Dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia industri, elektrikal atau yang akrab disebut sebagai listrik merupakan kebutuhan primer. Listrik digunakan sebagai sumber energi agar peralatan rumah tangga ataupun mesin industri dapat menyala.

Kebutuhan akan listrik dalam aktivitas sehari-hari membuat semua orang wajib sadar dan waspada terkait keselamatan dari kerusakan komponen elektrik. Terlebih dalam dunia industri yang banyak memanfaatkan energi listrik tersebut.

Namun faktanya, tidak jarang sesekali menemukan kerusakan atau konslet elektrik. Biasanya dikarenakan kesalahan pemasangan atau terdapat komponen elektronik yang rusak sehingga menimbulkan error listrik atau cedera.

Jika kerap Anda mengalami permasalahan elektrik dalam dunia industri, sebaiknya segera apa akar penyebab utamanya. Mungkin dari proses perancangan yang salah atau perlu mencari perusahaan instalasi elektrikal yang lebih berpengalaman.

 

Kenali Apa Itu Instalasi Elektrikal untuk Industri

Sebelum melaksanakan tahap pembangunan gedung perusahaan, industri, atau sejenisnya, maka instalasi listrik adalah hal pertama yang wajib disiapkan. Hal ini dikarenakan elektrik merupakan kebutuhan krusial selama berjalannya aktivitas industri tersebut.

Persiapan yang harus dipikirkan dengan matang tidak hanya terkait proses instalasinya saja. Beberapa hal lainnya seperti keselamatan perancangan, risiko, hingga permasalahan listrik yang bisa jadi timbul kapan saja harus diperhitungkan juga.

Jadi apa yang dimaksud dengan instalasi listrik industri? Yaitu kegiatan pemasangan listrik atau elektrik di pusat aliran listrik dengan rangkaian yang berfungsi menampung kemudian mengalirkan dayanya ke titik-titik tertentu sesuai keperluan.

Gardu listrik sebagai pusat dayanya akan menampung listrik kemudian dialirkan ke titik-titik yang membutuhkan. Karena merupakan pekerjaan berisiko tinggi, maka instalasi dikerjakan oleh teknisi berpendidikan dan berpengalaman.

Lalu komponen instalasi listrik terdiri dari apa saja? Mulai dari KWH Meter, saklar, kabel penghantar, lasdop, fiting, pipa instalasi, kotak sambung, kotak kontak, elbow, PHB, dan pengaman listrik.

Kesebelas komponen tersebut memegang peranan penting guna proses instalasi listrik pada suatu bangunan baik rumah tangga maupun industri. Oleh karena itu tanggung jawab maupun beban instalasi elektrik bukan hal yang mudah.

Dalam prosesnya, instalasi elektrik perlu mempertimbangkan terkait perancangan dan analisis perhitungan, antara lain susut tegangan, ketahanan arus hubung dan daya hubung singkat, kemampuan hantaran arus, hingga pemutus tegangan.

Baca juga : Jasa Instalasi Listrik Terbaik Di Jakarta Dan Sekitarnya

 

Permasalahan Instalasi Listrik yang Sering Terjadi di Industri

Distributor Schneider bergaransi

Permasalahan mengenai elektrik kerap terjadi selama tahap pemasangan maupun sesudahnya. Cari tahu apakah lingkungan Anda pernah mengalami permasalahan berkaitan dengan kelistrikan industri seperti berikut ini.

1. Power Failure (Outages)

Permasalahan Power Failure juga disebut sebagai listrik padam di mana sumber elektrikal utama telah habis. Di Indonesia sendiri, kondisi ini akrab disebut sebagai lampu mati atau PLN mati.

2. Power Surge (Spike)

Kondisi ini menunjukkan adanya kenaikan tegangan dalam waktu cepat (secara instan). Kenaikan tersebut bisa lebih tinggi 110% dari tegangan normal.

3. Power SAG

Sebaliknya, Power SAG merupakan kondisi di mana tegangan catu daya turun dalam waktu cepat hingga 80 – 85% lebih rendah dari tegangan normal.

4. Frequenxy Variation

Permasalahan elektrikal lainnya adalah Frequenxy Variation yang menunjukkan adanya perubahan frekuensi listrik sepanjang waktu. Indonesia sendiri memiliki frekuensi listrik sebesar 50 Hz.

5. Overvoltage

Overvoltage atau kegagalan daya dapat terjadi saat tegangan catu daya mengalami kenaikan dalam periode tertentu. Overvoltage dapat terjadi dalam hitungan menit sampai beberapa hari.

6. Undervoltage

Sebaliknya, undervoltage menunjukkan adanya penurunan catu daya elektrikal dalam periode tertentu. Kegagalan daya ini juga dapat terjadi dalam hitungan menit hingga beberapa hari.

7. Switching Transient

Salah satu permasalahan kelistrikan yang dialami industri adalah switching transient. Kondisi tegangan bisa turun secara tiba-tiba dalam hitungan nanodetik per nanodetik saja, yaitu waktu yang lebih singkat daripada lonjakan.

8. Harmonic Distortion

Permasalahan elektrikal dalam dunia industri lainnya adalah harmonic distortion. Kondisi ini menunjukkan bahwa gelombang listrik terdistorsi sehingga tidak lagi menjadi gelombang sinus.

9. Electrical Line Noise (Common Mode Disturbances)

Electrical Line Noise terjadi ketika gelombang elektrik terkena interfensi frekuensi radio, pertahanan netral karena instalasi yang buruk, maupun terjadi petir. Terkadang juga bisa disebabkan oleh elektronik yang menghasilkan frekuensi tinggi.

 

Tahapan Rancangan Instalasi Elektrikal Industri yang Aman

Permasalahan kelistrikan di atas perlu dicarikan solusi untuk mencari tahu penyebab utamanya. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tidak melewatkan rancangan instalasi elektrikal sedetail mungkin. Adapun tahapan rancangannya sebagai berikut.

1. Persiapan Perencanaan Pemasangan

Proses pemasangan listrik tidak sesederhana dan tidak sama seperti penggunaan untuk rumah tangga. Hal ini dikarenakan perbedaan beban dayanya yang besar sehingga membuatnya harus dipasang oleh teknisi ahli di bidangnya.

Apa itu teknisi instalasi listrik? Yaitu orang yang bertanggung jawab atas urusan listrik pada suatu bangunan. Karena merupakan orang ahli, maka teknisi instalasi elektrik dituntut memiliki kemampuan memperbaiki permasalahan kelistrikan.

Menggunakan jasa teknisi instalatir elektrik terpercaya membantu Anda dalam merencanakan rangkaian daya hingga sistem pemasangannya. Jadi menghindari terjadinya kelebihan muatan listrik yang bisa berakibat buruk pada proses produksi industri.

2. Perhitungan Beban yang Tepat

Tahap berikutnya yaitu melakukan perhitungan beban listrik secara tepat. Dalam proses instalasi listrik 3 fasa, maka teknisi ahli wajib memastikan pemasangannya seimbang sekaligus beban terbagi rata semua agar terhindar dari konslet.

Penghitungan beban ini tidak bisa dilakukan oleh orang awam sehingga tetap memerlukan jasa instalatir elektrik. Anda bisa berkonsultasi dengan penyedia jasa dari PT. Mikmar Gracindo yang profesional dalam bidang penanganan elektrikal.

Mikmar Gracindo bekerja sebagai kontraktor panel listrik supplier, distributor, perusahaan penyedia Low dan Medium Voltage Panel, trafo, serta jasa instalasi listrik di pabrik atau perumahan yang membutuhkan listrik skala besar.

 

Perusahaan Instalasi Elektrikal Terpercaya untuk Kebutuhan Industri

Mikmar Gracindo Logo

Baik perencanaan maupun pemasangan listrik di suatu bangunan tidak dapat disepelekan, apalagi digunakan untuk keperluan industri. Hal ini dikarenakan industri tentunya memerlukan daya berskala besar dengan risiko tinggi.

Hal ini juga berlaku jika perusahaan industri Anda kerap mengalami permasalahan terkait kelistrikan seperti penjelasan sebelumnya. Oleh sebab itu Anda perlu berkonsultasi dengan teknisi instalatir listrik sebagai solusinya.

Salah satu perusahaan instalasi elektrikal terpercaya untuk keperluan Industri adalah PT. Makmir Gracindo. Kami menyediakan Panel Tegangan Menengah, Panel Tegangan Rendah, Trafo, layanan instalasi, pengujian, hingga komisioning.

Makmir Gracindo menjawab kebutuhan instalasi dari multi sektor. Mulai dari perusahaan manufaktur, perumahan dan real estate, proyek pemerintah, rumah sakit, dan masih banyak lagi.

Selain mutu kerja profesional, PT. Makmir Gracindo menjamin produk ready stock memiliki kualitas tinggi. Proses pesanan dan pengiriman cepat, terdapat layanan khusus dan tim dukungan dengan harga mampu bersaing di pasaran.

Anda dapat menggunakan jasa PT. Makmir Gracindo yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari Jakarta, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Timor Tenggara, Bali, hingga Papua. Hubungi kami melalui WhatsApp.

Makmir Gracindo selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dan keselamatan kerja teknisi profesional. Kami ingin menjadi bagian dari kesuksesan industri Anda sebagai kontraktor terbaik dan instalatir elektrikal terpercaya.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Jasa Instalasi Panel Schneider Termurah Jakarta