Tentu saja semua orang sudah tahu kalau jasa distributor panel listrik untuk pabrik sangat vital. Kebutuhan pabrik akan listrik sangat besar, tidak bisa disamakan dengan penggunaan rumahan. Tetapi dari semua itu, ada standar keamanan yang wajib terpenuhi lebih dulu.

Sebagai tempat usaha yang hampir di semua kegiatannya mengandalkan listrik, maka parbik harus memastikan kebutuhannya terpenuhi. Pabrik juga harus pintar mengatur di sektor apa kebutuhan listrik ini akan diprioritaskan, apakah itu untuk penerangan atau kerja mesin.

Agar pengaturan aliran listrik dapat dilakukan dengan mudah, maka alat yang mudah dipakai adalah panel listrik. Panel listrik ini yang akan distribusi daya listrik ke keperluan pabrik secara merata. Dengan adanya panel ini juga yang menentukan kinerja di dalam pabrik itu.

Tetapi penggunaan panel listrik juga tidak boleh sembarang. Semua harus sesuai dengan apa yang seharusnya agar tidak terjadi kerusakan atau risiko lain. Adapun standar keamanan pada panel listrik ini kita sebut dengan label distributor, dan Anda perlu tahu apa saja itu.

 

Standar Peraturan dari Distributor Panel Listrik Untuk Pabrik yang Wajib Ada

Harus ingat kalau penggunaan pengatur daya listrik ini harus sesuai dengan daya dan fungsi utama panel itu. Tidak boleh digunakan terlalu melebihi batas juga jika tidak ingin bahaya terjadi. Distributor panel listrik untuk pabrik juga memiliki tanggung jawab keamanan.

Artinya, calon pembeli harus sudah tahu apa saja sertiikasi keamanan yang ada di panel itu. Kami memiliki sejumlah standar label yang wajib dimiliki, tetapi di luar sana masih banyak label lain. Menurut kami, terdapat 7 label panel yang utama dan wajib dimiliki, yaitu:

NEC

Label pertama adalah dari National Electrical Code (NEC). Distributor panel listrik untuk pabrik memerlukan label NEC ini untuk standar keamanan instalasi komponen pada panel ini serta kabelnya. NEC ini biasanya diberikan dengan proses panjang.

NFPA 79

Jika tadi standar soal pemasangan alat elektik dan kabel, kini ada NFPA yang bertugas untuk jaminan keamanan di segi proteksi api. Biasanya komponen yang wajib ada label NFPA 79 ini adalah material mesin. Jika overheat, mesin tidaka akn terbakar.

UL 508 dan UL 6-957-4-1

Standar yang wajib dimiliki distributor panel listrik untuk pabrik selanjutnya adalah UL 508 yang dalam beberapa tahun mendatang akan diganti dengan UL 70947-4-1. Label ini adalah untuk kebutuh mendadak box terminasi untuk ketersediaan listrik.

UL 864

Jika NFPA 79 tidak berfungsi baik dan bagian mesin sudah terlalu overheat, maka UL 864 adalah sistem yang mengirimkan pemberitahuan. Jika suhu dinilai sudah tidak wajar, maka sistem ini akan membunyikan tanda untuk proteksi bagian mesin.

UL 2075

Selanjutnya kalah ada gas atau udara yang tidak bagus untuk kesehatan mesin, maka yang akan bertanggung jawab adalah UCL 2025. Bisanya ini bergunsi untuk kirimkan notifikasi jika dalam mesin memukan sesuatu yang udaranya tidak normal.

UL 1203

Untuk standar kebutuhan selanjutnya, distributor panel listrik Untuk Pabrik perlu memberi label UL 1203 jika menjamin kalau mesin ini bukan sebuah bom. Alat berat ini tidak akan melakukan kerusakan meskipun ada di situasi yang berbahaya.

UL 218

Dan ketersediaan pengontrol suhu juga wajib dipastikan ada. Jangan anggap kalau semua kegiatan pabrik itu sama, sehingga sebaiknya calon pebisnis seperti kalian bisa keluar. UL 2018 lebih menekankan kontrol terhadap ahli ataupun tensi panas.

 

Pertimbangan Standar Peraturan Tersebut Terhadap Distributor Panel Listrik Untuk Pabrik

Anda pasti masih juga bertanya apa gunanya seluruh regulasi dan label itu. Tetapi dari badan sertifikasinya sendiri telah menjelaskan 4 poin paling penting mengapa standar regulasi pada seluruh panel listrik itu diperlukan. 4 alasan dari label tersebut antara lain:

Kebutuhan Sertifikasi

Bagaimana sebuah badan regulasi bisa memberikan sertifikasi ke produk tertentu jika distributor panel listrik untuk pabrik tidak menyertakan standarisasi. Dengan adanya beberapa label, badan regulator bisa mengecek apakah semua elemen aman.

Spesifikasi Perlengkapan

Selanjutnya adalah soal spesifikasi. Dengan sudah ada label seperti itu juga yang menjadi kemudahan dalam menentukan spesifikasi tambahan apa yang sekiranya diperlukan oleh pabrik. Misalnya kurang di sistem alarm, maka tinggal ditambah.

Ketahanan

Dari label yang diberikan oleh distributor panel listrik untuk pabrik ini juga fungsinya adalah untuk mengukur daya tahan dari sebuah panel listrik. Panel listrik dibuat penuh fungsinya. Jika sertifikasinya lengkap, maka daya tahannya juga semakin lama.

Material

Ada juga yang menggunakan sertifikasi ini untuk penentuan material. Misalnya label disebutkan tahan api, maka bahannya pasti bukan sejenis plastik atau yang mudah terbakar. Dari sini juga calon konsumen bisa menentukan pilihan panel mereka.

 

Struktur pada Panel Listrik Untuk Kebutuhan Pabrik

Tetapi soal struktur panel ini juga tidak boleh disusun sembarangan. Secara sekilas, kita bisa menilai sendiri apakah panel telah tersusun rapi atau malah berserakan. Yang bisa menjadi bahan pertimbangan ketika mencari panel listrik seperti ini antara lain:

Tipe Konstruksi

Dalam hal konstruksi, distributor panel listrik untuk pabrik sediakan dua jenis. Ada yang closed panel atau semua sisi kelistrikan tertutup dan open panel, yang berarti semuanya dapat terlihat tanpa harus bongkar bagian penutupnya lebih dulu.

Tipe Cabinet

Cabinet atau struktur bagian atas juga ada yang berbeda. Ini bisa menjadi piliihan Anda apakah ingin yang dengan tebal 600 atau yang paling lebar 850 mm. Jika semakin tebal, maka sisi atas panel bisa diletakkan barang yang lebih berat nantinya.

Tipe Instalasi

Tipe instalasi sendiri juga menjadi pengukuran apakah sebuah panel dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Tipe instalasi sendiri ada yang untuk internal pabrik atau diluar pabrik. Ada juga yang fixed panel atau memilih mobile panel jika ingin dipindah.

 

Ukuran yang Pas Untuk Pemesanan pada Distributor Panel Listrik Untuk Pabrik

Soal ukuran sendiri tidak ada penentuan atau standarnya. Semakin besar daya yang pabrik butuhkan untuk jalankan aktivitas di dalamnya, maka panel juga akan semakin besar. Karena nanti di dalamnya akan butuh mesin yang menghasilkan jumlah daya yang lebih besar.

Selain itu, saat ada di bagian penyusunan juga sebaiknya meletakkan sejenis AC pada di dalam panel. Bukan seperti AC konvensional, tetapi letakkan ruang khusus untuk ventilasi. Dengan adanya ventilasi ini, suhu dari distributor panel listrik untuk pabrik tidak akan overheat.

Jika masih kesulitan mendapatkan penyedia panel listrik, maka kami sarankan Anda untuk cari di mikmargracindo.com. Situs ini adalah milik salah satu distributor panel listrik, Mikmar Gracindo. Anda juga bisa langsung hubungi ke nomor 021 543 373 45 untuk konsultasi.

 

Dengan semakin banyak pilihan panel saat ini, panel listrik adalah yang paling utama. Apalagi untuk kegiatan pabrik, distribusi energi yang sangat besar akan mewarnai seluruh aktivitas di sana. Maka dari itu, peran distributor panel listrik untuk pabrik sangat besar.

 

Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi di nomor (021) 543 373 45.