Sebelumnya Anda pasti sudah sering mendengar generator, tapi apakah fungsi generator telah pembaca pahami dengan baik. Sebelum menggunakan suatu alat, tentu kita sebagai pengguna perlu mengetahui fungsi dan manfaat dari alat tersebut, agar penggunaannya bisa maksimal.

Fungsi umum generator listrik pasti juga sudah Anda ketahui, dikenal sebagai alat yang mampu mencadangkan listrik saat daya listrik utama mati atau terputus. Dengan begitu alat ini tidak akan membuat pekerjaan menjadi terhambat, karena pasokan listrik akan selalu terpenuhi.

Apakah fungsi generator pada pembangkit listrik? Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, jika sebuah generator berfungsi sebagai cadangan listrik, dengan cara mengubah energi mekanik. Proses penggunaan dan perawatannya yang mudah, membuat alat ini banyak dimanfaatkan.

Terutama oleh perusahaan atau pabrik, kegiatan operasional mereka tidak akan berhenti hanya karena daya listrik dari PLN mati. Maka dari itu penggunaan generator sudah pasti digunakan, tapi untuk mengetahui fungsi dari alat ini secara maksimal, ketahui pula prinsip kerjanya.

 

Kenali 5 Fungsi Generator pada Pabrik

fungsi generator set

Pabrik menjadi salah satu tempat yang pasti memanfaatkan fungsi alat tersebut, jika aktivitas di dalamnya berhenti, entah berapa jumlah kerugian harus dihadapi. Belum lagi jika mereka menyimpan hasil produksi membutuhkan listrik, maka produk bisa rusak karena listrik mati.

1. Memastikan Arus Listrik Stabil

Jika Anda bertanya apa yang dimaksud dengan generator dan fungsinya? Maka salah satunya yaitu memastikan agar arus listrik stabil, sebab penggunaan listrik tanpa adanya generator sangat memungkinkan apabila terjadi gangguan menyebabkan operasional terhambat.

Setidaknya dengan menggunakan alat ini, maka Anda memiliki jaminan bahwa arus listrik dapat digunakan secara stabil dan tidak terganggu. Selain itu dengan menggunakan alat ini, karyawan juga lebih terjamin keselamatannya dan terhindar dari kecelakaan disebabkan oleh listrik.

2. Pembangkit Tenaga Listrik

Generator menjadi pembangkit listrik utama, Anda bisa memanfaatkan energi matahari, air, gas alam ataupun gelombang laut dan menjadikannya sebagai tenaga listrik.

3. Penggunaannya Praktis

Salah satu fungsi generator ialah mencadangkan listrik, namun disini pengguna tidak perlu repot dalam mengoperasikannya sehingga penggunaannya cukup praktis. Anda tidak perlu khawatir jika generator harus dioperasikan oleh tenaga ahli, sebab menyalakannya cukup mudah.

Hanya saja dalam kondisi tertentu, tetap saja dibutuhkan tenaga ahli dan pastinya sudah paham bagaimana menghidupkan juga merawat alat ini. Sebab setiap alat pasti memiliki waktu dalam penggunaannya, sehingga pada kondisi tertentu alat ini perlu diperbaiki oleh tenaga ahli.

4. Penyimpan Energi

Kapan lagi Anda bisa menemukan alat yang mampu menyimpan energi, sehingga saat energi digunakan habis atau mengalami masalah, generatorlah yang akan mengambil alih fungsinya.

5. Mencegah Kerugian

Fungsi generator tidak hanya memberi cadangan listrik pada pabrik Anda, namun di samping itu pengguna juga bisa mencegah adanya kerugian yang diakibatkan oleh terbatasnya pasokan arus listrik, sebab arus listrik bisa terhubung setiap waktu selama alat ini menyala.

Baca juga : Jual Transformator Step Up dan Step Down Harga Berkualitas

 

Mengenal Prinsip Kerja dari Generator

4kW Yanmar Diesel Generator | Only 1 | Pacific Sun Systems

Tentu kita sudah mengerti, bahwa fungsi utama dari alat ini adalah menyimpan energi sehingga energi listrik telah tersimpan tersebut bisa kita gunakan kembali. Pasti akan ada kendala saat menggunakan listrik PLN, bisa saja listrik terputus atau pemadaman sementara.

Jika sebuah perusahaan atau pabrik harus mengikuti kendala yang terjadi, maka sebagai pelaku usaha, pasti Anda akan mendapat kerugian cukup besar. Meski kendala listrik hanya terjadi satu hari saja, kerugian tetap saja dirasakan oleh perusahaan dan berdampak negatif.

Di sinilah fungsi generator dibutuhkan, ada jaminan agar Anda tidak mengalami kerugian itu. Kegiatan operasional yang seharusnya bisa menghasilkan produk dalam jumlah besar harus terhenti, hanya karena listrik tidak bisa digunakan sehingga target tidak tercapai.

Di samping itu, Anda juga perlu mengetahui cara kerja atau prinsip kerja dari alat ini. Untuk bisa menghasilkan tenaga listrik, dibutuhkan komponen medan magnet yang berputar di kumparan. Nantinya medan magnet pada generator memiliki garis gaya magnet seperti rotor dan stator.

Di sini rotor berfungsi sebagai kumparan yang dililitkan pada inti, yang terletak pada celah udara stator dan rotor selalu berputar dalam medan magnet. Sedangkan Stator adalah komponen yang berfungsi menghasilkan medan magnet statis.

Lalu apa fungsi generator dalam PLTA? Cara kerja ini berbeda jika dihubungkan dengan PLTA atau Pembangkit Listrik Tenaga Air, di mana generator bekerja dengan mengubah energi mekanik menjadi listrik, yang berlangsung di daerah medan magnet.

Adanya energi mekanik yang diberikan alat ini, maka akan menimbulkan arus listrik dalam suatu pengantar yang berakibat adanya perubahan medan magnet disekitar kawat penghantar. Ketika energi berputar pada rotor, maka akan terjadi perpotongan garis gaya magnet.

Ketahui Apa Saja Jenis Mesin Generator

Mesin generator juga dibedakan berdasarkan hasil arus listriknya, dan jenis yang paling umum dan banyak digunakan adalah AC dan DC. Keduanya memiliki fungsi sama, hanya saja memiliki prinsip kerja berbeda dan perlu Anda ketahui perbedaan keduanya.

1. AC

Tentu Anda sudah mengetahui fungsi generator, namun salah satu jenis paling terkenal ialah AC atau Alternating Current. Prinsip kerjanya ialah menghasilkan arus listrik bolak balik, dan memiliki dua buah kabel dengan polaritas kutub positif dan negatif.

Mesin ini bekerja dengan mengubah tenaga mekanis menjadi energi listrik melalui proses induksi elektromagnetik, dalam rangkaian tersebut, memungkinkan kedua ujung kumparan (positif dan negatif) tidak saling bersentuhan, karena terhubung dengan satu slip ring saja.

Perbedaan yang paling mudah ditemukan dengan mesin DC adalah, AC memiliki rotor berupa magnet dan stator berupa kabel. Dan pada mesin DC, memiliki rotor berupa kumparan dan stator berupa magnet, kedua hal itulah yang membuat arus listrik memiliki arah berbeda.

2. DC

Memang penting untuk mengetahui fungsi generator, sebab sebagai pengguna, perlu memilih mesin generator dengan kualitas terbaik. Jenis lain dari mesin ini adalah DC atau Direct Current, merupakan mesin dinamis yang mengubah energi mekanis menjadi listrik.

Berbeda dengan jenis sebelumnya, DC menghasilkan arus listrik searah dan tidak mempunyai slip ring, melainkan dua buah brush yang terletak di bagian kiri dan kanan kumparan. Kedua ujung kumparan berpolaritas tersebut, menyentuh brush secara bergantian.

Maka dari itu arus listrik yang dihasilkan oleh DC searah, selain itu mesin ini juga memiliki jenis lainnya yang dibedakan melalui rangkaian belitan magnet atau penguat eksitasinya terhadap jangkar (angker), yaitu generator penguat terpisah, shunt dan kompon.

Menggunakan Produk Berkualitas, akan Membuat Fungsi Generator Bertahan Lama

fungsi generator

Memiliki produk dengan waktu pemakaiannya dapat bertahan dalam waktu lama, tentu memberi keuntungan bagi konsumen karena tidak perlu membeli produk dalam waktu dekat. Terlebih lagi keuntungan yang didapat oleh konsumen adalah, mereka bisa menghemat biaya pengeluaran.

Setelah mengenal fungsi generator, tentu Anda ingin menemukan produk yang mampu memberi fungsi sesuai dengan kebutuhan bukan. Jangan hanya fokus mendapatkan produk dengan harga murah, namun perhatikan kualitas untuk memastikan jika produk mampu memberi manfaat.

Jika menggunakan produk berkualitas, maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada tahan lamanya suatu produk. Maka dari itu kami sangat merekomendasikan agar Anda menggunakan generator yang sudah terjamin akan kualitasnya, agar bisa menggunakan dalam waktu lama.

Terlebih lagi penggunaan generator biasanya digunakan dalam waktu lama, dan bukan tidak mungkin jika sewaktu-waktu mesin tersebut mengalami masalah. Untuk mencegah agar masalah yang dialami tidak begitu kompleks, gunakan produk yang memang sudah terjamin kualitasnya.

Tentu saja untuk mendapatkan fungsi generator secara maksimal, konsumen harus menemukan produk dari penjual terpercaya juga. Tidak sulit untuk menemukan penjual terpercaya, asalkan Anda mengetahui kriteria apa saja yang diperlukan untuk menentukan penjual terpercaya.

Dengan menemukan penjual berpengalaman, Anda tidak perlu ragu menggunakan layanan juga produk yang tersedia. Konsumen juga akan merasa puas, karena produk bisa awet dan tidak perlu mengeluarkan lebih banyak biaya untuk membeli produk kembali.

Karena itu kami sarankan kepada Anda, agar menggunakan jasa juga produk dari penjual yang akan kami rekomendasikan berikut ini. Pastikan jika penjual pilihan Anda mampu memberikan pelayanan atau produk dengan kualitas serupa, agar konsumen tidak kecewa.

Sesuaikan Kebutuhan Konsumen dengan Pilihan Generator

Mengenal fungsi generator dengan baik, akan membantu Anda untuk memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwa ada beberapa jenis mesin generator dengan cara kerja berbeda.

Dengan begitu pengguna bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, terlebih lagi mesin ini memiliki berbagai merek. Tentunya masing-masing merek memiliki keunggulan tersendiri, dan sebagai konsumen, Anda perlu mengetahui apa perbedaan dari masing-masing merek.

Dengan begitu akan lebih mudah bagi konsumen, dalam menilai mana produk yang sesuai dari kualitas juga harganya. Namun hal yang perlu kami sampaikan ialah, jangan tertarik hanya karena suatu produk memiliki harga murah namun kualitasnya meragukan.

Setelah mengetahui fungsi generator, tentu Anda juga tau bukan, jika alat ini berkaitan langsung dengan urusan kelistrikan. Jangan menganggap remeh fungsinya, karena jika alat ini bermasalah, maka hal tersebut dapat membahayakan bagi penggunanya.

Anda bisa melakukan riset harga, untuk menemukan produk dari penjual yang menyediakan harga kompetitif dibanding penjual lain. Riset harga cukup penting, agar Anda mengetahui berapa kisaran harga dari suatu produk, sehingga tidak akan tertipu pada harga dengan selisih tinggi.

Penggunaan Fungsi Generator pada Setiap Pabrik di Indonesia

Distributor Genset Murah & Jual Genset Silent 2022 - Pengertian & Jenis  Genset | Harga Genset Oktober 2022

Setelah mengetahui fungsi alat ini terutama di pabrik maupun perusahaan, tentu kita dapat menyadari betapa pentingnya generator pada sektor usaha. Tanpa adanya alat ini, maka industri di Indonesia bisa saja mengalami kendala dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Maka dari itu bagi Anda yang memiliki usaha, terutama kegiatan operasional yang tidak dapat berhenti meski hanya beberapa jam, pastikan bahwa pasokan listrik bisa terus mengalir dengan memanfaatkan fungsi generator.

Tidak sulit bukan, untuk menemukan penjual generator berkualitas. Setelah mengetahui apa saja kriteria yang wajib dimiliki oleh penjual, kini pengguna bisa memutuskan, mana penjual yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda dan mana yang tidak.

Rasanya hampir semua pabrik di Indonesia pasti menggunakan generator, bahkan supermarket atau mini market sekalipun menggunakan alat ini. Sebab mereka menyediakan dan menyimpan produk makanan dan minuman, yang mudah rusak jika tidak disimpan di tempat bersuhu dingin.

Alat ini memang wajib dimiliki oleh pengguna usaha, untuk mencegah jumlah kerugian yang bisa terjadi karena pemadaman listrik. Kenali fungsi generator dengan baik, dengan begitu konsumen bisa menemukan produk sesuai dengan kebutuhan mereka.

Karena setiap generator dari masing-masing merek memiliki fitur atau keunggulan berbeda, dan sebagai pengguna, nantinya Anda perlu membandingkan antar produk, untuk menemukan mana produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Kriteria Memilih Penyedia Produk Genset Berkualitas

Mengetahui fungsi generator, akan membuat Anda sadar betapa pentingnya alat tersebut. Maka dari itu jika Anda tertarik untuk membeli generator, pastikan juga bahwa Anda mendapatkannya dari penyedia terpercaya yang menyediakan produk dengan kualitas tinggi.

1. Menemukan Penjual Terpercaya

Salah satu kriteria menemukan penjual terpercaya ialah, seringkali kita mencari penyedia produk secara online. Cara ini memang memberikan kemudahan bagi konsumen, terlebih lagi Anda tidak perlu repot mengunjungi toko secara langsung bahkan bisa langsung bertransaksi.

Namun ada kekhawatiran tersendiri jika membeli secara online, khawatir jika produk yang datang tidak sesuai atau kualitasnya mengecewakan. Maka dari itu saat memilih suatu produk, Anda perlu memastikan bahwa penyedia produk memang terpercaya.

2. Mudah dihubungi

Dengan mengetahui fungsi generator, tentu konsumen perlu menemukan penyedia produk yang tepat Anda, agar mampu memaksimalkan fungsi dari alat tersebut. Salah kriteria yang dibutuhkan adalah mudah dihubungi, karena komunikasi sangat dibutuhkan oleh konsumen.

Jika Anda ingin bertanya-tanya seputar produk, atau ingin mengetahui di mana alamat toko, jika penjual sulit dihubungi, tentu hal tersebut membuat konsumen kesulitan.

3. Memiliki Review Positif

Review positif juga bisa menjadi bukti, bahwa penjual pilihan Anda memang kompeten dan dapat memberikan pelayanan berkualitas kepada konsumennya. Anda bisa mengecek website penjual, untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang konsumen berikan.

4. Menyediakan Produk Beragam

Dalam memilih penjual yang mampu memaksimalkan fungsi generator, konsumen juga perlu memastikan jika produk yang tersedia beragam. Tujuannya untuk apa? Jika penjual menyediakan produk beragam, tentu konsumen bisa menemukan produk berbeda dari satu toko.

Tersedianya produk beragam memang menguntungkan konsumen, karena peralatan berkaitan dengan listrik perlu memiliki kualitas yang baik. Maka dari itu Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih produk bertenaga listrik, pastikan bahwa kualitas dan kondisinya terjaga.

Rekomendasi Penyedia Produk Generator dengan Kualitas Terbaik

Logo footer

Agar Anda bisa menemukan penjual terpercaya, yang memungkinkan konsumen bisa merasakan fungsi generator secara maksimal, kami rekomendasikan agar Anda menggunakan jasa Mikmar Gracindo, merupakan supplier, distributor juga kontraktor panel listrik berkompeten.

Mikmar Gracindo merupakan perusahaan penyedia Low Voltage Panel, Medium Voltage Panel, Trafo dan produk listrik lainnya. Kami selalu menyediakan produk berkualitas dan memberikan pelayanan berkualitas kepada setiap pelanggan, karena kepercayaan konsumen sangat penting.

Kami juga menyediakan jasa instalasi listrik baik untuk pabrik atau perumahan, bagi Anda yang membutuhkan listrik berskala besar. Tidak perlu ragu untuk menghubungi Mikmar Gracindo, sebab dengan senang hati kami akan membantu Anda menemukan produk dengan tepat.

Dalam memaksimalkan fungsi generator, pembaca bisa menggunakan jasa kami kapanpun dibutuhkan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, konsumen bisa mengunjungi website resmi Mikmar Gracindo.

Di sana Anda bisa menemukan berbagai produk berkualitas, dan pastinya disertai dengan diskripsi serta fungsi utama pada setiap alat. Anda tidak perlu meragukan kualitas dari produk yang kami sediakan, sebab Mikmar Gracindo sudah dikenal sebagai perusahaan yang terekomendasi.

Menemukan penjual terpercaya dalam menyediakan produk berkualitas, menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi konsumen. Dengan begitu konsumen tidak perlu khawatir jika produk yang didapat mengecewakan.

Pastinya fungsi generator akan didapat secara maksimal hanya di Mikmar Gracindo, Anda juga bisa langsung menghubungi kontak WhatsApp kami, dengan klik pada ikon dibawah ini

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Ini Dia Supplier yang Jual Transformator Murah