyimpan serta meningkatkan energi listrik pada kurun waktu tertentu.
  2. Memperbaiki power faktor bila dipakai pada jenis arus AC.
  3. Mencegah timbulnya daya reaktif yang secara otomatis terhindar dari pembayaran denda PLN.
  4. Mengurangi potensi risiko terjadinya penurunan tegangan listrik atau voltage drop akibat terlalu banyak beban.
  5. Mencegah terjadinya kelebihan beban atau overload pada transformator. Hal ini bisa terjadi karena peran komponen sebagai penambah daya.

Selain kelima poin tersebut, sebenarnya masih banyak fungsi lain dari alat ini. Seperti mencegah terjadinya kenaikan suhu pada kabel listrik, membuat peralatan elektronik serta instalasi listrik lebih awet alias tidak mudah rusak.

Fungsi kapasitor bank juga menghemat daya atau efisiensi, caranya dengan menurunkan kVA total. Terkait fungsi ini menyesuaikan dengan penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan apa.

 

Beragam Contoh Fungsi dari Kapasitor Bank dalam Kehidupan Sehari-hari

Fungsi kapasitor bank

Disadari atau tidak, sebenarnya alat ini sering ditemukan pada lingkup industri atau pabrik. Penggunaan pada lingkup ini untuk memenuhi kebutuhan daya listrik yang jumlahnya besar.

Tapi, sebenarnya perangkat ini juga bada yang dipakai pada rumah-rumah. Tujuan pemasangannya untuk menghemat pengeluaran daya listrik. Jadi, ketika ada yang bertanya, apakah kapasitor bank bisa menghemat listrik? Jawabannya adalah bisa.

Supaya lebih paham penggunaan perangkat ini dalam kehidupan sehari-hari, berikut akan dijelaskan sesuai bidangnya. Mulai dari bidang industri, audio mobil, motor hingga rumah.

1. Industri

Di dunia industri, fungsi kapasitor bank kebanyakan untuk memperbaiki faktor daya. Seperti kita tahu bahwa pada skala industri, penggunaan listriknya jauh lebih besar. Akibatnya, daya reaktif yang dihasilkan juga menjadi besar.

Berbeda dengan skala rumah tangga, di mana nilai KVar yang dimiliki cenderung kecil. Bila tegangan cos phi instalasi mencapai angka lebih dari 0,85, bisa dikenakan denda dengan jumlah besar.

Dengan pemasangan alat ini, harapannya bisa menghemat biaya tagihan listrik akibat dari besarnya daya reaktif yang dimiliki. Tidak heran bila dalam skala industri dipasang alat ini, mengingat efisiensi biaya menjadi salah satu faktor penting menjadi perhatian.

2. Audio Mobil

Berikutnya, alat ini bisa ditemukan pada audio mobil. Biasanya pada mobil akan ditemukan audio dengan kapasitas amplifier besar, sehingga diperlukan daya listrik besar untuk mengimbangi.

Pada situasi inilah fungsi kapasitor bank akan berperan sebagai penambah pasokan energi listrik. Hal ini mengingat kapasitas arus listrik yang dihasilkan oleh bagian aki serta alternator terbatas.

3. Motor

Pada motor, alat ini berfungsi meningkatkan arus awal dan geseran fasa yang terdapat pada lilitan utama. Biasanya peletakannya pada motor di bagian rangka atau atas perangkat elektronik tersebut.

Beberapa perangkat elektronik yang menggunakan komponen ini beragam, bukan hanya motor pada sepeda motor saja. Tapi juga peralatan seperti mesin cuci, kulkas, kompresor, pompa air dan masih banyak lagi lainnya.

4. Rumah

Jika ada yang bertanya, kapan menggunakan kapasitor bank? Jawabannya bila kamu sedang membutuhkannya untuk tujuan tertentu. Sebab, bisa saja kebutuhan setiap individu berbeda terkait perangkat ini.

Perangkat ini bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan rumah penduduk. Fungsi kapasitor bank yang utama adalah meminimalisir lonjakan daya reaktif berlebihan. Tapi memang penerapannya bisa dikatakan jarang digunakan pada skala rumah tangga.

Alasannya karena memiliki harga relatif mahal. Alasan lainnya karena jaringan instalasi untuk skala perumahan tidak menghasilkan daya reaktif terlalu besar. Inilah penyebab untuk skala rumah banyak orang yang menganggap pemakaian kWh meter masih aman.

Baca juga : Harga Panel Kapasitor Bank Schneider

 

Beberapa Variabel Berikut Perlu Diperhatikan Saat Memilih Kapasitor Bank

Elektro Mekanik: Pemasangan Kapasitor Bank Industri

Ketika hendak memasang perangkat ini, ada beberapa variabel yang perlu diperhatikan. Pastikan sesuai dengan kebutuhan supaya penggunaan perangkatnya bisa memberikan performa maksimal. Beberapa variabel yang dimaksud diantaranya:

1. Jenis Beban

Variabel pertama adalah jenis beban. Supaya fungsi kapasitor bank mampu memberikan performa optimal, cermati jenis beban yang dimiliki. Kamu harus paham seberapa besar beban yang dimiliki supaya bisa mengetahui jumlah kebutuhannya.

Bila digunakan untuk lingkup pabrik yang memiliki banyak motor berdaya tinggi, misalnya di atas 50 KW, akan lebih ekonomis bila dipasang untuk setiap motor. Lalu, bagaimana bila di pabrik memiliki banyak motor kecil dengan ukuran ½ hingga 25 KW?

Kamu bisa mengelompokkan motor serta memasang komponen pada bagian titik tengah sistem distribusi daya. Secara umum, untuk pabrik dengan motor ukuran besar maupun kecil, solusi terbaiknya yaitu dengan menerapkan dua jenis pemasangan.

2. Ukuran Beban

Variabel selanjutnya adalah ukuran beban. Fasilitas beban tinggi merupakan kombinasi dari satu beban, unit bank kapasitor tetap serta bank beban dan akan secara otomatis beralih. Supaya mendapatkan fungsi kapasitor bank terbaik, cermati ukuran bebannya.

Ada kemungkinan perangkat kecil hanya memerlukan perangkat ini di bagian panel kontrol. Terkadang, area yang memerlukan koreksi daya lebih hanya tertentu saja. Jadi, tidak selalu semua bagian perangkat listrik dipasang perangkat ini.

3. Daya Dukung

Variabel terakhir adalah daya dukung. Bila sumber tegangan atau trafo mengalami kelebihan beban atau mungkin ingin menambahkan beban, perlu dilakukan perbaikan. Ketika arusnya terlalu besar, perangkat ini bisa dipasang pada pengumpan daya.

Bagi kamu yang sedang mencari jasa penyedia kapasitor bank berkualitas dengan harga ramah di kantong, Mikmar Gracindo adalah solusinya. Dapatkan fungsi kapasitor bank secara optimal dan segera konsultasikan kebutuhan kamu melalui nomor WA berikut

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Supplier Kapasitor Bank Murah Terbaik