Fungsi panel MV untuk keperluan industri, layanan publik atau penyedia jasa sangatlah tinggi.  Disinilah mengapa para pemilik industri atau perkantoran perlu menyewa jasa distributor MV panel terpercaya area Jakarta.  Panel MV merupakan panel yang mendistribusikan beban listrik menuju beberapa panel dengan kapasitas lebih kecil yang disebut dengan panel tegangan rendah atau Low Voltage Main Distribution Board atau LVMDB

Panel MV sering dikenal sebagai Panel Tegangan Menengah atau PTM.  Distribusi tenaga listrik ke beberapa panel Low Voltage Main Distribution Panel (LVMDP).  Panel MV adalah unit pengubah tegangan menengah ke trafo step down yang akan mendistribusikan listrik ke LVMDP.

Panel sub distribusi mendistribusikan tenaga listrik melalui air circuit breaker ke beberapa peralatan listrik.  Panel MV sendiri memiliki beberapa perlengkapan seperti alat pengukur, circuit breaker, automatic control, relay, dan contactor. Dibutuhkan distributor MV panel terpercaya area Jakarta bagi banyak perusahaan di kawasan Jabodetabek untuk melayani instalasi panel kelistrikan secara lengkap.

Bagaimana Distributor MV Panel Terpercaya Area Jakarta Melayani Pelanggan

Jasa distributor MV panel dapat menyediakan sarana instalasi MV panel dan juga bagian-bagian yang menyertainya.  Layanan instalasi panel MV dan LVMDB tentu harus ditangani oleh teknisi lapangan profesional dengan jam terbang tinggi. Yang tak kalah penting adalah peralatan serta perlengkapan keselamatan yang mumpuni. Dengan demikian, jasa instalasi tidak hanya aman untuk penyedia jasa, tetapi juga pengguna jasa.

Setiap proyek industri ataupun perkantoran membutuhkan papan MV panel boards atau papan panel untuk mendistribusikan daya ke setiap utilitas yang ada di lokasi. Jaringan distribusi listrik yang terstruktur sempurna memiliki desain, komponen tepat serta dan ketentuan beban yang diperlukan pengguna jasa. Pemanfaatan ruang tentunya menjadi faktor penting untuk pemeliharaan dan penanganan peralatan.

Distributor MV panel terpercaya area Jakarta akan menyediakan beberapa fitur yang diperlukan dalam merancang sekaligus memasang papan panel Distribusi MV. Tentunya, semuanya harus termasuk standar BIS sehingga penyedia jasa dapat melayani proyek bangunan. Proyek apapun harus memiliki instalasi listrik berkualitas dan aman sesuai standar instalasi.

Fitur Konstruksi MV Panel

Fitur konstruksi untuk MV panel dari distributor MV panel terpercaya area Jakarta juga harus perlu memenuhi standar. Rangka harus terbuat dari stainless steel dengan ketebalan 2 mm.  Lalu diperlukan pelat cable gland dan pelat instalasi peralatan serta pintu penutup depan serta belakang dengan ketebalan 1,6 mm.

Setelah itu, keseluruhan konstruksi tersebut dilas dimana bagian distribusi dikoneksikan melalui baut. Teknisi harus melakukan gasket untuk keseluruhan sambungan tersebut.  Perlu disertakan pula lifting lug. Perlu diperhatikan bahwa bilik perlu dikonstruksi sedemikian rupa untuk tahan debu serta hama dimana konstruksi sesuai standar instalasi internasional.

Semua pintu panel merupakan tipe pintu dengan engsel. Namun  pintu ruang busbar adalah tipe pintu baut.  Pintu tersebut memiliki akses dari depan dan belakang dengan desain rata di bagian depan.

Kompartemen terpisah terdiri dari pengumpan individu.  Penghalang tersebut perlu ada untuk memisahkan pengumpan berdekatan. Selain itu, harus ada pula ruang terpisah antara ruang busbar serta ruang kotak kabel.

Distributor MV panel terpercaya area Jakarta juga harus dapat memastikan lingkungan pemasangan MV panel. Kawasan tersebut harus bebas dari debu serta tidak mudah terbakar atau korosif. Perlu pula dipastikan bahwa tidak ada kontaminasi uap atau gas di luar MV panel.  Pemasangan juga harus memenuhi peraturan instalasi listrik indoor dengan batasan arus yang ada. Instalasi perlu dilakukan dengan suhu kamar normal dengan ketinggian maksimum 1000 m.

Sebelum menyewa jasa distributor MV panel terpercaya area Jakarta, pengguna jasa perlu mengetahui lebih jelas tentang istilah Medium Voltage. Istilah Medium Voltage atau ‘tegangan menengah’ biasanya digunakan dalam sistem distribusi yang menggunakan tegangan di atas 1 kV. Pada umumnya, medium voltage diterapkan hingga mencapai 52 kV.  Namun, Medium Voltage sangat jarang didistribusikan hingga melebihi 35 kV demi alasan ekonomis serta teknis.

Gardu induk MV mendistribusikan sambungan instalasi listrik ke jaringan distribusi utilitas MV. Namun, jumlahnya tergantung pada ukuran serta kriteria khusus. Hal ini terutama terkait dengan beban yang mencakup lokasi, daya, tingkat tegangan dan banyak lagi.

instalasi kelistrikan dapat mencakup gardu tambahan yang dirancang sebagai ‘gardu sekunder tambahan dimana lokasinya harus ditentukan dengan teliti. Lokasi ini akan mengoptimalkan anggaran yang dipersiapkan untuk kabel daya MV dan LV.  Semuanya dipasok dari gardu induk melalui distribusi MV internal.

Pada umumnya, sebagian besar beban disuplai dalam tegangan rendah melalui trafo step down MV/LV. Beban besar seperti motor asinkron di atas sekitar 1MW disuplai dalam MV. Hanya beban LV yang dipertimbangkan.

Trafo daya step down MV/LV ditempatkan di tengah-tengah, baik di gardu induk atau di gardu sekunder. Mayoritas tempat usaha melakukan instalasi kecil yang hanya menyertakan satu trafo MV/LV yang dipasang di gardu induk. Gardu induk sendiri memiliki beberapa fungsi dasar.

Beberapa fungsi dasar dari gardu induk adalah konektivitas ke jaringan utilitas MV serta menjadi perlindungan utama dari instalasi listrik.  Gardu induk juga dapat menjadi penyedia suplai sekaligus melindungi transformator daya MV/LV yang terletak di gardu induk. Selain itu, gardu induk juga dapat memasok serta melindungi distribusi MV internal.

Penggabungan perlindungan menyeluruh, termasuk trafo harus dilakukan saat melakukan instalasi. Instalasi tersebut termasuk transformator daya dari MV atau LV tunggal. Gardu induk dapat melakukan pengukuran baik pada level MV atau pada level LV. Hal ini dapat dilakukan pada tingkat LV dalam tiap instalasi termasuk trafo MV/LV tunggal.

Syaratnya adalah daya pengenal transformator tetap di bawah batas yang ditetapkan oleh utilitas lokal yang menyuplai instalasi. Konstruksi gardu induk, baik utama atau sekunder perlu wajib memenuhi standar keselamatan pengguna.  Syarat ini wajib dipenuhi selain persyaratan fungsional oleh distributor MV panel terpercaya area Jakarta

Konfigurasi Sistem MV Panel

MV panel menjadi sistem utama dari sistem kelistrikan yang terutama digunakan pada pembangkit listrik, gardu induk, pabrik,  pertambangan, serta gedung-gedung bertingkat. Fungsinya adalah untuk penerimaan serta distribusi daya serta mengendalikan dan juga melindungi sekaligus mendeteksi sirkuit listrik.

Perhatikan bahwa kontinuitas layanan yang diperlukan dari sistem kelistrikan membuat penggunaan sistem sumber tunggal menjadi tidak praktis. Pasalnya, pemadaman utilitas mengakibatkan pemadaman total switchgear, yang mungkin tidak bekerja maksimal. Perlu diketahui bahwa distributor MV panel terpercaya area Jakarta harus memperkenalkan beberapa konfigurasi desain MV mendasar dan efektif.

Switchgear terdiri dari wadah logam terbuat dari baja lembaran, yang dirakit dari bahan-bahan tertentu seperti paku keling dan las busur dimana peralatan medium voltage ditempatkan sesuai dengan kegiatan operasional, termasuk yang dapat ditarik troli bersama dengan low voltage, pengukuran, kontrol, perlindungan dan sinyal peralatan.

Panel enclosure juga dilengkapi dengan penutup berlubang serta dinding ganda di bagian belakang untuk evakuasi gas yang dihasilkan dari busur terbuka sehingga semuanya akan ditransfer ke atas. Switchgear harus tahan terhadap busur listrik dan sudah diuji di laboratorium terakreditasi. Perlu diperhatikan pula bahwa isolator pendukung dan penyeberangan isolator terbuat dari epoxy resin berbasis perangkat keras .

Panel switchgear sendiri dapat diperluas dengan merancangnya sehingga memasukkan panel baru ke dalam pembangkit listrik dapat dilakukan dengan mudah. Panel dilengkapi dengan busbar umum yang dapat diperluas serta busbar distribusi yang terbuat dari tembaga.  Busbar tembaga juga harus di grounding dengan menghubungkan elektroda listrik ke tanah.

Instalasi switchgear adalah dengan menggunakan terminal sekrup untuk pemasangan kabel medium voltage.   Entri kabel trunking melalui bukaan di panel basis. Bukaan ini diblokir dengan tutup aluminium dan papan insulasi dipotong sesuai dengan ukuran dari kabel yang menghubungkan.

Konfigurasi Bus Tunggal (Single Bus)

Sumber dari utilitas atau generator terhubung ke single bus.  Semua feeder terhubung ke bus yang sama. Konfigurasi ini adalah sistem yang paling sederhana.

Setiap penambahan bagian pemutus pada single bus nantinya akan memerlukan penonaktifan single bus. Pasalnya, tidak ada pemutus ikatan.  Sistem ini beroperasi secara normal dengan pemutus utama pada satu sumber terbuka.  Setelah kehilangan layanan normal, pemindahan ke pemutus siaga yang biasanya terbuka dapat dilakukan secara otomatis atau manual.

Biasanya, transfer otomatis lebih banyak digunakan untuk pemulihan layanan cepat terutama di tempat yang tanpa pengawasan. Transfer ulang ke posisi NORMAL dapat ditutup transisi sesuai instalasi utilitas.  Transisi tertutup dengan kedua sumber utilitas temporer mencapai lima hingga sepuluh siklus paralel.

Apabila utilitas memerlukan transfer terbuka, pemutusan motor dari bus harus dipastikan melalui penundaan waktu. Waktu tersebut harus sesuai pada penutupan kembali serta pengawasan tegangan bus dan fase. Hal ini berhubungan dengan tegangan sumber listrik yang masuk.

Skema bus ini tidak menghalangi penggunaan kogenerasi. Namun demikian, skema ini memerlukan penggunaan kontrol sinkronisasi. Selain itu, distributor MV panel terpercaya area Jakarta juga perlu melakukan pemeriksaan sinkronisasi otomatis canggih. Kontrol frekuensi dan tegangan otomatis juga tak kalah penting.

Konfigurasi MV Panel Secara Keseluruhan

Distributor MV panel terpercaya area Jakarta perlu mendesain sistem kelistrikan sesimpel mungkin meskipun tetap dengan standar keamanan dan keselamatan.  Selain itu, teknisi juga perlu membatasi pemadaman dalam sistem kelistrikan sekecil mungkin. Tidak hanya itu, penyedia jasa harus menyediakan sarana untuk mengembangkan sistem tanpa pemadaman secara menyeluruh.

Rancangan sistem relai pelindung sehingga hanya bagian yang rusak saja yang dipindahkan dari layanan dan kerusakannya diminimalkan sesuai dengan selektivitas juga menjadi salah satu tanggung jawab distributor MV panel terpercaya area Jakarta. Teknisi terpercaya juga dapat  menentukan dan menerapkan semua peralatan sesuai standar nasional yang berkaitan dengan peralatan dan instalasinya.

Menentukan Penyedia MV Panel sekaligus Instalasi Terpercaya

Tidak sulit untuk menentukan distributor MV panel terpercaya area Jakarta dan sekitarnya. Mayoritas perusahaan yang tersebar di kawasan Jabodetabek dan seluruh Indonesia telah mempercayakan instalasi kelistrikan kepada PT. Mikmar Gracindo. Perusahaan yang sudah melayani klien terkemuka sejak 2011 ini memang telah memulai bisnis sebagai penyedia MVP.

Selain menjadi distributor MV panel terpercaya area Jakarta, PT Mikmar Gracindo juga mengembangkan sayap sebagai penyedia beberapa produk terkait seperti Trafo (transformer) dan Low Voltage Panel. Hal ini tentunya menjawab kebutuhan industri dan proyek akan sistem kelistrikan canggih yang semakin meningkat.

Kunjungi webiste kami https://mikmargracindo.com/ atau hubungi no wa +62(21) 543 373 45 untuk mendapatkan penawaran terbaik bagi industri, perumahan, rumah sakit, kantor pemerintahan dan banyak lagi. Pengalaman selama lebih dari satu dekade telah membuat distributor MV panel terpercaya area Jakarta dikenal oleh perusahaan di seluruh Indonesia.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.