Salah satu distributor Schneider bergaransi resmi yang rekomended untuk dijadikan pilihan yaitu Mikmar Gracindo. Sebenarnya ada banyak distributor produk Schneider dari berbagai wilayah, tapi tidak semua memiliki jaminan garansi resmi.

Bila produsen tidak memberikan layanan garansi, Anda bisa mempertimbangkan ulang untuk menggunakannya. Sebab, berarti Anda harus menerima konsekuensi bila ternyata produk yang dibeli bermasalah dan tidak bisa mengajukan pengembalian atau penukaran.

Mengenai Mikmar Gracindo akan dibahas pada uraian berikut. Tapi sebelum itu, akan dibahas terlebih dahulu mengenai Schneider Elekctric, ketentuan mengenai pemberian garansi serta beberapa produknya.

 

Inilah Sejarah Singkat Mengenai Electric

Panel Schneider

Sebelum memilih distributor Schneider bergaransi, apakah Anda sudah mengetahui sekilas tentang sejarah perusahaan satu ini? Schneider Electric merupakan sebuah perusahaan Prancis yang didirikan sejak tahun 1836 silam oleh dua bersaudara, yaitu Eugène dan Adolphe Schneider.

Mereka berdua mengambil alih pabrik pengecoran logam di Le Creusot yang sudah terbengkalai. Schneider et Cie menjalin kerja sama dengan Westinghouse Systems pada awal abad ke-20. Pada saat inilah keduanya membuat lokomotif serta motor elektrik.

Kemudian, sesudah PD II, mulai beralih ke pekerjaan teknik elektrik, basa serta besi, dan peralatan perang mulai ditinggalkan. Pada tahun 1860 hingga 1870, Henri Schneider, anak Eugène mulai memakai cara baru untuk memproduksi baja yang lebih kuat tapi berharga lebih murah.

Perusahaan ini mulai menemui era krisis sesudah Revolusi Prancis. Charles Schneider, selaku pemimpin baru masuk menuju sektor sipil dan meninggalkan industri peralatan perang secara progresif. Ia meninggal pada tahun 1960 dan masalah suksesor mulai muncul.

Kontrol diambil oleh Baron Edouard – Jean Empain pada tahun 1969, tapi gagal, hingga akhirnya mulai diterapkan aliansi dengan perusahaan lainnya. Jadi, sebelum akhirnya muncul distributor Schneider bergaransi, perusahaan ini juga tidak terlepas dari namanya gagal.

Perusahaan mulai ekspansi akhir tahun 1980 sesudah masalah finansial terselesaikan. Sektor ini ditekuni oleh perusahaan hingga awal tahun 1980. Dilanjutkan pada tahun 1981, grup Schneider akhirnya terpecah dan fokus pada pengontrolan industri serta elektrik.

Kondisi ini diikuti strategi akuisisi Telemecanique, Square D, Merlin Gerin hingga APC. Tahun 1999, perubahan nama dari Groupe Schneider menjadi Schneider Electric dibawah kepemimpinan Henri Lachmann. Sejak tahun 2000, kantor pusat perusahaan ada di Rueil-Malmaison, Prancis.

 

Sekilas Perkembangan Schneider Electric di Indonesia

Adanya distributor Schneider bergaransi tidak terlepas dari perkembangan perusahaan ini di Indonesia. Sekarang ini PT. Schneider Electric Indonesia mempunyai sejumlah tiga pabrik yang ada di Cibitung, Pulau Batam serta Cikarang.

Keseluruhan total pegawainya perkiraan mencapai hingga 4 ribu lebih orang. Pabrik baru di Cibitung dibangun pada tahun 2012. Dilanjutkan dengan perbesaran pabrik di Cikarang menjadi engineering to order paling besar di wilayah Asia milik Schneider pada tahun 2017.

Produk yang dihasilkan mulai dari panel bertegangan rendah hingga menengah. Dimulai dengan tahun sama, yaitu 2017, perusahaan melangsungkan Innovation Summit guna menunjukkan inovasi IoT terbaru platform EcoStruxure.

 

Garansi Terbatas yang Diberikan Schneider Electric dan Ketentuannya

panel schneider murah Jakarta

Distributor Schneider bergaransi tidak terlepas dari peran perusahaannya dalam memberikan aturan atau kebijakan. Perusahaan ini memberikan garansi terbatas dengan kurun waktu satu tahun.

Kebijakan ini hanya berlaku terhadap produk yang Anda beli untuk kebutuhan komersil maupun industri kegiatan usaha. Ada beragam ketentuan garansi yang penting dipahami, pertama produk bebas dari kerusakan material atau pengerjaan selama kurun waktu satu tahun.

Hal ini berlaku sejak produk pertama kali dinyalakan oleh pertugas layanan resmi Schneider Electric serta dilakukan dalam waktu enam bulan sejak pengiriman oleh perusahaan. Cakupan garansi meliputi perbaikan atau penggantian komponen yang bermasalah.

Garansi juga termasuk dalam hal pengerjaan di tempat serta perjalanan menuju lokasi perbaikan produk. Bila tidak memenuhi kriteria yang sudah disebutkan, pemberian garansi hanya untuk penggantian atau perbaikan komponen rusak berdasarkan pertimbangan Schneider Electric.

Periode diberlakukan satu tahun semenjak tanggal pengiriman. Jadi, tidak ada alasan bagi distributor Schneider bergaransi untuk tidak memberikan layanan ini kepada pelanggannya. Sebab, sudah diatur dengan sedemikian detailnya.

Tapi, untuk solusi pendingin Schneider Electric, aturan pemberian garansinya berbeda. Tidak mencakup sediaan habis pakai, hilangnya bahan pendingin, pengaturan ulang pemutus rangkaian maupun lainnya yang berhubungan dengan upaya perawatan preventif.

Penting dipahami juga bahwa ketika melakukan proses penggantian atau perbaikan produk, tidak memperpanjang durasi periode garansi awal. Komponen yang masuk dalam kategori garansi bukan hanya varian baru tapi juga sudah dimanufaktur ulang oleh pabrik.

 

Garansi Schneider Electric Tidak Dapat Dipindahtangankan Tanpa Izin Tertulis

Sebagai distributor Schneider bergaransi maupun pembeli, harus paham bahwa pemberian layanan ini tidak bisa dipindahtangankan tanpa adanya izin tertulis. Sebab, pemberian layanan khusus kepada pemiliknya, baik itu individu, korporasi pertama, perusahaan maupun asosiasi.

Pemilik dimaksud sudah tertera dalam dokumen garansi tertulis. Bila memang ingin mengalihkan atau memindahtangankan, Anda bisa membicarakannya terlebih dahulu kepada pihak distributor.

Perusahaan Schneider Electric akan memberikan layanan jaminan kepada Anda melalui produsen atau pemasok resmi komponen produk Schneider. Seluruh pernyataan terkait jaminan diberikan apa adanya.

Perusahaan juga tidak memberikan pernyataan tambahan apapun mengenai pemberlakuan pembatasan jaminan dan tidak memperluasnya. Selain itu, perusahaan tidak bertanggung jawab terhadap hal-hal yang distributor Schneider bergaransi kemungkinan berikan kepada pelanggan.

Pada intinya, perusahaan hanya memberikan ketentuan jaminan sesuai dengan kebijakan yang sudah tertera. Bila ternyata distributor memberikan jaminan tambahan lainnya, sudah bukan lagi tanggung jawab perusahaan.

Bentuk jaminan yang diberikan oleh distributor bervariasi. Bisa berupa tambahan durasi garansi beberapa bulan atau lainnya. Biasanya penambahan layanan tambahan akan lebih menarik perhatian para pelanggan untuk segera membeli produk.

 

Kapan Schneider Electric Tidak Bertanggungjawab Terhadap Garansi?

Jasa Instalasi Panel Schneider

Perusahaan tidak akan bertanggung jawab terhadap jaminan pada situasi tertentu. Salah satunya bila hasil pemeriksaan atau pengujian menunjukkan kerusakan produk ternyata tidak terdeteksi.

Selain itu bukan diakibatkan oleh pengguna akhir karena penyalahgunaan, pengujian atau instalasi tidak tepat pihak ketiga dan kelalaian. Mengenai hal ini distributor Schneider bergaransi perlu menginformasikan kepada pelanggannya di awal supaya tidak terjadi salah paham.

Perusahaan tidak memiliki tanggungjawab terhadap pemberian jaminan untuk segala hal yang tidak sah dalam proses perbaikan atau pengubahan sambungan listrik maupun tegangan alias dengan cara tidak sesuai.

Lebih lanjutnya, tidak bertanggung jawab pada kondisi udara yang sifatnya korosif, keadaan pengoperasian tidak sesuai di lapangan, instalasi atau perbaikan produk tidak ditunjuk oleh pihak perusahaan, kebakaran, bencana alam, pencurian.

Tidak berlaku juga bila nomor seri produk sudah dihilangkan, dirusak atau diubah. Supaya lebih jelas mengenai detail jaminan, Anda bisa meminta informasinya pada distributor Schneider bergaransi resmi terkait.

Bila ingin melakukan klaim garansi, bisa langsung mengajukannya kepada distributor yang dipilih. Atau bisa juga dengan mengakses laman www.schneider-electric.com, pilih asal negara, buka tab dukungan untuk memperoleh informasi kontak sesuai kawasan Anda.

 

Berikut Daftar Beberapa Produk Panel Schneider

Sebenarnya ada banyak produk keluaran Schneider yang sudah terkenal berkualitas tinggi, baik itu berupa komponen atau panel. Dari sekian banyaknya produk panel keluaran Schneider, berikut beberapa daftarnya.

 

1. Panel Kapasitor Bank

Pertama, panel kapasitor bank yang berisikan beberapa komponen kapasitor. Satu sama lainnya dihubungkan seri dengan tujuan menyimpan energi listrik. Hasil penyimpanannya dipakai untuk memperbaiki atau menetralkan keterlambatan faktor daya.

Selain itu berfungsi untuk meningkatkan jumlah seluruh energi tersimpan. Tapi tidak semua distributor Schneider bergaransi menyediakan produk panel satu ini. Sebab, ada distributor yang hanya menyediakan beberapa produk kategori ramai dicari pelanggan.

Sedangkan terhadap rangkaian beban, kapasitor yang dihubungan dengan metode paralel. Pada saat rangkaian diberikan tegangan, bagian elektron akan mengalir menuju kapasitor.

Tegangan akan berubah saat kapasitor sudah penuh elektron. Setelah itu, elektron dari kapasitor keluar dan mengalir menuju rangkaian yang membutuhkan. Jadi, bisa dikatakan kapasitor menghasilkan daya reaktif.

Kapasitor akan menahan bagian elektron bila tegangan yang diubah sudah kembali pada kondisi konstan atau normal. Panel ini kerap dipasang di pabrik atau industri yang mempunyai kebutuhan daya listrik besar.

Untuk memastikannya, Anda bisa mengecek testimoni pelanggan distributor Schneider bergaransi produk panel kapasitor bank ini. Akan banyak ditemukan pelanggan untuk kebutuhan industri atau pabrik.

Tapi, sekarang ini kapasitor bank juga dipakai dilingkup rumah-rumah dengan harga bervariasi. Tujuan dari pemasangannya yaitu untuk menghemat keluaran daya listrik.

 

2. MCC Panel

Produk panel selanjutnya adalah MCC atau Motor Control Center. Panel ini berfungsi sebagai pusat pengontrolan pengoperasian motor listrik supaya lebih efisien. MCC akan membantu pengontrolan operasi beberapa motor dalam kurun waktu bersamaan.

Bila kontroler dengan motor diposisikan secara terpisah di lapangan, bisa rentan mengalami korosi. Selain itu juga menghambat pengoperasian akibat vibrasi serta temperature.

Kondisi inilah yang membuat distributor Schneider bergaransi penyedia MCC panel menjadi buruan pemilik industri. Apalagi penggunaan motor listrik dalam lingkup industri cukup banyak untuk mendukung proses produksi.

Beberapa contohnya pada fan, kompresor, penggerak pompa, conveyor dan masih banyak lagi lainnya. MCC di dunia industri secara umum memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai sistem proteksi beban motor dan sistem kontrol, monitoring beban serta interlock.

 

3. Cubicle Panel

Cubicle panel berfungi mengendalikan, melindungi, menghubungkan dan membagi tenaga listrik dari sumbernya. Pengendalian ini dilakukan oleh bagian saklar utama. Sedangkan pelindung, dilakukan oleh pelebur atau fase.

Pembagi dilakukan oleh pembagian kelompok atau jurusan, dengan istilah lain busbar. Biasanya, pencari distributor Schneider bergaransi cubicle panel dilakukan oleh orang-orang yang bekerja dalam lingkup distribusi listrik.

Salah satunya, cubicle panel varian tegangan menengah atau medium voltage yang secara umum dipasang di ruang gardu distribusi listrik. Varian produk cubicle beragam, menyesuaikan dengan kebutuhan.

 

Membahas Tentang Mikmar Gracindo, Distributor Schneider Bergaransi di Indonesia

Selanjutnya akan dibahas tentang PT. Mikmar Gracindo, salah satu distributor produk Schneider bergaransi resmi yang ada di Indonesia. Perusahaan kami berlokasi di Jalan Daan Mogot Km 19, tepatnya komplek pergudangan tunas blok A2 nomor 2, Tangerang, Banten.

Perusahaan kami sudah didirikan lebih dari sepuluh tahun silam, tepatnya pada tahun 2011. Pada awalnya, Mikmar Gracindo menjalankan bisnis dengan menyediakan PTM atau panel tegangan menengah.

Seiring berjalannya waktu, distributor Schneider bergaransi ini memperluas cakupan bisnisnya dengan menyediakan berbagai perangkat baru. Seperti transformator dan panel bertegangan rendah. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan.

Apalagi industri kelistrikan senantiasa terjadi pengembangan, sangat disayangkan bila peluang yang ada tidak dimanfaatkan. Perusahaan kami mampu memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagai jenis sektor.

Mulai dari pengembangan real estate dan perumahan, perusahaan manufaktur, proyek pemerintah, rumah sakit serta lainnya. Mikmar Gracindo melayani pelanggan dalam cakupan wilayah yang luas, bukan hanya Jakarta saja.

Ada Sulawesi, Jawa, Kalimantan, Papua, Bali, Timor Tenggara hingga Sumatera. Jadi, walaupun Anda berlokasi tidak satu wilayah dengan distributor Schneider bergaransi ini, seharusnya tidak menjadi masalah.

Beragam produk panel bisa Anda temukan pada penyedia satu ini, mulai dari MCC, SDP, LVMDP, cubicle, battery charger dan bank capacitor. Ada juga transformator dan masih banyak produk lainnya.

Bila bertanya-tanya, mengapa harus Mikmar Gracindo? Karena melalui penyedia ini, Anda akan menemukan produk ready stock dengan kualitas tinggi, harga kompetitif, pelayanan memuaskan disertai tim pendukung yang sportif.

Selain itu, melalui distributor Schneider bergaransi ini, pesanan yang dibuat oleh para pelanggan akan diproses dengan cepat. Setelah itu, dikirimkan dengan cepat juga. Jadi, Anda hanya tinggal menunggu pesanan datang.

 

Beberapa Layanan yang Diberikan oleh Distributor Mikmar Gracindo

Bukan hanya menyediakan produk, Mikmar Gracindo juga memiliki beberapa layanan yang bisa Anda manfaatkan. Mengenai layanan tidak kalah kualitasnya dengan produk yang ditawarkan. Beberapa layanan dimaksud meliputi:

 

1. Layanan Instalasi

Pertama adalah layanan instalasi listrik, termasuk juga pemasangan tray line, pemberian energi, pemasangan kabel listrik utama, pemasangan trafo atau bilik, penyambungan kabel serta SLO atau Sertifikasi Kelayakan Operasi.

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Mikmar Gracindo merupakan salah satu anggota dari Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal di Indonesia atau singkatannya AKLI. Mengenai performa insinyur atau teknisi tidak perlu diragukan lagi.

Sebab, distributor Schneider bergaransi ini memiliki insinyur yang memiliki sertifikat resmi dengan tingkat profesionalitas tinggi. Keahlian dan pengalaman di bidangnya selama bertahun-tahun bisa menjadi bukti bahwa proyek akan selesai tepat waktu.

 

2. Pengujian dan Commissioning

Selain instalasi, Mikmar Gracindo menyediakan layanan pengujian serta commissioning. Jadi, instalasi listrik akan terselesaikan dengan hasil optimal dan sempurna. Aktivitasnya mencakup pemeriksaan instalasi listrik.

Tujuannya untuk memastikan bahwa pengoperasiannya aman dan tanpa adanya cacat. Proses pengujian serta inspeksi yang dilakukan meliputi dua bagian utama, yaitu construction check dan visual check.

Pada construction check akan dilakukan pemeriksaan instalasi serta perakitan komponen. Dengan tujuan memeriksa apakah penanganan sudah dilakukan sesuai aturan dan standarnya atau belum.

Jadi, melalui distributor Schneider bergaransi Mikmar Gracindo, Anda tidak hanya bisa memperoleh produk sesuai kebutuhan saja. Bila menginginkan layanan pengujian serta commissioning untuk proyek tertentu juga bisa.

Sedangkan pada visual check berisikan pemeriksaan pada setiap komponen dalam instalasi listrik. Beberapa contohnya sistem kontrol, meger, scoen, instalasi kawat dan masih banyak lainnya.

Tujuan pemeriksaan untuk memastikan bahwa seluruh komponen terpasang sudah sesuai dengan standar dan spesifikasi teknis yang tertera dalam dokumen kontak. Selain itu juga memastikan keseluruhannya dalam kondisi baik tanpa adanya cacat sama sekali.

Ada juga pengujian lain yang perusahaan kami bisa dilakukan. Beberapa diantaranya pengujian individu, tegangan, ketahanan serta sistem keamanan kelistrikan.

Baik untuk kebutuhan mencari produk atau membutuhkan layanan sebagaimana pada uraian tersebut, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Mikmar Gracindo. Konsultasi ini bertujuan untuk memperoleh produk dan layanan terbaik sesuai kebutuhan.

 

Bila ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, bisa mengakses situs Mikmar Gracindo di mikmargracindo.com. Atau bisa juga menghubungi distributor Schneider bergaransi resmi satu ini melalui nomor WhatsApp berikut

 

 

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

 

Baca juga: Distributor Schneider Harga Bersaing Jakarta