Seperti kita ketahui saat ini, jika fungsi genset sangat erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Alat ini memang lebih dikenal untuk digunakan pada perusahaan atau pabrik, dan terikat oleh penggunaan listrik serta membutuhkan pasokan listrik dalam jumlah besar.

Jika dalam waktu sebentar saja listrik tidak bisa digunakan, maka akan berdampak pada kerugian menimpa perusahaan tersebut. Maka dari itu penggunaan genset sangat penting, dengan begitu menentukan mesin yang memiliki kualitas dan kondisi terbaik perlu diperhatikan.

Kami akan mengajak Anda untuk mengetahui apa itu genset? Lalu alasan mengapa mesin ini dibutuhkan hampir di berbagai sektor industri, sehingga tingkat penggunaan genset cukup tinggi di Indonesia yang membuat banyak sekali penyedia produk atau penjual mesin bisa ditemukan.

Memilih penyedia produk genset memang harus dilakukan dengan cermat, apalagi jika Anda membutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau usaha. Jangan sampai produk yang kualitasnya tidak cukup baik, malah membuat Anda mengeluarkan biaya lebih besar.

Fungsi Genset di Berbagai Segi Kehidupan

fungsi control panel genset

Semenjak listrik menjadi kebutuhan manusia, berbagai inovasi muncul untuk memungkinkan agar penggunaan listrik bisa terus digunakan. Meski sedang terjadi pemadaman listrik seperti biasa terjadi jika Anda menggunakan PLN, maka dari itu kini hadir mesin bernama genset.

1. Segi Ekonomi

Jika dilihat dari segi ekonomi, Anda tentu sudah mengetahui bahwa mesin ini dimanfaatkan untuk menjaga agar aktivitas produksi di perusahaan atau jenis pelaku usaha lainnya bisa terus berjalan dan tidak terganggu, meski tidak adanya pasokan listrik dari PLN.

Bayangkan saja, jika dalam sehari misalnya sebuah perusahaan seharusnya bisa menghasilkan 100 produk, namun karena kendala terjadi pada pasokan listrik, membuat jumlah produk yang dihasilkan berkurang sehingga keuntungan didapat juga berkurang.

2. Segi Kelistrikan

Fungsi genset berikutnya dilihat dari segi kelistrikan, di mana mesin ini berguna mengubah arus DC menjadi AC atau sebaliknya. Sehingga listrik dapat menyala sesuai dengan rancangan listrik yang tersedia pada bangunan atau gedung, dan mengubah energi kimia menjadi mekanik.

3. Segi Fisika

Fungsi lainnya jika dilihat dari segi fisika adalah, di mana mesin ini mampu mengubah tegangan yang dihasilkan dari bahan bakar yang tersedia. Pada jenis genset 1 fasa, mengandalkan tegangan tinggi, sedangkan genset 3 fasa mengandalkan daya yang lebih besar.

4. Segi Kebutuhan

Apa fungsi dari generator listrik? Salah satu fungsinya jika dilihat dari segi kebutuhan ialah, Anda tidak perlu khawatir saat menggelar acara yang membutuhkan pasokan listrik besar. Rasanya tidak mungkin jika dalam mengadakan suatu acara, maka listrik tidak dibutuhkan sama sekali.

Baik menggunakan listrik untuk menjaga makanan tetap fresh, atau menggunakannya sebagai sumber penerangan atau pengeras suara. Jalan keluar terbaik untuk memastikan jika acara bisa berjalan dengan lancar adalah, menggunakan genset untuk menjamin listrik terus menyala.

 

Berapa Jam Genset Bisa Hidup?

Penggunaan mesin ini tergantung dari besarnya kebutuhan pengguna, jika pemadaman listrik berlangsung dalam waktu lama, maka genset akan terus digunakan hingga daya listrik utama bisa digunakan kembali, sehingga pemilihan genset disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Ada beberapa merek dan jenis genset bisa menyala selama 24 jam non stop, namun adapula mesin dengan daya kecil juga sedang sehingga fungsi genset hanya bisa digunakan sekitar 5 hingga 6 jam saja, dengan tangki bahan bakar sebesar 120 liter.

Setiap generator memang membutuhkan tangki lebih besar, untuk memungkinkan mesin dapat menyala lebih lama dengan bahan bakar lebih banyak. Maka dari itu konsumen hanya perlu menyesuaikan saja dengan kebutuhan, apakah membutuhkan daya genset yang besar atau kecil.

Pastikan juga berapa besaran watt yang dibutuhkan, misalnya 1000 atau 5000 watt yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, dan masih sanggup mencegah gangguan operasi bisnis selama pemadaman listrik terjadi.

Untuk mendapatkan fungsi genset secara maksimal, pengguna juga harus memeriksa kondisi mesin ini secara berkala. Karena pada umumnya mesin ini digunakan dalam waktu cukup lama, sehingga kondisi mesin panas juga bisa berakibat rusaknya bagian atau komponen di dalamnya.

Merawat dan memeriksa genset sangat penting, untuk mencegah terjadinya kerusakan saat Anda hendak menggunakannya. Untuk perusahaan atau pabrik, biasanya disediakan tenaga khusus yang memang sudah memahami cara kerja dan komponen di dalam generator.

 

Manfaat Genset di Berbagai Bidang

genset-control-panel-1

Selain mengenal fungsi genset, Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat bisa diberikan oleh mesin ini. Karena penggunaan genset hampir dimanfaatkan diberbagai bidang, maka kami akan menjelaskan apa saja manfaat bisa Anda dapatkan.

1. Tenaga Nuklir

Genset dimanfaatkan di bidang pembangkit tenaga nuklir, tentu saja pembangkit listrik ini akan dibutuhkan. Karena dibutuhkan daya cukup besar untuk menutup proses agar mencegah krisis nuklir, dan juga mempertahankan pengeluaran saat terjadinya kerugian daya.

2. Event

Fungsi genset juga dibutuhkan pada acara atau event, seperti halnya acara musik yang pasti menggunakan daya listrik cukup besar untuk menghidupkan peralatan juga sistem pencahayaan. Banyak sekali jenis event yang mengandalkan mesin ini, untuk memastikan aliran listrik terus ada.

3. Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, mesin ini banyak digunakan untuk rumah sakit, puskesmas atau instansi kesehatan lainnya. Penggunaan lampu, lemari pendingin, alat kesehatan dan sebagainya tentu membutuhkan daya listrik, dan akan berakibat fatal jika terjadi pemadaman listrik.

Di rumah sakit besar, alat ini sudah menjadi kebutuhan utama dan perlu dipersiapkan serta bersifat wajib dimiliki untuk mencegah adanya pemadaman yang tidak dapat diprediksi.

Tentu penggunaan alat ini sifatnya penting, karena berkaitan langsung dengan keselamatan hidup manusia.

4. Konstruksi Bangunan

Bidang konstruksi bangunan juga membutuhkan fungsi genset, sebab penggunaan peralatan juga mesin yang membutuhkan energi listrik cukup banyak. Maka dari itu mesin ini pasti dibutuhkan dalam pembangunan konstruksi, baik untuk menyalakan lampu atau menjalankan peralatan.

Penggunaan genset ini juga berguna demi meningkatkan efisiensi dalam bekerja, pekerjaan pasti akan lebih cepat selesai jika memanfaatkan suatu mesin atau alat. Tanpa menggunakannya, maka waktu yang dibutuhkan lebih banyak sehingga pembangunan juga selesai lebih lama.

Baca juga : Fungsi Control Panel Genset

Kenapa Penggunaan Genset sangat Tinggi di Indonesia?

Salah satu alasan mengapa alat ini memiliki pengguna cukup tinggi adalah, karena di Indonesia sendiri cukup banyak berdiri perusahaan atau pabrik. Untuk memaksimalkan kegiatan produksi, tentu pelaku usaha menyediakan mesin ini karena fungsi genset yang memiliki banyak manfaat.

Tidak terhitung berapa gedung tinggi juga pabrik dibangun di Indonesia akhir-akhir ini, oleh karena itu kebutuhan genset juga meningkat. Tentu pelaku usaha lebih memilih mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli genset, daripada harus merugi karena terhenti kegiatan produksi.

Mereka tidak ingin mengambil risiko, karena berhentinya kegiatan produksi hanya dalam sekian jam saja, sudah menimbulkan berbagai kerugian bagi perusahaan. Begitu pentingnya genset ini, dan menjadi keputusan yang tepat apabila perusahaan tertarik untuk memilikinya.

Untuk menjalankan fungsi genset, perusahaan tentunya mencari produk yang sudah terjamin akan kualitasnya karena tidak ingin mengeluarkan lebih banyak biaya. Jika kualitas generator dipilih tidak sesuai dan mudah rusak, pasti perusahaan harus menggantinya.

Alhasil biaya dikeluarkan lebih besar, maka dari itu sebagai konsumen, Anda wajib memilih penyedia produk yang mampu menjamin bahwa produk yang disediakannya berkualitas. Kualitas suatu produk tentu penting di mata konsumen, sehingga jangan menyepelekannya.

Untuk menemukan penjual memiliki produk berkualitas, kami akan memberi rekomendasi untuk Anda. Pembaca tidak perlu khawatir atau ragu untuk membeli produk akan kami rekomendasikan, karena toko ini telah berpengalaman dan memiliki banyak konsumen.

Beberapa Komponen Terdapat dalam Generator

Jasa instalasi genset untuk kantor

Setidaknya Anda sudah mengetahui apa fungsi dari generator listrik? Kini pembaca bisa paham betapa pentingnya alat tersebut. Bahkan hampir di semua industri, pasti membutuhkan mesin ini untuk memastikan agar kegiatan bisa tetap berjalan dan tidak terkendala.

1. Mesin

Tentu Anda juga perlu mengetahui komponen apa saja yang terdapat dalam genset, salah satunya adalah Mesin atau Engine. Bagian utama ini menjadi sumber energi input mekanis bagi genset, dan dibutuhkan bahan bakar untuk mengoperasikannya.

Adapun beberapa jenis bahan bakar dapat digunakan, mulai dari besin, gas, solar. Biasanya bahan bakar besin digunakan, untuk generator berkapasitas kecil, sedangkan bahan bakar gas dan solar, digunakan untuk generator berkapasitas besar.

2. Alternator

Bagian lainnya bernama Alternator, fungsi genset bisa berjalan jika adanya komponen alternator yang berguna untuk menghasilkan output listrik. Di dalam bagian ini terdapat pula bagian dikenal sebagai Stator dan Rotor atau Amature merupakan komponen bekerja di dalam generator.

3. Tangki Bahan Bakar

Komponen berikutnya adalah tangki bahan bakar, sesuai dengan sebutannya, bahan bakar yang digunakan untuk menghidupkan mesin akan disimpan di dalam tangki. Ada beberapa jenis tangki terletak di bagian dalam ataupun terpisah (eksternal).

4. Voltage Regulator

Fungsi genset tentu saja baru akan berjalan, apabila dilengkapi dengan Voltage Regulator yang berguna untuk mengatur besarnya tegangan dihasilkan oleh mesin tersebut. Tanpa adanya voltage regulator, maka pengguna tidak bisa mengetahui berapa tegangan listrik yang keluar.

Hal ini berguna bagi pengguna, untuk mengetahui apakah listrik memiliki tegangan stabil atau tidak, sehingga tidak akan merusak alat-alat yang nantinya digunakan dengan mesin tersebut. Komponen ini juga dapat memastikan, bahwa alat yang terhubung dengan genset bisa menyala.

 

Apa Fungsi Genset Diesel ?

Mungkin sebagian dari Anda bertanya, apakah fungsi mesin berbahan bakar diesel dengan mesin berbahan bakar bensin berbeda? Pada umumnya kedua jenis genset ini memiliki fungsi yang sama, perbedaannya hanya terletak di penggunaan bahan bakar saja.

Fungsi genset berbahan diesel masih sama yaitu menyuplai arus pada sistem kelistrikan, di mana bahan bakar atau energi kimia akan diubah menjadi energi mekanik. Arus listrik inilah yang akan didistribusikan ke bangunan yang terhubung dengan jaringan, sehingga listrik bisa menyala.

Salah satu kelebihan dari mesin berbahan bakar diesel ini adalah, Anda bisa menghemat bahan bakar karena jumlah penggunaannya terhitung lebih irit dibanding bahan bakar lain. Selain itu mesin bisa bertahan lebih lama, dan memiliki tenaga listrik lebih besar.

Sehingga bagi Anda yang membutuhkan mesin ini untuk memasok listrik bagi bangunan besar atau gedung, penggunaan genset berbahan bakar diesel dinilai tepat. Untuk memaksimalkan fungsi genset, pengguna bisa merawat dan memeriksa komponen pada genset secara berkala.

Akan lebih menguntungkan bukan, jika mesin ini bisa Anda gunakan dalam waktu lama, terlebih harga mesin ini juga tidak begitu murah. Melakukan pengecekan menjadi salah satu bentuk pemeliharaan yang perlu dilakukan, karena penggunaan mesin ini sangat penting.

Jangan sampai mesin bermasalah saat Anda membutuhkannya, yang akan membuat pengguna tidak bisa menggunakan arus listrik untuk berbagai kebutuhan.

 

Manfaatkan Fungsi Genset untuk Kebutuhan Usaha Anda

fungsi genset

Kebutuhan manusia akan generator untuk menjaga agar aliran listrik bisa tetap berjalan, memang menjadi salah satu kebutuhan utama pada usaha Anda. Sisihkan biaya untuk membeli genset, sebab banyak juga merek genset yang memiliki harga cukup terjangkau.

Namun kami ingatkan kembali, untuk menjaga agar fungsi genset bisa berjalan dengan baik, Anda jangan hanya fokus pada harga murah saja. Pastikan juga penjual menyediakan produk yang sudah terjamin berkualitas, agar masa penggunaannya bisa berlangsung dalam waktu lama.

Biaya pembelian genset dengan kerugian yang bisa Anda hadapi di masa depan, bisa saja lebih kecil daripada kemungkinan kerugiannya. Oleh karena itu kami sangat menyarankan Anda, agar bisa mendapatkan produk generator dengan kualitas yang memuaskan.

Kehadiran genset memang memberi manfaat bagi banyak pihak, terutama pelaku usaha yang sedang gencar memproduksi produk mereka. Pemadaman listrik yang tidak bisa diprediksi kapan terjadi, membuat pelaku usaha juga tidak bisa memperkirakan kapan kegiatan produksi terhenti.

Jangan sampai hal tersebut membuat usaha Anda terkendala, maksimalkan fungsi genset dengan menggunakannya dalam kegiatan usaha Anda. Menemukan produk terbaik dari penjual terpercaya menjadi salah satu langkah awal, yang bisa pembaca mulai dari sekarang.

Namun kami juga akan memberi rekomendasi penjual, yang sudah terbukti terpercaya dan bisa memberi produk berkualitas tanpa harus membuat konsumen meragukan kualitasnya. Karena sudah mendapat kepercayaan dari konsumen, maka toko ini sudah cukup terkenal.

Penjual yang akan kami rekomendasikan berikut ini, menyediakan produk yang bisa Anda lihat secara online. Jika Anda lebih tertarik untuk berkunjung langsung ke toko, maka Anda dapat datang langsung dan mencari tau kualitasnya sendiri.

Menemukan Genset dengan Kualitas Terbaik

Mengenal fungsi genset, juga akan membuat Anda lebih paham bagaimana memilih produk dan pelayanan terbaik dari penyedia jasa. Karena banyaknya penyedia produk yang ada di Indonesia, konsumen pasti bingung dalam menentukan penjual yang sudah berpengalaman.

Dibutuhkan penjual yang mampu menyediakan produk dengan kualitas tidak sembarangan, juga sesuai dengan standar konsumen. Maka dari itu kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan jasa dan produk dari Mikmar Gracindo, sebab kami bisa menjamin bahwa konsumen akan puas.

Menemukan produk dengan kualitas yang tidak mengecewakan, tentu akan menjadi hal positif bagi konsumen juga penjual. Maka dari itu Anda perlu menentukan penjual dengan cermat, agar bisa menemukan kualitas dan standar dari produk yang diinginkan.

Mikmar Gracindo memungkinkan Anda bisa menjalankan fungsi genset sebaik mungkin, dengan menggunakan produk dan jasa yang kami sediakan, bukan tidak mungkin jika Anda akan puas dengan pelayanan yang kami berikan untuk membuat konsumen memberi kepercayaannya.

Jika Anda tertarik, silahkan kunjungi website resmi kami yaitu mikmargracindo.com melalui situs tersebut, Anda bisa mengetahui bahwa Mikmar Gracindo menyediakan berbagai pilihan produk, mulai dari Low Voltage Panel, Medium Voltage Panel, Trafo, serta jasa instalasi listrik.

Keunggulan yang dimiliki oleh Mikmar Gracindo, memungkinkan konsumen untuk mendapatkan produk berkualitas tinggi. Bagi Anda yang membutuhkan pasokan listrik dalam jumlah besar, pastikan memanfaatkan genset agar aliran listrik tetap berjalan.

Untuk tetap terhubung dengan kami, Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp pada ikon di bawah ini, dengan senang hati kami akan menjawab pesan Anda mengenai fungsi genset.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Jasa Instalasi Genset untuk Kantor