Listrik memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan dunia modern. Untuk bisa digunakan, listrik perlu dibagi, disalurkan, dan didistribusikan memakai perangkat yang dinamakan dengan panel listrik. Distributor panel listrik Schneider Jakarta adalah salah satu penyedia perangkat tersebut.

Karena memiliki fungsi dan perannya masing-masing, panel listrik dibagi ke dalam beberapa jenis. Berikut beberapa jenis panel listrik yang biasa digunakan dalam dunia kelistrikan, mulai dari membagi, menyalurkan, hingga mendistribusikan listrik.

Jenis-Jenis Panel Listrik dan Spesifikasinya

Untuk bisa menggunakan listrik dari tegangan yang besar menjadi tegangan yang ‘ramah’ guna diperlukan banyak alat yang dipakai. Alat-alat tersebutlah yang menyalurkan listrik dari yang bertegangan besar sampai kecil.

Tidak hanya satu, rupanya ada beberapa jenis panel listrik yang digunakan, seperti:

1. Panel LVMDP dan LVSDP

LVMD merupakan kependekan dari Low Voltage Main Distribution Panel, sedangkan LVSDP adalah kependekan dari Low Voltage Sub Distribution Panel (LVSDP). Fungsi dari panel LVMDP adalah untuk memeriksa daya dari transformator yang akan didistribusikan ke panel LVSDP.

LVSDP berfungsi sebagai pendistribusi daya dari panel LVMDP ke berbagai macam barang elektronik. Pemakaian LVSDP bisa ditemukan pada shorted output device, loop break alarms untuk bandara, heater current indication, stadiums, pabrik, serta convention centuries.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat panel LVMDP adalah memiliki sistem keamanan instalasi listrik. Dengan begitu, penggunaan panel tersebut akan jauh lebih baik dan tentunya lebih aman.

2. Main Distribution Panel (MDP)

Dari LVMDP, listrik kemudian akan disalurkan ke panel selanjutnya yang disebut dengan Main Distribution Panel. Panel ini selain berfungsi sebagai penerima pasokan listrik dari LVMDP juga berfungsi untuk membagi suplai listrik ke panel selanjutnya yang lebih kecil, contohnya tenant gedung.

Adapun besaran tegangan yang didistribusikan panel MDP adalah 380 / 220 volt. Berkat adanya pemasangan MDP, distribusi listrik dari PLN ke rumah-rumah menjadi lebih aman dan terkendali dan masyarakat dapat memanfaatkannya untuk keperluan sehari-hari.

3. Sub Distribution Panel (SDP)

Untuk mendistribusikan listrik dari LVMDP, SDP menggunakan komponen Moulded Case Circuit Breaker (MCCB). Pemakaian SDP pada distribusi listrik akan membuat pemakaian daya listrik menjadi lebih efektif.

Selain itu, pemasangan SDP juga menjadikan panel lebih aman ketika terjadi bahaya listrik seperti Short Circuit.

4. Synchronizing Panel

Panel Synchron atau Synchronizing Panel merupakan panel yang bisa dioperasikan baik secara manual maupun otomatis. Panel ini memiliki beberapa genset yang memiliki kapasitas masing-masing. Genset tersebut nantinya akan menerima beban secara bersamaan dan kemudian baru digunakan.

5. Panel Level Control

Berbeda dengan beberapa jenis panel listrik yang lainnya, Panel Level Control atau Water Level Control  (WLC) adalah panel yang banyak digunakan pada kebutuhan pompa air atau keperluan rumah tangga.

Digunakan sebagai pompa air karena metode pengoperasian panel ini menggunakan energi listrik dalam motor listrik untuk dapat memompa air. Fungsi utama alat ini adalah mengontrol tangki penampungan sesuai kapasitas air.

Untuk menentukan batas air dalam penampungan, WLC menggunakan pelampung. Air yang sudah penuh dalam tangki atau bak penampungan tidak akan terbuang sia-sia, karena alat ini akan mati dengan sendirinya jika air sudah terisi penuh.

6. Panel Kapasitor Bank

Kapasitor bank dikenal sebagai panel yang dapat dipakai untuk menghemat daya listrik. Alat ini memiliki fungsi untuk menurunkan ampere menggunakan beban motor, menghilangkan daya induktif pada motor, serta menstabilkan motor serta mendinginkannya.

Panel ini kerap digunakan pada industri yang memakai daya listrik dalam jumlah besar dan audio pada mobil. Panel ini justru jarang digunakan untuk listrik perumahan karena tidak diperlukan sekaligus harganya terbilang mahal.

Alat ini bisa Anda dapatkan melalui distributor panel listrik Schneider Jakarta dan area lain yang menyediakannya. Merek Schneider terbilang bagus dan jika Anda menemukan distributor yang tepat maka bisa mendapatkan harga yang murah.

7. KWH Meter

KWH meter atau panel kWH merupakan alat yang digunakan untuk mengukur daya dengan beban masing-masing. Pada alat inilah beberapa kWH dikumpulkan menjadi satu, oleh sebab itu bisa diukur dayanya.

Panel ini bisa Anda jumpai baik di perumahan dalam jumlah kecil maupun pemakaian listrik secara besar di perusahaan dan sebagainya dalam jumlah kWH meter yang banyak dengan posisi berjajar.

8. Panel Genset AMF ATS

AMF merupakan kependekan dari Automatic Main Failure yang sering disebut juga dengan automatic start. Sedangkan ATS merupakan kependekan dari Automatic Transfer Switch yang sering disebut juga dengan stop genset.

Panel AMF yang bisa ditemukan pada genset ini berfungsi untuk menghidupkan genset secara otomatis jika terjadi pemadaman listrik PLN. Setelah itu, aliran listrik PLN akan ditutup dan secara otomatis akan terjadi penyuplaian listrik secara otomatis juga oleh ATS.

9. Panel Change Over Switch (COS)

Jenis panel listrik yang terakhir dinamakan dengan Change Over Switch atau COS. Panel ini memiliki fungsi sebagai pemutus sekaligus penyambung aliran arus listrik secara langsung dari sumber atau pusatnya. Panel ini dapat dioperasikan baik secara otomatis maupun secara manual.

Distributor Panel Listrik Schneider Jakarta Terbaik

Untuk memenuhi kebutuhan panel-panel listrik di berbagai bidang, Mikmar Gracindo menjual berbagai macam panel listrik berkualitas, termasuk merek Schneider. Lokasi perusahaan ada di Komplek Pergudangan Tunas Blok A2 No. 2 Jl. Daan Mogot KM 19 Tangerang.

Perusahaan ini sudah ada sejak tahun 2011 dari yang awalnya hanya menyediakan Medium Voltage Panel hingga berkembang seperti sekarang. Saat ini, perusahaan tersebut juga menyediakan keperluan Low Voltage Panel serta Transformator atau Trafo.

Bukan hanya itu, MG juga menyediakan kebutuhan akan jasa instalasi listrik untuk kebutuhan listrik berskala besar seperti listrik pabrik dan perumahan besar.

Jika Anda masih ragu dan bimbang harus mempercayakan MG atau tidak, berikut beberapa alasan yang mungkin dapat meyakinkan Anda:

  • MG menyediakan produk yang siap dikirimkan (bukan PO) dengan kualitas tinggi.
  • Proses pemesanan tak perlu memakan waktu lama dan bisa dilakukan secara online.
  • Proses pengiriman barang pesanan dijamin cepat.
  • Semua produk dijual dengan harga yang bisa bersaing dengan distributor lainnya.
  • Memiliki tim yang berdedikasi dalam melayani klien serta tim yang bekerja secara profesional.
  • Menyediakan proses instalasi, testing, serta pengujian.

Bukan hanya soal layanan dan produk, keberagaman produk yang disediakan juga akan sangat membantu memenuhi apa yang sedang Anda butuhkan, karena tentunya kebutuhan setiap orang tidak hanya satu termasuk dalam urusan kelistrikan.

Adapun beberapa produk panel listrik yang disediakan oleh perusahaan MG antara lain:

  • Panel kapasitor bank
  • Panel pengisian baterai
  • Panel LVMDP
  • Panel MCC
  • Panel SDP
  • Transformator / Trafo
  • Panel Bilik
  • Dan masih banyak lagi produk yang lainnya.

Memilih Mikmar Gracindo sebagai distributor panel listrik Schneider Jakarta terbaik bukanlah suatu keputusan yang salah. Jika ingin menggali informasi MG lebih lanjut, silakan hubungi nomor +62(21) 543 373 45 atau kunjungi situs web MG di mikmargrachindo.com.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.