Apakah Anda sudah mengetahui apa itu transformator? Mungkin bagi Anda yang sering berkaitan dengan dunia listrik  sudah tidak asing lagi mendengarnya, namun kami tetap akan memberi penjelasan secara singkat, karena peralatan listrik ini terbilang penting.

Manfaat transformator cukup luas dan digunakan oleh banyak orang, dalam dunia kelistrikan, alat ini banyak dimanfaatkan dalam menciptakan induksi elektromagnetik. Sehingga mampu menghasilkan tegangan listrik, dan bisa menaikkan atau menurunkan tegangannya.

Apa yang dimaksud dengan transformator? Bisa dikatakan jika alat ini bekerja sesuai dengan kumparan kawat yang dimilikinya, kawat melingkar tersebut mampu menghasilkan medan magnet, dengan begitu tercipta listrik yang bisa dimanfaatkan manusia.

Kebutuhan manusia akan listrik memang tidak bisa dipisahkan, semua aktivitas erat kaitannya dengan hubungan listrik. Bahkan jika listrik padam dalam waktu singkat saja, banyak sekali kerugian yang bisa didapatkan, maka dari itu manusia sangat bergantung dengannya.

 

Mengenal Apa Itu Transformator dan Cara Kerjanya

jual transformator

Tidak hanya sekedar mengenal fungsi dari alat listrik ini, melainkan Anda juga perlu mengerti cara kerja dari transformator. Prinsipnya cukup sederhana, dengan memanfaatkan kawat di setiap kumparan maka menghasilkan induksi elektromagnetik.

Berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik, trafo menggunakan kumparan kawat yang dialiri oleh arus bolak balik. Dengan begitu akan menciptakan induksi elektromagnetik, yang berarti arus listrik pada kawat melingkar menghasilkan medan magnet.

Pahami dengan baik apa itu transformator dan cara kerjanya yang cukup sederhana, pada inti besi yang melilit kumparan kawat pada transformator, nantinya akan meningkatkan medan magnet yang berasal dari induksi.

Kemudian arus listrik AC bolak balik menghasilkan fluks yang terus berubah-ubah, fluks ini mampu memengaruhi kumparan sekunder, lalu menghasilkan gaya gerak listrik juga arusnya.

Nantinya trafo dapat dinaikkan atau diturunkan tegangannya, tergantung jumlah lilitan kawat begitulah cara kerja dari trafo secara singkat. Sehingga jika Anda bertanya bagaimana prinsip kerja dari transformator? Lilitan kawat pada kumparan sangat berpengaruh pada daya listrik.

Jika Anda ingin menaikkan tegangan, maka jumlah lilitan primer harus lebih sedikit dari jumlah lilitan sekundernya. Namun jika ingin menurunkan tegangan, maka jumlah lilitan primer lebih banyak dari jumlah lilitan sekundernya.

 

Komponen Utama Trafo Memiliki Bagian Penting

treatment trafo

Tentu saja trafo terdiri dari berbagai komponen dengan perannya masing-masing, jika Anda hendak menggunakan peralatan ini, maka akan lebih baik mengetahui fungsi dari masing-masing komponen, sehingga pemanfaatan trafo bisa dilakukan secara maksimal.

1. Primer

Apa itu transformator? Peralatan listrik ini perlu Anda ketahui terlebih dahulu komponennya, yang pertama adalah kumparan primer. Bagian penting ini memiliki simbol Np, berupa lilitan trafo yang dihubungkan ke input power supply.

Jumlah kumparan primer berbeda tergantung jenis transformator, untuk jenis step down memiliki banyak kumparan daripada sekunder trafo, dengan ketebalan lebih kecil daripada kumparan sekunder. Sedangkan jenis step up, memiliki lebih sedikit kumparan dibanding kumparan sekunder dengan ketebalan yang lebih besar dari sekunder.

2. Sekunder

Jenis berikutnya adalah Sekunder atau Ns, bagian ini terhubung ke beban dan jumlah lilitan pada komponen ini juga berbeda seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya.

Pada trafo step down, kumparan memiliki jumlah lebih sedikit dan ketebalan lebih tinggi dari primer. Sedangkan pada trafo step up memiliki lilitan lebih banyak dan ketebalan lebih sedikit jika dibandingkan dengan primer.

3. Inti Besi

Setelah mengetahui secara singkat apa itu transformator, maka ketahui juga jenis dari trafo lainnya yaitu inti besi atau inti magnetik. Fungsinya adalah menghantarkan fluks magnet dari kumparan primer ke sekunder.

Pada umumnya semua inti trafo dibuat dengan laminasi agar menghilangkan rugi arus, dan sifat inti besi ialah keengganan rendah (low reluctance) dan resistansi tinggi (high resistance).

Setiap bagian tentu saja penting dan bermanfaat, agar transformator mampu bekerja secara maksimal. Dan tentunya pengguna perlu mengetahui fungsi pada setiap komponen, agar bisa mengetahui bagaimana sebuah transformator dapat bekerja.

 

Baca juga : Ciri-Ciri Transformator Step Up yang Wajib Diketahui

 

Fungsi dari Transformator bagi Kegiatan Manusia

perusahaan penyedia trafo step down

Apa itu transformator dan fungsinya? Alat ini sangat erat kaitannya dengan manusia, karena bisa membantu Anda dalam menjalankan kegiatan. Kami akan menjelaskan apa saja fungsi yang bisa dihasilkan dari transformator, dan pastinya menguntungkan bagi manusia.

1. Distribusi dan Transmisi

Fungsi pertama adalah sebagai distribusi dan transmisi, seperti halnya jarak antara rumah dan gardu yang berjauhan maka bisa menimbulkan terjadinya drop tegangan atau voltase turun. Maka dari itu perlu dinaikkan tegangan, sebelum distribusi dan transmisi listrik jarak jauh.

Setelah memahami secara singkat apa itu transformator, fungsi alat ini adalah agar tegangan yang dihasilkan tidak terlalu besar sehingga lebih murah biaya yang dikeluarkan. Semakin besar tegangan maka arus semakin kecil, sesuai dengan Hukum Kekekalan Energi.

2. Rangkaian Kontrol

Fungsi lainnya adalah sebagai rangkaian kontrol, dalam peralatan elektronik seperti TV, audio, komputer dan lainnya. Trafo biasanya digunakan untuk menurunkan tegangan, sehingga bisa digunakan pada tegangan kontrol berkisar antara 5 Volt, 12 Volt, 15 Volt dan sebagainya.

Pada umumnya alat ini juga digunakan untuk menghidupkan atau mematikan motor induksi, begitu besar manfaat dari alat ini yang mampu dihasilkan untuk manusia.

3. Pengatur Frekuensi

Apa itu transformator? Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, bahwa alat ini mampu mengatur frekuensi yang dihasilkan. Namun dalam bentuk dan dimensi lebih kecil dibanding trafo, yang biasa digunakan pada rangkaian kontrol atau transmisi listrik.

Setiap jenis trafo juga memiliki fungsi beragam, misalnya transformator step down digunakan dalam rangkaian penyearah, rangkaian pengisi daya baterai, TV, amplifier.

Ada juga trafo step up digunakan sebagai stabilisator, kontrol industri, mesin berat, dan lain-lain. Lalu jenis lainnya yaitu trafo audio dimanfaatkan dalam rangkaian penguat, rangkaian penyeimbang, dan sebagainya.

 

Mengenal Jenis Transformator dan Fungsinya

Supplier Step Down Trafo untuk Perusahaan

Transformator tidak hanya terdiri dari satu jenis saja, melainkan setidaknya terdapat tujuh jenis trafo yang banyak dimanfaatkan oleh manusia. Setiap jenis memiliki fungsi tersendiri, sehingga Anda bisa memilih menggunakan alat listrik ini sesuai kebutuhan.

1. Step Up

Sebaiknya Anda kenali juga jenis dari alat ini setelah mengetahui apa itu transformator, step up mungkin Anda sudah sering mendengarnya. Digunakan untuk menaikkan tegangan, dan bisa digunakan dalam pembangkit listrik.

2. Step Down

Jenis lainnya adalah step down untuk menurunkan tegangan, kebalikan dari step up dengan ciri-ciri jumlah lilitan sekunder lebih sedikit dari lilitan primernya.

3. Auto Transformator

Jenis berikutnya adalah auto transformator, menggunakan alat ini bisa memberi keuntungan karena bentuknya kecil namun performa yang dihasilkan lebih bagus. Hanya memiliki satu jumlah lilitan, dan lilitan arus sekunder selalu menghadap arus primer.

4. Auto Transformator Variabel

Ketahui dengan baik apa itu transformator dan salah satu jenisnya yaitu auto transformator variabel, di bagian tengah jenis trafo ini dapat diubah pada bagian lilitan primer dan sekunder.

5. Isolasi

Jenis berikutnya bernama Isolasi, dengan jumlah lilitan antara sekunder dan primer yang sama dan menghasilkan tegangan yang sama juga.

6. Pulsa

Jenis berikutnya ialah Pulsa, menghasilkan gelombang atau getaran pulsa dan biasa memakai bahan yang cepat naik sehingga pada titik tertentu arus primer pada trafo ini, mampu menghasilkan fluks magnet.

7. Tiga Fase

Jenis berikutnya adalah tiga fase, Anda akan mengenali jenis ini setelah mengetahui apa itu transformator. Pada elektronika dihubungkan secara bersamaan, untuk bekerja pada arus primer dan sekunder.

Cukup banyak alat listrik yang Anda butuhkan, untuk menjaga agar tegangan listrik bisa selalu memenuhi kebutuhan Anda akan peralatan elektronik. Dalam memiliki peralatan listrik, Anda juga perlu menemukan produk dari supplier terpercaya.

Mikmar Gracindo siap memenuhi kebutuhan Anda dalam peralatan kelistrikan, pengalaman dan kredibilitas yang kami miliki mampu memberikan pelayanan terbaik untuk Anda. Anda bisa menghubungi kami melalui WhatsApp berikut ini.

Memang penting memahami fungsi dari alat yang kita gunakan, apalagi jika berkaitan dengan peralatan listrik. Jangan sampai penggunaan yang keliru, membuat fungsi dari alat tersebut menjadi tidak berguna, maka dari itu penting untuk mengetahui apa itu transformator.

Mikmar Gracindo menyedikan layanan Panel Listrik Schneder, Low Voltage (LV) Panel, Medium Voltage (MV) Panel, Trafo Step Up, Trafo Step Down, Genset Control Panel, Lighting Panel dan panel listrik lainnya dapat menghubungi Mikmar Gracindo.

Baca juga : Ini Dia Supplier yang Jual Transformator Murah