LV Panel atau yang biasa disebut sebagai Low Voltage Main Distribution Panel (LVMDP) merupakan panel yang bertugas menerima data listrik dari trafo dan mendistribusikan daya tersebut ke panel Lov Voltage Sub Distribution (LVSDP). Distributor LV panel terpercaya area Jakarta ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari produk LV panel berkualitas.

Distributor LV Panel Terpercaya Area Jakarta, Ketahui Jenisnya

Panel listrik merupakan benda yang berbentuk kubus dan tersedia dalam berbagai ukuran. Pada sisi-sisinya terdapat lubang yang nantinya akan dipasang baut penutup, seperti daun pintu agar dapat dibuka maupun ditutup.

Di dalam panel tersebut, terdapat papan yang saling dikatikan dengan sisi belakang pintu dan dapat dilepas atau dipasang kembali sesuai kebutuhan. Pada distributor LV panel terpercaya area Jakarta ini, terdapat jenis-jenis LV panel yang bervariasi.

Sebaiknya, jenis-jenis ini perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat distributor LV panel terpercaya area Jakarta ini. Berikut ini jenis-jenis LV panel yang patut diketahui :

1. Jenis LV panel berdasarkan bahannya

Pada distributor LV panel terpercaya area Jakarta, panel-panel yang dijual dapat dibedakan berdasarkan jenis dari bahan panel itu sendiri.

  • LV panel box besi

Jenis panel ini terbuat dari logam, yaitu dari besi plat atau baja tuang yang telah dibentuk menggunakan metode press.

  • LV panel box plastik

Jenis panel ini seperti namanya, berbahan dasar plastik. Umumnya, plastik yang dipakai berjenis HDPE. HDPE ini memiliki sifat yang kuat, keras serta dapat tahan lama terhadap suhu yang tinggi sekalipun.

 

2. Jenis LV panel berdasarkan tipenya

Terdapat pula produk dari distributor LV panel terpercaya area Jakarta yang dibedakan berdasarkan tipe panel listriknya.

  • Tipe panel wall mounting

Tipe panel wall mounting ini dapat ditempelkan pada dinding. Biasanya, panel ini lebih banyak digunakan untuk kebutuhan panel lighting, lift dan gas. Salah satu produk yang tersedia pada toko distributor LV panel terpercaya area Jakarta ini adalah panel lighting.

Umumnya, panel tipe ini memiliki ukuran yang cukup kecil dan tersedia dalam 3 ukuran yang berbeda yaitu 700 x 500 x 200 Mm, 800 x 600 x 200 Mm, dan 700 x 800 x 200 Mm.

  • Tipe panel free standing

Tipe free standing ini merupakan panel yang memiliki konstruksi lebih besar dibandingkan ukuran panel lainnya. Umumnya, panel free standing ini berukuran 2200 x 1600 x 600 Mm. Panel jenis ini juga dapat Anda temukan di distributor LV panel terpercaya area Jakarta.

  • Tipe panel switch gear

Switch gear atau panel yang memiliki tegangan menengah biasanya mendisitribusikan energi listrik ke panel-panel yang memiliki kapasitas lebih kecil melalui trafo. Tegangan trafo yang digunakan dimulai dari besar tegangan 3,3 Kvhingga 24 KV.

Namun, panel tipe ini bukan merupakan penyalur beban akhir tetapi hanya sebagai pemutus beban atau pembagi bebas. Anda juga dapat menemukan panel tipe ini di distributor LV panel terpercaya area Jakarta.

 

3. Jenis LV panel berdasarkan jenis penggunaannya

  • Panel MVMDP atau Medium Voltage Main Distribution Panel

Panel jenis ini memiliki fungsi sebagai pemutus tenaga listrik dan menyalurkannya dengan tegangan sebesar 20 KV atau setara dengan 20.000 volt.

Setelah tenaga listrik berhasilkan disalurkan dari panel PLN, selanjutnya tenaga listrik tersebut akan didistribusikan kembali ke Step Down Transformer agar tegangan menengah dapat diturunkan menjadi tegangan rendah sebelum akhirnya diteruskan ke panel LVMDP.

  • Panel LVMDP / Low Voltage Main Distribution Panel

Panel utama tegangan rendah ini berfungsi sebagai pemutus, pengaman bagi feeder dan berfungsi untuk menerima tenaga listrik dari trafo untuk didistribusikan ke panel-panel yang memiliki tegangan rendah. Di dalam panel ini terdapat peralatan pengaman, distribusi serta alat ukur.

  • Panel LVSDP / Low Voltage Sub Distribution Panel

Pada setiap tempat distributor Lvpanel terpercaya area Jakarta, pasti Anda akan menemui panel jenis LVSDP ini. Panel ini biasanya digunakan untuk kebutuhan yang umum, seperti lampu, stop kontak, AC dan masih banyak lagi.

Fungsi dari panel jenis ini, yaitu mendistribusikan tenaga listrik dari panel LVMDP menuju ke panel lokal atau ke beban listrik, seperti peralatan elektronik.

 

4. Jenis LV panel berdasarkan fungsi kontrol

  • Panel jenis ATS

Panel jenis ATS atau Automatic Transfer Switch merupakan panel yang berfungsi untuk menghubungkan atau memasukkan energi listrik yang secara otomatis bersumber dari Genset atau sumber backup lainnya.

Hal itu dilakukan agar dapat menggantikan energi listrik utama dari PLN yang mati atau mengalami kegagalan.

  • Panel jenis AMF (Automatic Main Failure)

Pada panel ini berfungsi untuk mengoperasikan atau menyalakan genset secara otomatis ketika sumber energi listrik utama yang berasal dari PLN mati atau gagal.

Panel jenis ini juga dapat Anda temukan dengan mudah di toko distributor LV panel terpercaya area Jakarta.

  • Panel jenis ATS – AMF

Panel ATS – AMF ini berguna untuk mengoperasikan atau menyalakan genset secara otomatis ketika sumber energi listrik utama yang berasal dari PLN mengalami kematian atau kegagalan.

Lalu, secara otomatis panel jenis ini membantu untuk menghubungkan atau memasukkan energi listrik yang bersumber dari genset untuk menggantikan energi listrik utama dari PLN yang mati.

  • Panel jenis sinkronisasi

Panel ini berguna untuk mengoperasikan atau menggabungkan dua sumber listrik atau lebih yang bekerja secara paralel untuk dapat memperoleh suatu sumber listrik yang lebih besar dan dapat diatur sesai dengan kebutuhan beban listrik.

Anda dapat menemukan panel jenis ini di distributor LV panel terpercaya area Jakarta. Selain memiliki fungsi-fungsi di atas, panel ini juga dapat menyinkronkan phasa, tegangan dan frekuensi.

 

Kenali Panel Bank Kapasitor yang Ada di Distributor LV Panel Terpercaya Area Jakarta untuk Keperluan Kantor Anda

Pasti Anda sering melihat panel bank kapasitor yang biasanya terdapat di distributor LV panel terpercaya area Jakarta. Namun, apakah Anda mengetahui pengertian, fungsi serta komponen apa saja yang terdapat pada panel tersebut?

Berikut ini kami sajikan pembahasan lengkap mengenai panel bank kapasitor yang membantu menunjang produktivitas tinggi :

1. Pengertian panel bank kapasitor

Panel bank kapasitor merupakan panel yang terdiri dari beberapa unit kapasitor dan dipasang secara seri ataupun paralel. Panel ini biasanya digunakan untuk kebutuhan industrial atau pabrik, perkantoran, apartemen dan bangunan lainnya dengan tingkat produktivitas yang tinggi.

2. Fungsi panel bank kapasitor

Fungsi dari panel ini yang banyak terdapat pada distributor LV panel terpercaya area Jakarta adalah untuk memperkecil daya reaktif. Nantinya, panel ini akan membantu untuk memperkecil sudut phasa atau cos phi agar memperbaiki faktor daya supaya tidak berada di bawah standar cos phi PLN.

Untuk komponen yang ada pada panel bank kapasitor ini bisa dibilang bervariatif sesuai dengan permintaan pelanggan yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan bank kapasitor itu sendiri. Maka dari itu, apabila Anda ingin membeli panel jenis ini, Anda dapat mendiskusikan hal tersebut terlebih dahulu kepada distributor LV panel terpercaya area Jakarta.

 

Pentingkah Membeli LV Panel di Distributor LV Panel Terpercaya Area Jakarta?

Panel distribusi merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam sistem pasokan listrik utama untuk kebutuhan industri, komersial hingga perumahan. Kabel-kabel utama yang terdapat pada panel ini nantinya akan masuk ke panel distribusi dan didistribusikan kembali ke beban elektronik, seperti lampu atau colokan listrik.

Panel distribusi membantu agar kinerja yang dihasilkan dari setiap perangkat dapat berfungsi secara maksimal serta mampu mempertahankan distribusi daya dan memberikan keamanan kepada beban maupun peralatan.

Dapat disimpulkan bahwa membeli LV panel di distributor LV panel terpercaya area Jakarta sangat penting karena membantu setiap perangkat yang membutuhkan tenaga listrik dapat bekerja secara optimal. Anda juga dapat membeli pilih LV panel di distributor LV panel terpercaya area Jakarta dengan beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, terdapat aspek-aspek penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli panel LV di distributor LV panel terpercaya area Jakarta.

1. Aspek keselamatan atau safety

LV panel yang baik haruslah mengandung aspek keselamatan yang sudah terjamin. Ini merupakan salah satu aspek utama terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli LV panel di distributor LV panel terpercaya area Jakarta.

Perlu diketahui bahwa salah satu bagian penting dari setiap papan distribusi merupakan sekering. Sekering ini merupakan komponen penting untuk mencegah adanya arus listrik berlebih yang melewati sirkuit.

Apabila terdapat arus yang berlebih, maka secara otomatis sekering akan mematikan pasokan utama agar mencegah terjadinya kerusakan atau bahkan kebakaran pada setiap peralatan yang menggunakan tenaga listrik.

2. Aspek estetika

Hal lainnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli panel di distributor LV panel terpercaya area Jakarta adalah aspek estetika. Hal ini penting agar tidak merusak keindahan dekorasi yang nantinya terpasang di sekitar tempat panel berada. Anda tentunya dapat memilih panel distributor LV panel terpercaya area Jakarta yang mengandung aspek tersebut.

3. Penggunaan yang mudah

Ketika Anda tengah membeli panel, pastikan bahwa pemasangan panel tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan tidak menyulitkan. Ini merupakan salah satu ciri panel yang baik.

Panel yang baik harus memiliki ruang yang cukup untuk kabel dengan pemasangannya yang terbilang mudah. Selain itu, panel yang terpasang dengan baik dapat menjamin keawetan dari panel tersebut. Hal tersebut juga dapat memastikan umur panjang sistem serta kelistrikan dari distribusi listrik yang Anda miliki.

Jika Anda sedang mencari produk panel distribusi LV yang terpercaya di sekitar area Jakarta, Anda dapat mengunjungi website https://mikmargracindo.com/ yang menyediakan produk panel distribusi berkualitas.

Selain itu, mereka pun menyediakan jasa untuk instalasi panel distribusi hingga jasa test commisioning atau tes fungsi yang dilakukan untuk menguji produk panel distribusi setelah dilakukan pemasangan apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan chat via Whatsapp di nomor +62(21) 543 373 45 untuk bertanya seputar harga atau seputar produk panel distribusi LV yang ingin Anda ketahui.

Itulah informasi lengkap mulai dari jenis-jenis LV panel, kegunaan panel bank kapasitor untuk kebutuhan instalasi distribusi dan perusahaan hingga seberapa penting membeli produk panel LV di distributor LV panel terpercaya area Jakarta.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.