Sedang cari panel listrik Schneider yang cocok untuk kebutuhan Anda? Bagi yang sudah terbiasa dengan dunia kelistrikan tentu tidak asing dengan komponen-komponennya. Namun, orang awam mungkin tidak terlalu mengerti.

Terkadang, ketika tidak mengerti mengenai benda yang dibeli membuat Anda malah membeli barang yang salah, misalnya saat membeli panel listrik. Hasilnya, tidak bisa membeli panel listrik yang benar-benar sesuai kebutuhan.

Agar tidak salah membeli dan mendapatkan spek sesuai dengan kebutuhan Anda, maka harus mengenal dahulu mengenai apa itu panel listrik, fungsi, dan jenis-jenisnya.

 

Mengenal Tentang Panel Listrik dan Fungsinya

Orang awam memang tidak benar-benar mengerti ketika cari panel listrik Schneider untuk kebutuhannya. Hal ini karena memang belum punya pengetahuan mengenai benda yang disebut juga electrical switchboard.

Sederhananya, electrical switch merupakan sebuah peralatan atau perangkat dengan beberapa komponen kelistrikan di dalamnya. Posisi komponen-komponen tersebut diatur sedemikian rupa sehingga bisa menyalurkan dan mendistribusikan tenaga listrik.

Tenaga listrik yang disalurkan berasal dari PLN kemudian didistribusikan ke bangunan atau properti sesuai kebutuhan penggunanya. Umumnya, bentuknya berupa persegi dan berbahan dasar plat besi dengan ketebalan 0,5-1 mm.

Untuk ukuran, bahan, model, dan spesifikasinya akan disesuaikan dengan keinginan konsumen yang cari panel listrik Schneider. Komponen dan spesifikasi ini akan sangat memengaruhi harga yang perlu dibayar untuk sebuah electrical switchboard.

Biasanya, akan dibentuk seperti box dengan pintu di bagian depan sehingga dapat dibuka tutup atau dikunci. Fungsinya agar electrical switchboard terlindungi dari bahaya lingkungan luar seperti masuknya benda-benda yang dapat mengganggu kinerja alat ini.

Selain diamankan dengan bentuk box, peletakannya juga diharuskan ditempatkan pada lokasi yang aman dan terlindungi. Terutama agar tidak mudah diakses orang luar. Pada bagian seperti pabrik atau perusahaan electrical switchboardakan ditempatkan pada ruang khusus.

Jika di bangunan seperti rumah atau properti lainnya, kebanyakan di tempatkan pada bagian samping atau belakang, bisa juga di basement. Banyak juga yang memilih meletakkannya secara khusus di bagian depan sehingga mudah dijangkau.

Untuk fungsinya sebagai tempat atau wadah terpasangnya berbagai komponen listrik untuk support mesin-mesin listrik agar mampu beroperasi dengan baik. Akan tetapi, fungsi ini akan berkembang sesuai dengan jenis dan keperluannya, jadi tidak selalu sama.

12 Komponen Panel Listrik Schneider

Saat cari panel listrik Schneider Anda akan dihadapkan dengan pilihan spek dan komponen di dalamnya. Komponen-komponen inilah yang akan menjadi penentu harga dari electrical switchboard tersebut.

Ada 12 komponen yang umumnya ada di dalamnya, yaitu:

1. Air Circuit Breaker (ACB)

Merupakan komponen dengan tugas sebagai pemutus dan penghubung rangkaian listrik. ACB ini dapat dioperasikan manual maupun otomatis dan merupakan komponen utama dan harus ada.

ACB akan bekerja menyambungkan kelistrikan dan memutuskannya, terutama memutuskan aliran saat terdapat nilai aurs besar sehingga tidak terjadi hubungan arus pendek.

 

2. Moulded Case Circuit (MCCB)

Bagian ini juga sering disebut dengan Molded Case Circuit Breaker. Ketika Anda cari panel listrik Schneider harus pastikan MCCB ada dalam rangkaian, karena fungsinya sangat penting untuk melindungi rangkaian saat terjadi arus besar.

Fungsinya sama dengan ACB, bedanya hanya dari nilai arus maksimalnya saja. MCCB bekerja memutuskan arus dengan nilai arus maksimal lebih rendah dari ACB.

 

3. Miniature Circuit Breaker

Fungsinya sama seperti MCCB sebagai pengaman ketika terjadi arus lebih atau hubungan singkat. Secara otomatis MCB akan memutuskan arus listrik guna keamanan dari kejadian yang tidak diinginkan.

Biasanya digunakan pada rangkaian yang arusnya lebih kecil, yakni kurang dari 100 Amp. Banyak digunakan di bangunan properti seperti rumah tinggal.

 

4. Pilot Lamp

Ketika cari panel listrik Schneider Anda juga pastikan harus ada pilot lamp, karena fungsinya sebagai indikasi atau penanda arus listrik yang mengalir ke panel. Ada tiga kode warna, yaitu kuning, merah, dan hijau.

 

5. Push Button

Terdapat dua jenis sesuai dengan fungsinya, yaitu on dan off. On berwarna hijau sedangkan off berwarna merah, On untuk sistem NO dan Off untuk sistem NC.

 

6. Emergency Stop

Cari panel listrik Schneider harus dilengkapi dengan emergency stop, yaitu sebuah tombol yang dapat digunakan saat keadaan darurat. Dengan menekannya, maka arus akan terputus secara otomatis. Putar searah jarum jam untuk menormalkannya.

 

7. Amperemeter

Ini adalah alat ukur listrik dan tersambung dengan sensor arus atau CT.

 

8. Current Transformator (CT)

Fungsinya sebagai pengukur arus yang melintasinya, kemudian mengirimkan nilai ke amperemeter.

 

9. Voltmeter

Juga merupakan alat ukur pada electrical switchboard, fungsinya untuk mengukur tegangan listrik yang masuk langsung dari sumber listriknya.

 

10. Magnetic Contractor

Komponen utama satu ini punya fungsi sebagai penghubung dan pemutus rangkaian dengan sistem kerja induksi magnetik.

 

11. Thermal Overload Relay (TOR)

Merupakan pelindung elektromotor pada panel MCC yang bekerja memutuskan arus lebih pada elektromotor.

 

12. Programmable Logic Control (PLC)

Perangkat yang dibuat untuk menggantikan sirkuit relay saat kelistrikan dibutuhkan sebagai kontrol alat atau mesin berat bertenaga besar.

 

Pengaruh Komponen Terhadap Harga Panel Listrik Schneider

Ketika Anda cari panel listrik Schneider maka harus mengetahui kebutuhan terlebih dahulu. Karena kebutuhan akan menentukan spek dari electrical switchboardtersebut dan akan berpengaruh terhadap harga.

Sebab patut Anda ketahui bahwa pembelian atau pemesanan electrical switchboard harus dilakukan secara custom. Artinya penjual akan menyediakan sesuai dengan keinginan juga kebutuhan dari pembeli.

Biasanya, pihak penjual akan menanyakan kebutuhan, peruntukan, juga pembagian listrik yang ingin dilakukan pembeli. Kemudian memberikan gambaran spesifikasi yang dibutuhkan dan harganya.

Jadi, Anda tidak bisa cari panel listrik Schneider lalu beli begitu saja, tapi harus memastikan spesifikasinya dahulu dan penjual akan membantu merangkaikannya. Untuk masalah harga akan sangat tergantung spesifikasi dan banyaknya komponen yang dibutuhkan.

 

Cari Panel Listrik Schneider Berkualitas dan Cara Perawatannya

Panel berkualitas memang akan memberikan performa terbaik, apalagi jika spesifikasinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Akan tetapi, kualitas ini bisa saja berkurang apabila tidak dirawat.

Jadi, jangan hanya cari panel listrik Schneider dan mengabaikan perawatannya. Setidaknya Anda harus melakukan perawatan berikut ini:

  1. Minimal satu bulan sekali melakukan pembersihan dari kotoran dan debu juga sampah yang dapat menyebabkan konsleting.
  2. Selalu pastikan electrical switchboards elalu dalam keadaan kering karena suhu lembab karena air, minyak, atau oli dapat menyebabkan karat. Jika berkarat akan mengurangi kinerja komponen di dalamnya.
  3. Setiap 6 bulan sekali harus dilakukan perawatan kontraktor, yaitu bagian-bagian di dalamnya. Karena bagian-bagian ini bisa mengalami pengikisan karena gesekan maupun lonjakan arus saat beroperasi.
  4. Lakukan pengencangan baut setiap 6 bulan sekali karena bagian baut bisa berkurang kekencangannya akibat kinerja electrical switchboard.
  5. Pastikan kerapian terjaga agar mudah saat perawatan

Bagi Anda yang sedang cari panel listrik Schneider untuk kebutuhan perusahaan, industri, maupun properti, perlu mencari jasa pembuatan electrical switchboard berkualitas. Coba kunjungi ke website mikmargracindo.com untuk mencari electrical switchboard berkualitas.

Anda bisa mendiskusikan kebutuhan dan keinginan Anda sehingga teknisi dapat menyediakan electrical switchboard sesuai kebutuhan tersebut. Pekerjaan dapat diselesaikan dalam tenggat waktu serta memiliki kualitas terbaik sehingga dapat digunakan jangka panjang.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa hubungi +62(21) 543 373 45. Customer service akan memberikan berbagai informasi terkait penyediaan electrical switchboard berkualitas dan akan menjawab berbagai pertanyaan sehubungan hal tersebut.

Agar mendapatkan hasil terbaik, membeli electrical switchboard jangan sembarangan serta harus sesuai spesifikasi yang Anda butuhkan, terutama masalah komponennya. Cari panel listrik Schneider terbaik di Mikmar Gracindo.

Selain itu Bagi Anda yang Sedang Mencari Sparepart Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.