Dalam pemasangan instalasi listrik, panel listrik merupakan komponen utama yang harus dipersiapkan. Mencari distributor panel kontrol mesin Jakarta yang berkualitas dan menawarkan harga terjangkau memang tidak mudah.

Terkadang harga yang ditawarkan tidak sebanding dengan kualitas yang diberikan, sehingga Anda harus memilih distributor dengan cermat. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah distributor yang sudah berpengalaman dalam distribusi panel listrik.

Apa Itu Panel Kontrol Listrik?

Panel Listrik disebut juga sebagai electrical switchboard adalah sebuah benda atau perangkat yang terdiri dari beberapa komponen listrik, yang disusun secara sistematis dengan  sedemikian rupa. Panel listrik berfungsi dalam menyalurkan arus listrik dari sumber tenaga listrik ke beban.

Biasanya panel listrik berbentuk persegi atau kubus yang terbuat dari material besi, tapi ada juga yang terbuat dari material plastik. Panel listrik dilengkapi dengan pintu di bagian depannya sehingga dapat dibuka tutup dan dikunci.

Hal tersebut bertujuan agar komponen-komponen di dalamnya terlindungi dari berbagai gangguan dari luar yang dapat membahayakan instalasi listrik. Oleh karena itu, Anda harus memilih distributor panel kontrol mesin Jakarta yang menawarkan produk berkualitas.

Komponen Panel Listrik Secara Umum

Pada dasarnya fungsi panel listrik sangat banyak dan tiap jenisnya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Tapi pada dasarnya fungsi utama panel listrik adalah sebagai tempat atau wadah terpasangnya berbagai komponen yang akan digunakan untuk mengontrol dan mengendalikan arus listrik.

Bagi yang belum tahu apa saja komponen-komponen yang menyusun panel listrik, berikut ini beberapa di antaranya:

1. ACB (Air Circuit Breaker)

ACB adalah komponen panel listrik yang berfungsi sebagai penghubung dan pemutus rangkaian listrik yang bisa dioperasikan secara otomatis dan manual.

ACB termasuk komponen utama yang menyusun panel listrik yang umumnya dipasang di bagian panel distribusi utama atau yang disebut Main Distribution Panel (MDP).

Komponen ACB akan memutuskan rangkaian arus listrik ketika terjadi nilai arus yang besar atau Over Current dan Short Circuit.

2. MCCB (Moulded Case Circuit Breaker)

Moulded Case Circuit Breaker atau yang disebut sebagai Molded Case Circuit Breaker  ini merupakan komponen yang berfungsi sebagai pelindung. Ketika rangkaian listrik terjadi Over Current atau Short Circuit sama seperti ACB.

Namun, bedanya  ACB dapat memutuskan arus listrik dengan nilai arus listrik maksimal yang lebih tinggi dari pada MCCB.

3. MCB (Miniature Circuit Breaker)

Miniature Circuit Breaker juga memiliki fungsi yang sama seperti MCCB, yakni sebagai pengaman ketika terjadi Over Current atau Short Circuit. Tapi MCB biasanya digunakan di rangkaian listrik dengan arus kecil kurang dari 100 Amp.

4. Pilot Lamp

Komponen panel listrik selanjutnya yaitu pilot lamp yang berperan sebagai lampu indikator R-S-T, yaitu lampu indikasi tanda adanya arus listrik yang mengalir pada panel tersebut. Pilot lamp akan menyala secara otomatis jika terdapat arus listrik yang mengalir pada panel.

Di bawah ini beberapa kode warna pilot lamp dan penggunaannya:

  • Warna kuning merupakan fasa R
  • Warna merah merupakan fasa S
  • Warna hijau merupakan fasa T

5. Push Button

Push Button (tombol) merupakan komponen yang terbagi menjadi 2 jenis yang memiliki kegunaan berbeda, berikut 2 jenis  tombol ini dapat dibagi menjadi 2 jenis tombol tersebut:

  • Push Button On (Run) untuk sistem NO (Normally Open) berwarna hijau
  • Push Button Off (Stop) untuk sistem NC (Normally Close) berwarna merah

6. Emergency Stop

Emergency stop adalah sebuah komponen panel listrik yang cukup penting karena berfungsi sebagai pemutus aliran listrik saat dalam keadaan darurat. Cara menggunakannya cukup ditekan dan semua aliran listrik akan otomatis terputus.

Cara mengembalikannya ke posisi normal yaitu dengan diputar ke arah kanan atau searah jarum jam.

7. Amperemeter

Amperemeter adalah komponen yang berperan sebagai alat ukur listrik, alat ini biasanya tersambung dengan sensor arus yang disebut Current Transformator (CT).

8. CT (Current Transformator)

Current Transformator  berfungsi sebagai pengukur arus listrik, seperti yang telah disebutkan di atas.

9. Voltmeter

Voltmeter juga termasuk komponen alat ukur yang biasanya terdapat pada panel listrik. Namun, voltmeter yang terpasang di panel berfungsi untuk mengukur tegangan listrik secara langsung dari sumber listrik atau Gardu PLN.

10. Magnetic Contactor

Magnetic Contactor termasuk komponen utama panel listrik yang berfungsi sebagai penghubung Dan pemutus rangkaian arus listrik dengan menggunakan prinsip induksi magnetik.

11. Thermal Overload Relay (TOR)

Thermal Overload Relay yang terpasang pada panel listrik berfungsi sebagai pelindung  elektro motor pada bagian MCC (Motor Control Centre). TOR akan bekerja memutuskan rangkaian listrik ketika terjadi arus lebih pada elektromotor.

12. Programmable Logic Control (PLC)

Programmable Logic Control adalah perangkat yang digunakan untuk menggantikan sirkuit relay sekuensial yang berfungsi untuk mengontrol alat berat.

Jenis-Jenis Panel Listrik

Panel listrik terdiri dari bermacam-macam jenis, untuk membedakannya secara spesifik berikut jenis-jenis panel listrik yang berdasarkan bahan, fungsi, dan penggunaannya:

1. Jenis Berdasarkan Bahannya

  • Panel box besi, adalah jenis panel listrik yang terbuat dari material besi plat atau baja tuang.
  • Panel box plastik, adalah jenis panel yang terbuat dari bahan plastik jenis HDPE yang kuat, keras, dan tahan terhadap suhu tinggi.

2. Jenis Berdasarkan Tipenya

  • Wall Mounting, adalah jenis panel listrik yang penempatannya ditempel pada dinding.
  • Free Standing, adalah jenis panel listrik yang memiliki dimensi cukup tinggi dan lebar.
  • Switchgear, adalah jenis panel listrik menengah yang bertugas mendistribusikan sumber listrik ke panel-panel yang berkapasitas lebih rendah melalui trafo.

3. Jenis Berdasarkan Penggunaan

  • Medium Voltage Main Distribution Panel (MVMDP) adalah jenis panel listrik yang berfungsi sebagai pemutus, pemisah, dan penyalur sumber listrik dengan tegangan sebesar 20 KV (20000 Volt) dari panel atau gardu PLN.
  • Low Voltage Main Distribution Panel (LVMDP) adalah panel listrik utama bertegangan rendah berfungsi sebagai pemutus dan pengaman untuk feeder. Serta menerima daya listrik dari trafo dan didistribusikan ke panel-panel bertegangan rendah.
  • Low Voltage Sub Distribution Panel (LVSDP) adalah panel listrik yang berfungsi mendistribusikan arus listrik dari panel LVMDP ke panel lokal atau ke peralatan elektronik (lampu, stop kontak, motor listrik, AC, dan lainnya).

4. Jenis Berdasarkan Fungsi Kontrolnya

1) Panel Kontrol Genset

Panel kontrol genset ini terdiri dari tiga macam yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Panel ATS atau Automatic Transfer Switch
  • Panel AMF atau Automatic Main Failure
  • Panel ATS-AMF
  • Panel Sinkronisasi

2) Panel Kontrol Motor

Panel kontrol motor juga terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah:

  • Panel Motor DOL
  • Panel motor Star Delta
  • Panel MCC
  • Panel VSD

3) Panel Kontrol Faktor Daya

Jenis-jenis panel listrik satu ini berfungsi untuk mengoptimalkan arus listrik dengan cara memperbaiki KVAR menjadi lebih baik hingga mendekati nilai 0,99 – 1 atau nilai yang Anda diinginkan. Sehingga Anda dapat mengurangi tagihan listrik dan terhindar dari denda PLN.

Distributor Panel Kontrol Mesin Jakarta

Mikmar Gracindo sudah berpengalaman dalam bidang instalasi listrik sejak tahun 2011. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor panel listrik supplier, distributor, dan penyedia Low Voltage Panel, Medium Voltage Panel, dan Trafo.

Serta menyediakan jasa instalasi listrik untuk perkantoran, pabrik, perumahan, dan tempat-tempat komersial lainnya yang membutuhkan pemasangan listrik skala besar.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai distributor panel kontrol mesin Jakarta  dengan harga terjangkau. Anda dapat menghubungi nomor +62(21) 543 373 45 atau mengunjungi website resmi kami di mikmargracindo.com.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.