Saat sedang membangun perusahaan maupun pabrik Anda akan membutuhkan distributor panel listrik Indonesia terpercaya. Distributor ini akan menyediakan berbagai panel listrik yang dibutuhkan untuk instalasi.

Panel yang digunakan umumnya bervariasi mulai dari yang memiliki ukuran kecil hingga yang ukurannya besar. Selain itu bisa juga digunakan untuk melakukan proses perancangan hingga isolasi.

Jenis Panel Listrik dan Fungsinya

Panel listrik terdiri dari beberapa jenis dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis panel listrik yang sering digunakan.

1. Main Distribution Panel (MDP)

Sebenarnya salah satu fungsi utama dari panel MDP adalah melakukan distribusi listrik ke alat-alat yang ada di bawahnya. Listrik dengan tegangan yang lebih kecil disebarkan agar lebih sesuai dengan kebutuhan.

Saat melakukan distribusi kelistrikan biasanya MDP akan menerima tegangan dari LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel). Setelah itu baru dilanjutkan dengan dibagi-bagi sesuai dengan kebutuhan.

2. Sub Distribution Panel (SDP)

Secara umum panel ini hampir sama dengan jenis sebelumnya atau MDP. Yang membedakannya hanyalah bagian komponen. SDP biasanya lebih banyak menggunakan Moulded Case Circuit Breaker (MCCB).

Selanjutnya aliran listrik pusat yang digunakan juga sama yaitu menggunakan tegangan yang lebih rendah atau sering disebut sebagai LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel). Setelah itu baru didistribusikan ke alat listrik yang dipakai.

Biasanya alat ini bisa mendistribusikan listrik dengan sangat baik sehingga alat-alat yang ada di bawahnya bisa bekerja dengan baik. Biasanya banyak digunakan di tempat yang membutuhkan banyak jaringan.

3. Panel Listrik LVMDP dan LVSDP

LVMDP (Low Voltage Main Distribution Panel) dan LVSDP (Low Voltage Sub Distribution Panel) akan bekerja secara bersama-sama dan tidak akan bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain.

LVMDP digunakan untuk menerima daya listrik yang berasal dari transformator. Selanjutnya dilakukan proses pengecekan terlebih dahulu sebelum dilanjutkan ke bagian LVSDP.

Pada bagian LVSDP barulah terjadi pembagian tegangan ataupun daya ke berbagai alat listrik yang ada di bawah. Jadi alat listrik tidak akan menerima listrik dari pusat tetapi dari alat yang sudah membagi tegangan.

4. Panel Synchronizing

Alat ini biasanya terdiri dari beberapa sambungan yang menjadi satu. Penggunaannya juga akan dilakukan secara bersamaan sehingga bisa digunakan untuk melakukan proses sinkronisasi daya.

Alat yang digunakan biasanya dalam bentuk genset yang akan bergabung satu dengan yang lain. Apabila jaringan listrik mengalami gangguan maka akan otomatis menyala dan menyuplai listrik yang dibutuhkan.

5. Panel Level Control

Panel level control atau sering juga disebut sebagai panel kontrol air adalah panel listrik yang biasanya dipakai pada tandon air. Alat ini bisa mendeteksi ketinggian air dan menyala atau mati secara otomatis.

Biasanya alat ini digunakan pada rumah-rumah atau fasilitas umum yang tidak memerlukan pengawasan khusus. Apabila tandon air sudah habis maka alat akan menyala dengan sendirinya hingga tandonnya penuh.

Panel ini cukup mudah untuk digunakan dan biasanya bisa dipasang oleh siapapun. Karena ukurannya tidak terlalu besar sehingga tidak membutuhkan instalasi yang rumit serta daya tinggi.

6. Panel KWH

Salah satu jenis panel listrik yang paling banyak digunakan bahkan di hampir seluruh rumah di Indonesia. Alat ini digunakan untuk menerima distribusi listrik yang diberikan oleh PLN.

Biasanya alat ini akan membatasi jumlah daya yang nantinya akan digunakan. Yang paling rendah adalah daya sebesar 450 watt. Selanjutnya akan bertambah kelipatannya seperti 900 watt hingga di atas itu.

Alat ini juga menunjukkan seberapa banyak cahaya yang sudah digunakan. Semakin banyak daya yang digunakan maka membutuhkan biaya yang lebih besar.

7. Panel MCC

Panel MCC merupakan salah satu panel listrik yang biasanya digunakan untuk pusat kendali atau kontrol kelistrikan. Panel ini umumnya terdiri dari motor listrik yang menjadi satu dengan beberapa komponen lainnya.

Fungsi utama dari panel MCC adalah melakukan proses distribusi voltase. Karena biasanya akan tersambung ke berbagai instalasi listrik yang membutuhkan koneksi dengan besaran yang berbeda-beda.

Selain itu alat ini juga digunakan untuk fitur keamanan karena bisa mematikan ataupun menyalakan listrik secara bersamaan. Alat juga bisa meminimalkan terjadinya lonjakan listrik dan mencegah terjadinya konsleting.

8. Panel Capasitor Bank

Panel kapasitor bank ini bisa digunakan untuk mengatur bagian motor listrik di dalam jaringan. Hari ini akan memaksimalkan penggunaan listrik seperti mengatur ampere sehingga bagian mesin menjadi lebih stabil.

Adanya panel ini juga akan membuatnya menjadi lebih tahan dengan panas atau tidak mudah mengalami overheating. Lebih lanjut alat ini juga digunakan untuk melakukan penghematan listrik yang dipakai.

9. Panel Genset AMF ATS

Alat ini banyak digunakan pada perkantoran, perusahaan, pabrik, atau rumah yang membutuhkan daya listrik sangat besar. Ketika listrik dari PLN terputus alat akan menyala dengan sendirinya untuk menyuplai listrik.

Dan saat ini memiliki kemampuan untuk melakukan proses menyalakan dan mematikan secara otomatis. Jadi ketika listrik yang digunakan mengalami gangguan masih bisa diatasi untuk sementara waktu.

Beberapa jenis panel genset juga ada yang harus dinyanyikan terlebih dahulu secara manual. Biasanya jenis ini menggunakan bahan bakar biasa seperti solar sehingga harus diperiksa terlebih dahulu ketersediaannya.

10.  Panel Change Over Switch (COS)

Panel listrik terakhir ini sebenarnya ada juga di beberapa panel yang sudah dibahas di atas. Namun juga bisa berdiri sendiri karena memiliki fungsi untuk menyambungkan atau memutuskan listrik.

Panel ini bisa dijalankan secara remote atau dengan jarak jauh. Jadi meski berada di jarak yang jauh sekalipun masih bisa menyalakan ataupun memutus listrik secara otomatis.

Selanjutnya adalah panel yang hanya bisa dijalankan secara manual. Untuk menjalankannya harus diputus dengan cara menekan tombol yang tersedia.

Manfaat Memakai Distributor Panel Listrik

Memakai distributor panel listrik Indonesia terpercaya memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaat yang harus dimaksimalkan agar kelistrikan pabrik ataupun perusahaan berjalan baik.

1. Mendapatkan Produk Berkualitas

Manfaat pertama yang didapatkan apabila menggunakan layanan distributor panel listrik adalah produk yang berkualitas. Apalagi menggunakan distributor seperti Mikmar Gracindo.

Produk yang nantinya akan digunakan memiliki kualitas yang sangat tinggi. Jadi, hanya beli sekali saja bisa digunakan hingga bertahun-tahun karena tidak akan mengalami kerusakan sama sekali.

Yang paling penting setelah menggunakan produk alat listrik jenis apapun termasuk panel listrik harus dilakukan perawatan yang baik. Dengan perawatan yang baik tidak akan mudah mengalami kerusakan khususnya yang besar.

2. Bisa Disesuaikan dengan Kebutuhan

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan apabila menggunakan distributor panel listrik Indonesia terpercaya adalah bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Karena biasanya alat yang dipakai bisa berbeda-beda.

Terkadang ada yang ingin menggunakan alat dengan kualitas sangat tinggi dan ada juga yang ingin menggunakan alat berkualitas saja. Jadi bisa disesuaikan dengan budget yang dibutuhkan.

Umumnya pihak distributor akan memberikan penawaran sesuai dengan budget yang diberikan. Jadi Anda tidak perlu kebingungan untuk menentukan dan mencari alat apa saja karena akan dicarikan.

3. Menawarkan Harga Lebih Miring

Harga yang ditawarkan oleh distributor tentu akan berbeda dengan harga yang ditawarkan oleh toko ritel atau pengecer. Harga kemungkinan besar akan lebih murah meski pakai merek panel listrik terbaik.

Itulah kenapa distributor alat apa panel listrik sangat dibutuhkan untuk perusahaan atau pabrik yang sangat besar. Dengan harga yang lebih murah maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Mereka lebih menghemat biaya operasional yang nantinya akan dikeluarkan. Jadi tidak perlu mengeluarkan banyak biaya apabila ingin membeli produk panel listrik yang biasanya memiliki harga tinggi.

Layanan Distributor Panel Listrik Indonesia Terpercaya

Umumnya layanan distributor panel listrik tidak ada yang menyediakan produk-produk alat listrik yang saja. Mereka juga menyediakan produk atau layanan lain yang terdiri dari.

1. Merancang Infrastruktur Listrik

Merancang infrastruktur listrik juga bisa dilakukan oleh pihak distributor. Biasanya mereka akan menawarkan layanan ini pada perusahaan yang belum memiliki instalasi listrik baik atau ingin diperbaiki.

Instalasi listrik ini biasanya akan dilihat berdasarkan infrastruktur yang ada pada bangunan. Selain itu juga akan dilihat alat apa saja yang digunakan pada pabrik atau suatu perusahaan.

Dengan melihat dua elemen besar itu maka bisa ditentukan kira-kira alat apa saja yang dibutuhkan. Selain itu bisa juga digunakan untuk mencari tahu kira-kira berapa besar voltase ataupun daya yang dipakai.

2. Melakukan Pemasangan

Setelah melakukan proses perancangan tahap selanjutnya adalah dengan melakukan proses pemasangan. Proses ini dilakukan dengan cermat sesuai dengan desain yang sudah dibuat sebelumnya.

Normalnya proses pemasangan instalasi ini dilakukan pada bangunan atau infrastruktur yang belum digunakan. Jadi proses penanaman kabel atau alat listrik lain bisa berjalan dengan lebih lancar.

Namun apabila digunakan pada infrastruktur yang sudah jadi sebenarnya juga masih bisa. Apalagi infrastruktur itu merupakan bangunan lama yang akan diubah.

3. Melakukan Uji Coba

Setelah melakukan instalasi atau pemasangan berbagai alat listrik termasuk panel listrik tahap selanjutnya adalah dengan melakukan uji coba. Ini penting untuk dilakukan agar mengetahui apakah instalasi yang dibuat berjalan lancar atau tidak.

Karena bisa saja instalasi yang dilakukan dan sudah sesuai dengan rancangan justru mengalami gangguan. Itulah kenapa uji coba harus dilakukan terlebih dahulu dan harus dipastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Apabila dalam tahap uji coba ini sudah berjalan dengan lancar proses selanjutnya adalah melakukan instalasi alat-alat yang akan digunakan. Setelah itu bisa langsung digunakan untuk produksi atau pekerja.

4. Perbaikan

Terakhir dan tidak kalah penting adalah melakukan perbaikan. Ini penting untuk dilakukan karena bisa saja alat ataupun panel listrik yang digunakan mengalami kerusakan atau ada gangguan di beberapa bagian.

Distributor atau supplier biasanya akan memiliki tim yang bisa melakukan perbaikan dan pengecekan. Tim ini akan memperbaiki berbagai masalah yang terjadi sehingga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah.

Meskipun tidak selalu ada masalah tim seperti ini juga akan dibutuhkan untuk melakukan proses maintenance. Jadi, sangat dibutuhkan agar menghindari adanya kerusakan yang memicu penurunan kapasitas produksi.

Salah satu distributor panel listrik Indonesia terpercaya adalah Mikmar Gracindo. Berbagai produk alat listrik disediakan dengan kualitas tinggi. Selain itu juga tersedia layanan untuk melakukan instalasi.

Informasi lebih lanjut terkait dengan layanan atau pun ingin konsultasi terlebih dahulu bisa langsung menghubungi +62(21) 543 373 45.

 

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.