Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar diagram panel listrik 3 phase. Pada umumnya panel 3 phase terdiri dari 4 kabel SR, yaitu jaringan listrik yang menghubungkan jaringan tegangan rendah dengan titik di mana energi akan dialirkan.

Panel listrik memang memberi manfaat bagi penggunanya, melalui alat ini Anda bisa menyimpan berbagai komponen listrik sehingga terlindungi dari pengaruh disekelilingnya. Selain itu panel juga berfungsi agar mesin dapat beroperasi, sesuai dengan prinsip kerja mesin itu sendiri.

Kenapa 3 phase disebut RST? Sebagian masyarakat Indonesia menyebut panel 3 phase dengan sebutan demikian, karena alat ini menggunakan simbol huruf R, S, T. Di mana simbol R berarti rpm, S berarti Speed, sedangkan T adalah Torque.

Alat ini juga dikenal akan kelebihannya dibanding jenis panel lain, di mana jenis ini bisa menyediakan daya lebih besar, sehingga sangat cocok jika Anda menggunakannya pada industri membutuhkan daya energi besar, seperti rumah sakit, perhotelan atau konstruksi.

 

Apa Itu Panel Listrik 3 Phase?

Distributor Panel Listrik 3 Phase Terbaik

Diagram panel listrik 3 phase memiliki 4 kabel SR, seperti sudah kami sebutkan sebelumnya di mana empat kabel tersebut, terdiri dari 1 arus listrik negatif berwarna hitam, dan 3 kabel arus listrik positif, dan 3 kabel tersebut disebut phase 1, phase 2 dan phase 3.

Masing-masing kabel memiliki ciri-ciri, berupa garis halus pada kabel dan bisa Anda lihat dengan jelas. Misalnya pada kabel phase 1 memiliki satu garis halus, phase 2 memiliki dua garis halus, serta phase 3 memiliki tiga garis halus.

Sehingga bisa Anda bedakan dengan mudah, pada instalasi phase 3, dibutuhkan panel jaringan 3 phase dengan ciri kabel telah kami sebutkan sebelumnya. Fungsi dari panel listrik 3 phase tersebut adalah, membagi, menyalurkan dan mendistribusikan tenaga listrik.

Sehingga arus energi diterima oleh diagram panel listrik 3 phase dari sumber energi, dapat disalurkan dengan baik kepada penggunanya. Pada umumnya panel terbuat dari plat besi, dengan ketebalan 0,5 mm sampai 1 mm tapi disesuaikan kembali dengan ukuran panel.

Plat besi tersebut berguna sebagai tempat pemasangan komponen listrik, dan tentunya material besi dipilih karena cukup aman dan tidak mudah rusak atau meleleh karena panas. Penggunaan panel listrik 3 phase memang luas, selain itu memiliki keunggulan tersendiri dan akan kami bahas.

 

Apa Saja Bagian Panel Listrik ?

Memang penting, untuk mengetahui apa saja bagian atau komponen pada diagram panel listrik 3 phase sebelum menggunakannya. Setiap komponen tentu memiliki fungsi tersendiri dan bisa jadi Anda belum mengetahuinya, maka dari itu kami akan menjelaskannya untuk Anda.

1. MCB

Bagian pertama ialah MCB atau Miniature Circuit Breaker, berguna untuk mengamankan beban lebih atau terjadinya arus pendek dan disebabkan oleh lonjakan energi tidak disengaja atau disengaja, dan tentu saja kondisi tersebut bisa berbahaya dan menjadi penyebab kebakaran.

Jika Anda memilih MCB dengan kondisi bagus, maka percikan api terjadi karena arus pendek tidak sebesar dengan MCB yang kondisinya kurang baik atau sudah lama digunakan. Maka dari itu, Anda juga perlu memperhatikan kualitas dari Miniature Circuit Breaker.

2. MCCB

Komponen pada diagram panel listrik 3 phase lainnya adalah MCCB atau Moulded Case Circuit Breaker. Bagian ini berguna untuk mengamankan jika terjadi arus pendek dan menimbulkan bunga api, serta menjaga agar beban berlebih (overload) tidak terjadi.

Biasanya kerusakan pada motor listrik bisa menyebabkan timbulnya bunga api, dan kondisi tersebut tentu saja bisa menyebabkan kondisi fatal dan membahayakan.

3. Selector Switch

Komponen selanjutnya bernama Selector Switch, memiliki kontak berupa N/O atau N/C dan bisa digunakan sebagai select pada sebuah mode panel listrik. Contoh penggunaannya adalah, saat menggerakkan conveyor untuk maju atau mundur, digunakanlah alat ini untuk memilih arahnya.

4. Emergency Stop

Bagian berikutnya pada diagram panel listrik 3 phase yaitu Emergency Stop, sesuai dengan nama yang dimilikinya, komponen ini mampu memberhentikan mesin secara cepat dan tepat. Apabila terjadi kondisi tidak terduga dan harus menghentikan mesin, maka tekan tombol segera.

 

Berapa Arus Diagram Panel Listrik 3 Phase?

diagram panel listrik 3 phase

Jika Anda bertanya Berapa Arus Listrik 3 Phase ?, maka dapat kami perkirakan bahwa tegangan mampu dialirkan sebesar 380 volt. Tegangan tersebut cukup tinggi, sehingga aman digunakan untuk industri atau pabrik.

Tingginya intensitas energi dibutuhkan pada suatu area, juga membutuhkan komponen atau alat memungkinkan pengguna bisa memanfaatkan energi sesuai kebutuhan. Sama halnya seperti diagram panel listrik 3 phase, yang mampu memenuhi kebutuhan Anda.

Listrik 3 phase adalah AC atau Alternating Current, menggunakan 3 kawat penghantar dan memiliki tegangan pada masing-masing phasenya sama, tapi berbeda dalam sudut curve sebesar 120 derajat, lalu adapula 2 jenis tegangan energi yang dikenal pada 3 phase ini.

Pertama adalah Tegangan antar Phase atau dikenal sebagai VPP (Voltage Phase to Phase), ada juga menyebutnya sebagai Voltage Line to Line. Kedua adalah Tegangan Phase to Neutral atau VPN, dikenal juga dengan sebutan Voltage Line to Neutral.

Untuk menggunakan diagram panel listrik 3 phase secara maksimal, Anda hanya perlu memberi penyesuaian dengan kebutuhan. Karena alat ini menggunakan tegangan lebih tinggi, maka arus mengalir menjadi lebih rendah dengan daya sama.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu keunggulan, dari penggunaan panel listrik 3 phase. Sebab penggunaan daya lebih besar akan membuat Anda menggunakan kabel lebih kecil. Sehingga tidak ada kabel berukuran besar yang lebih sulit untuk diatur.

 

Kelebihan dari Penyedia Produk yang Kami Rekomendasikan

Anda memang harus selektif dalam memilih penyedia jasa diagram panel listrik 3 phase, untuk bisa mendapat layanan berkualitas dan memanfaatkan fungsinya, kami rekomendasikan untuk menggunakan jasa dari toko kami rekomendasikan nanti, berikut kelebihan yang dimilikinya.

1. Memberikan Harga Kompetitif

Kelebihan utama adalah menyediakan harga kompetitif, memang tidak bisa ditutupi, jika harga masih memegang posisi pertama bagi konsumen dalam memilih sebuah produk. Di toko yang kami rekomendasikan, Anda bisa menemukan produk dengan harga tidak terlampau mahal.

Dengan harga kompetitif tersebut, akan lebih menemukan produk sesuai dengan kantong dan tidak perlu khawatir dengan kualitas yang diberikan. Anda bisa melakukan riset harga lebih dulu, untuk mengetahui berapa kisaran harga yang diberikan oleh penjual lain.

2. Proses Cepat

Dengan menggunakan jasa pemasangan diagram panel listrik 3 phase di toko rekomendasi kami. Anda tidak perlu lama menunggu karena proses pemasangan dan transaksi bisa dilakukan dengan cepat.

Tidak hanya proses pembelian saja, namun pelayanan yang diberikan dijamin tidak akan membuat Anda kecewa.

3. Menyediakan Berbagai Produk Berkualitas

Toko rekomendasi kami juga menyediakan berbagai produk dengan kualitas yang sudah terjamin, tentu banyak penjual yang menyediakan produk dengan berbagai kualitas. Dan setiap penjual tentu memiliki standarnya tersendiri, maka dari itu konsumen hanya perlu menyesuaikan.

Apabila kualitas produk pada suatu toko dirasa kurang baik, maka Anda hanya perlu menemukan penjual yang mampu memberi produk sesuai dengan kualitas yang diinginkan. Di mana alat ini memiliki waktu penggunaan cukup lama, dan juga tidak mudah rusak.

4. Pelayanan Berdedikasi

Saat Anda memilih penjual yang menyediakan jasa diagram panel listrik 3 phase, tentu Anda juga berharap agar pelayanan yang diberikan tidak mengecewakan. Meski tujuan utama ialah mencari produk, tapi konsumen pasti tidak langsung bertransaksi dan perlu berkonsultasi terlebih dulu.

Baca juga : Jual Panel Listrik Bank Capacitor untuk Perkantoran

 

Keunggulan Panel Listrik 3 Phase Dibanding Jenis Lainnya

cari panel listrik Schneider

Tentu sebagai konsumen kita ingin mendapat produk terbaik, baik dari segi kualitas juga fungsi. Panel 3 phase memang sudah digunakan oleh banyak orang, sebab alat ini bisa memberi manfaat juga keunggulan lebih bagi pengguna yang membutuhkan daya energi kapasitas besar.

1. Ekonomis

Salah satu keunggulan utama dari diagram panel listrik 3 phase adalah, lebih ekonomis dibanding panel listrik phase 1 atau 2. Kehadiran panel 3 phase memang menjadi bentuk pembaruan dari versi sebelumnya, sehingga tentu saja produk ini lebih unggul dari versi sebelumnya.

Karena faktor ini juga, pengguna bisa lebih hemat dan penggunaan panel tersebut tidak membuat pengguna harus mengeluarkan biaya lebih besar. Sehingga keunggulan alat ini tidak hanya pada fungsinya semata, namun manfaatnya yang begitu besar bagi pengguna.

2. Cocok untuk Kebutuhan Daya Berkapasitas Besar

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, bahwa penggunaan panel ini memang lebih cocok jika digunakan pada gedung atau area dengan kebutuhan energi cukup tinggi. Panel ini lebih familiar digunakan pada hotel, gedung, area perumahan dan sebagainya.

Sebab biasanya alat ini digunakan untuk menghubungkan arus energi, pada mesin-mesin atau motor penggerak yang membutuhkan daya tinggi. Mesin yang dihubungkan dengan panel listrik phase 3, bisa menyala dengan lebih bertenaga karena dayanya cukup tinggi.

3. Memudahkan Pengoperasian

Keuntungan lainnya dari diagram panel listrik 3 phase adalah, Anda tidak perlu kesulitan dalam mengoperasikannya. Hal tersebut menjadi salah satu keunggulan yang menguntungkan, sebab alat ini menyimpan berbagai komponen didalamnya.

Sehingga pengoperasian mesin listrik harus bisa dilakukan dengan mudah, selain itu panel ini juga biasa digunakan sebagai indikator, untuk mengetahui apakah mesin beroperasi atau tidak.

 

Jenis Diagram Instalasi Listrik Berikut

Informasi selanjutnya mengenai diagram panel listrik 3 phase ialah, jenis diagram instalasi listrik yang perlu Anda ketahui. Ada berbagai jenis diagram dengan fungsinya masing-masing, dan kami rasa Anda perlu mengetahuinya sebelum memilih jenis diagram panel listrik yang dibutuhkan.

1. Single Line

Jenis pertama adalah Single Line, diagram ini berfungsi agar Anda bisa mengetahui kapasitas daya energi yang sudah digunakan. Diagram tersebut menampilkan informasi yang mudah dipahami, dan bentuknya mirip dengan tabel namun perlu disesuaikan tegangan input dari PLN.

Dalam pembuatan diagram, jika energi menggunakan power 3 phase, dengan single line diagram ini dapat ditentukan keseimbangan antar phase R, S dan T.

2. Schematic

Jenis diagram panel listrik 3 phase berikutnya ialah Schematic, bentuk diagram ini terlihat seperti skema dan berbeda jika dibandingkan dengan Single Line yang lebih mirip dengan tabel. Pada diagram, akan terlihat keterangan kapasitas MCB dan kabel yang dipasangkan.

Lali informasi mengenai kabel phase R, S, T dan tegangannya, Anda juga bisa menambah keterangan diagram pengawatan untuk beban yang digunakan, seperti lampu, pompa dan lain.

3. Panel Layout

Selanjutnya adalah panel layout, jenis ini sudah berbentuk seperti panel sehingga akan memberi kemudahan kepada instalatir panel dalam merencanakan pembuatan panel listrik dan merancang menggunakan skala komponen listrik sebenarnya.

Dengan begitu Anda bisa menentukan, berapa ukuran panel yang akan digunakan serta mudah untuk memahami diagram tersebut bagi instalatir panel pemula.

4. Double Line

Jenis diagram panel listrik 3 phase berikutnya ialah Double Line, pada diagram ini menggunakan dua garis berupa kabel phase dan netral. Diagram ini dinilai cukup mudah dipahami, terutama jika Anda menggunakan tenaga yang kurang memahami listrik, jadi tidak ada kesalahan nantinya.

 

Kebutuhan Panel Listrik 3 Phases untuk Industri Usaha

jasa instalasi box panel listrik 3 phase

Industri usaha menjadi salah satu pihak yang membutuhkan energi dengan daya tinggi. Sebab kegiatan produksi yang tidak pernah berhenti, membuat mereka membutuhkan energi dengan tegangan yang stabil dan mampu memenuhi kebutuhan energi pada setiap kegiatannya.

Pabrik, gedung, konstruksi bangunan, area perumahan membutuhkan daya listrik tinggi karena tingginya kebutuhan. Oleh karena itu dibutuhkan diagram panel listrik 3 phase, yang mampu membagi aliran arus energi dari sumbernya sehingga penggunaan listrik bisa tersebar merata.

Tingginya kebutuhan akan produk ini, membuat Anda perlu cermat dalam memilih penjual agar bisa menemukan produk berkualitas. Sebab produk ini berkaitan dengan listrik, apabila kualitas dari material yang digunakan atau terdapat komponen yang mudah rusak.

Maka bisa berakibat fatal saat Anda sedang menggunakannya, jangan sampai kondisi tersebut terjadi pada Anda. Maka dari itu kami sudah memberi rekomendasi penjual, yang dijamin tidak akan membuat Anda kecewa dan bisa menggunakan produk berkualitas secara maksimal.

Temukan layanan diagram panel listrik 3 phase di toko akan kami rekomendasikan, pembaca tidak perlu meragukan kualitas yang diberikan. Sudah banyak konsumen yang memberi kepercayaan kepada toko terekomendasi, sehingga Anda tidak akan salah dalam memilih.

Pilihlah penjual yang Anda yakini memang mampu memberi barang berkualitas, jangan sampai Anda kecewa saat menggunakan produk kurang cermat dalam memilih penjual.

 

Temukan Penyedia Jasa Pemasangan Diagram Panel Berpengalaman

logo final mikmar gracindo-small

Ada tantangan tersendiri bagi konsumen yang sedang mencari penyedia jasa diagram panel listrik 3 phase dengan kualitas terbaik. Ada rasa khawatir yang membuat Anda bingung mengutamakan kualitas atau harga murah dalam menentukan penyedia produk tersebut.

Namun kami rasa hal ini terjadi, karena Anda belum memahami bagaimana penyedia jasa atau produk yang memang sudah terjamin kualitas dan pengalaman yang dimilikinya. Kami sarankan agar Anda membeli produk atau jasa dari toko rekomendasi kami, yaitu Mikmar Gracindo.

Jika Anda membutuhkan berbagai produk yang berkaitan dengan listrik, mak Mikmar Gracindo adalah pilihan yang tepat. Kami sudah berpengalaman di bidang ini cukup lama, terlebih lagi sudah banyak konsumen yang kami miliki dan memberikan kepercayaannya.

Mikmar Gracindo sudah dikenal sebagai perusahaan, kontraktor panel listrik supplier, distributor serta penyedia jasa instalasi listrik. Layanan diagram panel listrik 3 phase bisa Anda dapat dengan mudah, untuk kualitas dari produk pilihan Anda tidak perlu diragukan lagi.

Kebutuhan konsumen adalah suatu kewajiban yang perlu kami penuhi, dengan senang hati kami akan membantu konsumen menemukan produk yang dibutuhkannya. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut, pembaca bisa mengunjungi website resmi kami.

Jika membutuhkan jasa pemasangan diagram panel listrik 3 phase, silahkan hubungi kami melalui WhatsApp.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Jual Panel Listrik Harga Bersaing Jakarta