Setiap orang tentu membutuhkan distributor aksesoris panel listrik bergaransi untuk menjaga keamanan rumah maupun industrinya. Panel kontrol elektrik hadir dalam berbagai bentuk, jenis, dan ukuran sehingga memerlukan penanganan khusus  ahli.

Perangkat kontrol elektrik sendiri menjadi bagian integral dari setiap proses manufaktur otomatis. Pada tingkat dasar, panel akan menampung berbagai perangkat elektronik pemberi sinyal untuk pengoperasian peralatan dan mesin.

Listrik memiliki dampak yang mengubah hidup pada cara manusia hidup di rumah. Banyak orang mengandalkan listrik pada berbagai kegiatan dalam hidupnya, missal menonton televisi, mengoperasikan peralatan elektronik, dan lainnya.

Tenaga tersebut harus didistribusikan dengan baik ke seluruh bangunan untuk menghindari kerusakan alat dan bencana lainnya. Ini merupakan pekerjaan dari distributor aksesoris panel listrik bergaransi, jadi tidak hanya menyediakan.

Kontrol listrik dianggap sebagai komponen instalasi yang memiliki cara seperti pemutus arus atau stop kontak. Beberapa switchgear dan rakitan controlgear serta dikelompokkan ke dalam satu atau lebih penutup yang berdekatan.

Pada artikel ini, Kami akan membahas berbagai hal mengenai panel kelistrikan. Mulai dari pengertian, jenis komponen, tujuan dan fungsi dari penggunaannya, serta perusahaan distributor terbaik.

 

Definisi, Fungsi, serta Tujuan dari Panel Kontrol Listrik

Banyak orang masih belum mengetahui apa itu perangkat kontrol kelistrikan, kebanyakan menganggapnya hanya sebagai arus kelistrikan biasa. Ada juga beberapa yang mengartikannya sebagai alat untuk menghasilkan listriknya.

Definisi dari sisi distributor aksesoris panel listrik bergaransi merupakan alat kubus dengan variasi ukuran. Pada kubusnya tersebut terdapat lubang yang nantinya akan dibautkan penutup seperti pintu agar bisa dibuka tutup.

Ada beberapa juga mengatakan bahwa panel merupakan alat menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan listrik. Di mana kotak atau kubus penyimpanannya tersebut bisa dengan mudah dan ditutup.

Bisa disimpulkan bahwa, perangkat kelistrikan merupakan tempat penyimpanan dan pemasangan MCB, thermal, relay, dan benda kelistrikan lainnya. Untuk menggunakannya, Anda harus merangkai hingga sedemikian rupa sehingga menghasilkan arus listriknya tersebut.

Perlu diketahui jika terdapat beberapa macam dan fungsi dari alat kelistrikan satu ini.  Berfungsi sebagai alat penyalur dari kotak pusat ke konsumen, rumah-rumah maupun perusahaan industri.

Dapat dikatakan bahwa alat satu ini sangatlah penting sehingga Anda perlu memiliki di rumah. Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini ada banyak distributor aksesoris panel listrik bergaransi.

Tujuan dibuat dan kegunaannya adalah memudahkan pengoperasian dan sebagai indikator mesin ketika sedang beroperasi. Untuk indikatornya sendiri akan terpasang maupun terlihat pada panel listriknya tersebut.

 

Komponen Penting Pada Panel Kontrol Kelistrikan

Ada banyak komponen penyusun yang membuat sebuah panel dapat bekerja dengan baik. Tentunya komponen tersebut bisa Anda dapatkan pada distributor aksesoris panel listrik bergaransi sehingga kualitasnya terjamin.

Pada komponen tersebut, nantinya akan tersusun dari komponen-komponen lainnya seperti power, indikator, kontrol, dan pengaman. Berikut di bawah ini adalah komponen penting penyusun panel kelistrikan.

1. MBC-Miniatur Circuit Breaker

Komponennya berfungsi sebagai alat pengaman ketika adanya kelebihan beban atau short circuit. Jika tidak ada MBC, maka bisa terjadi busur api yang membuat terputusnya kabel hingga terjadi kebakaran.

2. Lampu Pilot atau Panel

Pilot lamp merupakan lampu indikator yang akan menghasilkan energi cahaya atau menyala ketika mendapat aliran listrik. Terdapat beberapa warna, seperti merah, hijau, biru, putih kuning sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan.

3. Saklar Tombol Tekan

Perangkat saklar sederhana di mana memiliki fungsi untuk mengalirkan dan memutus aliran arus kelistrikan. Perangkat satu ini sangat mudah untuk dijumpai pada distributor aksesoris panel listrik bergaransi.

4. Kontraktor 3/1 Phase

Kontraktor phase 1 dan 3 memiliki perbedaan pada kabel, tapi memiliki prinsip kerja sama yakni memanfaatkan medan magnet arus listrik. Kontraktor menghasilkan gaya magnet yang menarik kontak NO menjadi NC.

5. Time Delay Relay Listrik

Komponen elektronik yang digunakan untuk menunda waktu dan bisa diatur sesuai range timer. Perangkat satu ini biasa digunakan untuk memutus dan menyambungkan sebuah rangkaian kontrol.

 

Cara Perawatan Aksesoris Panel Kontrol Listrik

Sebagai perangkat penting, apalagi berhubungan dengan listrik, Anda tentu tidak boleh membiarkannya begitu saja. Perawatan sangat penting, ini dilakukan untuk menjaga kebersihan serta mengontrol apakah perangkatnya ada kerusakan atau tidak.

Sebagai alat pendistribusian aliran listrik, panel tentu harus dibuat seaman mungkin agar tidak mencelakai orang-orang disekitar. Kebanyakan distributor aksesoris panel listrik bergaransi juga menyediakan layanan perawatan rutin.

Mengingat jarangnya masyarakat yang peduli tentang perangkat listriknya. Ditambah banyaknya laporan dari Institutr of Electrical and Electronic Engineers (IEEE) tentang tingginya tingkat kegagalan komponen listrik yang tidak dirawat.

Kondisi tersebut tentu akan dengan mudah mendatangkan bencana seperti kebakaran. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yakni seperti berikut di bawah ini.

  1. Melakukan pengecekan aliran pada listrik panel.
  2. Rutin melakukan pemeriksaan suhu pada listrik panelnya.
  3. Rutin memeriksa kalibrasi perangkat berdasarkan muatan.
  4. Rutin melakukan pengecekan kualitas sekring dan pilot lamp.
  5. Melakukan pengecekan pada lokasi papan terminal maupun aliran listriknya.
  6. Melakukan pembersihan dengan mengelap listrik panelnya.

Jika mendeteksi masalah dalam sistem operasi kelistrikan Anda, segera matikan alirannya terlebih dahulu dan periksa insulasinya. Lakukan juga pengecekan pada berbagai komponen pendukung dan tertanam lainnya.

Langkah perawatan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dan standar yang berlaku. Langkah-langkah di atas juga sangat penting untuk dilakukan agar aliran listrik aman baik pada kawasan industri maupun perumahan.

 

Distributor Aksesoris Panel Listrik Bergaransi

Kami merupakan Perusahaan Mikmar Gracindo yang menyediakan Panel LV dan MV serta trafo berkualitas tinggi untuk mendukung kegiatan indsutri Anda. Perusahaan Kami memulai bisnis dengan menyediakan panel bertegangan menengah.

Mikmar Gracindo sebagai distributor aksesoris panel listrik bergaransi berdiri sejak tahun 2011. Perusahaan Kami berupaya menjawab dan memenuhi perkembangan industri kelistrikan dan kebutuhan dari pelanggan.

Mikmar Gracindo memiliki berbagai produk dan layanan mulai dari instalasi, testing, hingga service. Anda tidak perlu ragu dengan produk dan layanan dari Perusahaan Kami karena sudah terbukti berkualitas.

Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa pelanggan perlu memilik Kami sebagai distributor aksesoris panel listrik bergaransi. Selain karena memiliki harga kompetitif, kualitas baik, Kami juga memiliki keunggulan lain.

Produk selalu ready stok, ini sangat menguntungkan bagi Anda yang membutuhkan barang untuk kebutuhan mendesak. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu menunggu barang lama hingga akhirnya kebutuhan tidak terpenuhi.

Kami memberikan layanan pembelian dan pengiriman cepat kepada para pelanggan setelah melakukan pemesanan. Ini dilakukan agar pelanggan merasa puas sehingga perangkat bisa digunakan dengan segera.

Tidak hanya itu, Mikmar Gracindo juga memberikan layanan service panggilan. Ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan perawatan rutin pada perangkat-perangkat kelistrikan di rumah maupun kawasan industri.

Untuk itu, Kami hadir sebagai distributor aksesoris panel listrik bergaransi yang memiliki banyak keunggulan. Informasi lain bisa diakses melalui situs resmi Kami di mikmargracindo.com atau hubungi nomor +62-21-543-373-45 untuk melakukan pemesanan.

 

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.