Cubicle panels merupakan salah satu komponen penting sebagai pelatan listrik yang berperan penting dalam membagi tegangan serta penghubung listrik. Biasanya peralatan ini digunakan di beberapa gedung.

Beberapa kondisi di tempat-tempat tertentu, khususnya untuk area gedung baru kerap kurang stabil aliran listriknya. Hal tersebut tentunya kerap menjadi masalah bagi sang pemilik, sehingga hal tersebut membutuhkan solusi.

Kondisi listrik yang kurang stabil pastinya memberikan dampak cukup besar ke beberapa peralatan elektronik. Sedangkan semua itu dikarenakan aliran yang masuk terkadang bertegangan kecil, terkadang menjadi besar tidak teratur.

Sudah pasti hal semacam itu menjadi masalah cukup serius bagi sebagian orang, sedangkan mereka tidak mengetahui penyebabnya. Mereka hanya tahu, bahwa aliran listrik dari PLN tidak kuat dalam mengaliri seluruh area gedung.

Lalu, apa penyebab arus listrik tidak stabil? Wajar jika bertanya hal semacam itu. Salah satu penyebab mengapa listrik tersebut tidak stabil dialirkan ke area gebung dikarenakan kurang dukungan dari cubicle panels.

Peralatan tersebut bisa dikatakan memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan listrik yang masuk untuk alirkan ke seluruh gedung. Setidaknya satu gedung besar harus memiliki peralatan tersebut.

Untuk bentuknya mungkin bisa Anda lihat di beberapa gedung rumah sakit, di mana tegangannya sendiri selalu stabil. Tentunya perawatan dari peralatan khusus tersebut juga membutuhkan orang berpengalaman di bidangnya.

 

Jenis-jenis Cubicle Panels yang Perlu Diketahui

Supplier Cubicle Panel Jakarta

Untuk mengetahui betapa penting keberadaan dari cubicle tegangan tersebut, maka para pembaca perlu mengetahui setiap jenis-jenisnya. Ya, untuk beberapa jenis dari cubicle tersebut dapat dilihat sebagai berikut ini.

1. Cubicle Incoming

Salah satu jenis cubicle panels yang cukup banyak digunakan oleh beberapa perusahaan adalah cubicle incoming. Tentunya saja peran dari peralatan ini cukup besar menjaga kestabilan listrik yang masuk dan proses pembagiannya.

Kubikel incoming ini memiliki fungsi untuk menghubungkan sisi sekunder trafo daya menuju busbar 20 KV. Dari sana tegangan 20 kV yang terdapat di sisi sekunder trafo akan masuk ke dalam busbar 20 kV di dalam peralatan tersebut.

2. Cubicle Metering

Selanjutnya adalah cubicle metering, di mana perangkat ini juga memiliki peranan penting untuk peralatan tersebut. Tidak mungkin peralatan ini tertinggal, sehingga Anda perlu mengetahui apa saja fungsinya.

Keberadaan kubikel ini memiliki fungsi sebagai pengukuran. Dengan adanya perlengkapan alat pengukuran seperti amperemeter, voltmeter, dan wattmeter, peralatan ini bekerja. Terlebih terdapat proteksi seperti fuse.

3. Cubicle Outgoing

Sedangkan satu perangkat yang juga terbilang cukup penting dan menjadi bagian dari cubicle panels adalah cubicle outgoing. Peran dari kubikel ini yaitu sebagai penghubung busbar 20kV menuju jaringan tegangan menengah.

4. Cubicle Kopel

Terakhirnya yaitu cubicle kopel. Fungsi dari alat ini berada di cubicle tersebut sebagai penghubung antara kedua rel. Jadi, perangkat ini akan menghubungkan rel 1 dengan rel, sehingga sabungan listrik bisa seimbang.

 

Baca juga : Supplier Cubicle Panel Berkualitas Jakarta

 

Komponen-kompenan yang Mendistribusikan Daya Output Cubicle Panels

panel cubicle

Sebagai seorang yang kebetulan menangani bidang ini sudah semestinya mengetahui apa saja komponen-komponenya. Dari sana barulah bisa diikuti bagaimana cara memperbaiki masalah apabila terjadi sewaktu-waktu.

1. Circuit Breaker

Circuit breaker merupakan salah satu komponen penting dalam daya output cubicle panels, di mana kerja dari perangkat ini sebagai pemutus arus listrik. Hal tersebut juga berlaku untuk memutuskan secara langsung maupun tidak langsung.

Biasanya tempat produksi dari komponen tersebut sudah mendesainnya sesuai stander yang berlaku. Dengan begitu, tidak perlu ada kekhawatiran karena komponen tersebut sudah pasti dalam keadaan benar-benar baik.

2. Trafo Arus

Trafo arus juga memiliki pengaruh sangat besar dalam urusannya mendistribusikan tegangan listrik. Melalui komponen tersebut, rangkaian tenaga listrik tersebut bisa saling terhubung yaitu dari alat ukur serta relay pengaman.

3. Kubikel Kopel

Kubikel kopel sudah pasti selalu menjadi bagian penting dalam cubicle panels, khusus sebagai penunjang distribusi arus listrik. Biasanya alat ini lebih berguna sebagai alat untuk memudahkan arus ke beberapa bagian.

Biasanya alat ini lebih sering digunakan untuk kebutuhan penyaluran listrik yang dilakukan oleh PLN. Panels cubicle listrik tersebut berperan ketika terjadi kematian listrik dari PLN, langsung pindah untuk mengubahnya ke dalam genset.

 

Komponen Cubicle Panels yang Biasanya Digunakan untuk Perusahaan

Jual Cubicle Panel Untuk Pabrik

Tentunya saja sebuah perusahaan terkait pembangkit tenaga listrik memiliki komponen berbeda dari sebelumnya. lalu, apa sajakah komponen-komponen yang terdapat di cubicle panels untuk perusahaan tersebut?

Busbar merupakan salah satu elemen penting yang sudah pasti ada di dalam cubicle tersebut. Tentunya ada fungsi tersendiri terkait peralatan ini, sehingga listrik bisa terhubung secara lancar dan juga menjadi lebih stabil.

Busbar terbuat dari apa? Mungkin pertanyaan ini yang kerap muncul di benak pembaca. Biasanya busbar tersebut terbuat dari tembaga atau aluminium untuk mengumpulkan daya listrik sampai membaginya ke lokasi yang sudah ditentukan.

PMS juga menjadi salah satu bagian terpenting yang terdapat di dalam panels cubicle. Apa itu PMS pada listrik? Sebagai fungsi dari perangkat ini yaitu untuk dijadikan sebagai rangkaian pemutus ketika ada kondisi tertentu.

Sebagai contoh fungsi dari PMS tersebut akan terlihat ketika Anda ingin melakukan pergantian arus atau memutuskannya ketika keadaan sedang genting. Oleh sebab itu, PMS ini jelas sangat diperlukan dalam rangkaian daya listrik.

Berikutnya adalah Earthing Switch yang juga tidak kalah penting terdapat di dalam panel cubicle. Sedangkan fungsi dari komponen ini untuk menghilangkan secara menyeluruh tegangan pada arus listrik.

Terakhirnya adalah Heater. Keberadaan heater tersebut yaitu digunakan sebagai pengatur kelemban udara yang ada ada di dalam panel. Jadi, dengan begitu, komponen tersebut mampu memberikan pencegahan akan terjadi karat pada perangkat.

Tentunya bisa kita sepakati bahwa karatan yang terjadi, akan memberikan dampak pada sirkulasi, sehingga arus menjadi terhambat. Tidak hanya itu saja, masalah juga bisa terjadi seperti terjadinya konsleting pada arus listrik karena besi korosi.

 

Pentingnya Menggunakan Jasa dan Alat Berkualitas untuk Cubicle Panels

Masalah-masalah yang kerap terkait rusaknya alat kelistrikan ataupun listrik menjadi stabil karena dalam pengerjaannya kurang maksimal. Oleh sebab itu, proses ini harus dibenahi sejak awal agar listrik bisa lebih stabil nantinya.

Keberadaan tempat penjualan perangkat rangkaian listrik pada cubicle panels sangatlah penting untuk diperhatikan. Anda perlu melihat seberapa baik kualitasnya agar ketika digunakan bisa bertahan lama, bahkan tidak menimbulkan kerusakan ke komponen lain.

Salah satu perusahaan yang mungkin pernah Anda kenal yaitu Mikmar Gracindo karena perusahaan tersebut menyediakan berbagai alat terkait rangkaian panels cubicle tersebut. Bahkan untuk pemesannya saja begitu mudah dilakukan.

Anda juga bisa menggunakan jasa dari perusahaan tersebut karena hanya melibatkan orang-orang berpengalaman saja di dalamnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir segala masalah pasti akan diatas hanya dalam waktu singkat.

Anda bisa langsung menghubungi kami melalui WA. Pastinya segala hal yang berurusan dengan masalah cubicle panels bisa segera diatasi segera.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Jual Cubicle Panel Untuk Pabrik