Taukah Anda apa saja fungsi generator set? Mesin ini memang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Sebab manfaatnya yang mampu menjadi cadangan energi dikala terjadi pemadaman listrik atau kendala lain yang membuat kita tidak bisa menggunakannya.

Dalam pemanfaatannya, genset memang lebih banyak digunakan oleh perusahaan atau pabrik yang penggunaan listriknya berintensitas tinggi. Tidak banyak masyarakat menggunakannya untuk di rumah atau hunian saja, sebab harga dari genset terbilang tidak murah.

Apa yang dimaksud dengan generator set? Merupakan mesin yang mampu mengubah energi mekanik menjadi listrik, untuk menunjang fungsinya, terdapat berbagai komponen didalamnya yang masing-masing komponen berperan penting dalam berjalannya mesin ini.

Generator set juga digunakan sebagai alat penyuplai energi utama, sehingga Anda bisa mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudahan dalam menggunakan alat ini, juga perawatannya tidak mengeluarkan banyak biaya, membuat penggunaan alat ini cukup tinggi.

 

Berbagai Fungsi Generator Set yang Bermanfaat bagi Manusia

fungsi genset

Sebagai pengguna, tujuan kita menggunakan suatu alat adalah karena fungsi dari alat tersebut bisa menunjang aktivitas yang hendak dilakukan sehingga terasa lebih mudah. Sama halnya dengan generator set, dan mampu menunjang aktivitas manusia meski tanpa adanya listrik.

1. Mengurangi Efek Pemadaman

Fungsi utama dari mesin ini adalah mengurangi efek pemadaman, saat terjadi pemadaman listrik, tentu aktivitas menjadi terhambat karena pencahayaan berkurang, selain itu mayoritas aktivitas saat ini pasti membutuhkan perangkat elektronik sehingga membutuhkan daya listrik.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab aktivitas masih bisa berjalan meski terjadi pemadaman, terlebih lagi pemadaman yang tidak bisa diprediksi kapan terjadinya, membuat pengguna bisa terus beraktivitas tanpa terkendala daya listrik.

2. Mencegah Kerusakan Komponen

Fungsi generator set berikutnya adalah mampu mencegah kerusakan komponen, kondisi ini bisa saja terjadi. Karena ada beberapa perangkat elektronik yang dapat lebih cepat rusak apabila daya listrik mati secara tiba-tiba, seperti halnya baterai menjadi tidak awet.

3. Mengubah Energi Mekanik Menjadi Listrik

Fungsi berikutnya ialah mengubah energi mekanik menjadi listrik, seperti sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa alat ini tidak membutuhkan daya listrik lagi. Karena mampu bekerja dengan mengandalkan bahan bakar seperti genset atau diesel, sehingga akan lebih hemat dan praktis.

4. Penambah Daya

Apa itu generator dan fungsinya? Salah satu fungsinya adalah sebagai penambah daya, di mana mesin ini mampu memberi daya jika dibutuhkan tegangan listrik lebih. Sebab di kondisi tertentu, biasanya kebutuhan daya lebih besar daripada tegangan yang tersedia.

Misalnya saja saat Anda mengadakan acara atau event, kebutuhan akan pencahayaan juga sound system pasti membutuhkan daya lebih besar. Apabila tegangan listrik tidak mencukupi, maka Anda bisa menggunakan generator set sebagai penambah daya.

 

Manfaatkan Fungsi Generator Set dengan Menggunakannya secara Maksimal

fungsi control panel genset

Saat kita hendak menggunakan suatu produk, tentu kita ingin mendapat fungsi produk tersebut secara maksimal. Seperti halnya smartphone, banyak fitur didalamnya yang bisa kita temukan dan memungkinkan pengguna dapat mendapatkan fungsi secara maksimal.

Sama halnya dengan genset yang memiliki berbagai fungsi, dan untuk mendapatkannya secara maksimal, Anda perlu mengetahui apa saja fungsi generator set. Setiap pengguna tentu memiliki tujuan tersendiri saat menggunakan mesin ini, entah untuk kebutuhan pribadi atau perusahaan.

Memanfaatkan fungsi dari mesin ini memang memberi banyak kemudahan bagi pengguna, jadi tidak salah apabila Anda memilih untuk menggunakan generator untuk menjamin jika pasokan listrik dapat selalu terpenuhi dan tidak menghambat kegiatan Anda kedepannya.

Di samping memanfaatkan fungsi mesin ini secara maksimal, pengguna juga harus tahu, bahwa tidak hanya satu jenis generator saja bisa ditemukan. Pengguna bisa menemukan berbagai jenis genset dengan berbagai merek dan tipe, dan tentunya perlu dipilih sesuai kebutuhan.

Apabila ingin mendapatkan fungsi generator set secara maksimal, Anda juga harus tahu bahwa pemilihan generator set sangat penting untuk diperhatikan. Jika nyatanya tipe dan produk Anda pilih tidak sesuai, nantinya fungsi dari mesin ini tidak bisa dimaksimalkan.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui tipe genset pengguna butuhkan, dan akan kami jelaskan berikut ini. Namun selain itu, kami juga akan menyampaikan bagaimana merawat mesin ini agar masa penggunaannya dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun.

Memperhatikan kualitas suatu produk memang penting, namun selain itu pengguna juga perlu merawat atau memelihara mesin dengan baik. Tidak membutuhkan tenaga ahli untuk merawat mesin ini, sebab Anda sendiri juga dapat merawat dengan cara sederhana.

Baca juga : Fungsi Control Panel Genset

Tips dalam Memilih Produk Generator Set

Untuk bisa memanfaatkan fungsi generator set, Anda perlu memilih genset dengan kualitas yang sudah terjamin. Jangan sampai kualitas produk buruk membuat pengguna kecewa, maka dari itu kami akan mengajak Anda untuk mengetahui tips dalam memilih produk genset.

1. Memilih Tipe dengan Tepat

Tips pertama adalah memilih tipe dengan tepat, tentu ada beberapa tipe generator memiliki keunggulannya tersendiri. Pada umumnya ada dua tipe generator set, yaitu silent dan open. Jika Anda ingin mesin yang tidak menghasilkan suara bising, maka genset silent adalah pilihan terbaik.

Sedangkan untuk genset open, biasanya lebih banyak digunakan untuk outdoor sebab suara yang dihasilkan cukup besar dan bisa mengganggu. Anda hanya perlu menyesuaikan tipe mana paling cocok dengan kebutuhan, agar tidak salah dalam memilih produk generator set.

2. Garansi dan Ketersediaan Sparepart

Tips lain untuk memaksimalkan fungsi generator set adalah, memastikan bahwa produk pilihan dari penjual menyediakan garansi serta tersedianya sparepart pengganti. Dengan adanya garansi, maka konsumen akan lebih tenang jika terjadi kerusakan tidak diketahui pada mesin.

Dengan begitu Anda bisa menukarnya atau memperbaiki tanpa dikenakan biaya, lalu tersedianya sparepart sangat dibutuhkan, sebab pasti dalam beberapa waktu ke depan, akan ada bagian pada genset perlu diganti untuk memaksimalkan fungsinya.

3. Daya Kekuatan

Dalam memilih mesin ini, pengguna juga perlu memastikan seberapa besar daya kekuatannya. Hitung terlebih dahulu, berapa total daya yang dibutuhkan oleh Anda, dan sesuaikan dengan jenis genset agar daya yang disuplai nantinya bisa mencakup semua kebutuhan pengguna.

4. Memilih Penyedia Produk Terpercaya

Untuk mendapatkan fungsi generator set secara maksimal, Anda juga perlu memilih penjual yang sudah berpengalaman dan pastinya dipercaya. Jangan sampai kualitas produk dari penjual pilihan Anda mengecewakan, sehingga fungsi dari mesin ini tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

 

Pentingnya Penggunaan Generator Set dalam Kegiatan Operasional Perusahaan

genset-control-panel-2

Setelah kita mengetahui apa saja fungsi yang bisa didapat dari mesin ini, tentu sebagai pelaku usaha. Anda juga bisa menyadari bahwa generator sangat erat kaitannya, dalam memaksimalkan kegiatan operasional perusahaan untuk mencegah adanya kendala dalam penggunaan listrik.

Akan disayangkan jika Anda ingin menghemat biaya pengeluaran dengan tidak membeli genset. Padahal bisa saja beban kerugian yang didapat lebih besar, apabila kegiatan operasional terhenti dan pengguna tidak dapat memanfaatkan fungsi generator set.

Kegiatan operasional pada perusahaan sangat penting untuk diperhatikan, terlebih lagi semua pekerjaan sudah beralih menggunakan perangkat elektronik, mulai dari komputer, printer juga laptop yang semuanya membutuhkan daya listrik.

Apabila pekerjaan dilakukan karyawan terhenti karena daya listrik terputus, maka kerugian didapat akan jauh lebih besar. Gaji yang Anda keluarkan untuk membayar tenaga karyawan bisa terbuang sia-sia, dan tentu saja hal tersebut berdampak negatif meski hanya beberapa jam saja.

Lalu bagaimana cara kerja dari generator? Prinsip kerjanya adalah mengubah energi mekanik menjadi listrik. Sehingga tanpa adanya daya listrik sekalipun di tempat Anda, Anda tetap bisa menggunakan mesin ini karena membutuhkan bahan bakar untuk bisa menyala.

Sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membuat mesin ini menyala, karena bahan bakar juga mudah ditemukan. Kendala yang terjadi pada listrik tidak akan membuat Anda untuk menemukan sumber listrik, sebab generator set bisa menyediakan daya listrik yang Anda butuhkan.

 

Kenali Cara Merawat Generator Set, agar Tidak Mudah Rusak

Fungsi generator set memang sangat luas dan bermanfaat bagi kehidupan manusia, namun disisi lain, pengguna juga perlu mengetahui bagaimana merawat dan memelihara mesin ini. Sehingga kerusakan atau perbaikan pada mesin bisa diketahui dan dilakukan segera.

1. Panaskan sebelum Menggunakannya

Akan lebih baik jika sebelum menggunakan genset, Anda memanaskannya terlebih dahulu agar mesin bisa berjalan dalam kondisi yang sudah siap. Tidak hanya kendaraan yang membutuhkan pemanasan, karena genset dibekali dengan mesin, tentu saja alat ini perlu dipanaskan.

Meski genset tidak digunakan, akan lebih baik jika Anda memanaskannya setidaknya sekali dalam seminggu selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Namun jika penggunaan mesin ini dilakukan secara rutin, maka Anda perlu memanaskannya setidaknya 3 hari sekali.

2. Periksa Aki dan Bahan Bakar

Untuk menjaga agar fungsi generator set bisa berjalan dengan baik, Anda juga perlu melakukan pengecekan pada aki dan bahan bakar. Sangat penting untuk memastikan bahwa terminal aki tidak mengalami kelonggaran, dan sistem listrik DC pada aki tidak ada bagian yang berkarat.

Selain itu bahan bakar untuk membuat mesin menyala, juga perlu Anda perhatikan agar tidak terjadi gesekan dengan benda apapun pada jalur bahan bakar. Kondisi tersebut bisa timbul kegagalan fungsi, alhasil mesin enggan menyala dan tidak bisa digunakan.

3. Rawat Sistem Pelumasan

Bagian selanjutnya yang perlu dirawat adalah sistem pelumasan, pengguna perlu memeriksa tingkatan oli mesin saat mesin dimatikan pada interval yang ditentukan tabel. Pastikan level bisa terjaga sedekat mungkin dengan full, untuk memastikan jika oli mengalir ke dalam bak mesin.

4. Ganti Sparepart secara Teratur

Fungsi generator set juga bisa bekerja secara maksimal, apabila Anda bisa mengganti sparepart secara rutin. Setidaknya saat kondisi sparepart sudah berkurang karena pemakaian cukup lama, pastikan Anda menggunakan sparepart original agar mesin bisa bekerja secara maksimal.

 

Genset Berisik? Bisa Disebabkan Berbagai Hal

Jasa instalasi genset untuk kantor

Seringkali kita mendengar genset mengeluarkan suara bising saat dinyalakan, hal ini bisa terjadi karena memang tipe genset yang lebih cocok digunakan untuk outdoor. Getaran yang menjadi suara bising ini tentu mengganggu manusia, dan tidak nyaman jika terdengar.

Maka dari itu untuk tetap bisa memanfaatkan fungsi generator set, Anda bisa membuat sebuah ruangan khusus untuk tempat meletakkan generator. Atau pengguna juga bisa membuat kotak yang terbuat dari kayu, sehingga meredam suara yang dihasilkannya.

Suara bising genset yang Anda beli memang tidak bisa dihilangkan, salah satu cara mengatasinya adalah dengan membuat ruangan atau kotak yang mampu membuat suara bising dapat diredam.

Maka dari itu pastikan bahwa Anda memilih tipe yang sesuai, agar tidak mengganggu pengguna dalam beraktivitas. Jika Anda memilih genset yang mengeluarkan suara bising, pastikan juga Anda telah menyediakan ruang atau tempat untuk meletakannya.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda mengetahui fungsi generator set, agar nantinya Anda bisa menentukan tipe generator seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan. Karena tidak semua merek atau tipe generator, memiliki fitur atau manfaat yang sama.

Ada keunggulan atau kekurangan pada masing-masing merek, dan sebagai konsumen, Anda bisa menyesuaikannya agar bisa memenuhi standar pengguna.

 

Hal Sepele yang Membuat Generator Set Cepat Rusak

fungsi generator set

Ada beberapa hal sepele, yang membuat fungsi generator set tidak bisa bekerja secara maksimal bahkan bisa berakibat pada kerusakan mesin. Untuk mencegah kondisi itu terjadi, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan, agar mesin bisa awet dan digunakan dalam waktu lama.

1. Penggunaan secara Berlebih

Salah satu hal sepele memungkinkan generator set Anda cepat rusak ialah, pemakaian secara berlebih tanpa memperhatikan waktu penggunaan. Setiap generator set memiliki batas waktu operasional berbeda-beda, sehingga sebelum membelinya, Anda perlu mencari tau batasannya.

Ada tipe generator set yang masih aman digunakan untuk pemakaian berintensitas ringan, dan adapula yang cocok jika digunakan untuk pemakaian intensitas tinggi. Jika tidak digunakan sesuai dengan tipenya, khawatir ada komponen yang cepat rusak dan berakibat fatal pada mesin.

2. Komponen Pembakaran Tersumbat

Memang penting mengetahui fungsi generator set, namun Anda juga perlu mengetahui alasan yang menyebabkan mesin ini mengalami kerusakan. Salah satu faktornya ialah adanya komponen pembakaran yang tersumbat, dikarenakan kotoran pada bagian genset dan perlu dibersihkan.

Jika Anda pernah mengalami mesin generator tiba-tiba mati, bisa jadi disebabkan karena lubang ventilasi bahan bakar atau katup pompa pengisi bahan bakar tersumbat. Kondisi tersebut tentu saja menyebabkan pembakaran tidak bisa berlangsung, dan perlu dibersihkan terlebih dahulu.

3. Digunakan saat Bahan Bakar Habis

Penyebab lainnya adalah pemakaian mesin saat bahan bakar sudah habis, tentu kondisi ini jadi memaksa mesin untuk bekerja tanpa adanya bahan bakar yang dapat diolah. Jika dipaksa tanpa Anda cari tau penyebabnya, bukan tidak mungkin jika kerusakan mesin dapat terjadi.

4. Jarang Dipanaskan

Fungsi generator set juga bisa terkendala, apabila Anda jarang memanaskan mesin terutama saat hendak menggunakannya. Banyak orang malas atau lupa memanaskannya, karena alat ini hanya digunakan sebagai sumber energi alternatif dan tidak rutin digunakan.

 

Mendapatkan Generator Set dengan Kondisi Berkualitas, Disini Tempatnya

Logo footer

Dalam penggunaan generator set, sebagai pengguna kita tidak hanya memperhatikan tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan saja. Namun memilih penjual yang mampu menyediakan produk berkualitas juga penting, jangan sampai hal ini membuat Anda kecewa saat produk digunakan.

Dengan mengetahui fungsi generator set yang memberi manfaat bagi banyak orang, maka Anda bisa semakin yakin jika mesin ini mampu memberi jaminan, bahwa Anda bisa tetap beraktivitas tanpa terkendala karena mati listrik yang pastinya membuat kegiatan menjadi terbatas.

Dalam memilih produk genset dengan kualitas terjamin, kami sarankan agar Anda mendapatkan di penjual terpercaya yang kami rekomendasikan yaitu Mikmar Gracindo. Kami sudah mendapat kepercayaan banyak konsumen, sebagai kontraktor, distributor dan perusahaan panel listrik.

Mikmar Gracindo menyediakan berbagai pilihan produk berkualitas, yang belum tentu bisa Anda temukan di penjual lain. Mulai dari penyedia Low Voltage Panel, Medium Voltage Panel, Trafo, serta jasa instalasi listrik yang dibutuhkan oleh perusahaan, pabrik atau lingkungan perumahan.

Untuk bisa mendapatkan fungsi generator set secara maksimal, Anda bisa mendapatkannya di Mikmar Gracindo dengan harga kompetitif dibanding penjual lain. Untuk urusan layanan, rasanya Anda tidak perlu meragukan pelayanan Mikmar Gracindo.

Dengan senang hati, kami akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya karena kami selalu mengutamakan kepuasan konsumen. Anda bisa mengunjungi toko kami secara langsung, atau mengunjungi website resmi kami.

Pembaca juga bisa berkonsultasi atau bertanya-tanya seputar produk yang tersedia di Mikmar Gracindo, dengan menghubungi kami via WhatsApp. . Tidak perlu ragu atau khawatir untuk menggunakan produk atau jasa Mikmar Gracindo, dijamin fungsi generator set bisa didapat secara maksimal.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Perusahaan Jual Genset di Jakarta Terpercaya