Penting untuk Anda ketahui bahwa pada dasarnya trafo adalah suatu perangkat statis yang dapat mentransfer energi listrik dari satu rangkaian listrik tertentu ke rangkaian lain, dan hal ini dilakukan melalui proses induksi elektromagnetik. Dengan melihat fungsinya yang sangat penting seperti itu, tidak mengherankan jika saat ini sudah ada banyak jasa distributor trafo terpercaya area Jakarta yang bisa Anda pilih dengan mudah.

Umumnya, trafo akan digunakan untuk menambah dan menurunkan level tegangan antar rangkaian listrik yang ada. Selain itu, trafo juga dapat ditemukan pada setiap energi listrik yang menggunakan rangkaian Alternating Current (AC). Jadi, bisa dikatakan trafo adalah salah satu perangkat listrik yang dapat digunakan untuk menukar tegangan arus dalam sebuah rangkaian listrik tertentu.

Jika penjelasan di atas lebih berfokus pada alat trafo itu sendiri, untuk distributor trafo terpercaya area Jakarta sendiri adalah perusahaan yang berperan sebagai pemasar untuk trafo dalam jenis yang beragam. Dalam hal ini, kami akan membantu Anda untuk mengenali beberapa jenis trafo beserta fungsinya masing-masing.

 

Perusahaan distributor trafo terpercaya area Jakarta paling terbaik

Melanjutkan pembahasan tentang alat trafo yang disediakan oleh pihak distributor trafo terpercaya area Jakarta, pada dasarnya salah satu perangkat listrik ini hanya bisa berfungsi untuk rangkaian Alternating Current (AC) saja, misal rangkaian listrik dalam stopkontak. Trafo tidak akan bisa digunakan pada rangkaian Direct Current (DC) atau arus yang searah.

Nantinya, penjelasan seperti ini umumnya akan diberikan oleh perusahaan distributor trafo terpercaya area Jakarta yang profesional, sehingga Anda tidak akan kesulitan lagi untuk memahaminya. Selain itu, perusahaan distributor trafo terpercaya area Jakarta yang profesional seperti ini umumnya juga akan menjelaskan tentang fungsi trafo berdasarkan jenisnya masing-masing, yang antara lain adalah:

1. Trafo Step-Up

Penting untuk Anda ketahui bahwa trafo jenis ini akan digunakan dalam rangkaian-rangkaian pembangkit tegangan yang ada pada perangkat listrik tertentu, seperti trafo inverter monitor LCD, trafo inverter TV, dan lain sebagainya.

Untuk fungsinya sendiri, trafo step-up akan berguna sebagai peningkat tegangan dalam sebuah rangkaian listrik tertentu. Tidak hanya itu, trafo jenis ini juga memiliki fungsi lainnya yakni menjalankan proses penaikan tegangan AC ke tingkat yang lebih baik lagi.

2. Trafo Step-Down

Bisa dilihat dari namanya sendiri, trafo step-down akan memiliki fungsi yang berbeda dibanding trafo step-up. Jika trafo step-up dapat digunakan untuk menaikkan tegangan pada sebuah rangkaian listrik tertentu, sementara trafo step-down dapat digunakan untuk menurunkan tegangan pada sebuah rangkaian listrik tertentu.

Pada dasarnya, jenis trafo yang satu ini dapat lebih mudah untuk Anda temukan di toko-toko alat elektronik terdekat Anda, atau bisa juga Anda cari di perusahaan distributor trafo terpercaya area Jakarta. Sebagai contoh, trafo 1A, 2A, 3A, hingga 5A adalah salah satu di antaranya.

Anda bisa menemukan trafo jenis ini di beberapa perangkat listrik seperti speaker aktif, televisi, dan lain sebagainya. Sebab, segala jenis peralatan listrik rumah tangga umumnya akan didukung dengan jenis trafo ini.

3. Trafo Isolasi

Setiap jenis trafo di dalam dunia listrik pasti akan memiliki fungsinya masing-masing, sehingga sebelum Anda menggunakan jasa distributor trafo terpercaya area Jakarta, Anda perlu mengenalinya satu per satu terlebih dahulu. Membahas tentang trafo isolasi, jenis trafo ini dapat digunakan untuk mengubah tegangan DC menjadi tegangan AC, dengan besar tegangan yang sama.

Umumnya, jenis trafo ini lebih sering digunakan pada rangkaian inverter, karena fungsinya itu sendiri berkaitan dengan rangkaian listrik tersebut. Nantinya, di dalam trafo isolasi akan ada lilitan primer dan lilitan sekunder dengan jumlah yang sama. Hal ini terjadi karena prinsip kerja trafo jenis ini hanyalah untuk mengisolasikan tegangan tanpa menaikkan maupun menurunkan tegangan yang ada di dalamnya.

4. Trafo CT

Perusahaan distributor trafo terpercaya area Jakarta, umumnya juga akan menyediakan jenis trafo yang satu ini. Sebab, trafo CT itu sendiri dapat digunakan untuk membuat rangkaian power supply simetris gelombang penuh. Sebagai contoh, jenis trafo ini sering digunakan untuk amplifier yang menggunakan kutub positif, netral, maupun negatif.

Melihat fungsinya yang sangat penting seperti itu, tidak mengherankan jika ada beberapa pelaku usaha yang mencari produk trafo ini ketika berkunjung ke toko distributor trafo terpercaya area Jakarta.

5. Trafo Non CT

Meski memiliki nama yang hampir sama dengan jenis trafo sebelumnya, akan tetapi pada dasarnya trafo non CT memiliki fungsi yang berbeda dari trafo CT. Berbeda dengan jenis trafo yang sebelumnya, untuk trafo non CT berguna untuk membuat rangkaian power supply non simetris, yaitu power supply yang hanya memiliki kutub positif dan negatif saja. Dalam hal ini, bisa dipastikan bahwa kedua jenis trafo ini memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain.

6. Trafo Daya

Untuk jenis trafo yang satu ini sering digunakan pada stasiun pembangkit listrik maupun gardu transmisi di setiap daerah Indonesia. Umumnya, trafo daya akan memiliki tingkat insulasi yang tinggi, sehingga trafo daya dapat dikategorikan sebagai trafo yang berukuran besar. Sementara untuk fungsinya sendiri, trafo daya akan lebih berfokus pada penggunaannya pada aplikasi transfer daya yang tinggi. Bahkan, tingkat daya yang dapat ditransfer ini bisa mencapai 33 KV.

7. Trafo Distribusi

Jenis trafo yang ketujuh adalah trafo distribusi. Fungsi utama dari trafo distribusi adalah untuk mendistribusikan energi listrik dari rangkaian pembangkit listrik menuju bangunan-bangunan tertentu, seperti perumahan maupun lokasi industri yang beragam. Dengan melihat penjelasan tersebut, akan menjadi hal yang wajar jika distributor trafo terpercaya area Jakarta umumnya juga akan menyediakan jenis trafo ini di perusahaannya.

8. Trafo PLN

Jenis trafo selanjutnya yang tersedia di perusahaan distributor trafo terpercaya area Jakarta adalah trafo PLN. Pada dasarnya, trafo PLN memiliki peran yang sangat penting bagi penyedia listrik terbesar di Indonesia. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat jenis trafo ini sendiri memiliki fungsi yang sangat beragam. Dari sekian banyak fungsi yang dimilikinya, perannya dalam menaikkan dan menurunkan daya adalah beberapa di antaranya.

9. Trafo Arus

Jenis trafo terakhir yang tersedia dalam perusahaan distributor trafo terpercaya area Jakarta adalah trafo arus. Jenis trafo ini juga memiliki fungsi yang berbeda dengan jenis trafo sebelumnya, yaitu untuk mengonversi arus primer yang memiliki nilai arus besar. Nantinya, nilai arus yang berada di kisaran puluhan hingga ribuan ampere ini akan dikonversi menjadi arus sekunder dengan nilai yang lebih rendah. Untuk tingkatannya sendiri akan disesuaikan menurut aplikasi yang dibutuhkan dalam rangkaian tersebut.

 

Mikmar Gracindo, pilihan tepat

Untuk mendapatkan hasil yang lebih sesuai harapan, Anda perlu memilih perusahaan distributor trafo terpercaya area Jakarta yang paling terbaik. Di sini kami menyarankan kepada Anda untuk menggunakan jasa dari Mikmar Gracindo. Perusahaan ini adalah salah satu kontraktor listrik terbaik di Indonesia, yang dapat membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan listrik pada perusahaan/bangunan Anda.

Jika Anda berminat untuk mendapatkan produk terbaik dan asli dari distributor Trafo terpercaya area Jakarta, kalian bisa langsung mengunjungi website https://mikmargracindo.com/ atau hubungi no wa +62(21) 543 373 45.

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.